

Nama : Desi Gita Prameswari
NIM : 837579877
“Yuk Mengarang Bebas”
Menurut saya, guru pengajar sudah cukup aktif dalam memperhatikan jalannya proses belajar murid, namun saat memberikan penjelasan tentang tata cara mengarang cerita, penjelasannya cenderung rumit untuk dimengerti.

Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut diatas,saya berkesimpulan bahwa gurunya kurang memberikan penjelasan tetntang cara mengarang bebas yg jelas.gurunya menjelaskan hal2 apa yg perlu dibawa ketika hendak bertamasya kepantai.sementara penentuan tema,cara penulisan yang baik,penyusunan kosakata yang baik tidak dijelaskan.dan seharusnya anak2 diberikan rangsangan terlebih dahulu seperti menanyakan hoby atau menanyakan pernahkah anak anak bertamasya.agar anak semangat membuat karangan bebas.

Nama. : Tika Saputri
Nim. :845952664
Iya dalam vdeo diatas sebaiknya seorang guru memberikan sedikit kata kunci iya dengan bertanya kejadian,atau apa yang pernah mereka liat dilingkungannya, namanya mengarang bebas berarti siswanya diberikan kesempatan menulis karyanya sesuai dengan pengalamannya.

Nama : Istoqomah Nurul Alfath
NIM : 836400346
Setelah saya menonton video tersebut, Menurut pendapat saya, seorang guru dalam video tersebut sudah cukup baik dalam penyampaian materi dan aktif mengobservasi murid-murid yang kesulitan mengerjakan tugas. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik pengajarannya adalah guru tersebut seharusnya memberikan motivasi dan stimulus di awal pembelajaran sehingga anak-anak lebih semangat selama belajar. Selain itu sabaiknya pemberian contoh dan teknik-teknik dalam mengarang seharusnya dijelaskan sebelum memberikan tugas mengarang agar anak memahami dan mengerti apa yang harus mereka kerjakan ketika diberikan tugas oleh guru. Terimakasih.
Perkenalkan nama saya Sri Arnaningsih Hidayat, NIM 838268372.
Dalam menjelaskan materi pembelajaran dalam video tersebut sudah benar, dimana dalam membuat karangan bebas Guru mengacu pada tema atau topik yang dikembangkan melalui kerangka karangan. Namun, dalam memulai pembelajaran Guru tidak mengecek kesiapan siswa untuk menerima pelajaran. Selain itu, Guru tidak menjelaskan dengan baik pengertian karangan bebas dan contohnya. Guru hanya membuat kerangka karangan dan menugaskan siswa untuk dikembangkan siswa berdasarkan pengalaman. Sedangkan tahapan dalam membuat karangan tidak dijelaskan secara rinci. Dalam penggunaan kata harusnya guru memberikan contoh berdasarkan KBBI sehingga siswa dapat merangkai kata menjadi karangan yang menarik untuk dibaca. Penggunaan media juga perlu menjadi perhatian guru sehingga dapat mempengaruhi cara belajar dan meningkatkan partisipasi siswa. Guru juga tidak memberikan umpan balik seperti bertanya apakah siswa sudah mengerti apa yang dimaksudkan guru sehingga yang nampak siswa hanya fokus pada buku dan tulisannya tapi tidak memahami apa yang harus dilakukan. Jadi, saya melihat proses pembelajaran di video tersebut tidak berhasil.

Assalamualaikum
Nama saya rosi winarti . Saya ingin memberikan pendapat saya. Menurut saya sebelum memulai pembelajaran ada baiknya guru memberikan stimulant terlebih dahulu terhadap pembelajaran yang akan dipelajari sehingga anak faham dan mampu menuliskan karangan dengan baik tanpa kebingungan
Menurut saya guru tersebut sudah baik dalam menjelaskan, namun ada baik nya jika menjelaskan lebih secara terperinci agar murid bisa memahami kata dan kalimat yg baik untuk di gunakan dalam membuat tulisan karangan tersebut. Terimakasih

Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut diatas, saya berkesimpulan bahwa guru kurang memberikan penjelasan tetntang cara mengarang bebas yg jelas. Guru menjelaskan hal-hal apa yg perlu dibawa ketika bertamasya kepantai. Sementara penentuan tema, cara penulisan yang baik, penyusunan kosakata yang baik tidak juga perlu dijelaskan. dan seharusnya anak2 diberikan gambaran terlebih dahulu seperti menanyakan hoby atau menanyakan pernahkah anak anak bertamasya? Supaya anak bersemangat membuat karangan bebas.
Lalu ahmad dandy h
837306108
Pendapat saya terhadap guru tersebut, sebaiknya lebih menjelaskan secara terperinci tata cara melakukan menulis karangan yang baik dan benar. Agar siswa tersebut bisa memahami kata apa saja yang tepat baik dan benar dengan menggunakan kalimat yang benar berdasarkan KBBI.
Dan juga, sebaiknya guru terlebih dahulu menjelaskan cara menentukan Judul yang akan digunakan untuk membuat tulisan karangan.

Setelah saya menonton video tersebut, Menurut pendapat saya, seorang guru dalam video tersebut sudah cukup baik dalam penyampaian materi dan aktif mengobservasi murid-murid yang kesulitan mengerjakan tugas. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik pengajarannya adalah guru tersebut seharusnya memberikan motivasi dan stimulus di awal pembelajaran sehingga anak-anak lebih semangat selama belajar. Selain itu sabaiknya pemberian contoh dan teknik-teknik dalam mengarang seharusnya dijelaskan sebelum memberikan tugas mengarang agar anak memahami dan mengerti apa yang harus mereka kerjakan ketika diberikan tugas oleh guru. Terimakasih.
Bapak tutor yang saya hormati,saya Novita Widya Sari,NIM 837561326 . Saya akan menyampaikan pendapat saya tentang video di atas tentang mengarang bebas. Guru tersebut sudah melakukan langkah – langkah yang benar,yaitu memberikan petunjuk pada siswa bahwa hal yang perlu dilakukan sebelum menulis karangan adalah menyusun kerangka karangan,hanya saja guru tersebut tidak menyebutkan bahwa apa yang ia tulis itu adalah sebuah kerangka karangan. Sehingga siswa hanya tau brupa pertanyaan saja,padahal itu kna sebuah kerangka karangan yang mana dapat dikembangkan menjadi sebuah karangan yang utuh. Lalu, guru tersebut juga tidak menyampaikan bahwa dalam menulis karangan, hal yang paling penting adalah judul karangan. Sehingga sepertinya siswa tadi tidak ada yang menulis judul karangannya. Demikian menurut pendapat saya.

Nama : Wahyudin
Nim : 837139112
Menurut pendapat saya, yang dilakukan guru tersebut cukup efektif dalam memperhatikan jalannya peroses belajar murid. Akan tetapi saat memberikan penjelasan tentang tata cara mengarang cerita, penjelasan guru tersebut cenderung sedikit rumit untuk di mengerti murid.
Perkenalkan saya Indar sri wahyuni,nim 858404716.menurut saya guru dalam video tersebut di awal pembelajaran kurang memberi rangsangan yang membuat murid-muridnya bersemangat untuk menulis sebuah karangan.alangkah baiknya jika sang guru memulai pembelajaran dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti pernahkah kalian ke pantai,apa saja yang bisa dilihat di sana,apa yang biasa kalian lakukan kalau dipantai.Atau lebih baik di pancing dengan gambar pantai..sehingga murid-murid lebih bersemangat untuk menulis.