

Nama : Desi Gita Prameswari
NIM : 837579877
“Yuk Mengarang Bebas”
Menurut saya, guru pengajar sudah cukup aktif dalam memperhatikan jalannya proses belajar murid, namun saat memberikan penjelasan tentang tata cara mengarang cerita, penjelasannya cenderung rumit untuk dimengerti.

Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut diatas,saya berkesimpulan bahwa gurunya kurang memberikan penjelasan tetntang cara mengarang bebas yg jelas.gurunya menjelaskan hal2 apa yg perlu dibawa ketika hendak bertamasya kepantai.sementara penentuan tema,cara penulisan yang baik,penyusunan kosakata yang baik tidak dijelaskan.dan seharusnya anak2 diberikan rangsangan terlebih dahulu seperti menanyakan hoby atau menanyakan pernahkah anak anak bertamasya.agar anak semangat membuat karangan bebas.

Nama. : Tika Saputri
Nim. :845952664
Iya dalam vdeo diatas sebaiknya seorang guru memberikan sedikit kata kunci iya dengan bertanya kejadian,atau apa yang pernah mereka liat dilingkungannya, namanya mengarang bebas berarti siswanya diberikan kesempatan menulis karyanya sesuai dengan pengalamannya.

Nama : Istoqomah Nurul Alfath
NIM : 836400346
Setelah saya menonton video tersebut, Menurut pendapat saya, seorang guru dalam video tersebut sudah cukup baik dalam penyampaian materi dan aktif mengobservasi murid-murid yang kesulitan mengerjakan tugas. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik pengajarannya adalah guru tersebut seharusnya memberikan motivasi dan stimulus di awal pembelajaran sehingga anak-anak lebih semangat selama belajar. Selain itu sabaiknya pemberian contoh dan teknik-teknik dalam mengarang seharusnya dijelaskan sebelum memberikan tugas mengarang agar anak memahami dan mengerti apa yang harus mereka kerjakan ketika diberikan tugas oleh guru. Terimakasih.
Menurut saya,disini guru sudah cukup baik dalam melakukan pembelajaran guru telah menyampaikan bagaimana langkah langkah dalam menulis karangan dan kemudian langkah langkah itu satu persatu di contohkan dan dikerjakan bersama dengan seluruh siswa
Pekenalkan saya indar sri wahyuni,nim:85840476
Menurut saya,guru di video tersebut kurang memberi rangsangan agar murid bersemangat dalam membuat sebuah karangan.Sebenarnya si guru bisa memancing dengan gambar pantai,agar murid bisa terpancing untuk menjawab pertanyaan sang guru.Lalu guru bisa melanjutkan dengan pertanyaan2 untuk membuat kerangka karangan yang sesuai dengan tema yang diberikan oleh guru.Murid2 kelihatan sudah bisa mengikuti apa yang dinginkan sang guru ketika sang guru memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan tema.
Yunita Hosiana Farallesa
NIM 837500985
Menurut saya guru dalam video kurang berhasil karena siswa terlihat kurang mengerti akan tata cara menulis karangan yang baik dan benar. lebih baik lagi jika sebelum pembelajaran dimulai siswa diarahkan untuk membaca beberapa contoh cerita dan mempelajari di buku apa itu kerangka karangan agar saat pembelajaran berlansung siswa sudah mempunyai gambaran bagaimana cara mengarang bebas.
Mia astina 837603542
Menurut saya memberikan arahan pada awal pembelajaran dilakukan sebelum menulis karangan yang dilakukan guru tersebut sudah benar. Tetapi guru tersebut belum menyampaikan secara terperinci sehingga siswa belum memahami betul pembelajaran yang akan dikerjakan.
Nama :Rini Apriani
Nim : 836298212
dalam vidio menurut pendapat saya,
Sebelum menulis atau mengarang guru harus terlebih dahulu menyiapkan kerangka karangan. Kerangka karangan memungkinkan penulis membedakan gagasan utama dan gagasan-gagasan tambahan sehingga dapat membantu penulis menyusun karangan secara teratur. Wujud dan gagasan dapat dilihat secara jelas hingga susunan dan hubungan timbal balik antargagasan itu tepat.Â
Baik gagasan itu berupa fakta maupun hanya khayalan belaka. Sementara kalau mengarang adalah menulis tanpa harus berdasarkan fakta yang nyata. Kemampuan mengungkapkan gagasan secara tulis ternyata dirasakan sangat sulit bagi siswa. Apalagi guru sendiri kurang mampu memberikan contoh mengarang dengan baik. Dengan demikian, peran guru sangat penting untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menciptakan karya sastra. Mengarang kreatif sebagai wujud kegiatan mengarang memang perlu dilatihkan pada siswa. Oleh karena itu, peran aktif guru sangat diperlukan untuk membantu siswa menuangkan ide. Siswa perlu banyak latihan mengarang untuk meningkatkan kreativitasnya dalam menulis. Latihan ini merupakan umpan yang diberikan kepada siswa agar ditemukan metode yang paling tepat dan menggugah imajinasi siswa dalam menumpahkan idenya dalam bentuk karangan.
 Tujuan dari mengarang bebas, yaitu siswa dapat menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Selain itu, dari pembelajaran sastra siswa diharapkan dapat menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Perkenalkan saya Indar sri wahyuni,nim 858404716.menurut saya guru dalam video tersebut di awal pembelajaran kurang memberi rangsangan yang membuat murid-muridnya bersemangat untuk menulis sebuah karangan.alangkah baiknya jika sang guru memulai pembelajaran dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti pernahkah kalian ke pantai,apa saja yang bisa dilihat di sana,apa yang biasa kalian lakukan kalau dipantai.Atau lebih baik di pancing dengan gambar pantai..sehingga murid-murid lebih bersemangat untuk menulis.