

Nama : Desi Gita Prameswari
NIM : 837579877
“Yuk Mengarang Bebas”
Menurut saya, guru pengajar sudah cukup aktif dalam memperhatikan jalannya proses belajar murid, namun saat memberikan penjelasan tentang tata cara mengarang cerita, penjelasannya cenderung rumit untuk dimengerti.

Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut diatas,saya berkesimpulan bahwa gurunya kurang memberikan penjelasan tetntang cara mengarang bebas yg jelas.gurunya menjelaskan hal2 apa yg perlu dibawa ketika hendak bertamasya kepantai.sementara penentuan tema,cara penulisan yang baik,penyusunan kosakata yang baik tidak dijelaskan.dan seharusnya anak2 diberikan rangsangan terlebih dahulu seperti menanyakan hoby atau menanyakan pernahkah anak anak bertamasya.agar anak semangat membuat karangan bebas.

Nama. : Tika Saputri
Nim. :845952664
Iya dalam vdeo diatas sebaiknya seorang guru memberikan sedikit kata kunci iya dengan bertanya kejadian,atau apa yang pernah mereka liat dilingkungannya, namanya mengarang bebas berarti siswanya diberikan kesempatan menulis karyanya sesuai dengan pengalamannya.

Nama : Istoqomah Nurul Alfath
NIM : 836400346
Setelah saya menonton video tersebut, Menurut pendapat saya, seorang guru dalam video tersebut sudah cukup baik dalam penyampaian materi dan aktif mengobservasi murid-murid yang kesulitan mengerjakan tugas. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik pengajarannya adalah guru tersebut seharusnya memberikan motivasi dan stimulus di awal pembelajaran sehingga anak-anak lebih semangat selama belajar. Selain itu sabaiknya pemberian contoh dan teknik-teknik dalam mengarang seharusnya dijelaskan sebelum memberikan tugas mengarang agar anak memahami dan mengerti apa yang harus mereka kerjakan ketika diberikan tugas oleh guru. Terimakasih.
ada beberapa yang perlu di perbaiki :
- berikan siswa kepercayaan buat aktif di kelas agar kelas tidak monoton cuma mendengarkan penjelasan dari guru
- guru kurang menguasai kelas
- metode yang guru laksanakan perlu di tambah
NAMA : AINAN SALSABILA
NIM : 837600063
Menerut pendapat saya dan saya berkesimpulan bahwa gurunya kurang memberikan penjelasan tetntang cara mengarang bebas yg jelas.gurunya menjelaskan hal2 apa yg perlu dibawa ketika hendak bertamasya kepantai.sementara penentuan tema,cara penulisan yang baik,penyusunan kosakata yang baik tidak dijelaskan.dan seharusnya anak2 diberikan rangsangan terlebih dahulu seperti menanyakan hoby atau menanyakan pernahkah anak anak bertamasya.agar anak semangat membuat karangan bebas.
Nama : Hafiz Hakimi
NIM : 835356558
Menurut pendapat saya,
Secara penyampaian guru dalam materi “Karangan Bebas”, saya menilai cara guru menyampaikan pembelajaran kepada siswa belum menerapkan upaya penguasaan suasana belajar yang kondusif karena kurangnya pendalaman sifat anak-anak oleh guru sehingga di awal kegiatan siswa banyak yang tidak fokus,dan di upaya penyampaian materi sang guru seharusnya memberikan gambaran cerita seperti apa yang akan di buat oleh siswanya dengan memberikan rangsangan yang membuat daya pikir anak-anak untuk mengarah sebuah cerita sampai dan di mengerti oleh siswa sendiri.
jadi upaya yang efektif menurt saya
- kuasai suasana seisi kelas
- mulai dengan memberikan rangsangan positif kepada pola pikir anak dalam materi karangan bebas
- gunakanlah media pembelajaran yang membuat anak mudah memahami dan memberikan cerita yang baik ketika di suruh mengarang bebas
- jangan lupa untuk selalu memotivasi anak-anak . terima kasih
Nama : Elva Densi
Nim : 825831098
Semester : 8
Pokjar pangkalan baru
Setelah saya menonton video di atas, video tentang penulisan karangan bebas.
Guru sudah cukup baik dalam memberikan pengarahan dan penjelasan langkah-langkah mengarang bebas.
namun guru kurang dalam penjelasan awal pembelajaran sehingga anak berkekemungkinan kesulitan dalam menulis karangan bebas,guru juga kurang dalam memberikan rangsangan pada anak. alangkah baiknya..
1. Guru memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak sehingga anak akan lebih mudah memahami dan lebih mudah dalam penulisan karangan bebas.
2.Guru dapat memberikan rangsangan-rangsangan / gambaran pada anak didik sebisa mungkin hingga anak memiliki gambaran
Biasanya dengan cara ini akan lebih mudah meningkatkan kemauan anak dalam menulis dan mengarang, anak juga akan lebih senang dalam menuliskan kata atau kalimat karena anak sudah memiliki gambaran.
Nama : A.Rahayu
Nim : 83604535
setelah saya mengamati vidio di atas tentang karangan bebas yang di berikan oleh guru, penjelasan dan pengarahan yang di berikan oleh guru sangat baik dan jelas dan sangat mudah di pahami oleh anak didik. Tetapi guru tidak melakukan apersepsi/motivasi kepada siswa seharusnya guru memberika games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa,sehingga siswa dalam melakukan proses belajar tidak boring dan tidak mengantuk sehingga materi yang di sampaikan oleh guru mudah untuk di pahami siswa,terima kasih
Perkenalkan saya Indar sri wahyuni,nim 858404716.menurut saya guru dalam video tersebut di awal pembelajaran kurang memberi rangsangan yang membuat murid-muridnya bersemangat untuk menulis sebuah karangan.alangkah baiknya jika sang guru memulai pembelajaran dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti pernahkah kalian ke pantai,apa saja yang bisa dilihat di sana,apa yang biasa kalian lakukan kalau dipantai.Atau lebih baik di pancing dengan gambar pantai..sehingga murid-murid lebih bersemangat untuk menulis.