

Nama : Desi Gita Prameswari
NIM : 837579877
“Yuk Mengarang Bebas”
Menurut saya, guru pengajar sudah cukup aktif dalam memperhatikan jalannya proses belajar murid, namun saat memberikan penjelasan tentang tata cara mengarang cerita, penjelasannya cenderung rumit untuk dimengerti.

Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut diatas,saya berkesimpulan bahwa gurunya kurang memberikan penjelasan tetntang cara mengarang bebas yg jelas.gurunya menjelaskan hal2 apa yg perlu dibawa ketika hendak bertamasya kepantai.sementara penentuan tema,cara penulisan yang baik,penyusunan kosakata yang baik tidak dijelaskan.dan seharusnya anak2 diberikan rangsangan terlebih dahulu seperti menanyakan hoby atau menanyakan pernahkah anak anak bertamasya.agar anak semangat membuat karangan bebas.

Nama. : Tika Saputri
Nim. :845952664
Iya dalam vdeo diatas sebaiknya seorang guru memberikan sedikit kata kunci iya dengan bertanya kejadian,atau apa yang pernah mereka liat dilingkungannya, namanya mengarang bebas berarti siswanya diberikan kesempatan menulis karyanya sesuai dengan pengalamannya.

Nama : Istoqomah Nurul Alfath
NIM : 836400346
Setelah saya menonton video tersebut, Menurut pendapat saya, seorang guru dalam video tersebut sudah cukup baik dalam penyampaian materi dan aktif mengobservasi murid-murid yang kesulitan mengerjakan tugas. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik pengajarannya adalah guru tersebut seharusnya memberikan motivasi dan stimulus di awal pembelajaran sehingga anak-anak lebih semangat selama belajar. Selain itu sabaiknya pemberian contoh dan teknik-teknik dalam mengarang seharusnya dijelaskan sebelum memberikan tugas mengarang agar anak memahami dan mengerti apa yang harus mereka kerjakan ketika diberikan tugas oleh guru. Terimakasih.
Nama : Theolita Yolla Sari
Nim : 836984244
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
Hasil pengematan saat dalam video ini guru tidak memberikan salam pembuka dan tidak mengarahkan siswa tentang materi yang akan mereka pelajari pada hari itu. Lalu keadaan siswa kurang tenang karena diawal pelajaran guru kurang aktif dan kurang menguasai kelas, sehingga siswa ada yang bermain sendiri dan tidak fokus mendengar penjelasan. Tapi guru ini dapat dengan cepat mengambil tindakan dengan cara menegur siswa yang ribut, lalu guru peka terhadap semua siswa yang masih bingung untuk membuat karangan bebas dan guru pun memberi cara bagaimana membuatan karangan bebas yang benar dengan membuat pemaparan yang jelas. Siswa pun mulai tertarik dan mulai sibuk mengerjakan tugas, dan guru pun bisa memberikan masukan agar siswa lebih percayaan diri saat membacakan hasil karangan yang mereka buat.

Nama: Weni Saskia
Nim : 836895639
Setelah saya menonton video di atas, video tentang penulisan karangan bebas.
Guru sudah cukup baik dalam memberikan pengarahan dan penjelasan langkah-langkah mengarang bebas.
namun guru kurang dalam penjelasan awal pembelajaran sehingga anak berkekemungkinan kesulitan dalam menulis karangan bebas,guru juga kurang dalam memberikan rangsangan pada anak. alangkah baiknya..
1. Guru memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak sehingga anak akan lebih mudah memahami dan lebih mudah dalam penulisan karangan bebas.
2.Guru dapat memberikan rangsangan-rangsangan / gambaran pada anak didik sebisa mungkin hingga anak memiliki gambaran
3.Guru dapat menceritakan pengalaman sendiri sebagai contoh karangan bebas dengan bahasa yang menarik untuk menumbuhkan kemauan anak dalam menulis karangan bebas.
Biasanya dengan cara ini akan lebih mudah meningkatkan kemauan anak dalam menulis dan mengarang, anak juga akan lebih senang dalam menuliskan kata atau kalimat karena anak sudah memiliki gambaran.
Terimakasih

Nama : Ningsi Pobela
NIM : 838360097
pokjar : Kotamobagu
Setelah menonton dan menyimak vidio pembelajaran yang berjudul ” Yuk Mengarang bebas” , saya dapat menyimpulkan beberapa kelebihan dalam pembelajaran tersebut yaitu cara guru menyampaikan materi sudah cukup baik dan guru tersebut juga ckup baik dalam memberikan penjelasan dan pengarahan bagaimana cara atau langkah-langkah mengarang bebas. selain itu guru juga mengobservasi siswa-siswa yang kurang paham dalam mengerjakan tugas.
adapun kekurangan yang saya simak dalam vidio tersebut yaitu, Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sehingga siswa tidak paham bagaimana cara mengarang bebas. Dalam mengarang bebas sebaiknya guru memulai pembelajaran dengan mengajukan beberapa pertanyaan misalnya: pernahkah kalian berlibur ? lalu apa yang kalian alami disana? nah dengan begitu siswa-siswa sudah bisa /mulai berfikir bagaimana cara mengarang bebas sesuai dengan pengalaman mereka..

Nama : Femei Muhardiantini
Nim: 836986413
Prodi : 118/PGSD-S1
Menurut pendapat saya setelah menyimak video “YUK MENGARANG BEBAS” diatas bahwa guru tersebut tidak memberikan gambaran tentang bagaimana cara mengarang kemudian tahapan apa saja yang terlebih dahulu sebaiknya dilakukan sehingga tampak dalam video tersebut siswa/siswi kebingungan.
Sebagai seorang guru, kita didalam kelas tidak hanya sekedar mengajar melainkan harus profesional dalam menjalankan tugas. Dalam penyampaian pembelajaran setiap harinya kita dituntut untuk dapat memberikan pemahaman kepada siswa/siswi dalam setiap bidang studi.
Terlebih dalam bidang studi bahasa indonesia yang mana dalam setiap kata hingga membuat kalimat pun harus teratur, jelas dan mudah dipahami. Guru didalam video tersebut pun tidak memberikan penjelasan bagaimana menyusun kalimat dalam mengarang. Hingga akan membuat anak semakin bingung, sedangkan anak kelas V tersebut masih minim bahasa yang sesuai EYD dan cenderung kalimat yang dipakai tidak baku dan pastinya akan menggunakan bahasa sehari-hari.
Perkenalkan saya Indar sri wahyuni,nim 858404716.menurut saya guru dalam video tersebut di awal pembelajaran kurang memberi rangsangan yang membuat murid-muridnya bersemangat untuk menulis sebuah karangan.alangkah baiknya jika sang guru memulai pembelajaran dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti pernahkah kalian ke pantai,apa saja yang bisa dilihat di sana,apa yang biasa kalian lakukan kalau dipantai.Atau lebih baik di pancing dengan gambar pantai..sehingga murid-murid lebih bersemangat untuk menulis.