

Nama : Desi Gita Prameswari
NIM : 837579877
“Yuk Mengarang Bebas”
Menurut saya, guru pengajar sudah cukup aktif dalam memperhatikan jalannya proses belajar murid, namun saat memberikan penjelasan tentang tata cara mengarang cerita, penjelasannya cenderung rumit untuk dimengerti.

Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut diatas,saya berkesimpulan bahwa gurunya kurang memberikan penjelasan tetntang cara mengarang bebas yg jelas.gurunya menjelaskan hal2 apa yg perlu dibawa ketika hendak bertamasya kepantai.sementara penentuan tema,cara penulisan yang baik,penyusunan kosakata yang baik tidak dijelaskan.dan seharusnya anak2 diberikan rangsangan terlebih dahulu seperti menanyakan hoby atau menanyakan pernahkah anak anak bertamasya.agar anak semangat membuat karangan bebas.

Nama. : Tika Saputri
Nim. :845952664
Iya dalam vdeo diatas sebaiknya seorang guru memberikan sedikit kata kunci iya dengan bertanya kejadian,atau apa yang pernah mereka liat dilingkungannya, namanya mengarang bebas berarti siswanya diberikan kesempatan menulis karyanya sesuai dengan pengalamannya.

Nama : Istoqomah Nurul Alfath
NIM : 836400346
Setelah saya menonton video tersebut, Menurut pendapat saya, seorang guru dalam video tersebut sudah cukup baik dalam penyampaian materi dan aktif mengobservasi murid-murid yang kesulitan mengerjakan tugas. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik pengajarannya adalah guru tersebut seharusnya memberikan motivasi dan stimulus di awal pembelajaran sehingga anak-anak lebih semangat selama belajar. Selain itu sabaiknya pemberian contoh dan teknik-teknik dalam mengarang seharusnya dijelaskan sebelum memberikan tugas mengarang agar anak memahami dan mengerti apa yang harus mereka kerjakan ketika diberikan tugas oleh guru. Terimakasih.
Nama : ALEX PRADANA AB
NIM : 834829733
1.untuk vedeo yang pertama dari vedeo tersebut ada murid yang menoleh noleh dan tidak bersemangat
2. Langsung memberikan tugas tanpa memberikan materi terlebih dahulu vedeo 2 kurangnya media pelajaran seperti buku pengajaran
3.guru menanyak ke salah satu siswa yang masih belom paham dan di jelaskan vedeo 2 guru menghampiri murid yang masih mengerti lalu diberikan arahan
4.ada yang menulis dan ada yang berbicara vedeo ke 2 ada yang kebingungan lalu malah bermain sama teman sebangkunya
5. Menurut saya dalam mengajar setidaknya guru harus mengabsen siswa terlebih dahulu takut tidak ada siswa yang gak masuk vedeo ke 2 guru kurang memberikan motivasi cara menulis yang baik dan menyakan hal yang bukan pengajaran
Nama :Siti hasanah
Nim :858411349
Terkait video mengarang tadi,sebaiknya dijelaskan kepada siswa hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat menulis sebuah karangan.Guru memberi arahan /penjelasan pada siswa terkait kerangka karangan.agar siswa faham tentang sebuah karangan dan langkah-langkah dalam mengarang.baik itu tulisan nya dalam merangkai kata / penggunaan kata penghubung yang tepat dalam sebuah karangan.
Menurut saya pengajaran pada video pembelajaran tersebut sudah baik, namun alangkah lebih baiknya pada awal pembelajaran guru membangkitkan semangat belajar siswa sehingga siswa terfokus dan teralihkan perhatiannya kepada pembelajaran.
Selain itu, untuk tugas mengarang alangkah lebih baiknya guru memberikan contoh karangan yang dibacakan untuk siswa. Sehingga siswa bisa memahami cara mengarang cerita.
Nama : Teomi Ranti
Nim : 825853846
Judul video ” yuk mengarang bebas”
nama sekolah SD 52
Naskah Kunto Imbar Nursetyo
kelemahan dalam video
1. guru tidak membuka pelajaran dengan baik, sehingga siswa kurang bersemangat memulai pembelajaran.
2. pengelolaan kelas kurang, banyak anak yang tidak focus saat pembelajaran berlangsung.
kekuatan dalam video
1. guru sudah meningkatkan pencurahan waktu pada saat tugas mengarang agar siswa lebih focus.
2. guru sudah mengurangi perilaku yang mengganggu dari beberapa siswa yang kurang focus dan cebdrung bermain saat belajar dengan cara mendekati dan menegurnya.
3. guru sudah memperdalam pemahaman siswa dalam mengarang dengan tema tamasya yaitu dengan menuliskan pokok materi dengan langkah – langkah dalam mengarang tema tamasya.
Hal unik video
1. guru memberikan langkah – langakah dalam membuat karangan bebas dengan tema tamasya, sehingga memudahkan siswa dalam mengarang. langkah – langkah tersebut berupa pertanyaan – pertanyaan apa yang disiapkan dan dilakukan sebelum, selama dan sesudah tamasya serta apa yang siswa rasakan setelah melakukan tamasya.
- perlunya tambahan metode mengajar
- guru sudah menguasai materi dengan baik
- guru harus lebih dengan dekat dengan siswa

Nama : Saniah
Nim : 836986699
Judul : Yuk Mengarang Bebas
Menurut pendapat saya guru yang ada di video kurang memberikan motivasi pada siswa dan terlalu kaku sehingga siswa kurang memahami apa yang harus di karang atau tema apa yang harus di tulis , seharusnya sebelum memulai karangan sebaiknya tentukan temanya dulu,agar karangan siswa lebih terarah.

Nama : Diah Wulantika
NIM : 834862517
Judul : Yuk Mengarang Bebas
” Menurut saya video Pembelajaran ini sudah baik hanya saja guru belum sepenuhnya memberi pengarahan kepada siswa tentang hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat menulis sebuah karangan. Guru juga seharusnya menjelaskan kepada siswa tentang kerangka karangan dan langkah-langkah dalam mengarang seperti pemilihan kata atau penyusunan kalimat sehingga siswa dapat memahami dengan baik dan dapat membuat sebuah karangan dengan baik pula. “
Perkenalkan saya Indar sri wahyuni,nim 858404716.menurut saya guru dalam video tersebut di awal pembelajaran kurang memberi rangsangan yang membuat murid-muridnya bersemangat untuk menulis sebuah karangan.alangkah baiknya jika sang guru memulai pembelajaran dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti pernahkah kalian ke pantai,apa saja yang bisa dilihat di sana,apa yang biasa kalian lakukan kalau dipantai.Atau lebih baik di pancing dengan gambar pantai..sehingga murid-murid lebih bersemangat untuk menulis.