

Nama : Desi Gita Prameswari
NIM : 837579877
“Yuk Mengarang Bebas”
Menurut saya, guru pengajar sudah cukup aktif dalam memperhatikan jalannya proses belajar murid, namun saat memberikan penjelasan tentang tata cara mengarang cerita, penjelasannya cenderung rumit untuk dimengerti.

Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut diatas,saya berkesimpulan bahwa gurunya kurang memberikan penjelasan tetntang cara mengarang bebas yg jelas.gurunya menjelaskan hal2 apa yg perlu dibawa ketika hendak bertamasya kepantai.sementara penentuan tema,cara penulisan yang baik,penyusunan kosakata yang baik tidak dijelaskan.dan seharusnya anak2 diberikan rangsangan terlebih dahulu seperti menanyakan hoby atau menanyakan pernahkah anak anak bertamasya.agar anak semangat membuat karangan bebas.

Nama. : Tika Saputri
Nim. :845952664
Iya dalam vdeo diatas sebaiknya seorang guru memberikan sedikit kata kunci iya dengan bertanya kejadian,atau apa yang pernah mereka liat dilingkungannya, namanya mengarang bebas berarti siswanya diberikan kesempatan menulis karyanya sesuai dengan pengalamannya.

Nama : Istoqomah Nurul Alfath
NIM : 836400346
Setelah saya menonton video tersebut, Menurut pendapat saya, seorang guru dalam video tersebut sudah cukup baik dalam penyampaian materi dan aktif mengobservasi murid-murid yang kesulitan mengerjakan tugas. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik pengajarannya adalah guru tersebut seharusnya memberikan motivasi dan stimulus di awal pembelajaran sehingga anak-anak lebih semangat selama belajar. Selain itu sabaiknya pemberian contoh dan teknik-teknik dalam mengarang seharusnya dijelaskan sebelum memberikan tugas mengarang agar anak memahami dan mengerti apa yang harus mereka kerjakan ketika diberikan tugas oleh guru. Terimakasih.
Nama : Eliona Ardiyanti
Nim : 858794971
Menurut analisis video ” Yuk, Mengarah Bebas! ” yaitu :
- Kelemahan, kelemahannya adalah Guru tidak melakukan pembukaan pada awal pembelajaran,tidak memberi salam, menanyakan kabar,dan absensi siswa. Siswa juga nampak kurang antusias pada saat pembelajaran berlangsung,dan terlihat siswa tidak memperhatikan saat guru menjelaskan mengenai apa yang akan dipelajari. Pada akhir pembelajaran guru tidak melakukan evaluasi pembelajaran,guru juga tidak memberikan penguatan pada siswa.
- Kelebihan, kelebihannya adalah komunikasi yang dibangun guru dengan siswa sangat baik dan kondusif,guru menjelaskan dengan seksama. Pada pertengahan pembelajaran guru juga nampak mengamati siswa dan menghampiri siswa,bergurau mengenai pekerjaan siswa agar suasana tidak terlalu tegang.
Nama : Dini alpiah
Nim : 836301897
Menurut saya guru dalam video kurang berhasil karena siswa terlihat kurang mengerti akan tata cara menulis karangan yang baik dan benar. Lebih baik lagi jika sebelum pembelajaran dimulai siswa diarahkan untuk membaca beberapa contoh cerita dan mempelajari di buku apa itu kerangka karangan agar saat pembelajaran berlangsung siswa sudah mempunyai gambaran bagaiman cara mengarang bebas.

Nama : Nirwani
Nim : 859741451
Setelah saya menonton vidio di atas, menurut pendapat saya : seorang guru sudah cukup aktif dalam memperhatikan proses belajar murid, hanya saat memberikan penjelasan tentang cara menulis karangan yang baik dan benar siswa terlihat kurang mengerti, alangkah baiknya sebelum pembelajaran dimulai siswa diarahkan untuk membaca beberapa contoh cerita

nama : ramdhani sumaryo
nim : 856566976
seorang guru sudah cukup aktif dalam memperhatikan proses belajar murid,hanya saat memberikan penejlasan tentang cara menulis karang yang baik dan benar siswa terlihat kurang mengerti alangkah baiknya sebelum pembelajran dimulai siswa diarahkan untuk membaca veberapa contoh cerita
Reaksi siswa : Siswa banyak yang menjadi bingung tentang apa yang akan ditulisnya dan bagaimana langkah-langkah dalam membuat karangan bebas.
Kelemahan guru :
– guru tidak melakukan kegiatan apersepsi dan pembuka terlebih dahulu.
– guru terlihat tidak dapat menguasai kelas dan materi dengan baik.
– kosa kata yang dimiliki guru terbatas, sehingga guru bingung untuk menyampaikan tujuan yang ingin dicapainya dengan tepat.
Kelebihan guru : guru sangat sabar dan santai saat menghadapi siswa.
Upaya perbaikan kualitas : sebaiknya guru melakukan kegiatan apersepsi dan pembuka terlebih dahulu, agar siswa menjadi relax,semangat dan tidak bingung dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Tujuan dan langkah-langkah pada materi pembelajaran wajib di jelaskan terlebih dahulu.
Roy Febrian 859742374
Bayak minus nya
1. Kegiatan awal yang terlalu monoton, tidak ada salam dan pertanyaan pemantik agar siswa bisa fokus dan semangat untuk mengikuti pembelajaran.
2. Guru nya tiba tiba memberi tugas mengarang tanpa menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara mengarang.
3. Penjelasan dan contoh tahap tahap mengarang yang diberikan guru nya pun terlalu rumit.

Nama : Puja Hajat Pratiwi
NIM : 859742819
Dalam video pembelajaran tersebut pada awalnya guru tersebut sudah cukup baik dalam melaksanakan proses pembelajaran berlangsung, di mana guru tersebut secara aktif memperhatikan dan menegur siswa yang kurang siap dalam belajar. Namun, dalam pemberian materi guru tersebut kurang memberikan rangsangan belajar pada siswa. Sehingga siswa siswa tersebut kebingungan dalam mengerjakan tugas mengarang. menurut saya solusi yang dapat diterapkan dalam situasi mengajar yang terdapat pada video pembelajaran tersebut, sebaiknya sebelum memberikan tugas kepada siswa dalam hal mengarang, sebaiknya guru memberikan langkah-langkah maupun pertanyaan agar dalam proses pembuatan mengarang siswa dapat mengerjakannya dengan baik.

Dalam pembelajaran di awal guru tidak memberikan apersepsi langsung menyebutkan materi pembelajaran saja.
Penguasaan kelas masih belum maksimal, guru hanya berada di depan kelas saja, tidak berkeliling ke belakang.
Awal pembelajaran siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Guru belum menjelaskan langkah pembelajaran yang harus dilakukan oleh siswa.
Dalam video tersebut, Guru belum melakukan Pendahuluan, seperti berdoa, memberi salam dan menyapa siswa. Guru langsung masuk kegiatan inti dengan memberi tugas kepada siswa tanpa menjelaskan terlebih dahulu tentang materi karangan yang akan disampaikan. Seharusnya Guru melakukan kegiatan Pendahuluan, kegiatan Inti dan kegiatan Penutup. Kegiatan Pendahuluan, Guru memberi salam, mengajak berdoa, menyapa siswa dan menanyakan kabar siswa. Kegiatan Inti, Guru menyampaikan materi dan menjelaskan materi kepada siswa. Kegiatan Penutup, Guru memberikan penilaian dan melakukan evaluasi dari hasil pekerjaan siswa. Dalam video tersebut, Guru seharusnya menyampaikan terlebiih dahulu tentang materi Karangan yang akan disampaikan. Setelah itu menjelas tentang apa itu Karangan, kemudian dilanjut memberi tugas kepada siswa. Dengan tujuan agar siswa paham dan tidak kaku dalam mengikuti pembelajaran.
Perkenalkan saya Indar sri wahyuni,nim 858404716.menurut saya guru dalam video tersebut di awal pembelajaran kurang memberi rangsangan yang membuat murid-muridnya bersemangat untuk menulis sebuah karangan.alangkah baiknya jika sang guru memulai pembelajaran dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti pernahkah kalian ke pantai,apa saja yang bisa dilihat di sana,apa yang biasa kalian lakukan kalau dipantai.Atau lebih baik di pancing dengan gambar pantai..sehingga murid-murid lebih bersemangat untuk menulis.