11

Setelah menyimak dengan seksama video “Yuk, Bercerita kepada Teman” ada beberapa hal yang bisa saya ambil manfaatnya dalam mengaktifkan peran serta siswa dan memudahkan pemahaman siswa tentang intisari cerita yang dibac. Diantaranya adalah:
1. Guru membuat alternatif cerita yang lebih mudah dipahami siswa dengan mengangkat tema kehidupan yang dekat dengan siswa disamping buku bacaan yang dipilih sndiri oleh siswa.
2. Guru membibing siswa untuk mengetahui isi bacaan dengan memberi pertanyaan-pertanyaan seperti:
a. Apa permasalahan utama yang ada dibacaan tersebut?
b. Apa penyebab timbulnya masalah?
c. Berikan saran-saran pemecahan masalah menurut versimu sendiri yang tidak terdapat dalam bacaan!
3. Siswa menuliskan intisari dan jawaban-jawaban atas pertanyaan dari guru sebagai rambu-rambu dalam bercerita.
4. Meminta siswa untuk presentasi didepan kelas secara individu.
Dengan adanya arahan-arahan seperti itu maka siswa akan lebih mudah dan berani untuk tampil dan bercerita kepada temannya di depan kelas.
Namun, disamping kelebihan-kelebihan diatas, terdapat beberapa kelemahan-kelemahan yang terdapat di video seperti:
1. Tidak adanya demonstrasi dari guru dalam pembelajaran bercerita di depan kelas.
2. Siswa, dalam bercerita didepan kelas terlalu singkat dan hanya sebatas menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
3. Tidak adanya media/alat bantu bercerita yang digunakan.
4. Hanya beberapa siswa saja yang tampil didepan.
Solusi yang saya bisa dipakai dalam pembelajaran bercerita kepada teman adalah:
1. Guru disamping memberikan cerita yang dibuat sendiri juga dapat menambahinya dengan penggunaan media visual seperti: gambar, boneka tangan, boneka stik, dll sehingga siswa bisa lebih banyak bercerita didepan kelas.
2. Dalam penggunaan media-media tersebut, guru sebaiknya memberikan demonstrasi sedikit diawal pembelajaran sehingga siswa bisa lebih cepat menangkap makna dan perintah yang harus dilakukan.
3. Dalam pembelajaran ini bisa dilakukan secara berkelompok terlebih dahulu, baru kemudian dilakukan secara individu untuk menilai kemampuan masing-masing siswa.
4. Media yang digunakan tidak harus semua disediakan oleh guru, tetapi ajaklah siswa untuk berpartisipasi dalam pembuatan media tersebut.

Nama :Nurfathiyah
Nim. :836308352
Setelah menyimak Vidio
“yuk bercerita kepada teman” ada beberapa hal yang bisa saya ambil dari Vidio tersebut, guru tersebut sudah bagus dalam memberikan langkah-langkah sebelum melakukan membaca cerita.
Saya hanya ingin sedikit menambahkan akankah lebih baik jika siswa dapat berimajinasi dan bercerita tentang apa yang dilihatnya.
Contoh : guru mengajak mereka ketempat terbuka atau luar kelas, setelah itu beri arahan pada mereka untuk melihat dan memperhatikan apa yang ada disekeliling mereka. setelah itu biarkan mereka bercerita tentang apa yang mereka lihat didepan teman-temannya untuk melatih mental mereka dan memperkuat imajinasi mereka.

Nama : Nurfathiyah
Nim. : 836308352
Setelah menyimak Vidio
“Yuk bercerita kepada teman” ada beberapa hal yang bisa saya ambil dalam Vidio tersebut guru sudah tersebut sudah bagus dalam memberikan langkah-langkah sebelum melakukan membaca cerita.
Saya hanya ingin sedikit menambahkan akankah lebih baik jika siswa dapat berimajinasi dan bercerita tentang apa yang dilihatnya.
Contoh : guru mengajak mereka ketempat terbuka atau luar kelas, setelah itu beri arahan kepada mereka untuk melihat dan memperhatikan apa yang ada disekeliling mereka. Setelah itu biarkan mereka bercerita tentang apa yang mereka lihat didepan teman-temannya untuk melatih mental mereka dan memperkuat imajinasi mereka.

Nama : Linda Lutfiatun
Nim : 836562279
Menurut saya pembelajaran di atas sudah bagus, namun siswa masih terlihat kurang bersemangat untuk menciptakan suasana yang menyenangkan , guru bisa mencontohkan terlebih dahulu dengan menceritakan pengalaman – pengalaman yang menarik kepada siswa setelah itu guru meminta siswa untuk menceritakan pengalamannya ketika berngkat sekolah di depan kelas dengan percaya diri

Nama : Sulyati
NIM. : 836574037

Setelah menyimak video “Yuk, bercerita kepada teman”, yang saya dapatkan dan simpulkan adalah
1. Kelebihan : Guru sudah kreatif dalam menyampaikan bahan ajar agar dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik dengan cara memberi contoh dengan peristiwa yang sering terjadi sehari-hari. Selain itu guru sudah memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dengan menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan. Apresiasi juga dilakukan oleh siswa lain dengan memberikan tepuk tangan.

2. Kekurangan : Kontrol guru terhadap anak-anak masih kurang dalam membimbing anak, sehingga ada beberapa anak yang bermain sendiri dan kurang fokus.

3. Saran. : Menurut pendapat saya, kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dengan cara mengajak siswa melihat dan mengamati kejadian atau peristiwa di sekitar sekolah, kemudian siswa diberikan tugas dari pengamatan yang telah dilakukan oleh siswa