

Nama :Nurfathiyah
Nim. :836308352
Setelah menyimak Vidio
“yuk bercerita kepada teman” ada beberapa hal yang bisa saya ambil dari Vidio tersebut, guru tersebut sudah bagus dalam memberikan langkah-langkah sebelum melakukan membaca cerita.
Saya hanya ingin sedikit menambahkan akankah lebih baik jika siswa dapat berimajinasi dan bercerita tentang apa yang dilihatnya.
Contoh : guru mengajak mereka ketempat terbuka atau luar kelas, setelah itu beri arahan pada mereka untuk melihat dan memperhatikan apa yang ada disekeliling mereka. setelah itu biarkan mereka bercerita tentang apa yang mereka lihat didepan teman-temannya untuk melatih mental mereka dan memperkuat imajinasi mereka.

Nama : Nurfathiyah
Nim. : 836308352
Setelah menyimak Vidio
“Yuk bercerita kepada teman” ada beberapa hal yang bisa saya ambil dalam Vidio tersebut guru sudah tersebut sudah bagus dalam memberikan langkah-langkah sebelum melakukan membaca cerita.
Saya hanya ingin sedikit menambahkan akankah lebih baik jika siswa dapat berimajinasi dan bercerita tentang apa yang dilihatnya.
Contoh : guru mengajak mereka ketempat terbuka atau luar kelas, setelah itu beri arahan kepada mereka untuk melihat dan memperhatikan apa yang ada disekeliling mereka. Setelah itu biarkan mereka bercerita tentang apa yang mereka lihat didepan teman-temannya untuk melatih mental mereka dan memperkuat imajinasi mereka.

Nama : Linda Lutfiatun
Nim : 836562279
Menurut saya pembelajaran di atas sudah bagus, namun siswa masih terlihat kurang bersemangat untuk menciptakan suasana yang menyenangkan , guru bisa mencontohkan terlebih dahulu dengan menceritakan pengalaman – pengalaman yang menarik kepada siswa setelah itu guru meminta siswa untuk menceritakan pengalamannya ketika berngkat sekolah di depan kelas dengan percaya diri

Nama : Sulyati
NIM. : 836574037
Setelah menyimak video “Yuk, bercerita kepada teman”, yang saya dapatkan dan simpulkan adalah
1. Kelebihan : Guru sudah kreatif dalam menyampaikan bahan ajar agar dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik dengan cara memberi contoh dengan peristiwa yang sering terjadi sehari-hari. Selain itu guru sudah memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dengan menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan. Apresiasi juga dilakukan oleh siswa lain dengan memberikan tepuk tangan.
2. Kekurangan : Kontrol guru terhadap anak-anak masih kurang dalam membimbing anak, sehingga ada beberapa anak yang bermain sendiri dan kurang fokus.
3. Saran. : Menurut pendapat saya, kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dengan cara mengajak siswa melihat dan mengamati kejadian atau peristiwa di sekitar sekolah, kemudian siswa diberikan tugas dari pengamatan yang telah dilakukan oleh siswa
Nama : Mega Hidayah
Nim : 835359009
assalamualaikum,wr.wb
menurut saya Setelah menyimak dengan seksama video “Yuk, Bercerita kepada Teman” ada beberapa hal yang bisa saya ambil manfaatnya dalam mengaktifkan peran serta siswa dan memudahkan pemahaman siswa tentang intisari cerita yang dibac. Diantaranya adalah:
1. Guru membuat alternatif cerita yang lebih mudah dipahami siswa dengan mengangkat tema kehidupan yang dekat dengan siswa disamping buku bacaan yang dipilih sndiri oleh siswa.
2. Siswa menuliskan intisari dan jawaban-jawaban atas pertanyaan dari guru sebagai rambu-rambu dalam bercerita.
3. Meminta siswa untuk presentasi didepan kelas secara individu.
Solusi yang saya bisa dipakai dalam pembelajaran bercerita kepada teman adalah:
1. Guru disamping memberikan cerita yang dibuat sendiri juga dapat menambahinya dengan penggunaan media visual seperti: gambar, boneka tangan, boneka stik, dll sehingga siswa bisa lebih banyak bercerita didepan kelas.
2. Dalam penggunaan media-media tersebut, guru sebaiknya memberikan demonstrasi sedikit diawal pembelajaran sehingga siswa bisa lebih cepat menangkap makna dan perintah yang harus dilakukan.
3. Dalam pembelajaran ini bisa dilakukan secara berkelompok terlebih dahulu, baru kemudian dilakukan secara individu untuk menilai kemampuan masing-masing siswa.
Setelah menyimak Vidio
“yuk bercerita kepada teman” ada beberapa hal yang bisa diambil dari Vidio tersebut, guru sudah bagus dalam memberikan langkah-langkah sebelum melakukan membaca cerita.
Tapi akankah lebih baik jika siswa dapat berimajinasi dan bercerita tentang apa yang dilihatnya.
Contoh : guru mengajak mereka ketempat terbuka atau luar kelas, setelah itu beri arahan pada mereka untuk melihat dan memperhatikan apa yang ada disekeliling mereka. setelah itu biarkan mereka bercerita tentang apa yang mereka lihat didepan teman-temannya untuk melatih mental mereka dan memperkuat imajinasi mereka.

Setelah menyimak vidio ini guru sudah cukup baik dalam menyampaikan materi. Guru membuat langkah- langkah permasalahan dalam isi cerita dan membuat contoh cerita di lingkungan sekitar kehidupan sehari-hari, selanjutnya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengapresiasi kan karya siswa dengan maju kedepan untuk menjawab pertanyaan dari guru dan memberi tepuk tangan kepada siswa selesai memjawab pertanyaan itu membuat suasana belajar lebih hidup.
Kelemahan, alankah baiknya bila guru memberikan teks cerita disertai ilustrasi gambar agar lebih menarik perhatian siswa.
Bahan cerita yang diberikan oleh guru masih kurang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, dalam hal membaca anak usia sekolah dasar masih menyukai bacaan dengan banyak gambar didalamnya, sehingga sebaiknya dalam memberikan teks bacaan disertai ilustrasi gambar yang menarik dengan siswa.

Nama : Diah Wulantika
NIm : 834862517
Judul : yuk bercerita kepada teman
” Menurut saya video pembelajaran ini sudah baik tapi guru belum sepenuhnya memberikan minat bercerita anak sehingga anak kurang fokus dalam belajar “
Menurut saya kelebihan dalam pembelajaran ini sudah bagus memberikan langkah-langkah dalam membuat sebuah cerita. Kelemahannya adalah cara penyampaian guru kepada siswa kurang menarik seharusnya guru memberikan media pembelajaran contohnya dengan mengenal kan kepada anak-anak beberapa kegiatan diluar sekolah.
Yunita Hosiana Farallesa
NIM : 837500985
Menurut saya cara penyampaian guru kurang menarik minat siswa, agar menarik minat siswa lebih baik siswa diajak langsung keluar halaman sekolah mengamati secara langsung sehingga cepat terekam dalam benak siswa dan siswa menjadi lebih mudah untuk menceritakan apa yang sudah dilihatnya.

Nama : Devi Yartika
Nim. : 825850589
Setelah menyimak Vidio
“yuk bercerita kepada teman” ada beberapa hal yang bisa saya ambil dari Vidio tersebut, Reaksi anak/siswa masih kelihatan tidak percaya diri untuk menceritakan ulang cerita yang telah mereka baca, kelemahan dari guru guru tersebut yaitu guru tersebut awalnya tidak memberikan petunjuk bagaimana langkah-langkah dalam menceritakan ulang cerita yang telah siswa baca sehingga siswa kelihatan bingung dan jadi tidak percaya diri pada saat diminta untuk bercerita di depan kelas, kelebihannya guru tersebut sudah bagus dalam memberikan langkah-langkah sebelum melakukan membaca cerita.
Saya hanya ingin sedikit menambahkan akankah lebih baik jika siswa dapat berimajinasi dan bercerita tentang apa yang dilihat oleh siswanya, misalnya guru mengajak siswa untul belajar di tempat terbuka atau luar kelas, setelah itu beri arahan pada siswa untuk melihat dan memperhatikan apa yang ada disekeliling mereka. setelah itu biarkan siswa bercerita tentang apa yang mereka lihat didepan kelas untuk melatih mental dan percaya diri siswa dan memperkuat imajinasi siswa.
Selain itu cara agar dapat memacu kemauan dan rasa percaya diri siswa until berbicara di depan kelas, guru harus memberikan motivasi dan penghargaan (seperti hadiah) bagi siswa yang mau bercerita di depan kelas.
Sekian refleksi dari vidio “yuk bercerita kepada teman”, saya mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang salah. Terima kasih.
Setelah menyimak dengan seksama video “Yuk, Bercerita kepada Teman” ada beberapa hal yang bisa saya ambil manfaatnya dalam mengaktifkan peran serta siswa dan memudahkan pemahaman siswa tentang intisari cerita yang dibac. Diantaranya adalah:
1. Guru membuat alternatif cerita yang lebih mudah dipahami siswa dengan mengangkat tema kehidupan yang dekat dengan siswa disamping buku bacaan yang dipilih sndiri oleh siswa.
2. Guru membibing siswa untuk mengetahui isi bacaan dengan memberi pertanyaan-pertanyaan seperti:
a. Apa permasalahan utama yang ada dibacaan tersebut?
b. Apa penyebab timbulnya masalah?
c. Berikan saran-saran pemecahan masalah menurut versimu sendiri yang tidak terdapat dalam bacaan!
3. Siswa menuliskan intisari dan jawaban-jawaban atas pertanyaan dari guru sebagai rambu-rambu dalam bercerita.
4. Meminta siswa untuk presentasi didepan kelas secara individu.
Dengan adanya arahan-arahan seperti itu maka siswa akan lebih mudah dan berani untuk tampil dan bercerita kepada temannya di depan kelas.
Namun, disamping kelebihan-kelebihan diatas, terdapat beberapa kelemahan-kelemahan yang terdapat di video seperti:
1. Tidak adanya demonstrasi dari guru dalam pembelajaran bercerita di depan kelas.
2. Siswa, dalam bercerita didepan kelas terlalu singkat dan hanya sebatas menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
3. Tidak adanya media/alat bantu bercerita yang digunakan.
4. Hanya beberapa siswa saja yang tampil didepan.
Solusi yang saya bisa dipakai dalam pembelajaran bercerita kepada teman adalah:
1. Guru disamping memberikan cerita yang dibuat sendiri juga dapat menambahinya dengan penggunaan media visual seperti: gambar, boneka tangan, boneka stik, dll sehingga siswa bisa lebih banyak bercerita didepan kelas.
2. Dalam penggunaan media-media tersebut, guru sebaiknya memberikan demonstrasi sedikit diawal pembelajaran sehingga siswa bisa lebih cepat menangkap makna dan perintah yang harus dilakukan.
3. Dalam pembelajaran ini bisa dilakukan secara berkelompok terlebih dahulu, baru kemudian dilakukan secara individu untuk menilai kemampuan masing-masing siswa.
4. Media yang digunakan tidak harus semua disediakan oleh guru, tetapi ajaklah siswa untuk berpartisipasi dalam pembuatan media tersebut.