- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Saya setuju dengan pendapat ibu TUKMINI
– Guru tidak memberikan nomor kepada setiap siswa dalam kelompok. hanya memberi nama kelompok saja. Semestinya guru sudah menyiapkan kertas yang betuliskan nomer atau nama kelompok.
– Guru meminta siswa menjawab pertanyaan dengan memanggil nama siswa.semestinya guru mempersilahkan pada tiap tip kelompok secara bergiliran untuk mempresentasikan jawaban mereka.

Kelebihan dari metode cooperative learning tipe numbered heads together adalah:
1. Metode sangat menarik
2. Membuat siswa saling bertukar pikiran
3. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
4. Guru menyiapkan pertanyaan
5. Masing-masing kelompok menjawab pertanyaan tersebut.
Kekurangannya adalah:
1. Guru tidak merumuskan tujuan pembelajaran.
2. Kurang memotivasi siswa diawal pembelajaran.
3. Tidak memberikan nomor kepada setiap siswa.
4. Tidak memberikan pujian
Pengalaman saya tentang metode ini adalah saya tidak memberikan nama kelompok kepada setiap kelompok, sehingga saya harus memanggil nama siswa tersebut.
Langkah-langkah yang saya lakukan adalah:
1. Merumuskan tujuan pembelajaran.
2. Terlibih dahulu memotivasi siswa.
3. Mempersiapkan nama kelompok.
4. Memberikan penguatan, pujian terhadap jawaban siswa.

saya akan menanggapi bu umi kalsum tentang pengalaman ibu yang tidak memberi nama kelompok tetapi memanggil nama siswa. yang akan saya tanyakan bagaimana cara ibu membagi kelompok nya?

Video ini menggambarkan guru ekonomi menyampaikan materi Tindakan Ekonomi Berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi dengan metode Cooperative learning tipe numbered heads together.
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan:
• Guru menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered heads together
• Siswa berani mengemukakkan pendapat
• Penerapan model NHT memastikan keterlibatan total dari semua siswa.
Kelemahan :
• guru tidak memanggil salah satu nomor masing-masing kelompok untuk mempersentasikan hasil kerja kelompok mereka.
• Peserta didik lain tidak diberi kesempatan untuk memberi tanggapan, dari jawaban kelompok lain.
• Peserta didik tidak dilibatkan dalam menyimpulkan materi pembelajaran
• Guru tidak memberikan reward kepada peserta didik yang berani mengungkapkan pendapat atau untuk kelompok terbaik untuk memotivasi peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.
• Kegiatan tidak diakhiri dengan evaluasi
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya belum pernah mempraktikkan model Numbered Head Together dalam pembelajaran, tapi sudah pernah menerapkan pendekatan cooperative learning lainnya dalam pembelajaran, seperti model STAD, Example non Example, demonstrasion.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Apabila saya menerapkan model pembelajaran NHT , akan mempelajari terlebih dahulu langkah-langkah pembelajaran tersebut, kemudian menyusun RPP dengan penerapan model NHT , dalam pelaksanaan pembelajaran setelah peserta didik berdiskusi akan memanggil salah satu nomor masing-masing kelompok untuk mempersentasikan hasil kerja kelompok mereka, kemudian peserta didik lain diberi kesempatan untuk memberi tanggapan dari jawaban kelompok lain, akan melibatkan peserta didik dalam menyimpulkan materi pembelajaran, memberikan reward kepada peserta didik atau kelompok terbaik dalam menyelesaikan tugas untuk memotivasi peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran dan kegiatan diakhiri dengan evaluasi.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Pembelajaran kooperatif adalah kerangka konseptual rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh peserta didik dalam kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Kelompok-kelompok tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Menurut Trianto (2010: 82) model NHT adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional, yang lebih melibatkan siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran tersebut.
Menurut Kagan dalam Ibrahim (2000: 28) model NHT adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan khusus untuk meningkatkan penguasaan akademik siswa dengan melibatkan para siswa menelaah bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan pemahaman siswa terhadap isi pelajaran tersebut
NAMA : EKA INDRIANI
NIM : 041002038
1.Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
kelebihan :
- guru berhasil menggunakan metode pembelajaran dengan baik
- guru membentuk kelompok sehingga siswa dapat bertukar pikiran dengan teman sekelas
- guru mempersiapkan pertanyaan dengan baik sehingga siswa menjawab dengan baik pertanyaan yang sesuai dengan materi pembelajaran.
kelemahan :
- guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran di awal pembelajaran
- guru tidak memotivasi siswa di awal pembelajaran
- guru kurang siap dalam media pembelajaran sehingga kurang dalam pembentukan kelompok
2.Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya belum pernah menerapkan metode pembelajaran tersebut
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Guru dapat mempersiapkan media pembelajaran sebelum melakukan kegiatan pembelajaran
- Guru sebaiknya memotivasi siswa sebelum memulai pembelajaran
- Guru sebaiknya menjabarkan tujuan pembelajaran sebelum memulai pembelajaran
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Langkah-langkah cooperative learning tipe number head together yang dikembangkan oleh Ibrahim (2000: 29)
a. Persiapan
Dalam tahap ini guru mempersiapkan rancangan pelajaran dengan membuat Skenario Pembelajaran (SP), Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
b. Pembentukan kelompok
Dalam pembentukan kelompok disesuaikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Guru membagi para siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-5 orang siswa.
Nama :Iramaya Sopha
Nim :030581127
- Pada video pembelajaran yang berjudul Tindakan Ekonomi Berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif learning Numbered Heads Together.Kelebihan:Guru bisa mengkondisikan siswa ketika berdiskusi sehingga tercipta suasana yang nyaman,Guru membuka pembelajaran dengan penuh semangat,Diakhir pembelajaran,guru menyimpulkan materi pembelajaran dengan bahasanya sendiri,Guru membuat kelompok diskusi siswa yang terdiri dari 5 orang perkelompok.Kelemahan:Guru membentuk kelompok diskusi siswa tanpa membuat nomor per siswa didalam kelompok masing-masing,Guru tidak membawa RPP ketika pembelajaran sehingga langkah-langkah pembelajaran tidak sesuai dengan yang seharusnya,Guru memanggil perwakilan siswa dalam kelompok dengan nama siswa bukan nomornya
- Saya pernah mengalami seperti hal yang sama,Ketika itu karena saya buru-buru,saya terlupa membawa RPP ketika pembelajaran,sehingga antara materi pelajaran dan tujuan pembelajaran tidak sejalan.Hal ini akan berdampak kepada pembelajaran dikelas dan tercapainya tujuan pembelajaran.
- Sesuai dengan model pembelajaran yang di gunakan pada video tersebut yaitu Cooperatif Learning Numbered Heads Together.Langkah-langkah pembelajaran nya adalah:1).Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok mendapat nomor.2).Guru memberikan tugas dan tipa-tiap kelompok disuruh untuk mengerjakannya.3).Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan bahwa setiap anggota kelompok dapat mengerjakannya.4).Siswa lain di minta untuk memberi tanggapan kemudian guru menunjuk nomor lain
- Menurut Slavin(2005:256)Memaparkan NHT pada dasarnya adalah sebuah group discussion,pembelokannya yaitu,hanya pada satu siswa yang akan menjadi wakil kelompok tersebut.tetapi sebelumnya tidak diberi tahu siapa yang menjadi wakil kelompok tersebut.penerapan model NHT memastikan keterlibatan total adri semua siswa. Menurut Trianto (2010:82)model NHT adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional.yang lebih melibatkan siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran tersebut
Video ini menggambarkan guru ekonomi menyampaikan materi Tindakan Ekonomi Berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi dengan metode Cooperative learning tipe numbered heads together.
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan:
• Guru menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered heads together
• Siswa berani mengemukakkan pendapat
• Penerapan model NHT memastikan keterlibatan total dari semua siswa.
Kelemahan :
• guru tidak memanggil salah satu nomor masing-masing kelompok untuk mempersentasikan hasil kerja kelompok mereka.
• Peserta didik lain tidak diberi kesempatan untuk memberi tanggapan, dari jawaban kelompok lain.
• Peserta didik tidak dilibatkan dalam menyimpulkan materi pembelajaran
• Guru tidak memberikan reward kepada peserta didik yang berani mengungkapkan pendapat atau untuk kelompok terbaik untuk memotivasi peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.
• Kegiatan tidak diakhiri dengan evaluasi
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya belum pernah mempraktikkan model Numbered Head Together dalam pembelajaran, tapi sudah pernah menerapkan pendekatan cooperative learning lainnya dalam pembelajaran, seperti model STAD, Example non Example, demonstrasion.

Saya setuju dengan pendapat ibu Sopiyanti.Sebaiknya guru memanggil nomor pada setiap kelompok yang diminta untuk persentasi.bukan memanggil nama siswa.Sesuai dengan model pembelajaran yang di gunakan di video adalah model Cooperatif Learning Numbered Heads Together.
Analisis Video pembelajaran:
Sebuah. Judul Video: Tindakan Ekonomi Berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi.
b. Ringkasan Isi Video:
Nama Tokoh: Rini Fatmasari, M.Sc
Nama Sekolah: SMP Bukit Nusa Indah Serua-Ciputat Tangerang Selatan.
Sutradara: Dinni R
Penanggung Jawab: Dra. Asna Limbong, M.Si
Sinopsis:
Video ini memperlihatkan seorang guru SMP Bukit Nusa Indah yang sedang mengajarkan materi Tindakan Ekonomi Berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi dengan menggunakan metode Cooperative learning tipe numbered head together.
C. Kelemahan-kelemahan yang ditemukan dalam video tersebut!
– Guru tidak memeriksa kehadiran ( Absensi)
– Guru tidak menyebutkan Tujuan Pembelajaran.
– Guru langsung pada materi inti, tanpa pengantar tentang materi yang diajarkan.
d. Kelebihan guru :
– Guru sangat menguasai materi dan metode yang digunakan
e. Hal yang unik dalam video pembelajaran adalah:
– Antara guru dan Peserta didik, ada hubungan yang begitu akrab sehingga komunikasi diantara mereka dapat terjalin dengan baik.

NAMA : ERNA SARINA
NIM : 020628899
Video ini (https://youtu.be/UgEXSCI-llk) merupakan video yang menggambarkan guru ekonomi yang menyampaikan materi Tindakan Ekonomi Berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi dengan metode Cooperative learning tipe numbered heads together. Kemudian ada beberapa kelemahan dan kelebihan video tersebut adalah.
1. Pada kegiatan di awal pembelajaran, guru tidak menampilkan keterampilan dasar dalam membuka pembelajaran dengan baik seperti berdoa sebelum memulai pembelajaran, guru mengabsen siswa terlebih dahulu, dan guru memberikan motivasi kepada siswa agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan berlangsung dan menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu.
2. Dalam memberikan pertanyaan kepada siswa pada awal pembelajaran, guru tidak memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada siswa untuk membaca atau memahami materi yang diajarkan, sehingga pertanyaan guru pada awal pembelajaran, siswa kesulitan untuk merespon atau menjawab pertanyaan dari guru tersebut.
3. Dalam kegiatan inti, guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan disampaikan sehingga siswa merasa sulit dan tidak paham mengenai Tindakan Ekonomi berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi sehingga siswa lebih dengan mudah memahami materi yang diajarkan
Sedangkan kelebihan pada video tersebut adalah
1. Secara keseluruhan, penampilan guru dalam mengajar sangat pantas dan sesuai dengan criteria seorang guru yang baik. Siswa lebih tetarik dan semangat untuk mengikuti pelajaranyang diberikan oleh guru tersebut.
2. Berbagai keterampilan dasar yang guru terapkan dalam pembelajaran ini, seperti keterampilan bertanya, keterampilan menggunakan media (infokus), dan keterampilan menutup pembelajaran. Keterampilan bertanya dapat dilihat dari bagaimana guru memberikan pertanyaan kepada setiap kelompok siswa dan siswa menjawab dengan baik atas pertanyaan tersebut. Keterampilan menggunakan media (infokus) dapat dilihat dari guru memberikan penjelasan terhadap siswa mengenai model pembelajaran Cooperative learning tipe numbered heads together ini dan siswa dengan mudah memahami materi tersebut. Sedangkan keterampilan menutup pembelajaran dapat dilihat dari guru menyampaikan kesimpulan atas materi pembelajaran yang disampaikan.
3. Dalam video pembelajaran ini terlihat adanya guru memberikan penguatan verbal dan non verbal. Yang dikatakan dengan penguatan verbal yaitu Penguatan verbal adalah respon yang ditunjukkan secara lisan atau ucapan terhadap suatu perilaku. Sedangkan penguatan non verbal adalah respon yang ditunjukkan dengan perbuatan-perbuatan yang berupa mimik, gerak badan, mendekati siswa, menyentuh, hal yang menyenangkan hati siswa, simbol atau benda, dan penguatan tak penuh. Hal ini dapat terlihat dalam hal guru memberikan apresiasi terhadap jawaban siswa yang benar.
Dua teori mengenai pembelajaran dalam video tersebut adalah
1. Trianto (2010: 82) model NHT adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternative terhadap struktur kelas tradisional, yang lebih melibatkan siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran tersebut
2. c) Suprijono (2015, h.111) mengatakan pembelajaran dengan menggunakan metodenumber head together di awalidengan numbering. Guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil. Jumlah kelompok sebaikanya di pertimbangkan jumlah konsep yang dipelajari. Jikajumlah peserta didik dalam suatu kelas terdiri dari 40 orang dan terbagi menjadi 5 kelompok berdasarkan jumlah konsep yang dipelajari, maka tiap kelompok terdiri 8 orang. Tiap-tiap orang diberi nomor 1-8. Setelah kelompok terbentuk guru mengajukan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh setiap kelompok.

Menurut saya,pada video pembelajaran tersebut guru sudah memberikan atau memaparkan materi secara tidak lansung kepada siswa melalui slide video tentang pengertian dari tindakan,motif dan prinsip ekonomi.Kemudian guru juga sudah memberi petunujuk kepada siswa untuk mendiskusikan materi tindakan berdasarkan motif dan prinsip ekonomi yang ada di buku paket
1 kelelebihan
<
1.BAGAIMANA REAKSI ANAK /SISWA TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG LAKUKAN GURU ?
:Berdasarkan video pertama Tindakan Ekonomi Berdasarkan motif dan prinsip ekonomi Reaksi sianak bagus aktif antusias dalam bertanya dan ada timbal balik .
2.SECARA KESELURUHAN APA SAJA KELEMAHAN GURU DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN ?
:Jawaban dari kelompok ditujukan tidak dilemparkan kepada kelompok lain
:Peserta didik tidak dilinbatkan dalam membuat keseimpulan
3.SECARA KESELURUHAN APA SAJA KELEBIHAN GURU DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN ?
:Video ini sudah baik kelebihannya guru nya ada salam pembuka dan memberikan pertanyaan sebelum masuk pokok pembelajaran ‘
:Mengunakan media dalam menyampaikan materi pelajaran dan membentu kelompok dan siswa antusias melaksanakan tugas yang di berikan kemudian setiap pertanyaan di berinilai 100
4.HAL –HAL UNIK APASAJA YANG DITEMUKAN DALAM VIDEO TERSEBUT DARI GURU SAAT MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN ?
:Hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran adalah mengunakan metode komperatif learning tipe number high together di mana metode ini belum pernah saya terapkan dalam pembelajaran di kelas sehingga menjadi referensi bagi saya untuk mempersentasikan metode pembelajaran saya.
5.SETELAH MENGETAHUI KELEMAHAN DAN KELEBIHAN DARI GURU YANG ADA AMATI DARI TAYANGAN VIDEO ,UPAYA APA SAJA YANG DAPAT DIUSULKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN BERIKUTNYA?(DIGUNAKAN PULA OLEH KELOMPOK MAHASISWA YANG TIDAK MENGAKSES INTERNET SAMA SEKALI)
:Upaya yang dapat di usulkan adalah setiap jawaban dari setiap kelompok dilemparkan kan dahulu kekelompok- kelompok yang lain sebaiknya,
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Sesuai dengan metode cooperative learning tipe number head together maka kelebihan dan kelemahan guru dalam vidio tersebut adalah:
kelebihan
a. guru membentuk kelompok kecil dalam kelas
b. guru mengajukan pertanyaan kepada setiap kelompok
c. guru memberikan kesempatan kepada perseta didik untuk berdiskusi
d. guru memberi kesimpulan diakhir pembelajaran.
Kelemahan
a. Guru tidak memberikan nomor kepada setiap siswa dalam kelompok. hanya memberi nama kelompok saja.
b. Guru meminta siswa menjawab pertanyaan dengan memanggil nama siswa.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa yang serupa, pada saat itu ketika saya mengajar saya tidak membaca RPP yang sudah saya siapkan terlebih dahulu. Jadi sintaks dari metode cooperative learning tipe number head together ada yang tertinggal. Yaitu memberi nomor kepada setiap siswa dan akhirnya saya juga meminta siswa menjawab pertanyaan dengan cara memanggi nama siswa.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah –langkah metode cooperative learning tipe number head together adalah
Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya guru membaca Rpp yang telah dibuat.
1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok atau tim yang beranggotakan 3-5 orang dengan kemampuan yang berbeda.
2. Guru memberikan siswa nomor sehingga tiap siswa dalam tim memiliki nomor yang berbeda.
3. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa.
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dalam kelompok, dan mengarahkan jalannya diskusi kelompok.
5. Guru menyebutkan satu nomor secara acak dan meminta siswa dengan nomor tersebut untuk menyebutkan jawaban dari pertanyaan yang telah diberikan.
6. Guru memberikan kesimpulan atau jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Langkah-langkah cooperative learning tipe number head together yang dikembangkan oleh Ibrahim (2000: 29)
1. Persiapan
Dalam tahap ini guru mempersiapkan rancangan pelajaran dengan membuat Skenario Pembelajaran (SP), Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
2. Pembentukan kelompok
Dalam pembentukan kelompok disesuaikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Guru membagi para siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-5 orang siswa. Guru memberi nomor kepada setiap siswa dalam kelompok dan nama kelompok yang berbeda. Kelompok yang dibentuk merupakan percampuran yang ditinjau dari latar belakang sosial, ras, suku, jenis kelamin dan kemampuan belajar. Selain itu, dalam pembentukan kelompok digunakan nilai tes awal (pre-test) sebagai dasar dalam menentukan masing-masing kelompok.
3. Tiap kelompok harus memiliki buku paket atau buku panduan
Dalam pembentukan kelompok, tiap kelompok harus memiliki buku paket atau buku panduan agar memudahkan siswa dalam menyelesaikan LKS atau masalah yang diberikan oleh guru.
4. Diskusi masalah
Dalam kerja kelompok, guru membagikan LKS kepada setiap siswa sebagai bahan yang akan dipelajari. Dalam kerja kelompok setiap siswa berpikir bersama untuk menggambarkan dan meyakinkan bahwa tiap orang mengetahui jawaban dari pertanyaan yang telah ada dalam LKS atau pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. Pertanyaan dapat bervariasi, dari yang bersifat spesifik sampai yang bersifat umum.
5. Memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban
Dalam tahap ini, guru menyebut satu nomor dan para siswa dari tiap kelompok dengan nomor yang sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban kepada siswa di kelas.
6. Memberi kesimpulan
Guru bersama siswa menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan.
Purwanto (1999:56) mengemukakan bahwa langkah-langkah model pembelajaran Numbered Head Together adalah:
1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor,
2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya,
3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya dan mengetahui jawabannya,
4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka,
5. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain,
6. Kesimpulan