- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Saya setuju dengan pendapat ibu TUKMINI
– Guru tidak memberikan nomor kepada setiap siswa dalam kelompok. hanya memberi nama kelompok saja. Semestinya guru sudah menyiapkan kertas yang betuliskan nomer atau nama kelompok.
– Guru meminta siswa menjawab pertanyaan dengan memanggil nama siswa.semestinya guru mempersilahkan pada tiap tip kelompok secara bergiliran untuk mempresentasikan jawaban mereka.

Kelebihan dari metode cooperative learning tipe numbered heads together adalah:
1. Metode sangat menarik
2. Membuat siswa saling bertukar pikiran
3. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
4. Guru menyiapkan pertanyaan
5. Masing-masing kelompok menjawab pertanyaan tersebut.
Kekurangannya adalah:
1. Guru tidak merumuskan tujuan pembelajaran.
2. Kurang memotivasi siswa diawal pembelajaran.
3. Tidak memberikan nomor kepada setiap siswa.
4. Tidak memberikan pujian
Pengalaman saya tentang metode ini adalah saya tidak memberikan nama kelompok kepada setiap kelompok, sehingga saya harus memanggil nama siswa tersebut.
Langkah-langkah yang saya lakukan adalah:
1. Merumuskan tujuan pembelajaran.
2. Terlibih dahulu memotivasi siswa.
3. Mempersiapkan nama kelompok.
4. Memberikan penguatan, pujian terhadap jawaban siswa.

saya akan menanggapi bu umi kalsum tentang pengalaman ibu yang tidak memberi nama kelompok tetapi memanggil nama siswa. yang akan saya tanyakan bagaimana cara ibu membagi kelompok nya?

Video ini menggambarkan guru ekonomi menyampaikan materi Tindakan Ekonomi Berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi dengan metode Cooperative learning tipe numbered heads together.
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan:
• Guru menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered heads together
• Siswa berani mengemukakkan pendapat
• Penerapan model NHT memastikan keterlibatan total dari semua siswa.
Kelemahan :
• guru tidak memanggil salah satu nomor masing-masing kelompok untuk mempersentasikan hasil kerja kelompok mereka.
• Peserta didik lain tidak diberi kesempatan untuk memberi tanggapan, dari jawaban kelompok lain.
• Peserta didik tidak dilibatkan dalam menyimpulkan materi pembelajaran
• Guru tidak memberikan reward kepada peserta didik yang berani mengungkapkan pendapat atau untuk kelompok terbaik untuk memotivasi peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.
• Kegiatan tidak diakhiri dengan evaluasi
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya belum pernah mempraktikkan model Numbered Head Together dalam pembelajaran, tapi sudah pernah menerapkan pendekatan cooperative learning lainnya dalam pembelajaran, seperti model STAD, Example non Example, demonstrasion.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Apabila saya menerapkan model pembelajaran NHT , akan mempelajari terlebih dahulu langkah-langkah pembelajaran tersebut, kemudian menyusun RPP dengan penerapan model NHT , dalam pelaksanaan pembelajaran setelah peserta didik berdiskusi akan memanggil salah satu nomor masing-masing kelompok untuk mempersentasikan hasil kerja kelompok mereka, kemudian peserta didik lain diberi kesempatan untuk memberi tanggapan dari jawaban kelompok lain, akan melibatkan peserta didik dalam menyimpulkan materi pembelajaran, memberikan reward kepada peserta didik atau kelompok terbaik dalam menyelesaikan tugas untuk memotivasi peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran dan kegiatan diakhiri dengan evaluasi.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Pembelajaran kooperatif adalah kerangka konseptual rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh peserta didik dalam kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Kelompok-kelompok tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Menurut Trianto (2010: 82) model NHT adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional, yang lebih melibatkan siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran tersebut.
Menurut Kagan dalam Ibrahim (2000: 28) model NHT adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan khusus untuk meningkatkan penguasaan akademik siswa dengan melibatkan para siswa menelaah bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan pemahaman siswa terhadap isi pelajaran tersebut
- Kelebihan dan kelemahan Guru : dari tayangan tersebut dapat terlihat guru sudah sangat baik dalam menjalankan perannya dalam mengendalikan pembelajaran di kelas dengan mudah membuat kelompok memberikan kesempatan untuk berdiskusi dan mengakhiri pembelajaran dengan baik, namun ada beberapa kelemahan hal yang mungkin belum terlihat dari tayangan berikut misalkan pada kegiatan pendahuluan guru melewati kegiatan mengkondisikan kelas misalkan denganmenanyakan khabar, membaca doa, mengabsen dll, dalam tayangan tersebut juga guru dalam kegiatan ini kurang dalam memberi stimulus kepada siswa mengenai materi yang akan di pelajari semisal dengan menujukan gambar atau lainnya, pemberian nomor pada tiap-tiap kelompok dalam nuber head together tidak terlihat.
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda, tentunya selama menjalani kegiatan belajar mengajar hal seperti ini kerap terjadi karena banyak hal yang bisa menjadi penyebanya diantaranya situasi dimana waktu belajar yang tidak sesuai dengan jadwal karena adanya suatu hal sehingga waktu yang tersedia dianggap kurang, sehingga memangkas beberapa kegiatan baik secara disengaja ataupun tidak disengaja
- pabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas! bila kemudian kita menyadari adanya kekurangan dalam beberapa hal diatas tidak ada salahnya bila segera memperbaiki kekurangan tersebut, mulai dari kembali mengkodisikan kelas, maupun memperbaiki urutan sintaks dari model pembelajaran yang kita gunakan dalam hal ini NHT.
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Menurut Kagan (2007) Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) ini secara tidak langsung melatih siswa untuk saling berbagi informasi, mendengarkan dengan cermat serta berbicara dengan penuh perhitungan, sehingga siswa lebih produktif dalam pembelajaran.
Menurut Anita Lie (2007) Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) adalah suatu tipe dari pembelajaran kooperatif pendekatan structural yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat.
Kelebihan
a.Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik
b.Guru membagi siswa siswi menjadi beberapa kelompok
c.metode menarik senghingga siswa senang dengan pembelajaran
Kelemahan
a.Kurang memotivasi siswa dalam pembelajaran
b.Tidak ada kesempatan memberikan siswa uplus bagi siswa yang bisa menjawab.
c.Guru tidak merumuskan tujuan pembelajaran secara lengkap.
Materi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi yang di jelaskan dengan metode Couperative learning tipe numbered heads together ada beberapa penilaian yang dapat saya simpulkan antara lain yaitu :
- Kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyeampaikan ide – idenya melalui diskusi kelompok
- guru melakukan tes seara lisan untuk mengetahui sampai mana pemahaman siswa setiap kelompok dari hasil diskusinya
- guru menjelaskan dan memberikan kesimpulan dari arti materi yang di pelajari.
2. Kekurangan guru yang terdapat dalam video tersebut
- pada saat guru mengajukan pertanyaan guru tersebut melakukannya dengan cara memanggil nama siswa tersebut, jadi siswa yang ingin menjawab tidak memiliki kesempatan untuk ikut serta aktif dalam diskusi.
- guru monoton penjelsanya berdasrkan buku paket
- terlalu sering mengulang judul materi yang akan di bahas
- guru tidak memeriksa kehadiran siswa
3. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
melihat dari kekurangannya pernah saya alami di kekurangan yang ke empat yaitu tidak memeriksa kehadiran siswa, sedangkan kehadiran siswa sangat penting sebelum kita memulai pelajaran karena agar mengetahui tertibnya siswa dan apakah siswa ada yang bolos atau tidak, sakit, izin dan lain lain. sedangkan jika di lihat dari sisa kelebihanya sering saya melakukan hal – hal tersebut melakukan tes secara lisan kepada siswa dan memberikan kesimpulan dari materi yang di pelajari pada pertemuan tersebut.
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan :
- Guru menyampaikan materi yang akan dibahas
- Guru membentuk kelompok
- Guru memberi apresiasi kepada setiap kelompok dengan memberi nilai 100
- Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk berdiskusi
- Guru menyiapkan pertanyaan
Kekurangan :
- Guru tidak memberi nomor pada kelompok hanya menyebutkan nama siswa yang ada dikelompok tersebut
- Guru tidak memberi kesepatan kepada kelompok lain utuk memberi tanggapan
- Guru tidak melibatkan siswa untuk memberikan kesimpulan
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami hal serupa, dimana pada saat itu saya lupa memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk memberi tanggapan.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Saya akan membagi kelompok dan menyatukan timpat duduk masing-masing kelompok sehingga setiap kelompok dapat lebih aktif berdiskusi dan bertukar pikiran
- Memberikan kesempatan untuk menanggapi jawaban dari kelompok lain
- Melibatkan siswa untuk menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Robert E. Slavin (2005: 8) mengemukakan bahwa, dalam model pembelajaran kooperatif siswa akan duduk bersama dalam kelompok yang beranggotakan 4 orang yang heterogen untuk menguasai materi yang disampaikan oleh guru.
- Nur Asma (2006: 14) mengemukakan bahwaBelajar siswa aktif (student active learning), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pembelajaran akan berpusat pada siswa, aktivitas belajar lebih dominan dilakukan oleh siswa, pengetahuan yang dibangun dan ditemukan adalah dengan belajar bersama-sama dengan anggota kelompok sampai masing-masing siswa memahami materi pelajaran.
- Tuliskan kelebihan dan kekurangan guru dalam video!
Kelebihan dan kekurangan guru video sesuai dengan tipe pembelajaran kolaboratif.
keuntungan
a.Guru membentuk kelompok-kelompok kecil di dalam kelas
- Dosen menanyai setiap kelompok
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi
yaitu Guru membuat kesimpulan di akhir pelajaran.
kelemahan
a.Guru tidak memberikan nomor kepada setiap siswa dalam kelompoknya. Cukup masukkan nama grup.
- Guru meminta siswa menyebutkan nama siswa dan menjawab pertanyaan.
- Apakah Anda pernah mengalami kejadian seperti itu?Tuliskan pengalaman Anda.
Saya memiliki pengalaman serupa. Ketika saya mengajar, saya tidak membaca RPP yang telah saya persiapkan sebelumnya. Ini meninggalkan sintaks beberapa metode pembelajaran kolaboratif. Artinya, saya memberi setiap siswa nomor dan pada akhirnya saya meminta mereka untuk menjawab pertanyaan dengan memanggil nama siswa.
- Jika Anda ingin meningkatkan pembelajaran Anda menggunakan kelemahan yang Anda temukan di video, tuliskan langkah-langkahnya dengan jelas.
Beberapa langkah adalah semacam metode pembelajaran kolaboratif
Sebelum pelajaran, guru harus membaca RPP yang telah disiapkan.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok atau tim yang terdiri dari 3-5 orang dengan kemampuan yang berbeda-beda.
- Guru memberikan nomor kepada siswa, sehingga setiap siswa dalam tim diberi nomor yang berbeda.
- Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan membimbing kemajuan diskusi kelompok.
- Guru secara acak memberikan nomor dan meminta siswa dengan nomor tersebut untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.
- Guru memberikan kesimpulan atau jawaban pasti atas pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan.
- Tuliskan teori atau pendapat ahli (minimal dua) yang mendasari prosedur perbaikan.
Langkah-langkah pembelajaran kolaboratif nomor-kepala, dikembangkan bersama oleh Ibrahim (2000):
29)
- Persiapan
Pada fase ini, guru menyusun RPP dengan membuat skenario pembelajaran (SP) dan lembar kerja siswa (LKS) sesuai model pembelajaran kolaboratif tipe NHT.
- Organisasi kelompok
Pembentukan kelompok sesuai dengan model pembelajaran kolaboratif tipe NHT. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3-5 orang. Guru memberikan setiap siswa dalam kelompok nama kelompok yang berbeda dengan nomornya. Kelompok yang terbentuk terdiri dari campuran latar belakang sosial, ras, suku, jenis kelamin, dan kemampuan belajar. Selain itu, saat pengorganisasian kelompok, masing-masing kelompok ditentukan berdasarkan hasil pre-test.
- Setiap kelompok membutuhkan buku paket atau manual
Saat mengorganisir kelompok, setiap kelompok membutuhkan buku paket atau panduan untuk membantu siswa menyelesaikan LKS dan tugas yang diberikan oleh guru.
- Diskusi masalah
Dalam kerja kelompok, guru membagikan lembar kerja kepada setiap siswa sebagai bahan kerja. Bekerja dalam kelompok, setiap siswa berpikir bersama dan menjelaskan jawaban mereka atas pertanyaan lembar kerja atau pertanyaan dari guru, memastikan semua orang tahu. Pertanyaan bisa bersifat umum.
- Hubungi atau jawab nomor keanggotaan
Pada fase ini, guru memanggil nomor dan setiap kelompok siswa dengan nomor yang sama mengangkat tangan mereka untuk mempersiapkan jawaban di kelas.
- menyerah
Guru dan siswa melengkapi jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan.
Purwant (1999:
56) mengemukakan bahwa langkah-langkah dalam model pembelajaran Numbered Head Together adalah:
- Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok, berikan nomor kepada setiap siswa dalam kelompok,
- Guru memberikan tugas dan setiap kelompok mengerjakannya.
- Diskusikan jawaban yang benar dengan kelompoknya dan pastikan setiap anggota kelompok dapat mengerjakannya dan mengetahui jawabannya.
Empat. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil untuk melaporkan hasil kerjasama.
5.Jawaban dari teman lain, dan guru menunjuk ke nomor lain,
- Kesimpulan
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Sesuai dengan metode cooperative learning tipe number head together maka kelebihan dan kelemahan guru dalam vidio tersebut adalah:
kelebihan
a. guru membentuk kelompok kecil dalam kelas
b. guru mengajukan pertanyaan kepada setiap kelompok
c. guru memberikan kesempatan kepada perseta didik untuk berdiskusi
d. guru memberi kesimpulan diakhir pembelajaran.
Kelemahan
a. Guru tidak memberikan nomor kepada setiap siswa dalam kelompok. hanya memberi nama kelompok saja.
b. Guru meminta siswa menjawab pertanyaan dengan memanggil nama siswa.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa yang serupa, pada saat itu ketika saya mengajar saya tidak membaca RPP yang sudah saya siapkan terlebih dahulu. Jadi sintaks dari metode cooperative learning tipe number head together ada yang tertinggal. Yaitu memberi nomor kepada setiap siswa dan akhirnya saya juga meminta siswa menjawab pertanyaan dengan cara memanggi nama siswa.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah –langkah metode cooperative learning tipe number head together adalah
Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya guru membaca Rpp yang telah dibuat.
1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok atau tim yang beranggotakan 3-5 orang dengan kemampuan yang berbeda.
2. Guru memberikan siswa nomor sehingga tiap siswa dalam tim memiliki nomor yang berbeda.
3. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa.
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dalam kelompok, dan mengarahkan jalannya diskusi kelompok.
5. Guru menyebutkan satu nomor secara acak dan meminta siswa dengan nomor tersebut untuk menyebutkan jawaban dari pertanyaan yang telah diberikan.
6. Guru memberikan kesimpulan atau jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Langkah-langkah cooperative learning tipe number head together yang dikembangkan oleh Ibrahim (2000: 29)
1. Persiapan
Dalam tahap ini guru mempersiapkan rancangan pelajaran dengan membuat Skenario Pembelajaran (SP), Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
2. Pembentukan kelompok
Dalam pembentukan kelompok disesuaikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Guru membagi para siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-5 orang siswa. Guru memberi nomor kepada setiap siswa dalam kelompok dan nama kelompok yang berbeda. Kelompok yang dibentuk merupakan percampuran yang ditinjau dari latar belakang sosial, ras, suku, jenis kelamin dan kemampuan belajar. Selain itu, dalam pembentukan kelompok digunakan nilai tes awal (pre-test) sebagai dasar dalam menentukan masing-masing kelompok.
3. Tiap kelompok harus memiliki buku paket atau buku panduan
Dalam pembentukan kelompok, tiap kelompok harus memiliki buku paket atau buku panduan agar memudahkan siswa dalam menyelesaikan LKS atau masalah yang diberikan oleh guru.
4. Diskusi masalah
Dalam kerja kelompok, guru membagikan LKS kepada setiap siswa sebagai bahan yang akan dipelajari. Dalam kerja kelompok setiap siswa berpikir bersama untuk menggambarkan dan meyakinkan bahwa tiap orang mengetahui jawaban dari pertanyaan yang telah ada dalam LKS atau pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. Pertanyaan dapat bervariasi, dari yang bersifat spesifik sampai yang bersifat umum.
5. Memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban
Dalam tahap ini, guru menyebut satu nomor dan para siswa dari tiap kelompok dengan nomor yang sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban kepada siswa di kelas.
6. Memberi kesimpulan
Guru bersama siswa menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan.
Purwanto (1999:56) mengemukakan bahwa langkah-langkah model pembelajaran Numbered Head Together adalah:
1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor,
2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya,
3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya dan mengetahui jawabannya,
4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka,
5. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain,
6. Kesimpulan