Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Ditulis oleh: Netti Hernawati
Setelah melihat tayangan video diatas bagaimana tanggapan saudara, mari kita diskusikan bersama
- Apakah alat peraga yang digunakan oleh guru sudah tepat untuk mengatasi masalah yang ada
- Apakah ada permainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan selain dengan menggunakan lagu dan tepuk?
- Apakah langkah langkah yang dilakukan oleh guru sudah tepat?
- Apakah yang menjadi hambatan guru dalam mengenalkan konsep tersebut?
- Bagaimana cara Anda mengatasi masalah tersebut apabila hal tersebut terjadi pada saat Anda mengajar?
Terima kasih atas jawaban dan pertisipasi Anda semoga hari hari Anda menyenangkan.


1. Sudah tepat
2. Ada permainan lain,contoh nya bermain dakon
3. Sudah tepat
4. Hambatan saat ada anak yang tidak mau mengikuti pembelajaran
5. Menanyakan mengapa anak tersebut tidak tertarik mengikuti pembajaran

sudah tepat namun perlu ditambah alat peraga yang lain seperti benda yang sering ditemukan sehari-hari yang menyerupai bilangan tersebut

1. sudah tepat
2. ada seperti permainan masuk dalam lingkaran yg sudah bertuliskan angka yang dibuat guru lalu anak2 mengambil kartu kecil yg didalamnya sudah ada angka juga sehingga anak2 yang mendapat katu nomer 2 akan masuk dalam lingkarang yang bertulisan angka 2
3. sudah tepat apalagi dengan memberi reward seperti stempel bintang atau stiker sehingga ada motivasi yg bangkit lagi dari anak2 yang mendapatkannya dan juga yang belum mendapatkannya
4. apabila ada anak yang kurang fokus seperti bercanda sehingga ketika mengaplikasikan permainan menjadi kurang mengerti dan membuat teman lainnya ikut keliru
5. saya akan mengajak anak2 untuk bernyanyi dan gerakkan badan dengan hitungan agar anak bisa terfokus kepada guru ketika sudah kondusif guru akan memulai kepada kegiatan

1. Apakah alat peraga yang digunakan oleh guru sudah tepat untuk mengatasi masalah yang ada?.
Jawab : alat peraga yg di gunakan sudah tepat ,anak anak di ajarkan konsep bilangan dengan Cara bermain sambil belajar.
2. Apakah ada permainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan selain dengan menggunakan lagu dan tepuk?
Jawab : Ada banyak sekali contoh nya dengan menggunakan pom pom ,selain mengenalkan konsep bilangan Kita dapat belajar mengelompokkan warna .
Bisa juga menghitung jumlah bends pada saat Kita membacakan buku cerita.
3. Apakah langkah langkah yang dilakukan oleh guru sudah tepat?
Jawab : menurut Saya langkah yang dilakukan sudah tepat ,ibu guru mengajarkan konsep bilangan sesuai usia Dan Cara menyampaikan ke anak juga menyenangkan.
4. Apakah yang menjadi hambatan guru dalam mengenalkan konsep tersebut?
Jawab : yang menjadi hambatan biasanya guru harus kreatif mencari referensi lagu Dan membuat APE
5. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah tersebut apabila hal tersebut terjadi pada saat Anda mengajar?
Jawab : membuat sendiri dari Bahan yg Ada di sekitar,mencari referensi di google / YouTube untuk lagu2 Baru yg menyenagkan
SUWARNI
836699721
Selama kegiatan pendidik mampu menguasai kelas dengan cukup baik karena suaranya lantang. Guru mengajak anak untuk bernyanyi lagu dua mata saya. Serta mengajak anak untuk bertepuk satu, tepuk dua dan empat. Guru memberikan pembelajaran secara langsung dan menggunakan media yang menarik. Anak-anak tertarik dengan kegiatan yang diberikan oleh pendidik sehingga bisa mengikuti instruksi yang diberikan oleh pendidik. Pembelajaran juga berjalan dengan sangat tertib dan pendidik dapat mengondisikan anak dengan baik.
Setelah menonton pembelajaran tersebut dari GPO dapat diketahui bahwa proses pengembangan di video tersebut tidak ada judul kegiatannya dan tidak temukan adanya proses kegiatan Pembuka, Inti, Istirahat. Di akhir proses kegiatan tidak ada tanya jawab dengan anak tentang pembelajaran yang telah dilakukan, kegiatan yang disukai anak selama proses pembelajaran dan guru tidak memberi tahu kegiatan yang akan dilakukan anak pada pembelajaran berikutnya
Apakah teknik pembelajaran sudah tepat?