Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Ditulis oleh: Netti Hernawati
Setelah melihat tayangan video diatas bagaimana tanggapan saudara, mari kita diskusikan bersama
- Apakah alat peraga yang digunakan oleh guru sudah tepat untuk mengatasi masalah yang ada
- Apakah ada permainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan selain dengan menggunakan lagu dan tepuk?
- Apakah langkah langkah yang dilakukan oleh guru sudah tepat?
- Apakah yang menjadi hambatan guru dalam mengenalkan konsep tersebut?
- Bagaimana cara Anda mengatasi masalah tersebut apabila hal tersebut terjadi pada saat Anda mengajar?
Terima kasih atas jawaban dan pertisipasi Anda semoga hari hari Anda menyenangkan.


1. Sudah tepat
2. Ada permainan lain,contoh nya bermain dakon
3. Sudah tepat
4. Hambatan saat ada anak yang tidak mau mengikuti pembelajaran
5. Menanyakan mengapa anak tersebut tidak tertarik mengikuti pembajaran

sudah tepat namun perlu ditambah alat peraga yang lain seperti benda yang sering ditemukan sehari-hari yang menyerupai bilangan tersebut

1. sudah tepat
2. ada seperti permainan masuk dalam lingkaran yg sudah bertuliskan angka yang dibuat guru lalu anak2 mengambil kartu kecil yg didalamnya sudah ada angka juga sehingga anak2 yang mendapat katu nomer 2 akan masuk dalam lingkarang yang bertulisan angka 2
3. sudah tepat apalagi dengan memberi reward seperti stempel bintang atau stiker sehingga ada motivasi yg bangkit lagi dari anak2 yang mendapatkannya dan juga yang belum mendapatkannya
4. apabila ada anak yang kurang fokus seperti bercanda sehingga ketika mengaplikasikan permainan menjadi kurang mengerti dan membuat teman lainnya ikut keliru
5. saya akan mengajak anak2 untuk bernyanyi dan gerakkan badan dengan hitungan agar anak bisa terfokus kepada guru ketika sudah kondusif guru akan memulai kepada kegiatan

1. Apakah alat peraga yang digunakan oleh guru sudah tepat untuk mengatasi masalah yang ada?.
Jawab : alat peraga yg di gunakan sudah tepat ,anak anak di ajarkan konsep bilangan dengan Cara bermain sambil belajar.
2. Apakah ada permainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan selain dengan menggunakan lagu dan tepuk?
Jawab : Ada banyak sekali contoh nya dengan menggunakan pom pom ,selain mengenalkan konsep bilangan Kita dapat belajar mengelompokkan warna .
Bisa juga menghitung jumlah bends pada saat Kita membacakan buku cerita.
3. Apakah langkah langkah yang dilakukan oleh guru sudah tepat?
Jawab : menurut Saya langkah yang dilakukan sudah tepat ,ibu guru mengajarkan konsep bilangan sesuai usia Dan Cara menyampaikan ke anak juga menyenangkan.
4. Apakah yang menjadi hambatan guru dalam mengenalkan konsep tersebut?
Jawab : yang menjadi hambatan biasanya guru harus kreatif mencari referensi lagu Dan membuat APE
5. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah tersebut apabila hal tersebut terjadi pada saat Anda mengajar?
Jawab : membuat sendiri dari Bahan yg Ada di sekitar,mencari referensi di google / YouTube untuk lagu2 Baru yg menyenagkan
SUWARNI
836699721
Selama kegiatan pendidik mampu menguasai kelas dengan cukup baik karena suaranya lantang. Guru mengajak anak untuk bernyanyi lagu dua mata saya. Serta mengajak anak untuk bertepuk satu, tepuk dua dan empat. Guru memberikan pembelajaran secara langsung dan menggunakan media yang menarik. Anak-anak tertarik dengan kegiatan yang diberikan oleh pendidik sehingga bisa mengikuti instruksi yang diberikan oleh pendidik. Pembelajaran juga berjalan dengan sangat tertib dan pendidik dapat mengondisikan anak dengan baik.
Setelah menonton pembelajaran tersebut dari GPO dapat diketahui bahwa proses pengembangan di video tersebut tidak ada judul kegiatannya dan tidak temukan adanya proses kegiatan Pembuka, Inti, Istirahat. Di akhir proses kegiatan tidak ada tanya jawab dengan anak tentang pembelajaran yang telah dilakukan, kegiatan yang disukai anak selama proses pembelajaran dan guru tidak memberi tahu kegiatan yang akan dilakukan anak pada pembelajaran berikutnya
1. Apakah alat peraga yang digunakan oleh guru sudah tepat untuk mengatasi masalah yang ada ?.
Jawab: alat peraga yang di gunakan sudah tepat, anak anak di ajarkan konsep bilangan dengan Cara bermain sambil belajar.
2. Apakah ada permainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan selain dengan menggunakan lagu dan tepuk?
Jawab: Ada banyak sekali contoh nya dengan menggunakan pom pom, selain mengenalkan konsep bilangan Kita dapat belajar mengelompokkan warna.
Bisa juga menghitung jumlah tikungan pada saat Kita membacakan buku cerita.
3. Apakah langkah langkah yang dilakukan oleh guru sudah tepat?
Jawab: menurut Saya langkah yang dilakukan sudah tepat, ibu guru mengajar konsep bilangan sesuai usia Dan Cara menyampaikan ke anak juga menyenangkan.
4. Apakah yang menjadi hambatan guru dalam mengenalkan konsep tersebut?
Jawab: yang menjadi hambatan biasanya guru harus kreatif mencari referensi lagu Dan membuat APE
5. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah tersebut terkait hal tersebut terjadi pada saat Anda mengajar?
Jawab: membuat sendiri dari Bahan yg Ada di sekitar, mencari referensi di google / YouTube untuk lagu2 Baru yg menyenagkan
Menurut pendapat saya kegiatan pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai, ada cara yang dapat dilakukan yaitu dengan metode demonstrasi menggunakan media plastisin, anak-anak diajak membuat bentuk bilangan dengan memakai plastisin, dapat juga dengan mengajak anak memasukkan batu kerikil ke dalam wadah yang sudah ditulisi angka, sehingga dg begitu anak merasa sedang bermain padahal sebenarnya mereka juga belajar. Untuk pemberian tugas sebaiknya seminimal mungkin mengurangi lembar kerja biar anak tidak jenuh. Sedangkan masalah memberi reward, sebaiknya semuanya diberi stempel ditangan namun disesuaikan dengan tingkat keberhasilan anak supaya anak termotivasi untuk belajar.
Dari vidio pembelajaran tersebut, bahwa penggunaan alat peraga dalam mengajarkan kepada anak usia dini itu sangatlah tepat. Karena anak usia dini lebih mudah mengingat dengan adanya alat peraga di bandingkan harus melihat dan mengingat saja.

1.alat peraga yang digunsksn sudah tepat
2.permainan lain yang bisa dilakukan untuk mengenalkan konsep angka atau konsep bilangan adalah mencocokkan angka yang sama tapi pada benda yang berbeda.menggunakan sendok mainan dan gelas mainan domana pada masing-masing alat main dituliskan dngan je;las angka 1-10 kemudia anak diminta untuk mencocokkan masing-masing angka.
3.langkah-langkah yang dilakukan guru sudah tepat
4.hambatan yang dihadapi guru adlah ketika kegiatan berlangsung ada anak yang tidak fokus bahkan tidak mau ikut dalam kegiatan yang dilakukan
5.untuk mengatasi hal tersebut guru mendekati anak kemudian merangkulnya dan mengajaknya bicara yang disenangi mereka moisalkan menayakan film apa yang disukainya,mainan apa yang paling disukai setelah suasana hati anak membaik barulah guru menanyakan kepada anak kenapa dia tidak mau mengikuti kegiatan.
Nama : ngasaroh
Nim : 836677812
Keseluruha isi vidio sudah baik ada kegiatan pembukaan inti dan penutup. dalam vidio ini guru memberikan pembelajaran pengenalan konsep bilangan melalui kegiatan menghitung bola, dan pada kegiatan inti melingkari angka sejumlah gambar.
Kelebihan pembelajaran menggunakan bola yang mungkin di sukai anak anak karena dalam belajar anak memwrlukan benda yang konkrit.
Kelemahn pembeljaran yaitu dalm kegiatan ini hanya ada satu kegiatan yaitu dalm bentuk LKA, dan mungkin untuk ank usia dini lebih baik jika kegiatannya lebih dari satu misalkan menjemur angka, atau bermain kartu angka.
Dalam vidio ini sudah jelas tujuannya yaitu mengenalkan lambang bilangan melalui kegiatan yang menyenangkan.

Nama : Anis Choirunnisva
NIM : 837445588
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Apakah teknik pembelajaran sudah tepat?