Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Ditulis oleh: Netti Hernawati
Setelah melihat tayangan video diatas bagaimana tanggapan saudara, mari kita diskusikan bersama
- Apakah alat peraga yang digunakan oleh guru sudah tepat untuk mengatasi masalah yang ada
- Apakah ada permainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan selain dengan menggunakan lagu dan tepuk?
- Apakah langkah langkah yang dilakukan oleh guru sudah tepat?
- Apakah yang menjadi hambatan guru dalam mengenalkan konsep tersebut?
- Bagaimana cara Anda mengatasi masalah tersebut apabila hal tersebut terjadi pada saat Anda mengajar?
Terima kasih atas jawaban dan pertisipasi Anda semoga hari hari Anda menyenangkan.


1. Sudah tepat
2. Ada permainan lain,contoh nya bermain dakon
3. Sudah tepat
4. Hambatan saat ada anak yang tidak mau mengikuti pembelajaran
5. Menanyakan mengapa anak tersebut tidak tertarik mengikuti pembajaran

sudah tepat namun perlu ditambah alat peraga yang lain seperti benda yang sering ditemukan sehari-hari yang menyerupai bilangan tersebut

1. sudah tepat
2. ada seperti permainan masuk dalam lingkaran yg sudah bertuliskan angka yang dibuat guru lalu anak2 mengambil kartu kecil yg didalamnya sudah ada angka juga sehingga anak2 yang mendapat katu nomer 2 akan masuk dalam lingkarang yang bertulisan angka 2
3. sudah tepat apalagi dengan memberi reward seperti stempel bintang atau stiker sehingga ada motivasi yg bangkit lagi dari anak2 yang mendapatkannya dan juga yang belum mendapatkannya
4. apabila ada anak yang kurang fokus seperti bercanda sehingga ketika mengaplikasikan permainan menjadi kurang mengerti dan membuat teman lainnya ikut keliru
5. saya akan mengajak anak2 untuk bernyanyi dan gerakkan badan dengan hitungan agar anak bisa terfokus kepada guru ketika sudah kondusif guru akan memulai kepada kegiatan

1. Apakah alat peraga yang digunakan oleh guru sudah tepat untuk mengatasi masalah yang ada?.
Jawab : alat peraga yg di gunakan sudah tepat ,anak anak di ajarkan konsep bilangan dengan Cara bermain sambil belajar.
2. Apakah ada permainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan selain dengan menggunakan lagu dan tepuk?
Jawab : Ada banyak sekali contoh nya dengan menggunakan pom pom ,selain mengenalkan konsep bilangan Kita dapat belajar mengelompokkan warna .
Bisa juga menghitung jumlah bends pada saat Kita membacakan buku cerita.
3. Apakah langkah langkah yang dilakukan oleh guru sudah tepat?
Jawab : menurut Saya langkah yang dilakukan sudah tepat ,ibu guru mengajarkan konsep bilangan sesuai usia Dan Cara menyampaikan ke anak juga menyenangkan.
4. Apakah yang menjadi hambatan guru dalam mengenalkan konsep tersebut?
Jawab : yang menjadi hambatan biasanya guru harus kreatif mencari referensi lagu Dan membuat APE
5. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah tersebut apabila hal tersebut terjadi pada saat Anda mengajar?
Jawab : membuat sendiri dari Bahan yg Ada di sekitar,mencari referensi di google / YouTube untuk lagu2 Baru yg menyenagkan
1. cara guru dalam mengenalkan konsep bilangan dalam vidio tersebut sudah bagus akan tetapi bisa lebih maksimal lagi ketika guru mempraktekan terlebih dahulu bagaimana cara membilang ,misalnya guru mengambil bola dari keranjang sambil menghitung sebanyak jumlah bola yang akan di ambil
2. alat atau media yang di gunakan untuk membilang menurut saya sudah tepat dan menarik bagi anak-anak
- Apakah alat peraga yang digunakan oleh guru sudah tepat untuk mengatasi masalah yang ada
- Apakah ada permainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan selain dengan menggunakan lagu dan tepuk?
- Apakah langkah langkah yang dilakukan oleh guru sudah tepat?
- Apakah yang menjadi hambatan guru dalam mengenalkan konsep tersebut?
- Bagaimana cara Anda mengatasi masalah tersebut apabila hal tersebut terjadi pada saat Anda mengajar?
Jawaban :
- Sudah tepat, Guru menggunakan alat peraga dariĀ bola dan spidol sebagai alat yang dapat digunakan oleh anak didik untuk berhitung dan mengenal konsep bilangan.
- Ada, dengan metode permainan tradisional seperti gelang karet, dakon/congklak, dll
- Langkah yang sudah dilakukan oleh guru sudah tepat, akan tetapi guru bisa melakukan metode atau strategi lainnya yang lebih bervariasi, sehingga pembelajaran dalam kelas tidak monoton dan agar anak anak tidak merasa jenuh
- Hambatan guru dalam mengenalkan konsep tersebut adalah guru belum menguasai kelas, kreatifitas guru kurang dalam menyediakan media dan sumber belajar.
- Saya akan melakukan dalam permainan baik itu permainan tradisional maupun permainan modern, agar anak tertarik dalam belajar mengenal konsep bilangan
izin berdiskusi
1. Apakah alat peraga yang digunakan oleh guru sudah tepat untuk mengatasi masalah yang ada?.
Jawab : alat peraga yg di gunakan sudah tepat ,anak anak di ajarkan konsep bilangan dengan Cara bermain sambil belajar.
2. Apakah ada permainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan selain dengan menggunakan lagu dan tepuk?
Jawab : Ada banyak sekali contoh nya dengan menggunakan bermain dengan mencocokan angka kombinasi berlari, dan berjalan, melompat. bisa menghitung manik-manik atau memisahkan sesuai dengan warna.
3. Apakah langkah langkah yang dilakukan oleh guru sudah tepat?
Jawab : menurut Saya langkah yang dilakukan sudah tepat ,ibu guru mengajarkan konsep bilangan sesuai usia Dan Cara menyampaikan ke anak juga menyenangkan.
4. Apakah yang menjadi hambatan guru dalam mengenalkan konsep tersebut?
Jawab : Kurangnya kreatifitas guru dalam menyedikan media dan sumber belajar.
5. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah tersebut apabila hal tersebut terjadi pada saat Anda mengajar?
Jawab : membuat sendiri dari Bahan yg Ada di sekitar,mencari referensi di google / YouTube untuk lagu2 Baru yg menyenangkan.serta membuat media dan sumber belajar yang menarik bagi AUD.
- Alat peraga sudah tepat, akan tetapi bisa juga di ganti dengan alat peraga yag lain yang lebih menarik hati anak.
- Ada banyak permaian yag dapat di lakukan untuk pengenalan konsep kepada anak, antara lain dengan menggunakan media sesuai tema. misalnya tema tanaman subtema bayam.. kita bisa menyuruh anak memetik daun bayam dan menghitungnya, ini sekaligus mengembangkan motorik anak. ada juga bermain mebuat titik titik hujan sesuai angka dll.
- Menrut saya langkah yang di lakukan guru sudah tepat, tinggal bagaiman guru memberi kesempatan kepada semua anak agar anak terjun langsung dalam kegiatan. dah lebih baik lagi jika anak sendiri yang menghitung hasil bola yang telah di ambilnya agar anak mengetahui kesalahannya.
- Tidak semua anak antusias pada satu kegiatan yang sama. jadi alangkah lebih abaik jika mengadakan beberapa kagiatan yang dapat di pilih anak untuk mengenalka konsep sesuai dengan kemauannya. itu akan lebih menaruk hati anak.
- Saya akan membuat perencanaan yang matang dengan merencanakan beberapa kegiatan. sehingga anak bisa memmilih kegiatan yang dia sukai.akan tetapi kegiatan tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu mengenalkan konsep pada anak. dan saya akan memberi kesempatan kepada semua anak untuk terjun langsung pada setiap kegiatan agar anak mempunyai pengalaman langsung dan lebih memahami tentang konsep bilangan.
- Menurut saya, alat peraga yang digunakan oleh guru sudah tepat. Guru menggunakan bola dan spidol sebagai alat yang dapat digunakan oleh anak didik untuk berhitung dan mengenal konsep bilangan.
- Permainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan anak untuk mengenal konsep bilangan antara lain: mencocokkan gambar dengan angka, permainan ular tangga, dan sebagainya.
- Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru sudah cukup tepat. Setiap melakukan kegiatan, guru memberi penjelasan terlebih dahulu tentang cara melakukannya dan setelah itu guru memberi contoh cara melakukannya.
- Yang menjadi hambatan dalam mengenalkan konsep bilangan adalah guru tidak memberi kesempatan satu per satu anak didiknya untuk mencoba bermain bola dan menghitung spidol. Guru hanya memanggil 1-2 anak saja untuk mencoba, sedangkan anak-anak yang lain harus menunggu giliran mereka sehingga mereka merasa bosan.
- Cara mengatasi masalah tersebut adalah: guru dapat mengajak anak-anak untuk langsung menghitung secara bersamaan.
Apakah teknik pembelajaran sudah tepat?