5

Observasi atau praktikum di luar kelas erat kaitannya dengan pembuatan RPP yang sistematis dan LKS (Lembar Kerja Siswa) atau yang sekarang lebih dikenal dengan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). Diskusikanlah permasalahan di bawah ini.

Mengapa penggunaan LKS atau LKPD dinilai efektif untuk membimbing siswa dalam melakukan kegiatan observasi atau praktikum di luar kelas? Jelaskan pendapat Saudara
Mengapa pembatasan waktu dalam proses diskusi kelompok perlu diterapkan pada saat praktikum atau eksperimen dalam pembelajaran di kelas?
Kapan sebaiknya LKS atau LKPD digunakan? Berilah pejelasan!
Berikanlah contoh LKS atau contoh LKPD yang dapat dijadikan pedoman pelaksanaan observasi di luar kelas!

Answered question

Dalam melaksanakan pembelajaran, memang bagus melakukan observasi/ pratikum di luar kelas. Agar para siswa dapat beradaptasi dengan lingkungan di sekitar yang ingin di amati. Tetapi terlebih dulu guru membimbing dan membagi tugas kepada siswa dengan cara membuat kelompok tugas. Tujuannya adalah guru dan siswa dapat melaksanakan pengamatan dengan lancar dan menghasilkan yang terbaik. Murid makin terbiasa untuk melakukan pengamatan kerna rasa ingin tahu tentang suatu benda yang ada di alam.

Pembelajaran diluar kelas menurut saya penting dan sangat membantu sekali…pemberian tugas pada siswa berupa lks dan lkpd memang harus diberikan waktu yg tepat…tepatnya harus sesuai dgn rpp yg telah di buat….tujuan penberian waktu yg tepat bertujuan agar pembelajaran ipa pd waktu tersebut dapat terbagi dan tersampaikan seutuhnya sesuai tujuan pembelajaran….pemberian lks dan lkpd bertujuan untuk menuntun siswa,mengarahkan siswa,meng evaluasi pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai…untuk video di atas…alangkah sempurnanya apa bila sebelum keluar kelas guru memberikan arahan terlebih dahulu kepada siswa agar siswa tertib saat di keluarkan…dan arahan tersebut harus juga tercantum di dalam rpp nya….apabila kajian saya kurang sempurna mohon maaf

Setelah menonton tayangan video pembelajaran ipa tadi,masih ada kekurangan. guru tidak memberikan pengarahan terlebih dulu. guru langsung menyuruh siswa terjun ke lapangan tanpa siswa diberikan pengarahan apa-apa yang. Sebaiknya guru sebelum menyuruh siswa ke lapangan,guru membentuk kelompok-kelompok kecil..memberi petunjuk apa yang seharusnya dikerjakan….diberi penjelasan dan batasan-batasan apa yang boleh dan apa yang boleh dikerjakan. Guru juga ikut mendampingi murid mengarahkan serta mengkondisikan siswa dilapangan.

Menurut pendapat saya ,bahwa didalam kegiatan observasi /praktikum pembelajaran diluar kelas guru terlebih dahulu memberikan arahan dalam pelaksanaan,seperti membagi kelompok diskusi ,alat atau media untuk observasi serta memberikan himbauan kepada semua siswa area mana yang tidak boleh didekati

saya memggunakan alat bantu media pembelajaran agar dapat membantu proses pembelajran, menjadi lebih efektif