Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Ditulis oleh: Mulyadi
Apa kabar Semuanya ..
Apakah semuanya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?”
Dari yang bapak/ibu tonton apakah hal hal tersebut terjadi di lingkungan sekolah bapak/ibu?.
Nah sekarang coba jelaskan apa yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?
Kemudian bagaimna solusi yg bisa bapak/ibu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Terimakasih, dan Salam Matematika. 🙂🙂


saya tidak bisa melihat dan menonton videonya, kenapaya?

kenapa saya tidak bisa menonton videonya ?

Setelah saya mengamati video tersebut, menurut saya memang banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika hal tersebut terjadi karena menurut siswa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Menurut saya ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru agar siswa tertarik dan suka matematika, diantaranya:
– Guru selalu memotivasi siswa bahwa matematika itu tidak sulit selama kita mau mencoba dan pantang menyerah
– Memberikan materi dimulai dari yang dasar dulu, karena apabila guru langsung memberikan materi matematika yang kompleks pasti kedepannya siswa akan mengalami kesulitan dan akhirnya siswa tidak menyukai matematika.

Setelah mengamati video tersebut. Menurut saya hal seperti itu banyak terjadi pada peserta didik karena matematika bersifat abstrak, membuat mereka sulit untuk memahami. Kita sebagai pendidik harus peka terhadap hal tersebu. Penyrbab yang mambuat peserta didik tidak menyukai pembelajaran matematika bisa karena lingkungan, materinya, suasana bahkan karena peserta didik itu sendiri.
Solusinya, para siswa harus memahami konsep dasar pembelajaran matematika, guru harus kreatif dalam memilih media, model dan cara pembelajaran serta penuh motifasi untuk membuat bahwa matematika itu asyik
Nama : Hariro
NIM : 836425085
Pokjar : Cibinong
Jawaban :
1. Ya, saya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran Matematika”.
2. Ya, hal-hal tersebut juga terjadi di lingkungan sekolah saya.
3. Yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika, yaitu :
a. Karena masih ada siswa yang menganggap pembelajaran matematika menyusahkan. Sehingga sebagian siswa beranggapan belajar matematika itu tidak penting.
b. Guru tidak memberikan motivasi kepada siswa.
c. Metode pembelajarannya sangat membosankan.
d. Tidak menggunakan media pembelajaran sehingga tidak bisa mempermudah pemahaman yang sifatnya abstrak.
e. Gurunya Terlalu Serius, Bikin Jenuh.
4. Solusi yg bisa saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu :
a. Memperhatikan masalah yang dihadapi siswa.
b. Segera cari strategi pembelajaran yang menarik.
c. Mendatangkan narasumber dari berbagai profesi contoh nya insinyur yang dapat memotivasi belajar siswa.
d. Menggunakan metode pembelajarannya yang sangat menarik.
e. Menggunakan media pembelajaran sehingga bisa mempermudah pemahaman yang sifatnya abstrak.
f. Jangan dibuat tegang, buatlah pelajaran matematika menjadi santai dan menyenangkan.
Dalam video terlihat bahwa siswa tidak suka belajar matematika dikarenakan guru terlalu monoton dalam pembelajaran. Guru harus memiliki cara agar siswa semangat dalam belajar matematika. Guru mendatangkan narasumber untuk memancing semangat belajar siswa.
Dalam video tersebut terlihat bahwa anak-anak tidak suka dengan pelajaran matematika,hal ini dapat juga disebabkan karena pembelajaran yang monoton, guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa mengjadi bosan. Siswa juga dari awal sudah tidak menyukai pelajaran matematika sehingga siswa sulit untuk menerima pelajaran.
Solusi yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menanamkan rasa percaya diri kepada anak sejak dini, dan mengubah pola pikir siswa agar tidak membenci pelajaran matematika. Guru juga dapat menggunakan alat bantu atau media untuk mengkonkritkan dengan materi yang di pelajari misalnya dengan sempoa, miniatur, gambar, puzzle, games interaktif berbasis digital, permainan secara kelompok atau individu.
Setelah menonton video tersebut menurut saya memang banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika hal tersebut terjadi karena sudah terciptanya secara turun temurun label terhadap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga dengan asumsi tersebut para siswa sudah malas mendengar matematika yg membunuh rasa keingin tahuan siswa terhadap matematika. Menurut saya ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru agar siswa tertarik dan suka matematika, diantaranya:
– gunakan media dan alat peraga pembelajaran yang biasa siswa jumpai dalam kehidupan sehari-hari, contohnya guru menggunakan jam dinding untuk mengajar materi tentang satua waktu, materi pengukuran sudut dengan menggunakan jam dinding, dengan membawa alat peraga jam dinding ini rasa ingin tahu mereka sudah terpancing. Pasti didalam hati mereka bertanya-tanya, untuk apa Bu Guru membawa jam dinding.
– Guru harus memotivasi siswa diawal pembelajaran, sehingga siswa gembira untuk mengikuti pwmbelajaran
– gunakanlah metode, yang mampu menarik minat siswa
Nama : Sry natalya Sinambela
Nim : 855859523
- Siswa tidak menyukai pelajaran Matematika
- Siswa menganggap pelajaran Matematika itu menyusahkan dan tidak penting.
- Mengundang narasumber yang dapat mempengaruhi minat belajar Matematika siswa, sehingga siswa menganggap pelajaran matematika itu penting

Nama Sonea Silfin
NIM 850122422
Setelah saya menonton vidio tersebut ada beberapa kesalan guru dalam mengajar
1. Pertama metode yang digunakan hanya metode ceramah
2. Media yang digunakan hanya papan tulis
Adapun kelebihan nya..
1. Mendatangkan seorang arsitektur sebagai upaya untuk memotivasi siswa tentang pentingnya belajar bangun ruang..
salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki minat siswa
1. Menggunakan metode demonstrasi dan berbantuan alat peraga bangun ruang
saya tidak bisa menontonnya kenapa ya.