Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Ditulis oleh: Mulyadi
Apa kabar Semuanya ..
Apakah semuanya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?”
Dari yang bapak/ibu tonton apakah hal hal tersebut terjadi di lingkungan sekolah bapak/ibu?.
Nah sekarang coba jelaskan apa yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?
Kemudian bagaimna solusi yg bisa bapak/ibu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Terimakasih, dan Salam Matematika. 🙂🙂


saya tidak bisa melihat dan menonton videonya, kenapaya?

kenapa saya tidak bisa menonton videonya ?

Setelah saya mengamati video tersebut, menurut saya memang banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika hal tersebut terjadi karena menurut siswa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Menurut saya ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru agar siswa tertarik dan suka matematika, diantaranya:
– Guru selalu memotivasi siswa bahwa matematika itu tidak sulit selama kita mau mencoba dan pantang menyerah
– Memberikan materi dimulai dari yang dasar dulu, karena apabila guru langsung memberikan materi matematika yang kompleks pasti kedepannya siswa akan mengalami kesulitan dan akhirnya siswa tidak menyukai matematika.

Setelah mengamati video tersebut. Menurut saya hal seperti itu banyak terjadi pada peserta didik karena matematika bersifat abstrak, membuat mereka sulit untuk memahami. Kita sebagai pendidik harus peka terhadap hal tersebu. Penyrbab yang mambuat peserta didik tidak menyukai pembelajaran matematika bisa karena lingkungan, materinya, suasana bahkan karena peserta didik itu sendiri.
Solusinya, para siswa harus memahami konsep dasar pembelajaran matematika, guru harus kreatif dalam memilih media, model dan cara pembelajaran serta penuh motifasi untuk membuat bahwa matematika itu asyik
NAMA : ROSAD HERIANSYAH, S.Pd
NIM : 530057888
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika (2010)
Tayangan video memperlihatkan upaya guru untuk menumbuhkan minat belajar matematika dengan menggunakan sumber belajar seorang asrsiktek. Langkah tepat yang dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan minat belajar siswa. Sumber belajar yang digunakan oleh guru sebaiknya sumber belajar yang berasal dari lingkungan terdekat dari siswa itu sendiri. Hal yang sama dialami juga di sekolah saya, dimana siswa enggan untuk mengikuti pelajaran matematika, untuk menumbuhkan minat akan pelajaran matematika, tentunya siswa harus mengetahui pentingnya matematika dalam kehidupan. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membawa siswa ke kantin sekolah, dari penjaga kantin sekolah siswa bisa belajar bagaimana pentingnya pelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari. Biarkan siswa membeli jajanan di kantin sekolah, lalu hitung jumlah yang harus di bayar oleh seluruh siswa ke penjaga kantin sekolah. Dari kegiatan itu siswa akan belajar secara langsung bagaimana pentingnya belajar matematika. Siswa harus bisa menghitung apakah uang yang mereka miliki cukup untuk membayar jajanan yang mereka makan. Pendidikan adalah kehidupan atau kehidupan adalah pendidikan, pendidikan akan berguna untuk kehidupan dan kehidupan memerlukan pendidikan.
saya tidak bisa menontonnya kenapa ya.