Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Ditulis oleh: Mulyadi
Apa kabar Semuanya ..
Apakah semuanya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?”
Dari yang bapak/ibu tonton apakah hal hal tersebut terjadi di lingkungan sekolah bapak/ibu?.
Nah sekarang coba jelaskan apa yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?
Kemudian bagaimna solusi yg bisa bapak/ibu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Terimakasih, dan Salam Matematika. 🙂🙂


saya tidak bisa melihat dan menonton videonya, kenapaya?

kenapa saya tidak bisa menonton videonya ?

Setelah saya mengamati video tersebut, menurut saya memang banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika hal tersebut terjadi karena menurut siswa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Menurut saya ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru agar siswa tertarik dan suka matematika, diantaranya:
– Guru selalu memotivasi siswa bahwa matematika itu tidak sulit selama kita mau mencoba dan pantang menyerah
– Memberikan materi dimulai dari yang dasar dulu, karena apabila guru langsung memberikan materi matematika yang kompleks pasti kedepannya siswa akan mengalami kesulitan dan akhirnya siswa tidak menyukai matematika.

Setelah mengamati video tersebut. Menurut saya hal seperti itu banyak terjadi pada peserta didik karena matematika bersifat abstrak, membuat mereka sulit untuk memahami. Kita sebagai pendidik harus peka terhadap hal tersebu. Penyrbab yang mambuat peserta didik tidak menyukai pembelajaran matematika bisa karena lingkungan, materinya, suasana bahkan karena peserta didik itu sendiri.
Solusinya, para siswa harus memahami konsep dasar pembelajaran matematika, guru harus kreatif dalam memilih media, model dan cara pembelajaran serta penuh motifasi untuk membuat bahwa matematika itu asyik
Nama : Metydewi Takaelu
Nim : 859645407
Saya sudah melihat vidio pembelajaran matematika yang mana kasus yang terlihat “siswa tidak menyukai pelajaran matematika” dan kasus-kasus seperti ini pula sering saya jumpai, dan menurut saya disetiap sekolah pasti ada anak yang tidak menyukai pelajaran matematika. Menurut saya salah satu alasan siswa tidak menyukai pelajaran matematika ialah karena matematika merupakan pelajaran yang memerlukan keseriusan dalam berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam hal ini soal, selain itu ada hal yang seharusnya tidak boleh tercetus didalam benak seorang anak saat mendengar kata matematika yaitu sulit. Oleh karena itu pentingnya mencipatakan pembelajaran yang menarik sehingga dalam menanamkan konsep matematika kedalam pikiran seorang anak tidaklah terlihat sangat sulit bahakan bisa menganggap pelajaran matematika itu menyenangkan dan mudah untuk dimengerti.
Seperti yang terlihat pada vidio, bahwa gurunya menggunakan narasumber lain untuk menarik perhatian siswanya terhadap pelajaran matematika yang dia ajarkan. Yang mana tindakan itu menurut saya salah satu usaha yang cukup berdampak terhadap minat siswa untuk mengikuti pelajaran matematika dengan antusias, namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap siswa memiliki rool modelnya masing-masing atau memiliki cita-cita yang berbeda-beda, tidak semua siswa bercita-cita untuk menjadi seorang insinyur itu berarti anak yang tdak ingin jadi seorang insinyur tentunya saja tidak menaglami dampak perubahan minat belajar matematika. Sehingga menurut saya masih perlunya metode lain untuk membantu menimbulkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pelajran matematika.
Salah satu metode yang dapat mendukung strategi seblumnya, yaitu dengan memberikan media permbelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan yang terlihat dalam vidio adalah bangun ruang. Guru dapat memberikan kesempatan siswa untuk mencoba membangun sebuah bangunan rumah dari media-media bangun ruang yang telah disediakan sehingga siswa dapat langsung merasakan dan melakukan kegiatan pembangunan dan secara tidak langsung guru dapat memberikan pembelajaran dan menanamkan konsep perhitungan luas bangun ruang kepada anak-anak denagn lebih mudah diterima dan dimengerti.
saya tidak bisa menontonnya kenapa ya.