Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Ditulis oleh: Mulyadi
Apa kabar Semuanya ..
Apakah semuanya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?”
Dari yang bapak/ibu tonton apakah hal hal tersebut terjadi di lingkungan sekolah bapak/ibu?.
Nah sekarang coba jelaskan apa yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?
Kemudian bagaimna solusi yg bisa bapak/ibu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Terimakasih, dan Salam Matematika. 🙂🙂


saya tidak bisa melihat dan menonton videonya, kenapaya?

kenapa saya tidak bisa menonton videonya ?

Setelah saya mengamati video tersebut, menurut saya memang banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika hal tersebut terjadi karena menurut siswa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Menurut saya ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru agar siswa tertarik dan suka matematika, diantaranya:
– Guru selalu memotivasi siswa bahwa matematika itu tidak sulit selama kita mau mencoba dan pantang menyerah
– Memberikan materi dimulai dari yang dasar dulu, karena apabila guru langsung memberikan materi matematika yang kompleks pasti kedepannya siswa akan mengalami kesulitan dan akhirnya siswa tidak menyukai matematika.

Setelah mengamati video tersebut. Menurut saya hal seperti itu banyak terjadi pada peserta didik karena matematika bersifat abstrak, membuat mereka sulit untuk memahami. Kita sebagai pendidik harus peka terhadap hal tersebu. Penyrbab yang mambuat peserta didik tidak menyukai pembelajaran matematika bisa karena lingkungan, materinya, suasana bahkan karena peserta didik itu sendiri.
Solusinya, para siswa harus memahami konsep dasar pembelajaran matematika, guru harus kreatif dalam memilih media, model dan cara pembelajaran serta penuh motifasi untuk membuat bahwa matematika itu asyik
Ass. Setelah Bapak/Ibu mengamati video di atas, tuliskan dan jelaskan kelemahan-kelemahan pembelajaran yang muncul sehingga siswa tidak menyukai pembelajaran Matematika?

Menurut saya,

Munurut pendapat saya pada tayangan video yang barusan saya tonton adalah pembelajaran terkesan membosankan karena guru tidak memiliki metode yang tepat dalam mengajar. harus nya guru bisa memberikan metode yang menarik seperti menambahkan media pembelajaran berupa gambar atau alat-alat pembelajaran lainnya.

Menurut saya, pada video pembelajaran tersebut. Guru sangat kurang menarik, sehingga siswa tersebut tidak mengerti, dan akibatnya tidak menyukai pelajaran matematika.

Menurut saya kenapa siswa bosan karena guru mengajar terlalu menonton dan kurang menguasai kelas, serta kurangnya media pembelajaran membuat suasana belajar menjadi semakin tidak menarik bagi siswa.

Assalamualaikum wr. Wb
Erlina
856705013
Menurut saya, guru tersebut kurang menyediakan media pembelajaran,
Kurangnya konsentrasi anak-anak dalam belajar matematika
Nama: Maria Fatima Hoar
NIM: 834765524
Menurut saya siswa tidak bersemangat dalam belajar matematika karena guru kurang atau tidak menyertakan alat peraga dalam menjelaskan materi. Akan lebih baik jika guru menjelaskan dengan alat peraga dan mengajak siswa untuk terlibat langsung dalam praktek membuat bangun ruang tersebut. Misalnya mengajak siswa untuk membuat kubus dari kertas atau bahan lainnya agar siswa lebih memahami dan tertarik dengan pelajaran matematika.
dari vidio yang suda saya nonoton pada awal vidio guru tidak melakukan apersepsi .guru langsung pada materi jd mungkin itu yang membuat siswa tidak menyukai pembelajaran matematika.tapi dengan mendatangan seorang arsitek siswa menjadi bersemangat mengikuti pelajaran matematika .semua siswa berkonsentrasi mendengar apa yang disampaikan oleh bapak insinyur tersebut .
Nama : Dwie Okto Rita
NIM : 856976266
UPBJJ: Bandar Lampung
Judul Vidio : Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematik
pada vidio tersebut saya mengamati bahwa banyak peserta didik yang tidak atau kurang menyukai pelajaran matematika. hal ini sangat sering terjadi di setiap sekolah. karna pada dasarnya matematika adalah pelajaran yang membutuhkan fokus dan konsentrasi cukup tinggi. sehingga kita sebagai tenaga pendidik sebaiknya membuat suasana kelas menajadi lebih rileks dan santai. sehingga anak-anak tidak terbebani dengan materi dan juga guru yang menyampaikan materi. apabila kita menyampaikan materi dengan kaku dan membuat suasana kelas tidak enjoy maka anak-anak cenderung malas dan tidak konsentrasi terhadap materi yang disampaikan. mereka yang tidak menyukai matematika akan lebih sulit menerima materi.
penerapan media pembelajaran juga sangat dibutuhkan untuk membantu anak-anak didik yang menghadapi kesulitan, mereka yang biasanya hanya mendengarkan guru menyampaikan materi yang ada dibuku, namun dengan media belajar mereka akan lebih mudah mengerti.

Setelah saya menyimak video diatas. Banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika.mungkin mereka menganggap pelajaran matematika itu sulit dan membosankan. Sebagai guru kita harus bisa menyampaikan pelajaran sesuai dengan kondisi siswa saat ini.misal ny dengan menggunakan media dan sumber belajar yang menarik dan variatif
Banyak faktor kenapa siswa tidak menyukai pelajaran Matematika. Selain faktor personal guru yang mungkin kurang friendship dengan siswa dan penyampaian yang kurang “diterima” oleh siswa, karena kesulitan dalam menghafal rumus2 dan utamanya siswa belum mendapatkan urgensi pelajaran Matematika dalam kehidupan sehari2.. Sehingga menganggap Matematika jadi ga penting untuk dipelajari. Secara individual, siswa punya kecerdasan dominan yang berbed-beda.

Setelah saya mengamati video tersebut, saya melihat bahwa banyak sekali siswa yang kurang bisa fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. Sehingga guru tidak bisa maksimal dalam menyampaikan materi, dan siswa pun tidak bisa menangkap materi secara maksimal pula.
Dalam video terlihat bahwa seorang guru mencari cara supaya kegiatan pembelajaran bisa lebih menyenangkan dengan mendatangkan arsitek. Dengan begitu siswa akan lebih memahami materi dengan baik serta bisa menangkap materi dengan maksimal.
saya tidak bisa menontonnya kenapa ya.