Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Ditulis oleh: Mulyadi
Apa kabar Semuanya ..
Apakah semuanya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?”
Dari yang bapak/ibu tonton apakah hal hal tersebut terjadi di lingkungan sekolah bapak/ibu?.
Nah sekarang coba jelaskan apa yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?
Kemudian bagaimna solusi yg bisa bapak/ibu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Terimakasih, dan Salam Matematika. 🙂🙂


saya tidak bisa melihat dan menonton videonya, kenapaya?

kenapa saya tidak bisa menonton videonya ?

Setelah saya mengamati video tersebut, menurut saya memang banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika hal tersebut terjadi karena menurut siswa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Menurut saya ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru agar siswa tertarik dan suka matematika, diantaranya:
– Guru selalu memotivasi siswa bahwa matematika itu tidak sulit selama kita mau mencoba dan pantang menyerah
– Memberikan materi dimulai dari yang dasar dulu, karena apabila guru langsung memberikan materi matematika yang kompleks pasti kedepannya siswa akan mengalami kesulitan dan akhirnya siswa tidak menyukai matematika.

Setelah mengamati video tersebut. Menurut saya hal seperti itu banyak terjadi pada peserta didik karena matematika bersifat abstrak, membuat mereka sulit untuk memahami. Kita sebagai pendidik harus peka terhadap hal tersebu. Penyrbab yang mambuat peserta didik tidak menyukai pembelajaran matematika bisa karena lingkungan, materinya, suasana bahkan karena peserta didik itu sendiri.
Solusinya, para siswa harus memahami konsep dasar pembelajaran matematika, guru harus kreatif dalam memilih media, model dan cara pembelajaran serta penuh motifasi untuk membuat bahwa matematika itu asyik
saya tidak bisa mendadounlod dan menonton vidio tersebut ..  kenapa ya..

video tak untuk diunduh..silakan dilihat lagi

Nama : DEWI PUTRI DARMA
NIM : 855969623
pokjar : MEDAN (PEMATANGSIANTAR)
Setelah saya menonton vidio tersebut saya melihat suasana kelas yang riuh saat guru meminta siswa mengeluarkan buku pelajarannya,kemudian saat mengawali pembelajaran , guru tidak melakukan apersepsi untuk menarik perhatiian siswa , guru juga asik sendiri dalam menyampaikan bahan ajar, dan juga tapa menggunakan alat peraga.
kelebihan dari vidio tersebut adalah dengan menghadirkan seorang nara sumber dalam pembelajaran , sehingga perhatian siswa teralihkan dan suasana kelas menjadi lebih terkondisikan dari sebelumnya,
setelah sya menonton video ini, hal ini juga menjadi momok d sekolah sya bahwa siswa tidak menyukai matematika karena murid-murid merasa kesulitan untuk memahami matematika, solusinya menurut sya kita sebagai guru harus lebih membuat matematika menyenangkan contohnya sesuai yg ada d video dengan menghadirkan tamu berpengalaman, media yg nyata seperti kotak balok dari karton, yang jelas media kita harus secreative mungkin menyediakan dan menggunakan media yg ada.

NAMA : NI WAYAN IDELIA RASMAWATI
NIM : 838359189
Menurut saya setelah saya melihat Vidio tersebut,kenapa siswa tidak menyukai matematika itu karna dipikiran siswa matematika itu pelajaran yang sulit dan sukar untuk dipahami.
Mereka juga cendrung tidak perduli dan tidak menyimak apa yang dikatakan guru di depan kelas karna beranggapan pelajaran matematika tidaklah penting bagi kehidupan masa depan.
Disini lah peran guru dikembangkan,guru harus bisa mencari metode-metode baru dimana metode tersebut dapat berperan dalam peningkatan semangat dan motivasi belajar siswa.seperti video diatas guru menyediakan narasumber ahli dalam bidang nya dimana dalam pekerjaannya menggunakan analisis matematika.
Jadi hal hal yang bisa dilakukan guru untuk menarik minat siswa yaitu,
a) guru harus memahami materi pokok bahan ajar,hal ini sangat penting karna,jika guru tidak memahami materi ajar guru akan sulit menjelaskan kepada siswa mengenai pembelajaran tersebut.
b) guru harus bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman ,cara menjelaskan yang tidak terlalu rumit sehingga siswa lebih mudah memahami.
c) guru bisa menggunakan metode metode mengajar yang dapat menarik minat dan motivasi siswa,agar pembelajaran tidak terkesan monoton.
d) guru bisa menggunakan media media yang menarik dalam belajar, sehingga rasa keingintahuan siswa akan memuncak.
Hal-hal tersebut secara tidak langsung dapat membuat siswa menerima dan menyukai pembelajaran matematika yang hakekatnya sangat dibutuhkan baik di kehidupan nya maupun di masyarakat. Trima kasih

Fadhilah Kuswati
NIM 858662188
Betul sekali, memang pelajaran Matematika merupakan pelajaran yang tidak disukai oleh sebagian besar siswa karena mereka menganggap bahwa Matematika merupakan pelajaran yang sulit dipahami dan ditakuti, sehingga akhirnya mereka menjadi tidak menyukai dan bahkan tidak tertarik pelajaran tersebut.
Hal itu menjadi tantangan bagi kita semua untuk membangkitkan motivasi siswa dalam pembelajaran Matematika dengan merancang pembelajaran yang menyenangkan sehingga secara tidak langsung bisa membuat siswa menyukai dan tertarik pada mata pelajaran tersebut baik dengan penggunaan media, metode, dan pendekatan yang bervariasi dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Hampir di semua sekolah pasti ada saja, bahkan mungkin banyak siswa yang tidak menyukai matematika, begitu juga dengan di sekolah saya.
Alasan paling pertama pasti mereka mengatakan kalau matematika itu susah, belum lagi guru yang membosankan, terus rumusnya banyak tapi pas ulangan kok beda lagi… ada juga yang beranggapan matematika ga penting karena nanti juga gak ada dikehidupan nyata.. dan banyak alasan lain yang membuat siswa tidak menyukai matematika.
Ada beberapa solusi yang mungkin bisa digunakan :
tanamkan dulu ke siswa untuk mengubah kata “matematika itu susah” menjadi “matematika itu mudah”, menciptakan suasana yang menyenangkan pada saat pembelajaran bisa melalui permainan atau dengan alat peraga yang membuat siswa menjadi tertarik, bisa dengan memanggil narasumber yang membuat anak tertarik juga, dan guru bisa menerapkan menghargai proses, bukan hanya pencapaian akhir.

Nama : Alhamidi
NIM : 836126937
Pokjar : Banjar Agung
UPBJJ : UT Bandar Lampung
Hampir di semua sekolah pasti ada saja, bahkan mungkin banyak siswa yang tidak menyukai matematika, begitu juga dengan di sekolah saya.
Alasan paling pertama pasti mereka mengatakan kalau matematika itu susah, belum lagi guru yang membosankan, terus rumusnya banyak tapi pas ulangan kok beda lagi… ada juga yang beranggapan matematika ga penting karena nanti juga gak ada dikehidupan nyata.. dan banyak alasan lain yang membuat siswa tidak menyukai matematika.
Ada beberapa solusi yang mungkin bisa digunakan :
tanamkan dulu ke siswa untuk mengubah kata “matematika itu susah” menjadi “matematika itu mudah”, menciptakan suasana yang menyenangkan pada saat pembelajaran bisa melalui permainan atau dengan alat peraga yang membuat siswa menjadi tertarik, bisa dengan memanggil narasumber yang membuat anak tertarik juga, dan guru bisa menerapkan menghargai proses, bukan hanya pencapaian akhir.
Sejumlah murid tidak menyukai matematika karena mempunyai pengalaman belajar yang buruk dan traumatis. Biasanya disebabkan oleh guru dan atau sekolah yang tidak fokus pada kebutuhan murid

Setelah melihat video tadi menurut saya cukup menarik guru sudah berupaya membuat siswa menyukai pelajaran matematika dengan cara mendatangkan narasumber.Namun mungkin lebih baik menggunakan alat peraga karena siswa bisa langsung mencoba melakukan apa yg telah disampaikan guru.kalau dengan narasumber mungkin hanya memotivasi siswa saja.siswa bukan hanya perlu motivasi tapi juga pengalaman.

Nama:Riska Komalasari
Nim. : 834867301
Setelah mengamati sebuah video dengan masalah “siswa tidak menyukai pelajaran matematika” .Menurut saya Matematika merupakan pelajaran wajib yang ada disetiap sekolah, seperti yang kita ketahui matematika sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Tetapi bagi sebagian orang matematika menjadi momok yang menakutkan . Bagi siswa yang tidak menyukai matematika hal tersebut dianggap sebagai pelajaran yang membosan kan dan membuat kita frustasi. Maka dari itu, sebaiknya diawal metode pembelajaran guru harus memberi motivasi atau dorongan kepada siswa sehingga mereka lebih bersemangat dalam belajar. Contoh kecilnya, Beri siswa hadiah atau apresiasi karena prestasi atau kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan tahap perkembangan siswa. Dan guru diharuskan membawa alat praga supaya siswa dapat lebih jelas dalam menangkap pelajaran..
Bagi kebanyakan anak-anak sekolah, matematika mungkin merupakan pelajaran yang sangat sulit dan membosankan, sehingga pelajaran ini tidak begitu digemari dibandingkan pelajaran lainnya. Tentu saja dalam satu kelas, hanya sebagian kecil siswa yang menyukai pelajaran matematika dikarenakan gurunya yang tidak menarik dalam menyampaikan materi .dan solusinya yaitu berilah hadiah atau apresiasi kepada siswa yang sudah menyelesaikan soal – soal yang telah diberikan guru,agar anak merasa kompetitif satu sama lainnya

Suhardiani
Nim : 836408974
Kebanyakan dari siswa tidak menyukai pelajaran matematika dan merasa pelajaran matematika itu sulit, jadi seringkali belum mulai pelajaran sudah merasa malas untuk memperhatikan pelajaran tersebut. Karena siswa sudah terlebih dahulu tidak tertarik dengan matematika.
Solusinya guru bisa membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa dan mengajak siswa sering berlatih matematika.

Nama : Eva Nuril Adha
NIM : 857198404
UPBJJ : Serang
Apakah semuanya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?”
= Ya, sudah
Dari yang bapak/ibu tonton apakah hal hal tersebut terjadi di lingkungan sekolah bapak/ibu?.
= Ya Hal diatas pernah terjadi disekolah saya
3. Nah sekarang coba jelaskan apa yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?
Siswa beranggapan bahwa Matematika adalah pelajaran yang sulit
Terlalu banyak rumus didalamnya.
Dalam menyelesaikan soal-soal matematika membutuhkan waktu yang lama untuk menghitung.
4. Kemudian bagaimana solusi yang bisa bapak/ibu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?
Guru memegang peranan yang sangat penting dalam membangun motivasi siswa dalam belajar, maka dari itu guru harus pintar menguasai materi yang akan diajarkan, penggunaan metode-metode yang sesuai dengan materi agar siswa tertarik dalam pelajaran tersebut. misalnya dengan menggunakan alat peraga. Jadi guru tidak terpaku pada metode ceramah yang membuat anak bosan.
Analisis video :
dari video tersebut sudah sangat bagus guru mendatangkan narasumber untuk memotivasi siwa bahwa matematika sangat bermanfaat bagi kehidupan kita kedepannya, namun narasumber sangat kaku bahwa yang yang sedang dihadapi adalah anak-anak agar anak-anak tidak jenuh bangun interaksi yang menyenangkan.

Setelah saya mengamati video tersebut, menurut saya memang banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika. hal tersebut terjadi karena menurut siswa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Solusinya, para siswa harus memahami konsep dasar pembelajaran matematika, guru harus kreatif dalam memilih media, model dan cara pembelajaran serta penuh motifasi untuk membuat bahwa matematika itu asyik
saya tidak bisa menontonnya kenapa ya.