Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Ditulis oleh: Mulyadi
Apa kabar Semuanya ..
Apakah semuanya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?”
Dari yang bapak/ibu tonton apakah hal hal tersebut terjadi di lingkungan sekolah bapak/ibu?.
Nah sekarang coba jelaskan apa yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?
Kemudian bagaimna solusi yg bisa bapak/ibu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Terimakasih, dan Salam Matematika. 🙂🙂


saya tidak bisa melihat dan menonton videonya, kenapaya?

kenapa saya tidak bisa menonton videonya ?

Setelah saya mengamati video tersebut, menurut saya memang banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika hal tersebut terjadi karena menurut siswa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Menurut saya ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru agar siswa tertarik dan suka matematika, diantaranya:
– Guru selalu memotivasi siswa bahwa matematika itu tidak sulit selama kita mau mencoba dan pantang menyerah
– Memberikan materi dimulai dari yang dasar dulu, karena apabila guru langsung memberikan materi matematika yang kompleks pasti kedepannya siswa akan mengalami kesulitan dan akhirnya siswa tidak menyukai matematika.

Setelah mengamati video tersebut. Menurut saya hal seperti itu banyak terjadi pada peserta didik karena matematika bersifat abstrak, membuat mereka sulit untuk memahami. Kita sebagai pendidik harus peka terhadap hal tersebu. Penyrbab yang mambuat peserta didik tidak menyukai pembelajaran matematika bisa karena lingkungan, materinya, suasana bahkan karena peserta didik itu sendiri.
Solusinya, para siswa harus memahami konsep dasar pembelajaran matematika, guru harus kreatif dalam memilih media, model dan cara pembelajaran serta penuh motifasi untuk membuat bahwa matematika itu asyik
Nama : Metydewi Takaelu
Nim : 859645407
Saya sudah melihat vidio pembelajaran matematika yang mana kasus yang terlihat “siswa tidak menyukai pelajaran matematika” dan kasus-kasus seperti ini pula sering saya jumpai, dan menurut saya disetiap sekolah pasti ada anak yang tidak menyukai pelajaran matematika. Menurut saya salah satu alasan siswa tidak menyukai pelajaran matematika ialah karena matematika merupakan pelajaran yang memerlukan keseriusan dalam berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam hal ini soal, selain itu ada hal yang seharusnya tidak boleh tercetus didalam benak seorang anak saat mendengar kata matematika yaitu sulit. Oleh karena itu pentingnya mencipatakan pembelajaran yang menarik sehingga dalam menanamkan konsep matematika kedalam pikiran seorang anak tidaklah terlihat sangat sulit bahakan bisa menganggap pelajaran matematika itu menyenangkan dan mudah untuk dimengerti.
Seperti yang terlihat pada vidio, bahwa gurunya menggunakan narasumber lain untuk menarik perhatian siswanya terhadap pelajaran matematika yang dia ajarkan. Yang mana tindakan itu menurut saya salah satu usaha yang cukup berdampak terhadap minat siswa untuk mengikuti pelajaran matematika dengan antusias, namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap siswa memiliki rool modelnya masing-masing atau memiliki cita-cita yang berbeda-beda, tidak semua siswa bercita-cita untuk menjadi seorang insinyur itu berarti anak yang tdak ingin jadi seorang insinyur tentunya saja tidak menaglami dampak perubahan minat belajar matematika. Sehingga menurut saya masih perlunya metode lain untuk membantu menimbulkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pelajran matematika.
Salah satu metode yang dapat mendukung strategi seblumnya, yaitu dengan memberikan media permbelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan yang terlihat dalam vidio adalah bangun ruang. Guru dapat memberikan kesempatan siswa untuk mencoba membangun sebuah bangunan rumah dari media-media bangun ruang yang telah disediakan sehingga siswa dapat langsung merasakan dan melakukan kegiatan pembangunan dan secara tidak langsung guru dapat memberikan pembelajaran dan menanamkan konsep perhitungan luas bangun ruang kepada anak-anak denagn lebih mudah diterima dan dimengerti.
Nama : Dinny Hadiyanti S
Nim : 857464622
Menurut pendapat saya, ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa siswa kurang suka belajar matematika.
- Faktor Guru. Guru kurang kreatif menggunakan berbagai metode pembelajaran yang cocok untuk materi matematika. Guru cendrung hanya menggunakan metode ceramah di dalam matematika, tanpa berani untuk menambahkan metode yang lain, sehingga pembelajarannya menjadi monoton.
- Faktor siswa. Di dalam pikiran siswa sudah tertanam bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, padahal tidak semua pelajaran matematika itu sulit. Mereka mengatakan hal itu sebelum mereka mencoba belajar matematika, sehingga motivasi belajar siswa untuk mempelajari matematika sangat rendah.
- Faktor sarana dan prasarana, seperti tersedianya media dan alat pembelajaran yang cocok untuk mendukung materi matematika, karena pembelajaran siswa di SD memerlukan benda-benda yang konkrit. Dengan kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika, membuat pembelajaran matematika kurang menarik sehingga tidak menyenangkan, karena dengan ketersediaannya media dan alat peraga, dapat menjadi daya tarik bagi siswa untuk mempelajari matematika.
Nama : Hariro
NIM : 836425085
Pokjar : Cibinong
Jawaban :
1. Ya, saya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran Matematika”.
2. Ya, hal-hal tersebut juga terjadi di lingkungan sekolah saya.
3. Yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika, yaitu :
a. Karena masih ada siswa yang menganggap pembelajaran matematika menyusahkan. Sehingga sebagian siswa beranggapan belajar matematika itu tidak penting.
b. Guru tidak memberikan motivasi kepada siswa.
c. Metode pembelajarannya sangat membosankan.
d. Tidak menggunakan media pembelajaran sehingga tidak bisa mempermudah pemahaman yang sifatnya abstrak.
e. Gurunya Terlalu Serius, Bikin Jenuh.
4. Solusi yg bisa saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu :
a. Memperhatikan masalah yang dihadapi siswa.
b. Segera cari strategi pembelajaran yang menarik.
c. Mendatangkan narasumber dari berbagai profesi contoh nya insinyur yang dapat memotivasi belajar siswa.
d. Menggunakan metode pembelajarannya yang sangat menarik.
e. Menggunakan media pembelajaran sehingga bisa mempermudah pemahaman yang sifatnya abstrak.
f. Jangan dibuat tegang, buatlah pelajaran matematika menjadi santai dan menyenangkan.
Dalam video terlihat bahwa siswa tidak suka belajar matematika dikarenakan guru terlalu monoton dalam pembelajaran. Guru harus memiliki cara agar siswa semangat dalam belajar matematika. Guru mendatangkan narasumber untuk memancing semangat belajar siswa.
Dalam video tersebut terlihat bahwa anak-anak tidak suka dengan pelajaran matematika,hal ini dapat juga disebabkan karena pembelajaran yang monoton, guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa mengjadi bosan. Siswa juga dari awal sudah tidak menyukai pelajaran matematika sehingga siswa sulit untuk menerima pelajaran.
Solusi yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menanamkan rasa percaya diri kepada anak sejak dini, dan mengubah pola pikir siswa agar tidak membenci pelajaran matematika. Guru juga dapat menggunakan alat bantu atau media untuk mengkonkritkan dengan materi yang di pelajari misalnya dengan sempoa, miniatur, gambar, puzzle, games interaktif berbasis digital, permainan secara kelompok atau individu.
saya tidak bisa menontonnya kenapa ya.