Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Ditulis oleh: Mulyadi
Apa kabar Semuanya ..
Apakah semuanya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?”
Dari yang bapak/ibu tonton apakah hal hal tersebut terjadi di lingkungan sekolah bapak/ibu?.
Nah sekarang coba jelaskan apa yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?
Kemudian bagaimna solusi yg bisa bapak/ibu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Terimakasih, dan Salam Matematika. 🙂🙂


saya tidak bisa melihat dan menonton videonya, kenapaya?

kenapa saya tidak bisa menonton videonya ?

Setelah saya mengamati video tersebut, menurut saya memang banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika hal tersebut terjadi karena menurut siswa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Menurut saya ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru agar siswa tertarik dan suka matematika, diantaranya:
– Guru selalu memotivasi siswa bahwa matematika itu tidak sulit selama kita mau mencoba dan pantang menyerah
– Memberikan materi dimulai dari yang dasar dulu, karena apabila guru langsung memberikan materi matematika yang kompleks pasti kedepannya siswa akan mengalami kesulitan dan akhirnya siswa tidak menyukai matematika.

Setelah mengamati video tersebut. Menurut saya hal seperti itu banyak terjadi pada peserta didik karena matematika bersifat abstrak, membuat mereka sulit untuk memahami. Kita sebagai pendidik harus peka terhadap hal tersebu. Penyrbab yang mambuat peserta didik tidak menyukai pembelajaran matematika bisa karena lingkungan, materinya, suasana bahkan karena peserta didik itu sendiri.
Solusinya, para siswa harus memahami konsep dasar pembelajaran matematika, guru harus kreatif dalam memilih media, model dan cara pembelajaran serta penuh motifasi untuk membuat bahwa matematika itu asyik
Saya telah menonton video dan menyalin link video.
Peneyebab
Pada vidio yang ditampilkan terlihat bahwa guru tidak memberikan pembeukaan yang menarik
Guru menggunakan metode ceramah.narasumber menampilkan gambar dg metodeyg kurang menarik
Guru berusaha menghadirkan narasumber untuk memberikan gambaran dan manfaat dari pelajaran mtk bagi kehidupan nyata,agar siswa tertarik.
solusi
Guru diawal pembelajaran memberi apersepsi dan motivasi
Dalam pembelajaran hendaknya guru menggunakan metode.Model Examples Non Examples merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. metode pembelajaran yang memberikan contoh berupa gambar yang bermuatan masalah untuk dianalisis kemudian dideskripsikan hingga disimpulkan oleh peserta didik . bertujuan untuk mendorong siswa agar berpikir kritis dengan cara memecahkan suatu masalah dari contoh gambar yang diperlihatkan.

Nama. : Mansur Rizani
Nim. : 837176088
Menurut pendapat yang kita tau, kebanyakan para siswa hampir banyak yang tidak suka dengan pembelajaran yang satu ini, banyak sekali yang melatar belakabgi sehingga banyak para siswa yang kurang suka dengan pembelajaran ini.
Salah satu paktornya adalah, ada dari pihak siswa , dan juga ada terdapat pada guru itu sendiri, sehingga kedua faktor ini sangat mempengaruhi minat siswa dalam menerima pembelajaran ini.
Faktor yang terjadi pada murid biasanya dikernakan banyaknya yang harus diingat ingat seperti rumus rumus , sehingga para siswa itu sendiri enggan untuk menginggat nya.
Sedangkan faktor yang mempengaruhi disisi guru adalahbanyak para guru menyampaikan pembelajaran ini yang sangat serius dan tidak bnyak menggunakan alat praga , sehingga membuat tegang para siswa itu sendiri
siswa kebanyakan tidak menyukai pelajaran matematika kebanyakan karena menganggap matematika itu sulit . sulit disini dipengaruhi pengarus internal berupa kemampuan kognitif bawaan siswa dan faktor eksternal berupa ketertarikan siswa terhadap maatematika karena motivasi dari luar yang pada dasarnya bisa diciptakan oleh guru.
solusinya guru dapat menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika yang membuat siswa dapat lebih aktif dan interaktif, selain itu dalam membuka pembelajaran,mengisi dan menutup pembelajaran juga harus bisa membuat siswa lebih bersemangat dan tidak merasa bosan. Strategi pembelajaran yang tepat adalah dengan menggunakan media atau metode pembelajaran seperti misal metode demonstrasi dengan menggunakan Alat atau suatu benda saat pembelajaran matematika serta buku pembeljaran sehingga siswa tidak menjadi bosan dan untuk membantu siswa dalam memahami pelajaran matematika. Dalam video tersebut penggunaan strategi metode masih ceramah dan media yang digunakan kurang evaluasi atau kesimpulan tidak melibatkan siswa atau pembelajaran hanya terpusat pada guru saja sehingga siswa tidak memahami dan menjadi tidak tertarik sehingga tidak menyukai pelajaran Matematika.

Nama : ASEP FIKRUL YAQIN
NIM : 042057145
Prodi : Pendidikan Matematika (S1)
Menurut pendapat saya, kebanyakan siswa kurang menyukai pelajaran matematika salah satunya adalah karena lemahnya kemampuan materi hitung dasar yang dikuasaai siswa. Kemudian penjelasan seorang guru juga menentukaan tingkat pemahan siswa terhadap materi ajar matematika. Hal-hal lain misalnya pembelajaran yang monoton, tidak menyenangkan, membuat para siswa kita semakin frustasi dengan mata pelajaran yang satu ini. Banyak yang mesti dilakukan untuk membangkitkan minat siswa terhadap mata pelajaran matematika, salah satunya adalah cara yang ditampilkan pada cuplikan video tersebut.
Tentu banyak cara lain, agar siswa dapat memiliki minat yang tinggi terhadap mata pelajaran matematika. Salah satunya adalah apa yang saya lakukan dalam pembelajaran matematika dengan menampilkan pembelajaran Audio Visual. Pemutaran video-video pembelajaran matematika sedikit banyak memepengaruhi minat peserta didik dalam pembelajaran matematika.
Tetap semangat.

kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika karena menganggap matematika itu sulit dan tidak menyenangkan dan ditambah lagi kemampuan guru yang kurang menguasai metode yang tepat khususnya pembelajaran matematika
solusinya guru dapat menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika yang membuat siswa dapat lebih aktif dan interaktif, selain itu dalam membuka pembelajaran,mengisi dan menutup pembelajaran juga harus bisa membuat siswa lebih bersemangat dan tidak merasa bosan. Strategi pembelajaran yang tepat adalah dengan menggunakan media atau metode pembelajaran seperti metode demonstrasi dengan menggunakan Alat atau suatu benda saat pembelajaran matematika serta buku pembeljaran sehingga siswa tidak menjadi bosan dan untuk membantu siswa dalam memahami pelajaran matematika. Dalam video tersebut penggunaan strategi metode masih ceramah dan media yang digunakan kurang evaluasi atau kesimpulan tidak melibatkan siswa atau pembelajaran hanya terpusat pada guru saja sehingga siswa tidak memahami dan menjadi tidak tertarik sehingga tidak menyukai pelajaran Matematika.
Nama : Rudy Yanto
NIM : 857422854
Setelah saya amati vidio tersebut.
Memang kita ketahui banyak siswa yang tidak terlalu menyukai mata pelajaran matematika , bisa dikatakan matematika termasuk pelajaran yang sulit dan membutuhkan konsentrasi yg penuh.
Dari video di atas memang sudah sangat bagus dengan mendatangkan narasumber untuk memberitahu pentingnya belajar matematika dan memotivasi anak untuk mulai menyukai pelajaran tersebut.
Dari pengamatan saya ketika guru mengajar memang sudah baik.
Namun menurut saya guru kurang melibatkan siswa dalam proses belajar dan guru masih menjadi pusat dalam pembelajaran tersebut . alat peraga atau media yang di gunakan gurupun kurang dalam hal ini, dan cara penyampaian ataupun cara mengajar guru masih monoton.
Sehingga siswa jenuh dan menyebabkan mereka tidak menyukai pelajaran tersebut.
Mungkin untuk membuat siswa dapat menyukai pelajaran ini dgn cara lain :
- Memberi motivasi
- Menggunakan berbagai media yang menarik untuk anak
- Metode pembelajarannya yg bisa melibatkan anak secara langsung.
- Cara mengajar guru harus menarik dan menyenangkan.
- Memberikan apresiasi kepada siswa setelah pembelajaran.
Menurut pendapat saya penyebab anak tidak menyukai pembelajaran matematika diantaranya:
- Karena pembelajaran matematika di rasa sulit bagi anak sehingga anak tidak mau mempelajarinya
- Karena anak – anak belum mengerti apa hakikatnya mempelajari matematika.
- Pelajaran matematika kurang menarik karena sarana dan prasarana. Metode. Dan strategi yang di gunakan guru kurang menarik perhatian bagi siswa sehingga siswa bermain sendiri tidak mau memprrhatikan pelajaran matematika
STRATEGI UNTUK MENGATASI MASALAH DIATAS
- Menggunakan strategi pembelajaran kelas aspirasi yaitu mendatangkan nara sumber .atau datang ke tempat sumber belajar misalnya tukang kayu dari para progesional seperti arsitek. Pilot dll agar anak anak termotifasi untuk mempelajari matematika .
- Menggunakan metode yang bervariasi dan sesuai. sarana yang menarik dan bervariasi serta teknik pembelajan yang menyenangkan dan strategi pembelajaran yang cocok dan variasi.
- Mendisain suasana kelas yang nyaman dan menarik
Terimakasih.

setelah mengamati vidio,menurut saya hal tersebut banyak terjadi pada peserta didik mungkin karena matematika memang dirasa menjadi pelajaran yang sulit dalam sekolah, matematika merupakan pelajaran abstrak yang hanya berisi angka dan rumus. Bagi beberapa siswa sendiri, permainan angka tentu lebih sulit dibandingkan dengan mendengarkan cerita dan kisah sejarah yang memang berhubungan dengan kehidupan secara nyata. Untuk itu setiap pelajaran matematika dimulai, para siswa pasti lebih tegang dan sulit memusatkan konsentrasi untuk memahami materi, ditambah lagi jika guru kurang memiliki kreativitas dalam mengajar (tidak interaktif) sehingga ini membuat pikiran siswa lebih mudah kelelahan dan tentu membuat siswa merasa bosan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan dengan meningkatkan motivasi belajar siswa bisa dengan cara menggunakan variasi strategi dan model pembelajaran yang menarik, menciptakam suasana yang menyenangkan dalam belajar, menemukan pola atau cara khusus dalam penyelesaian masalah, memberi contoh pengaplikasian matematika dalam dunia nyata, dan menggabungkan teknologi dalam kegiatan belajar
Nama : Diana vici sariningrum
NIM : 857022852
Pokjar : Gesang Bekri
setelah saya mengamati video di atas ,seperti kita ketahui bahwa kebanyakan siswa tidak terlalu suka dengan mata pelajaran matematika, bahkan bisa dikatakan bahwa termasuk pelajaran yang sulit dan membutuhkan perhatian penuh.
dari video di atas memang sudah sangat bagus dengan mendatangkan narasumber untuk memberitahu penting nya belajar matematika dan memotivasi anak untuk mulai menyukai pelajaran tersebut.
dari pengamatan saya,guru sudah mengajar dengan baik,hanya saja guru kurang melibatkan siswa dalam proses belajar dan guru masih menjadi pusat dalam pembelajaran tersebut.alat peraga atau median yang digunakan masih kurang dan cara menyampaikan masih monoton,sehingga siswa mudah jenuh dan tidak menyukai pelajaran matematika. .
beberapa upaya yang bisa di lakukan untuk perbaikan pembelajaran pada video di atas :
- menggunakan media yang menarik
- selalu diberikan ice breaking di setiap pembelajaran
- menggunakan pembelajaran cooperative leraning
Nama : Afifatul Munawwaroh
NIM : 836179263
Menurut saya, hampir semua peserta didik mengalami permasalahan yang sama dalam mata pelajaran matematika. karena matematika adalah pelajaran yang sukar dimengerti oleh mereka, dan memerlukan konsentrasi yang cukup tinggi. oleh karena itu sebagai seorang pendidik harus dapat mengidentifikasi permasalahan dalam proses pembelajaran tersebut. sehingga dapat mencari metode pembelajaran yang disenangi oleh peserta didik.
saya tidak bisa menontonnya kenapa ya.