Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Ditulis oleh: Mulyadi
Apa kabar Semuanya ..
Apakah semuanya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?”
Dari yang bapak/ibu tonton apakah hal hal tersebut terjadi di lingkungan sekolah bapak/ibu?.
Nah sekarang coba jelaskan apa yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?
Kemudian bagaimna solusi yg bisa bapak/ibu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Terimakasih, dan Salam Matematika. 🙂🙂


saya tidak bisa melihat dan menonton videonya, kenapaya?

kenapa saya tidak bisa menonton videonya ?

Setelah saya mengamati video tersebut, menurut saya memang banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika hal tersebut terjadi karena menurut siswa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Menurut saya ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru agar siswa tertarik dan suka matematika, diantaranya:
– Guru selalu memotivasi siswa bahwa matematika itu tidak sulit selama kita mau mencoba dan pantang menyerah
– Memberikan materi dimulai dari yang dasar dulu, karena apabila guru langsung memberikan materi matematika yang kompleks pasti kedepannya siswa akan mengalami kesulitan dan akhirnya siswa tidak menyukai matematika.

Setelah mengamati video tersebut. Menurut saya hal seperti itu banyak terjadi pada peserta didik karena matematika bersifat abstrak, membuat mereka sulit untuk memahami. Kita sebagai pendidik harus peka terhadap hal tersebu. Penyrbab yang mambuat peserta didik tidak menyukai pembelajaran matematika bisa karena lingkungan, materinya, suasana bahkan karena peserta didik itu sendiri.
Solusinya, para siswa harus memahami konsep dasar pembelajaran matematika, guru harus kreatif dalam memilih media, model dan cara pembelajaran serta penuh motifasi untuk membuat bahwa matematika itu asyik
Nama : Metydewi Takaelu
Nim : 859645407
Saya sudah melihat vidio pembelajaran matematika yang mana kasus yang terlihat “siswa tidak menyukai pelajaran matematika” dan kasus-kasus seperti ini pula sering saya jumpai, dan menurut saya disetiap sekolah pasti ada anak yang tidak menyukai pelajaran matematika. Menurut saya salah satu alasan siswa tidak menyukai pelajaran matematika ialah karena matematika merupakan pelajaran yang memerlukan keseriusan dalam berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam hal ini soal, selain itu ada hal yang seharusnya tidak boleh tercetus didalam benak seorang anak saat mendengar kata matematika yaitu sulit. Oleh karena itu pentingnya mencipatakan pembelajaran yang menarik sehingga dalam menanamkan konsep matematika kedalam pikiran seorang anak tidaklah terlihat sangat sulit bahakan bisa menganggap pelajaran matematika itu menyenangkan dan mudah untuk dimengerti.
Seperti yang terlihat pada vidio, bahwa gurunya menggunakan narasumber lain untuk menarik perhatian siswanya terhadap pelajaran matematika yang dia ajarkan. Yang mana tindakan itu menurut saya salah satu usaha yang cukup berdampak terhadap minat siswa untuk mengikuti pelajaran matematika dengan antusias, namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap siswa memiliki rool modelnya masing-masing atau memiliki cita-cita yang berbeda-beda, tidak semua siswa bercita-cita untuk menjadi seorang insinyur itu berarti anak yang tdak ingin jadi seorang insinyur tentunya saja tidak menaglami dampak perubahan minat belajar matematika. Sehingga menurut saya masih perlunya metode lain untuk membantu menimbulkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pelajran matematika.
Salah satu metode yang dapat mendukung strategi seblumnya, yaitu dengan memberikan media permbelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan yang terlihat dalam vidio adalah bangun ruang. Guru dapat memberikan kesempatan siswa untuk mencoba membangun sebuah bangunan rumah dari media-media bangun ruang yang telah disediakan sehingga siswa dapat langsung merasakan dan melakukan kegiatan pembangunan dan secara tidak langsung guru dapat memberikan pembelajaran dan menanamkan konsep perhitungan luas bangun ruang kepada anak-anak denagn lebih mudah diterima dan dimengerti.
Nama : Dinny Hadiyanti S
Nim : 857464622
Menurut pendapat saya, ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa siswa kurang suka belajar matematika.
- Faktor Guru. Guru kurang kreatif menggunakan berbagai metode pembelajaran yang cocok untuk materi matematika. Guru cendrung hanya menggunakan metode ceramah di dalam matematika, tanpa berani untuk menambahkan metode yang lain, sehingga pembelajarannya menjadi monoton.
- Faktor siswa. Di dalam pikiran siswa sudah tertanam bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, padahal tidak semua pelajaran matematika itu sulit. Mereka mengatakan hal itu sebelum mereka mencoba belajar matematika, sehingga motivasi belajar siswa untuk mempelajari matematika sangat rendah.
- Faktor sarana dan prasarana, seperti tersedianya media dan alat pembelajaran yang cocok untuk mendukung materi matematika, karena pembelajaran siswa di SD memerlukan benda-benda yang konkrit. Dengan kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika, membuat pembelajaran matematika kurang menarik sehingga tidak menyenangkan, karena dengan ketersediaannya media dan alat peraga, dapat menjadi daya tarik bagi siswa untuk mempelajari matematika.
Nama : syahruni
Nim : 836049788
Berdasarkan video yang saya amati siswa tidak menyukai pelajaran matematika karena proses pembelajaran terlihat membosankan. Untuk mengatasi hal tesebut guru perlu menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik perhatian siswa dan mudah serta menyenangkan

Dari Video tersebut, siswa tidak menyukai pelajaran matematika karena proses pembelajaran terasa sangat membosankan. Untuk mengatasi hal tesebut guru perlu melaksanakan proses pembelajaran dengan berbagai metode dan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa dan mudah serta menyenangkan.
NAMA : NINE ERLISA
NIM : 856826083
Saya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran matematika”, memang kondisi ini juga di alami di sekolah pada umumnya. Menurut saya, siswa tidak menyukai matematika karena kebanyakan dari siswa menganggap matematika itu pelajaran sulit, rumit dan menguras pikiran serta membosakan. Apalagi saat guru menyampaikan materi pembelajaran dengan sangat serius dan tanpa menyertakan media pembelajaran. Terkadang siswa sampai mengantuk mendengar penjelasan di papan tulis. Karena siswa hanya di tuntut untuk mendengar dan melihat penjelasan materi pembelajaran tanpa ikut serta aktif dalam pembelajaran tersebut. Media pembelajaran juga sangat berpengaruh pada minat siswa terhadap matematika, agar siswa lebih cepat memahami materi pelajaran yang di berikan.
Siswa terkadang takut dengan pelajaran matematika jadi sebagai guru kita harus mengatasi dengan mengubah perspektif siswa terhadap matematika, mengapa siswa tidak menyukai pelajaran tersebut. Dengan meyakinkan siswa bahwa pelajaran matematika itu mudah dan menyenangkan dan memiliki manfaat pada kehidupan nyata jika mereka bisa berhitung. Sebagai guru saat penyampaian materi tidak harus tegang dan kaku. Buatlah materi untuk di sampaikan sesederhana mungkin, sehingga siswa mencoba belajar menyukai matematika.
Untuk memudahkan siswa berhitung dan mengerjakan soal matematika, guru sebaiknya menggunakan alat bantu atau media untuk mengkonkritkan dengan materi yang di pelajari misalnya dengan sempoa, miniatur, gambar, puzzle, games interaktif berbasis digital, permainan secara kelompok atau individu.
Tidak ada salahnya seorang guru melakukan terobosan dengan menggunakan metode cara cepat belajar matematika, misalnya seperti metode jarimatika. Metode ini bisa di gunakan untuk siswa mengahapal perkalian agar cepat. Cara cepat belajar matematika sangat diburu siswa ketika akan ulangan. Atau kita sebgai guru bisa menemukan metode sendiri agar menyampaikan matematika menjadi lebih cepat dan menyenangkan.
Cara lainnya agar siswa menyukai matematika misalnya dengan mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari siswa, misalnya saat belajar penjumlahan dan pengurangan, guru bisa mengkaitkan dengan kegiatan jual beli di kantin sekolah, atau pada saat materi pecahan bisa juga dengan menggunakan anolog pizza atau jam dinding sehingga siswa lebih mudah membayangkan dan menghitungnya. Dan banyak cara lain guru membuat siswa menyukai pelajaran matematika

Setelah saya melihat video ini menurut saya banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika dikarena siswa memiliki konsep bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Adapun cara yang bisa dilakukan guru agar siswa bisa menyukai matematika yaitu dengan menggunakan media pembelajaran dan memotivasi siswa bahwa matematika tidak lah sesulit yang mereka bayangkan
Nama : Hariro
NIM : 836425085
Pokjar : Cibinong
Jawaban :
1. Ya, saya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran Matematika”.
2. Ya, hal-hal tersebut juga terjadi di lingkungan sekolah saya.
3. Yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika, yaitu :
a. Karena masih ada siswa yang menganggap pembelajaran matematika menyusahkan. Sehingga sebagian siswa beranggapan belajar matematika itu tidak penting.
b. Guru tidak memberikan motivasi kepada siswa.
c. Metode pembelajarannya sangat membosankan.
d. Tidak menggunakan media pembelajaran sehingga tidak bisa mempermudah pemahaman yang sifatnya abstrak.
e. Gurunya Terlalu Serius, Bikin Jenuh.
4. Solusi yg bisa saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu :
a. Memperhatikan masalah yang dihadapi siswa.
b. Segera cari strategi pembelajaran yang menarik.
c. Mendatangkan narasumber dari berbagai profesi contoh nya insinyur yang dapat memotivasi belajar siswa.
d. Menggunakan metode pembelajarannya yang sangat menarik.
e. Menggunakan media pembelajaran sehingga bisa mempermudah pemahaman yang sifatnya abstrak.
f. Jangan dibuat tegang, buatlah pelajaran matematika menjadi santai dan menyenangkan.
saya tidak bisa menontonnya kenapa ya.