Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Ditulis oleh: Mulyadi
Apa kabar Semuanya ..
Apakah semuanya sudah menonton video “siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?”
Dari yang bapak/ibu tonton apakah hal hal tersebut terjadi di lingkungan sekolah bapak/ibu?.
Nah sekarang coba jelaskan apa yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?
Kemudian bagaimna solusi yg bisa bapak/ibu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Terimakasih, dan Salam Matematika. 🙂🙂


saya tidak bisa melihat dan menonton videonya, kenapaya?

kenapa saya tidak bisa menonton videonya ?

Setelah saya mengamati video tersebut, menurut saya memang banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika hal tersebut terjadi karena menurut siswa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Menurut saya ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru agar siswa tertarik dan suka matematika, diantaranya:
– Guru selalu memotivasi siswa bahwa matematika itu tidak sulit selama kita mau mencoba dan pantang menyerah
– Memberikan materi dimulai dari yang dasar dulu, karena apabila guru langsung memberikan materi matematika yang kompleks pasti kedepannya siswa akan mengalami kesulitan dan akhirnya siswa tidak menyukai matematika.

Setelah mengamati video tersebut. Menurut saya hal seperti itu banyak terjadi pada peserta didik karena matematika bersifat abstrak, membuat mereka sulit untuk memahami. Kita sebagai pendidik harus peka terhadap hal tersebu. Penyrbab yang mambuat peserta didik tidak menyukai pembelajaran matematika bisa karena lingkungan, materinya, suasana bahkan karena peserta didik itu sendiri.
Solusinya, para siswa harus memahami konsep dasar pembelajaran matematika, guru harus kreatif dalam memilih media, model dan cara pembelajaran serta penuh motifasi untuk membuat bahwa matematika itu asyik
Nama : Enneria Manurung. NIM: 834914734. Saya juga kesulitan dalam mengajarkan Matematika.siswa tidak tertarik dalam belajar matematika, karna mereka merasa Pelajaran Matematika sangat sulit dan menakutkan serta membosankan,jadi disaat saya mengajar matematika saya menggunakan poster yang lebih menarik dan dibarengi dengan canda gurau agar siswa termotivasi dan tidak bosan dalam KBM.

Setelah saya mengamati vidio Gpo tersebut menurut saya memang banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika.hal tersebut terjadi karena menurut siswa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan.ternyata banyak cara yang dapat dilakukan guru agar siswa tertarik pada pelajaran matematika.contohnya:guru selalu memotifasi siswa bahwa matematika itu tidak sulit apalagi dengan menggunakan media dan metode yang menarik
Nuril Avika Dewi
837582352
Menurut saya dalam pembelajaran matematika diperlukan metode dan media yang tepat dalam menumbuhkan semangat belajar khususnya pembelajaran matematika yang banyak kurang diminati peserta didik. Dalam hal ini guru dapat menggunakan metode yang tidak seterusnya menerangkan (metode ceramah) tetapi dapat menggunakan metode kontekstual yaitu dengan mengaitkan dengan dunia nyata misalnya pada materi satuan berat. dan menggunakan media yang mampu menumbuhkan semangat belajar siswa seperi media gambar, permainan dan video. sehingga pembelajaran matematika tidak monoton dan membosankan.
menurut saya guru harus menggunakan media pembelajaran yang lain khususnya untuk kelas rendah. dan guru yang membawakan materi harus memperhatikan penampilannya ( baju, dan alas kaki .) sehingga membuat daya tarik siswa terhadap guru tersebut lebih baik. guru juga harus menciptakan suasa belajar yang nyaman sehingga membuat siswa tidak jenuh bahkan lebih tertarik terhadap mata pelajaran matematika.

Nama : Wahyu Agung
Nim : 835937242
Pokjar : Pemulutan
Dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan metode dan strategi dalam upaya meningkatkan ketertarikan dan semangat belajar siswa. Menurut saya penyebab siswa tidak menyukai pelajaran matematika bisa dikarenakan pembawaan guru yg kurang menyenangkan. Apalagi di tingkat sekolah Dasar, guru yg kurang inovatif dan monoton dalam memberikan penjelasan materi pelajaran sehingga pembelajaran terasa membosankan bagi siswa. Apalagi tidak sedikit dari siswa menganggap matematika itu sukar dan hanya berbicara tentang rumus-rumus. Upaya yg dilakukan untuk meningkatkan minat siswa pada pelajaran matematika agar dapat memberikan pengaruh pada prestasi siswa. Misalnya saja bisa dengan menggunakan Media dan metode yg relevan serta inovatif dalam memberikan penjelasan dan semangat belajar kepada siswa yang sederhana serta bisa mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Nama:Ananda Elawati
Nim:824859232
Semester 6.b
- Setelah melihat video tersebut menurut saya matematika adalah pelajaran dimana jika belum memahami dia akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan jadi sebelumnya kita sebagai pendidik harus mempersiapkan dari awal apa saja yang harus disiapkan dalam menunjang pembelajaran agar anak tidak bosan dan jenuh serta lebih mengarah tidak senang namun ajaklah anak didik belajar dengan mengedukasi menggunakan kata kata yang mudah dipahami ataupun menggunakan alat peraga yang sederhana
Jika sudah seperti itu masih mengalami kesulitan atau tidak suka cobalah menengok faktor pendorong belajar dirumah yaitu orang tua apakah orang tua bisa mengajarkan atau tidak bahkan sebagian yang saya sudah alami anak didik yang yatim piatu hanya dirumah bersama simbah atau kerabat yang notabennya tidak begitu mengerti pemahaman anak di sekolah jadi kita sebagai guru harus ikut mendampingi jika di rumah belum maksimal maka harus memberikan bimbingan di sekolah secara maksimal
saya tidak bisa menontonnya kenapa ya.