Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Ditulis oleh: MulyadiÂ
Hay teman-teman semuanya, setelah menonton tayangan video tersebut pasti tau bgaimna pembelajaran yang efektif disaat siang hari. Salah satu contohnya dalam video tersebut adalah menggunakan alat peraga di lingkungan dalam kelasnya.
Sekarang coba bapak ibu jelaskan bagaimna strategi belajar matematika yg efektif pada siang hari selain contoh dalam video. ?


Belajar matematika pada siang hari memang terkesan membosankan, capek dan biasanya siswa mengantuk karena sudah seharian melaksanakan pembelajaran, Sehingga pelaksanaan pembelajaran menjadi tidak efektif. Maka guru harus bisa menggunakan cara lain agar siswa tidak mengantuk seperti membuat games atau quiz di sela-sela pembelajaran karena siswa lebih senang mempraktekkan dibandingkan dengan duduk diam mendengarkan.

Belajar matematika pada siang hati memang terkesan membosankan, capek dan mengantuk karena siswa seharian melaksanakan pembelajaran., sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif. Maka guru harus bisa menggunakan suatu ide seperti membuat games atau quiz disetiap sela-sela pembelajaran, karena siswa lebih senang mempraktekkan daripada duduk diam mendengarkan.

Belajar fokus tentang pelajaran matematika pada siang hari akan terhalang oleh kondisi fisik anak yang sudah mulai lelah.
Guru di video pun lebih banyak menggunakan metode ceramah.
Guru juga tidak mengajarkan anak bagaimana mengukur suatu bidang dengan benar. Dari titik mana dimulai mengukur dan cara menghitung nya dengan detail.

Ketika pembelajarn di jam terakhir, alangkah baik nya guru mensiasati dengan berbagai macam metode ajar agar murit di kelas tidak bosan dan mengantuk.
menurut pendapat saya, belajar matematika dijam terakhir atau jam siang dimana siswa tidak fokus dan sudah mulai lelah setelah belajar dari pagi. hal tersebut membuat pembelajaran kurang efektif, oleh sebab itu sebagai tenaga mengajar harus menggukanan strategi untuk menarik siswa supaya aktif dalam pembelajaran matematika,
Memahami konsep materi yang akan/sedang diajarkan adalah kunci sukses bagi Guru untuk membuat siswa mengerti dan memahami materi. Jika siswa sudah memahami konsep yang diajarkan dengan benar, belajar Matematika tidak akan menjadi momok lagi bagi siswa.
mengajarkan konsep secara kontektual. Guru dapat menggunakan media pembelajaran atau peraga yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Misalnya ketika sedang mengajarkan tentang persegi panjang, Guru dapat menggunakan media yang ada di sekitar misalnya papan tulis, permukaan meja, jendela, dan lain sebagainya.
Mtode mengajar matematika yang menarik dan menyenangkan juga menjadi tips supaya pelajaran Matematika mudah dipahami siswa. Guru harus selalu memperhatikan penerapan model, metode, teknik dan pendekatan yang benar dan sesuai dengan materi yang diajarkan.
Jajal ya Yumiati