Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Ditulis oleh: MulyadiÂ
Hay teman-teman semuanya, setelah menonton tayangan video tersebut pasti tau bgaimna pembelajaran yang efektif disaat siang hari. Salah satu contohnya dalam video tersebut adalah menggunakan alat peraga di lingkungan dalam kelasnya.
Sekarang coba bapak ibu jelaskan bagaimna strategi belajar matematika yg efektif pada siang hari selain contoh dalam video. ?


Belajar matematika pada siang hari memang terkesan membosankan, capek dan biasanya siswa mengantuk karena sudah seharian melaksanakan pembelajaran, Sehingga pelaksanaan pembelajaran menjadi tidak efektif. Maka guru harus bisa menggunakan cara lain agar siswa tidak mengantuk seperti membuat games atau quiz di sela-sela pembelajaran karena siswa lebih senang mempraktekkan dibandingkan dengan duduk diam mendengarkan.

Belajar matematika pada siang hati memang terkesan membosankan, capek dan mengantuk karena siswa seharian melaksanakan pembelajaran., sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif. Maka guru harus bisa menggunakan suatu ide seperti membuat games atau quiz disetiap sela-sela pembelajaran, karena siswa lebih senang mempraktekkan daripada duduk diam mendengarkan.

Belajar fokus tentang pelajaran matematika pada siang hari akan terhalang oleh kondisi fisik anak yang sudah mulai lelah.
Guru di video pun lebih banyak menggunakan metode ceramah.
Guru juga tidak mengajarkan anak bagaimana mengukur suatu bidang dengan benar. Dari titik mana dimulai mengukur dan cara menghitung nya dengan detail.

Ketika pembelajarn di jam terakhir, alangkah baik nya guru mensiasati dengan berbagai macam metode ajar agar murit di kelas tidak bosan dan mengantuk.
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang menarik bagi sebagian besar siswa di sekolah. selain banyaknya rumus yg harus di hapal tingkat kesulitan soal juga jadi masalah bagi kebanyakan siswa terutama siswa SD. Sehingga mereka beranggapan bahwa MATEMATIKA itu sulit dan membosankan.
Lantas bagai mana cara kita meningkatkan minat anak terhadap mata pelajaran ini agar siswa tetap berkonsetrasi belajar MATEMATIKA di siang hari…
Dilihat dari video di atas, menurut saya itu sudah termasuk salah satu cara supaya siswa kembali bersemangat untuk belajar dengan mengajak siswa aktif dalam pembelajaran dan disini saya hanya akan menambahkan beberapa cara agar siswa tidak hanya bersemangat tetapi mereka memiliki rasa ketertarikan pada pelajaran MATEMATIKA tersebut sehingga mereka tetap berkonsentrasi meskipun belajar MATEMATIKA di siang hari.
- Penampilan guru yang menyenangkan baik dari segi berpakaian yang rapi dan inner beauty dari guru tersebut
- Memberikan penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami. Pastikan mereka benar benar mendengarkan dan mengerti dengan apa yang kita sampaikan.
- Guru harus bisa mencairkan suasana ketika siswa sudah mulai merasa bosan, misalkan dengan memberikan contoh pelajaran Matematika yang berakitan dengan kehidupan sehari- hari.
- Ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Hal yang mudah dilakukan adalah mendampingi anak belajar sembari bermain. contohnya: belajar pengurangan dengan metode hitung mundur dari angka 10 sampai 0. Hal ini Tampak sederhana namun meyenangkan untuk dilakukan.

Menurut saya, Yg Pertama Kita harus menjelaskan pelajaran matematika dengan di selingi Canda Tawa.
Kedua,.Guru selalu bersikap simple atau rileks dalam menghadapi siswa yg merasa bosan dalam pelajaran matematika
Yg Ketiga,.berikan tanya jawab atau soal ke depan agar para siswa bergerak dan berpikir dalam mencari penyelesaian dari setiap soal

MK : Pemantapan Kemampuan Mengajar/PGDK4209
Nama : Gusnawati
Nim : 834876672
Semester/Kelas : 6 / 6A
Menurut saya pembelajaran matematika kurang intensif apabila di letakkan pada jam siang saat pembelajaran. Selain karena siswa sudah mulai lelah, pelajaran matematika juga sulit membuat siswa konsentrasi dikarenakan suasana kelas yang siang hari cenderung kurang kondusif untuk belajar.
Jika dilihat dari video tersebut, saya sependapat dengan pak Gatra Dwi Pangga
sang guru sudah sangat baik dalam menyampaikan materi ditambah dengan menggunakan alat peraga yang mudah dipahami oleh siswa. Itu memang merupakan salah satu cara agar siswa bersemangat dalam belajar matematika.
Saya hanya ingin menambahkan pendapat saya dalam video tadi. alangkah baiknya jika dalam pembelajaran matematika juga diselingi dengan canda tawa dan juga pemberian apresiasi dari guru (contoh : memberikan tepuk tangan, pujian, dan lain sebagainya apa bila siswa tersebut menjawab pertanyaan dengan benar), sehingga siswa tidak terlalu tegang dalam menghadapi sesi tanya jawab.

Nama : Indah permata sari
Nim : 834870625
Menurut saya agar siswa tidak mengantuk dan lebih berkonsentrasi dalam pembelajaran matematika disiang hari, maka guru harus menggunakan ide/strategi belajar sambil bermain seperti bermain tepuk² tangan,bernyanyi sambil menghitung banyaknya jari dan bermain kuis lainnya,untuk meningkatkan kekonstrasian pada diri siswa.

Bismillah ..
Nama : IRMAWATI
Nim : 834874496
Menurut saya matematika memang pelajaran yang sangat ditakuti atau membuat peserta didik menjadi trauma karna sugesti mereka sudah beranggapan matematika pelajaran yang sulit. Jadi solusi kita bisa dengan mempunyai alternatif lain dan membuat peserta didik senang dan suka dengan matematika kita juga bisa merubah sugesti mereka yang dari tadi sulit menjadi muda …
Misalnya dalam perhitungan pecahan untuk anak SD kelas 4 kita bisa menggunakan gambar atau hal yang menarik lainnya …
Dan jika perhitungan bernilai rupiah untuk matematika kelas 2 sd kita bisa menggunakan uang yang nyata …
Karna akan lebih muda dihitung dari pada hanya nilai saja …

MK : Pemantapan Kemampuan Mengajar/PGDK4209
Nama : Armila Angel Rahmika
NIM : 834870782
Semester/Kelas : 6 / A
Menurut saya, Pembelajaran matematika pada siang hari memanglah kurang efektif bagi siswa. Akan tetapi, sebagai guru kita harus memiliki strategi belajar khusus agar siswa dapat konsentrasi mengikuti pembelajaran tersebut.
Di video tersebut, juga terdapat beberapa upaya guru agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Selain itu, ada beberapa upaya yang dapat kita terapkan dalam proses pembelajaran, yaitu :
• Memodifikasi materi matematika dalam bentuk permainan, nyanyian, atau video animasi (kartun).
• Pola belajar aktif, yakni memberikan kesempatan siswa untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami.
• Menyelipkan humor ringan dalam pembelajaran matematika agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
• Memberi jeda atau waktu istirahat agar siswa dapat menyegarkan pikiran sehingga dapat berkonsentrasi dalam pembelajaran.
• Dalam menyampaikan materi, guru menampilkan sikap yang energik dan menggunakan gaya bahasa serta intonasi yang tepat.
- Rahma Indriani
- 834912231
Pada dasarnya pembelajaran di siang hari itu sangat sulit, karena pada saat siang hari fokus kita sudah berubah menjadi lelah, jadi ketika kita mengajar di siang hari kita harus mempunya banyak statrategi agar murid tidak jenuh, apalagi pelajaran matematika yang berpusat pada Perhitungan itu yang lebih menambah beban pada sisw. Untuk itu kita bisa melakukan berbagai cara:
- Memberikan model dan media agar siswa lebih mudah menyerap pembelajaran,
- Kita tidak harus berpatokan pada kelas, kita bisa menggunakan halaman sekolah menjadi tempat belajar.
- Pembelajaran jangan berpusat pada guru, tapi ajaklah siswa aktip dalam mengikuti pembelajaran, contohnya siswa bisa memberikan saran dan pertanyaan kepada teman yang lain.
- Guru memberikan ruang aktip pada siswa agar lebih berinteraksi dalam pempembelajaran

Nama : Silvi Pratiwi Febrianti
NIM : 857484061
Kelas : A
POKJAR : UT Pasundan Garut
Semester : 2
Belajar Matematika pada siang hari membuat peserta didik menjadi sangat lelah, seharusnya sebelum pembelajaran dimulai guru melakukan ice breaking terlebih dahulu, mengecek konsentrasi siswa, membuat suasana lebih santai dan menyenangkan juga membangkitkan semangat siswa untuk mengikuti pelajaran, dalam memberikan materi tidak hanya metode ceramah saja, ada metode tanya jawab dan interaktif antar siswa

Nama: Marlina halawa
Nim:855835896
1.menyiapkan alat peraga sesuai dengan materi yang diajarkan.
2. Siswa diajak menggunakan alat peraga yg sudah dibawa oleh masing- masih siswa.
Nama : Wulan Triaheviana
Nim : 856731975
Belajar matematika pada siang hari memang sedikit membosankan, hal ini sudah biasa kita temui. Akibatnya kelas menjadi tidak kondusif. Disinilah peran guru sangat diharapkan dalam memilih metode pembelajaran guna membangkitkan semangat belajar siswa agar lebih aktif dan efektif. Guru bisa mencoba untuk menciptakan lingkungan yang mirip dengan apa yang mereka sukai – ini bisa dengan bermain game yang mencerminkan minat mereka, atau menggunakan musik atau gambar untuk menarik minat belajar mereka. Dengan menggunakan permainan dan stimulan belajar yang bervariasi, pembelajaran akan menjadi sangat menyenangkan.
Menurut saya selain dari video dia atas ada juga strategi lain yg bisa kita coba agar siswa menjadi bersemangat belajar matematika disiang hari. Misal, dengan menyuruh 1 anak kedepan untuk menghitung alat peraga yang kita pegang dan menanyakan kepada respon anak yang lain agar suasana menjadi cair dan seluruh aktif semua dalalm pelajaran matematika.

Cara selanjutnya agar siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran dengan menerapkan metode belajar sambil bermain karna kebiasaan bermain dalam diri siswa tidak bisa dihilangkan begitu saja, oleh karna itu tidak ada salahnya mencoba menerapkan pelajaran yang membawa siswa bermain namun tetap berisi nilai-nilai pelajaran di dalamnya.

Karena rata rata siswa tidak menyukai matematika, peran kita sebagai guru harus memiliki strategi yang efektif dan tidak membosankan dg menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan, juga penyajian materi yang bervariatif dan menarik agar siswa tidak bosan

Menurut pendapat saya kegiatan pada siang hari haruslah dapat merikleksasi siswa setelah banyak pelajaran yang mereka lakukan Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Nama : Surmala
NIM : 834870048
Kelas : B.2 semester 6
MK : Pemantapan Kemampuan Mengajar
Menurut saya, Kurang efektif jika mapel matematika di ajarkan siang hari,jika memang harus di ajarkan siang hari maka guru harus sekreatif mungkin utk membuat siswa bersemangat ,misal dengan di selingi humor,,tepuk,,ataupun tebak gambar menarik sesuai bahan ajar .
Nama : fadila tamrin
Nim : 859633434
Pembelajaran matematika pada siang hari memang kurang menyenangkan.yang mana suasana pada siang hari tidak mendukung anak anak untuk menerima pelajaran matematika karena seharian anak anak sudah menerima pelajaran lain.nah untuk mengantisipasi kejenuhan yang terjadi pada anak anak selain yang ada dalam video tersebut anak anak harus berperan aktif dalam pembelajaran kemudian guru usahakan memeberikan kuiz secara kelompok agar anak anak bisa berpartisipasi jangan hanya duduk dan mendengar pada saat menerima materi.usahakan guru juga harus menyiapkan media yang menarik agar anak anak tidak bosan dan mengantuk.terima kasih

Agar siswa konsentrasi dalam belajar siang hari guru bisa mengajak siswa belajar diluar kelas agar siswa tidak merasa jenuh dan lelah juga untuk menarik perhatian siswa menghindari ketiduran didalam kelas
Jajal ya Yumiati