Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Ditulis oleh: MulyadiÂ
Hay teman-teman semuanya, setelah menonton tayangan video tersebut pasti tau bgaimna pembelajaran yang efektif disaat siang hari. Salah satu contohnya dalam video tersebut adalah menggunakan alat peraga di lingkungan dalam kelasnya.
Sekarang coba bapak ibu jelaskan bagaimna strategi belajar matematika yg efektif pada siang hari selain contoh dalam video. ?


Belajar matematika pada siang hari memang terkesan membosankan, capek dan biasanya siswa mengantuk karena sudah seharian melaksanakan pembelajaran, Sehingga pelaksanaan pembelajaran menjadi tidak efektif. Maka guru harus bisa menggunakan cara lain agar siswa tidak mengantuk seperti membuat games atau quiz di sela-sela pembelajaran karena siswa lebih senang mempraktekkan dibandingkan dengan duduk diam mendengarkan.

Belajar matematika pada siang hati memang terkesan membosankan, capek dan mengantuk karena siswa seharian melaksanakan pembelajaran., sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif. Maka guru harus bisa menggunakan suatu ide seperti membuat games atau quiz disetiap sela-sela pembelajaran, karena siswa lebih senang mempraktekkan daripada duduk diam mendengarkan.

Belajar fokus tentang pelajaran matematika pada siang hari akan terhalang oleh kondisi fisik anak yang sudah mulai lelah.
Guru di video pun lebih banyak menggunakan metode ceramah.
Guru juga tidak mengajarkan anak bagaimana mengukur suatu bidang dengan benar. Dari titik mana dimulai mengukur dan cara menghitung nya dengan detail.

Ketika pembelajarn di jam terakhir, alangkah baik nya guru mensiasati dengan berbagai macam metode ajar agar murit di kelas tidak bosan dan mengantuk.
Benar,Bapak.
Karena belajar Matematika pada siang hari atau jam jam terakhir sekolah bagi siswa membuat siswa banyak tidak konsentrasi.Kita sebagai guru bisa menghidupkan kelas agar siswa kita bisa konsen, salah satu metode seperti bapak admin katakan mengajak siswa belajar di luar kelas dan mohon izin menambahkannya lagi kita harus membuat ice breaking supaya siswa tidak ngantuk dan memberikan pertanyaan mendadak bagi siswa yang tidak konsen/ngantuk.

Tidak melakukan metode ceramah pada jam siang, tidak meminta anak-anak untuk membaca materi di jam-jam siang dan tidak memberikan tugas yang terlalu berat untuk diselesaikan namun berikan tantangan menyenangkan yang dapat memunculkan semangat mereka lagi. Misalkan membuat kelompok diskusi ketika kelompok dapat menyelesaikan 3 soal dengan baik dengan waktu yang telah ditentukan maka akan mendapat reward yang telah disediakan. Lalu bisa juga dengan mengajak anak untuk melakukan belajar di luar ruangan, disuruh memungut sampah dedaunan kemudian menerapkan perhitungan masuk ke materi pembelajarannya.

Nama : Lisa Fitria santi
Nim : 858664246
Pokjar : Ponorogo
Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari, menurut saya dikarenakan pada siang hari siswa sudah capek,letih dan mengantuk.Apalagi pelajaran matematika banyak siswa yang kurang menyukai sehingga mereka cepat bosan untuk mengikuti pelajaran tersebut.Alangkah baiknya sebelum masuk ke pelajaran guru memberikan motivasi dan media yang digunakan harus lebih bervariasi agar siswa lebih semangat untuk mengikuti pelajaran tersebut.
Kegiatan Siswa Belajar matematika di siang hari memang menyulitkan siswa untuk konsentrasi karena sudah lelah bermain dan mengantuk pada jam-jam tidur siang. Hal ini harus diantisipasi oleh guru caranya dengan mengganti metode ceramah dengan kegiatan praktik langusung yang dilakukan anak-anak. Contoh : Materi Bangun Datar, Siswa dibuat per kelompok dan diajak mengelilingi lingkungan sekolah guna mencari benda yang berbentuk bangun datar. Siswa akan lebih paham jika materi yang disampaikan langsung dipraktekkan atau siswa mencari sendiri jawaban tersebut, dengan begitu siswa tidak akan mengantuk karena diajak keliling dan melihat lingkungan sekolah agar tidak bosan dan ngantuk di kelasnya.

Nama : Nur Ainul Munifah
NIM : 836704468
Memberikan ilmu pelajaran matematika di siang hari haruslah menyenangkan sehingga siswa tidak merasa jenuh mengingat jam siang banyak siswa yang sudah lelah dan kurang berkonsentrasi. Di dalam video ini saya melihat guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan hanya berdiri di depan kelas. Strategi mengajar matematika pada siang hari menurut saya:
1. Kita harus membuat suasana belajar lebih menarik dengan semisal memberikan yel yek agar anak dapat semangat kembali untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Hendaknya memulai materi yang ringan dan sudah dikuasai siswa dilanjut dengan materi baru.
3. Guru memberikan metode pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif siswa bisa sesekali melemparkan pertanyaan kepada beberapa anak sehingga mereka tetap fokus.
4. Kalau siang lebih baik menggunakan metode belajar diskusi atau berpraktek, supaya siswa dapat aktif bergerak dan berbicara dan menjadikan siswa supaya tidak mengantuk di jam jam siang.

Nama : Rahmat Hidayat
Nim : 837018611
Belajar matematika pagi hari saja sangat sulit perlu metode yang disukai oleh siswa, apalagi disiang hari mungkin harus lebih Extra dengan metode yang lebih menarik lagi, seperti dengan cara berkelompok dan membuat permainan seperti cerdas cermat tapi yang sesuai dengan materi yang akan guru sampaikan.
Benar,
Karena belajar Matematika pada siang hari atau jam jam terakhir sekolah membuat siswa banyak tidak konsentrasi. Sebagai guru kita bisa menghidupkan kelas agar kita bisa konsen, salah satu metode seperti admin katakan mengajak siswa belajar di luar kelas dan bila perlu membuat ice breaking supaya siswa tidak ngantuk dan memberikan pertanyaan mendadak bagi siswa yang tidak konsen/ngantuk.

Nama : Rika citra wulandari
Nim : 837594522
Pokjar : SMPN 3 Bondowoso
UPBJJ : Jember
Semester : 6
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
JUDUL : Siswa tidak berkonsentasi belajar matematika pada siang hari
Belajar matematika disiang hari terhalang kondisi anak yang sudah muali lelah dan mengantuk, sehingga pelajaran menjadi tidak efektif, maka dari itu guru harus bisa meggunakan suatu ide yang bisa menarik perhatian siswa , misalnya alat peraga gambar, melibatkan siswa untuk mengukur benda yg ada disekitar kelas, sehingga siswa akan lebih tertarik dan belajar lebih menyenangkan
Benar,
Karena belajar Matematika pada siang hari atau jam jam terakhir sekolah membuat siswa banyak tidak konsentrasi. Sebagai guru kita bisa menghidupkan kelas agar kita bisa konsen, salah satu metode seperti admin katakan mengajak siswa belajar di luar kelas dan bila perlu membuat ice breaking supaya siswa tidak ngantuk dan memberikan pertanyaan mendadak bagi siswa yang tidak konsen/ngantuk.

Belajar matematika pada siang hati memang terkesan membosankan, capek dan mengantuk karena siswa seharian melaksanakan pembelajaran., sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif.
Alangkah lebih baik apabila pembelajaran matematika tersebut di siang hari kita menggunakan metode atau model pembelajaran yg melibatkan mereka seperti melakukan pembelajaran dengan media keluar ruang kelas atau bisa juga pembelajaran nya di arahkan dihalaman sekolah apabila sekolah kita terdapat pohon rindang .. , anak anak akan antusias apabila belajar di halaman yg berpohon rindang..selain menghilangkan rasa jenuh belajar di ruang kelas yg tertutup ..oksigen di bawah pohon juga dapat menstimulasi mereka agar lebih fresh dn lebih bersemangat.
- Belajar matematika di siang hari memang dalam pikiran kita pasti siswa akan bosan dan tidak konsentrasi. Akan tetapi pembelajaran itu tidak mengenal batas waktu jika seorang guru Pintar dalam strategi,metode,pendekatan dalam pembelajaran. Kita bisa menggunakan dengan problem solving. Misalnya untuk menghitung luas tabung kita bisa mengajak anak-anak keluar ruang kelas dengan mencari barang yang berbentuk tabung setelah mereka dapat barangnya seperti kaleng kemudian kita ajak anak-anak untuk mengukur kaleng tersebut dengan mencari luasnya.dengan belajar diluar kelasnya siswa pasti akan merasa senang

NAMA :PUJI ASTUTI
NIM : 836142884
Belajar matematika pada siang hati memang terkesan membosankan, capek dan mengantuk karena siswa seharian melaksanakan pembelajaran. Maka guru harus bisa membangun suasana seperti membuat games atau quiz disetiap sela-sela pembelajaran, karena siswa lebih senang mempraktekkan daripada duduk diam mendengarkan.
Jajal ya Yumiati