Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Ditulis oleh: MulyadiÂ
Hay teman-teman semuanya, setelah menonton tayangan video tersebut pasti tau bgaimna pembelajaran yang efektif disaat siang hari. Salah satu contohnya dalam video tersebut adalah menggunakan alat peraga di lingkungan dalam kelasnya.
Sekarang coba bapak ibu jelaskan bagaimna strategi belajar matematika yg efektif pada siang hari selain contoh dalam video. ?


Belajar matematika pada siang hari memang terkesan membosankan, capek dan biasanya siswa mengantuk karena sudah seharian melaksanakan pembelajaran, Sehingga pelaksanaan pembelajaran menjadi tidak efektif. Maka guru harus bisa menggunakan cara lain agar siswa tidak mengantuk seperti membuat games atau quiz di sela-sela pembelajaran karena siswa lebih senang mempraktekkan dibandingkan dengan duduk diam mendengarkan.

Belajar matematika pada siang hati memang terkesan membosankan, capek dan mengantuk karena siswa seharian melaksanakan pembelajaran., sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif. Maka guru harus bisa menggunakan suatu ide seperti membuat games atau quiz disetiap sela-sela pembelajaran, karena siswa lebih senang mempraktekkan daripada duduk diam mendengarkan.

Belajar fokus tentang pelajaran matematika pada siang hari akan terhalang oleh kondisi fisik anak yang sudah mulai lelah.
Guru di video pun lebih banyak menggunakan metode ceramah.
Guru juga tidak mengajarkan anak bagaimana mengukur suatu bidang dengan benar. Dari titik mana dimulai mengukur dan cara menghitung nya dengan detail.

Ketika pembelajarn di jam terakhir, alangkah baik nya guru mensiasati dengan berbagai macam metode ajar agar murit di kelas tidak bosan dan mengantuk.
menurut pendapat saya, belajar matematika dijam terakhir atau jam siang dimana siswa tidak fokus dan sudah mulai lelah setelah belajar dari pagi. hal tersebut membuat pembelajaran kurang efektif, oleh sebab itu sebagai tenaga mengajar harus menggukanan strategi untuk menarik siswa supaya aktif dalam pembelajaran matematika,
Memahami konsep materi yang akan/sedang diajarkan adalah kunci sukses bagi Guru untuk membuat siswa mengerti dan memahami materi. Jika siswa sudah memahami konsep yang diajarkan dengan benar, belajar Matematika tidak akan menjadi momok lagi bagi siswa.
mengajarkan konsep secara kontektual. Guru dapat menggunakan media pembelajaran atau peraga yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Misalnya ketika sedang mengajarkan tentang persegi panjang, Guru dapat menggunakan media yang ada di sekitar misalnya papan tulis, permukaan meja, jendela, dan lain sebagainya.
Mtode mengajar matematika yang menarik dan menyenangkan juga menjadi tips supaya pelajaran Matematika mudah dipahami siswa. Guru harus selalu memperhatikan penerapan model, metode, teknik dan pendekatan yang benar dan sesuai dengan materi yang diajarkan.
Pembelajaran matematika pada siang hari dimana siswa sudah mulai capek setelah belajar sejak pagi, dapat menyebabkan pembelajaran tidak efektif dan tujuan tidak dapat tercapai. Oleh karena itu perlu cara-cara yang lebih aktif dan kreatif agar siswa tetap semangat belajar. Hal pertma yang bisa dilakukan adalah dengan mngucapkan yel-yel, misal :guru mengucapkan : ” matematika” siswa menjawab :” gampang, asik, menyenangkan”. Kemudian bida dilanjut dengan apersepsi seperti mengingat kembali matematika dasar penjumlahan,pengurangan,perkalian dan pembagian dengan game yaitu dengan guru menyebutkan suatu bilangan dan siswa mencari operasi hitung bilangan apa saja yang menghasilkan bilangan tersebut. setiap siswa dapat menjawab bergantian. Setelah itu bisa masuk ke materi inti dimana pembelajaran dapat menggunakan media benda konrit yang mudah dimengerti siswa. Dengan demikian pembelajaran tetap dapat berlangsung dengan baik tanpa siswa merasa jenuh dan bosan.
Demikian menurut pendapat saya. Terimakasih.
Tidak hanya di siang hari saja, bahkan di pagi hari pun jika guru hanya menggunakan metode ceramah maka siswa pun akan menjadi bosan dan mengantuk. Guru perlu menggunakan media untuk menarik perhatian siswa salah satunya dengan menggunakan media gambar di mana gambarnya memiliki warna yang dapat menarik perhatian siswa. Warna-warna yang beragam dapat menarik perhatian siswa dan pembelajarannya menjadi menyenangkan
Hamsia Duwila
Nim 838755825
Terdapat beberapa hal, apabila kita mencermati praktik pembelajaran matematika yang kebanyakan masih dianut oleh lembaga penyelanggara pendidikan (sekolah) hingga akhir-akhir ini, di antaranya adalah:
a. Komposisi materi pembelajaran yang harus dipelajari siswa sangat padat, sedangkan alokasi waktu yang disediakan sangat terbatas.
b. Proses pelaksanaan pembelajaran lebih didominasi oleh upaya untuk menyelesaikan materi pembelajaran dalam waktu yang tersedia, dan kurang adanya proses dalam diri siswa untuk mencerna materi secara aktif dan konstruktif
c. Orientasi akhir pembelajaran yang cenderung hanya memenuhi kepentingan pragmatis, yakni untuk memenuhi target kulusan siswa dalam ujian nasional (UN).
d. Minimnya mengaitkan materi dengan kehidupan dunia nyata.
Berdasarkan beberapa hal di atas, maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika di Indonesia –sampai saat ini- belum mampu mengaktualisasikan potensi-potensi yang dimiliki oleh matematika pada diri siswa untuk memenuhi tujuan pembelajaran matematika. Untuk mengupayakan agar pembelajaran matematika di sekolah-sekolah dapat mengaktualisasikan potensi-potensi yang dimiliki oleh matematika pada diri para siswa, banyak hal yang perlu dilakukan, antara lain penggunaan kurikulum yang fleksibel, penerapan strategi pembelajaran yang lebih memberikan kesempatan pada siswa untuk mempelajari matematika secara aktif dan konstruktif, dan upaya untuk lebih melibatkan dunia nyata dalam proses pembelajaran matematika di sekolah.
pada pembelajaran matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk.
adapun beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas dan memberiia games dan quiz.
Jajal ya Yumiati