Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/siswa-kurang-semangat-mengikuti-pelajaran-teori
Sinopsis:
Program ini menggambarkan upaya seorang guru SMP yang berusaha mengubah cara mengajarnya dari model ceramah ke model pembelajaran proyek karena para siswa cenderung tidak semangat apabila pembelajaran dilakukan dengan cara menerangkan panjang lebar. Dengan menggunakan pembelajaran proyek, siswa lebih semangat dan lebih mudah memahami teori yang disampaikan.
Ditulis oleh: Dra. Hartinawati, M.Pd
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


1. Kelebihan guru mencari solusi agar siswa lebih memahami materi yang diajarkan dengan mengganti teori menjadi praktek, mengajak siswa berkerja bersama sama dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan suatu materi, dan memberikan kepercayaan kepada siswa untuk mengajarkan teman sebaya yang tidak bisa merangkai bel listrik
Kekurangan guru tidak menjelaskan secara nyata bagaimana rangkaian pembuatan bel listrik tersebut.
2. Saya pernah mengalami menjelaskan tentang materi bentuk molekul, siswa tidak paham dengan teori, tetapi setelah diganti menggunakan molymod siswa lebih paham.
3. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu cara merangkai bel listrik secara tertulis
Kemudian saya akan mempraktekkan langkah langkah pembuatan bel listrik sebelum siswa merangkainya sehingga tidak ada siswa yang mengalami kesalahan
4. Teori sosial albert bandura mengatakan pembelajaran akan dapat berkesan dengan menggunakan pendekatan permodelan. Permodelan disini maksudnya ada objek belajar sehingga guru dapat mempraktekkan materi supaya lebih dipahami siswa
Teori ausubel mengatakan bahwa bahan subyek yang dipelajari siswa haruslah bermakna (meaning full) bukan menghafal (rote learning). Dengan praktek bagi siswa pelajaran lebih bermakna dan mudah dimengerti.

Berdasarkan vidio diatas, dapat disimpulkan bahwa:
1. Dilihat dari Kelebihannya : guru mencari solusi supaya siswa mampu memahami materi yang diajarkan dengan mengganti teori menjadi praktek, mengajak siswa membuat kelompok kecil untuk menyelesaikan suatu materi, dan memberikan kepercayaan kepada siswa untuk mengajarkan teman sebaya yang tidak bisa merangkai bel listrik. Oleh sebab itu, hal ini mamou meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan dan membuat siswa untuk dapat berfikir kritis.
Namun, Kekurangan guru yaitu guru kurang menjelaskan secara nyata bagaimana rangkaian pembuatan bel listrik tersebut.
2. Saya pernah mengalami menjelaskan tentang materi bentuk molekul, siswa tidak paham dengan teori, tetapi setelah diganti menggunakan molymod siswa lebih paham.
3. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu cara merangkai bel listrik secara tertulis
Kemudian saya akan mempraktekkan langkah langkah pembuatan bel listrik sebelum siswa merangkainya sehingga tidak ada siswa yang mengalami kesalahan
4. Teori sosial albert bandura mengatakan pembelajaran akan dapat berkesan dengan menggunakan pendekatan permodelan. Permodelan disini maksudnya ada objek belajar sehingga guru dapat mempraktekkan materi supaya lebih dipahami siswa
Teori ausubel mengatakan bahwa bahan subyek yang dipelajari siswa haruslah bermakna (meaning full) bukan menghafal (rote learning). Dengan praktek bagi siswa pelajaran lebih bermakna dan mudah dimengerti.

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Nama saya Ani Qomariyah (NIM 030692957) Saya mahasiswa UPBJJ-UT Bandar Lampung
Menurut pendapat saya vidio tersebut memiliki
– kelemahan : Guru dalam menyampaikan materi dengan bahasan cara membuat bel listrik kurang tepat jika menggunakan metode ceramah.
– Kelebihan : Guru segera menyadari bahwa siswanya merasa kesulitan dalam memahami cara membuat bel listrik dengan metode ceramah yang guru lakukan dan menggantinya dengan metode proyek.
Teori yang sesuai dengan metode ini salah satunya adalah Teori Belajar Konstruktivisme yang dikemukakan oleh John Dewey (konsep learning by doing) yakni proses perolehan hasil belajar dengan mengerjakan tindakan-tindakan tertentu sesuai dengan tujuannya.

1. Kekurangan guru tersebut adalah tidak memeberikan contoh ataupun aplikasi yang ada di sekitar, guru lang sung menugaskan siswa tanpa melalui proses praktik dan kelebihan pada sesi ke 2 guru telah memberikan solusi bahwa dengan menerangkan seklaigus melakukan praktik agar siswa paham dalam proses pembelajaran pembuatan bel listrik tersebut
2. Pernah, solusi yang di tempuh adalah mengajak siswa tersebut menonton video pemebelajaran dan mengunjungi bengkel praktikum
3. langkahnya dalah melakukan pembelajaran demonstrasi dengan sistem peragaan serta langsung menggunakan peraltan-peraltan praktik
4. a. Teori behavior Edwarlee thorndike (1874-1949) Merupakan proses stimulus dan respon
b. John watson (1878-1958) Kajianya tentang belajar disejajarkan dengan
ilmu-ilmu lain
5. Pembelajaran yang koopertif dengan kelompok kecil akan lebih memudahkan siswa untuk meahami pembelajaran
Pembelajaran dengan memeberikan kepercayaan kepada siswa yang lebih paham akan memberikan siswa lain yang tidak mengerti akan lebih mengerti di sebabkan kesaama emosional dan umur
Nama : Merith Susanti
NPM : 021174616
Jurusan : FKIP Pendidikan Biologi
UPBJJ-UT JAKARTA
Saya menganalisis Video Pembelajaran ini untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar) untuk Tugas SESI I.
Berikut adalah refleksi video “Siswa Kurang Semangat Mengikuti Pelajaran Teori (2010)”
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan Guru?
Pada awalnya reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan Guru terlihat sangat tidak semangat dan cenderung bosan akan cara dan metode mengajar Guru. Banyak siswa yang terlihat bingung dengan materi tentang Bel Listrik, mereka cenderung malas, tidak antusias, dan tidak semangat dalam mendengarkan materi pembelajaran.
2. Kelemahan yang terdapat dalam video?
Guru menggunakan model atau metode mengajar ceramah, dimana untuk materi Bel Listrik hal tersebut sangat tidak mendukung bagi siswa untuk dapat memahami dan mengerti akan materi pembelajaran tersebut. Guru juga tidak menggunakan alat bantu mengajar seperti misalnya Bel Listrik sungguhan. Seharusnya Guru menggunakan media atau alat pembelajaran yang mendukung dan Riil. Sehingga siswa dapat mudah memahami cara menggunakan dan cara membuat bel listrik sederhana. Jika memang tidak ada praktek yang dicontohkan oleh Gur secara langsung, mungkin Guru dapat menggunakan media video pembelajaran yang ditayangkan sebelum siswa melakukan kegiatan Praktek.
3. Kelebihan yang terdapat dalam video?
Kelebihan yang terdapat dalam video adalah Guru cepat menyadari bahwa model atau metode yang digunakan untuk menjelaskan kurang efektif. Sehingga Guru tersebut langsung menggunakan metode atau model proyek. Guru juga meminta bagi siswa yang lebih mengerti untuk membantu mencari solusi dan membantu teman lain yang belum paham.
4. Hal apa saja yang unik dalam video?
Guru memberikan kesempatan bagi siswa yang lebih paham untuk membantu siswa lainnya dalam proyek. Siswa diminta untuk dapat mengembangkan diri walaupun berada dalam kelompok, hal tersebut membuat tidak ada yang mayoritas mengerti dan minoritas mengerti. Siswa dalam kelompok turut bekerja aktif dalam pembelajaran.
5. Solusi yang ditawarkan ketika mendapatkan kelemahan dalam video?
Ssolusi yang dapat ditawarkan ketika mendapatkan kelemahan dalam video adalah
• Guru mampu menentukan model atau metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran
• Guru melakukan atau membuat rencana pembelajaran terlebih dahulu, agar tidak terkesan sepi sehingga hal tersebut dapat membuat siswa kurang antusias dan kurang bersemangat.
• Guru menggunakan media atau alat bantu pembelajaran yang sesuai yaitu dengan media video pembelajaran ataupun memberikan contoh terlebih dahulu sebelum praktek.
- Kelemahan : Guru tersebut bagi saya kurang dalam menjelaskan materinya dan kurang semangat jika dilihat dari nada atau suaranya ketika menjelaskan atau memberi pertanyaan kepada murid-muridnya,sehingga saya membayangkan jika saya berada di kelas itu dengan cara penjelasan seperti itu pasti sangat membosankan.
- Kelebihan : Guru tersebut langsung tanggap bahwa dengan cara menerangkan dengan materi saja para siswa tidak faham,sehingga guru tsb cepat mengganti metode belajarnya.Dengan praktek para siswa akan cepat faham daripada dengan materi atau metode ceramah.
- Saya sendiri pernah mengalami hal seperti itu,dan saya yakin semua guru pasti pernah mengalami hal tersebut.
- Teori yang sesuai dengan metode ini salah satunya adalah Teori Belajar Konstruktivisme yang dikemukakan oleh John Dewey (konsep learning by doing) yakni proses perolehan hasil belajar dengan mengerjakan tindakan-tindakan tertentu sesuai dengan tujuannya.Menurut Slavin (2009) pembelajaran kooperatif adalah metode atau model dimana siswa belajar bersama, saling menyumbangkan pikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar individu dan kelompok.
Saya menganalisis Video Pembelajaran ini untuk memenuhui Tugas Mata Kuliah PKM (Pemantaman Kemampuan Mengajar)
Instrumen refleksi sebagai berikut ;
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yg dilakukan oleh guru dalam Vidio Pembelajaran terkait materi “Siswa Kurang Semangat Dalam Mengikuti Pelajaran Teori (2010)” ini, pada awal pembelajaran yang menggunakan metode ceramah atau teori saja, siswa kurang antusias atau semangat dalam mengikuti pembelajaran, masih banyak siswa yang tidak fokus dalam pembelajaran seperti masih banyak siswa yang asik sendiri, masih ada yang lihat kanan kiri, Bahkan siswa terlihat bingung/tidak paham terhadap pembelajaran yang sedang dilaksanakan. Namun ketika guru mengganti metode pembelajaran dari yang tadinya hanya metode teori menjadi metode praktik, reaksi siswa lebih antusias, semangat dan tentunya siswa lebih fokus terhadap pembelajaran yang sedang dilakukan dimana guru bukan hanya mejelaskan atau menjadi sumber utama dalam pembelajaran, tetapi siswa juga menjadi sumber dalam pembelajaran tersebut dikarnakan dalam metode praktik diterapkannnya model pembelajaran diskusi yang dibagi dalam kelompok, sehingga siswa bisa berdiskusi dengan teman-temannya.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru secara keseluruhan dalam melakukan pembelajaran ketika menggunakan metode teori guru kurang menjelaskan secara nyata bagaimana rangkaian pembuatan bel listrik tersebut, dan media atau alat yang digunakan juga kurang tepat jika hanya menggunakan gambar pada kertas (seperti dalam video). dan Guru juga tidak membuat perencanaan yang matang dan metode yang sesuai dengan materi yang akan dibahas sehingga diawal video tersebut siswa nampak tidak fokus dan tidak paham dengan materi yang diajarkan di mana guru tidak terlihat menyampaikan tujuan pembelajaran dan hasil pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran dimana guru cepat menyadari bahwa siswa nya terlihat bingung dan tidak paham akan pembelajaran yang sedang dilakukan sehingga guru langsung mengganti teori menjadi praktik, mengajak siswa bekerja bersama-sama dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan suatu materi dan memberikan kepercayaan kepada siswa untuk mengerjakan teman sebaya yang tidak bisa merangkai bel listrik, yang mana membuat siswa lebih aktif dalam belajar dan tentunya bisa membuat siswa lebih paham tentang pembelajaran yang sedang dilaksanakan.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran yaitu saat guru menjelaskan materi menggunakan metode teori dimana alat yang digunakan kurang tepat, dan hal unik lainnya adalah ketika siswa bertanya tentang membuat bel listrik guru hanya menjawab dengan menginstruksika membeli dan merakit sendiri bel listrik tersebut, atau menyerahkan pembelajaran sepenuhnya pada siswa. Namun hal-hal unik dalam vidio pembelajaran tersebut menjadikan saya lebih paham dalam melaksanakan pembelajaran dimana dalam melaksanakan pembelajaran bukan hanya metode teori saja yang harus diterapkan tetapi juga harus dibarengi dengan metode praktik apa lagi pada pelajaran-pelajaran yang tidak hanya bisa dipahami lewat teori saja seperti pembelajaran membuat bel listril pada vidio tersebut.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang dapat diusulkan dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, dimana menurut paham saya guru harus lebih matang lagi dalam membuat perencaanaan pembelajaran, menggunakan alat/media yang lebih tepat seperti menganti gambar rangkaian listrik (seperti yg ada dividio) dengan tayangan ppt, atau media vidio, ataupun media-media alat-alat yang terkait dengan materi pembelajaran. Dan ketika melaksankan pembelajaran menggunakan metode praktik guru seharusnya menjelaskan dulu bagaimana merakit bel listrik dengan baik dan benar sehingga tidak ada murid yang tidak paham dan tentunya mengerti apa tujuan dari pembelajran tersebut dilaksankan.
Terimaksih. . .
KONSULTASI 082366666660 APOTEK KIMIA FARMA MENYEDIAKAN OBAT ABORSI PAKET TUNTAS MALANG, SURABAYA, JAKARTA, BANTEN, BANDUNG, SEMARANG, MAKASSAR, SAMARINDA, BOJONEGORO, PEKALONGAN.
Nama Produk : CYTOTEC MISOPROSTOL PFIZER
PRODUSEN : PFIZER AUSTRALIA
JENIS : PIL ORAL
DOSIS : TERGANTUNG USIA KANDUNGAN
CARA PEMAKAIAN : DI TELAN / ORAL
PEMESANAN : https://wa.me/6282366666660
PAKET OBAT ABORSI HARGA TUNTAS !!!
1. Usia 1 – 4 Minggu ( obat aborsi 1 bulan )
2. Usia 4 – 8 Minggu ( obat aborsi 2 bulan )
3. Usia 8 – 12 Minggu ( obat aborsi 3 bulan )
4. Usia 12 – 16 Minggu ( obat aborsi 4 bulan )
5. Usia 16 – 20 Minggu ( obat aborsi 5 bulan )
Obat Aborsi Asli yang membantu anda melakukan aborsi mandiri, aman, tanpa efek samping. Obat Aborsi Asli ini bernama Cytotec Misoprostol dengan reaksi aborsi yang cepat yaitu maksimal 2 jam langsung tuntas bersih. Tidak meninggalkan bekas luka, cukup diminum secara oral dan tidak menyebabkan kemandulan.
OBAT ABORSI ASLI AMAN BAGI PEMULA
TIDAK MENYEBABKAN EFEK SAMPING DAN GANGGUAN KESEHATAN
REAKSI CEPAT DAN TUNTAS
TERPERCAYA DAN BERSTANDART KUALITAS INTERNASIONAL
MUDAH DIGUNAKAN
BISA DI PAKAI OLEH SEGALA USIA
TINGKAT KEBERHASILAN 97% UNTUK USIA KANDUNGAN 1 BULAN HINGGA 6 BULAN
MENGGUGURKAN JANIN HINGGA BERSIH TANPA MENINGGALKAN RESIDU
HASIL ABORSI SEMPURNA MENGGUGURKAN KANDUNGAN
1. Kelebihan guru mencari solusi agar siswa lebih memahami materi yang diajarkan dengan mengganti teori menjadi praktek, mengajak siswa berkerja bersama sama dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan suatu materi, dan memberikan kepercayaan kepada siswa untuk mengajarkan teman sebaya yang tidak bisa merangkai bel listrik
Kekurangan guru tidak menjelaskan secara nyata bagaimana rangkaian pembuatan bel listrik tersebut.
2. Saya pernah mengalami menjelaskan tentang materi bentuk molekul, siswa tidak paham dengan teori, tetapi setelah diganti menggunakan molymod siswa lebih paham.
3. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu cara merangkai bel listrik secara tertulis
Kemudian saya akan mempraktekkan langkah langkah pembuatan bel listrik sebelum siswa merangkainya sehingga tidak ada siswa yang mengalami kesalahan
4. Teori sosial albert bandura mengatakan pembelajaran akan dapat berkesan dengan menggunakan pendekatan permodelan. Permodelan disini maksudnya ada objek belajar sehingga guru dapat mempraktekkan materi supaya lebih dipahami siswa
Teori ausubel mengatakan bahwa bahan subyek yang dipelajari siswa haruslah bermakna (meaning full) bukan menghafal (rote learning). Dengan praktek bagi siswa pelajaran lebih bermakna dan mudah dimengerti.
Nama : Diana Anjellina Eka Putri
NIM : 837387178
Dari video tersebut dapat diambil kesimpulan yaitu :
1. Guru sebelum memberikan contoh berupa gambaran seharusnya diberikan materi secara lisan dan tertulis terlebih dahulu agar siswa lebih paham dan mudah mengikuti proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru
2. Guru juga harus memadai fasilitas untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran
3. Guru seharusnya memberikan contoh dengan salah satu siswa didepan kelas dalam percobaan praktik yang akan dilakukan sehingga siswa dapat memahami terlebih dahulu sebelum bekerja sama dalam kelompok
4. Satu per satu siswa juga harus bisa mempraktikkan hasilnya agar tidak bergantung dengan kelompok