Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran.
Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran.
Ditulis oleh: Muchtar M NoorÂ
Siswa akan lebih tertarik jika pembelajaran matematika disajikan dengan alat peraga, termasuk pada materi pencerminan.
- Selain dari video di atas, apa yang saudara guru lakukan dalam menjelaskan konsep percerminan pada siswa SD?
- Pada zaman sekarang ini, media yang digunakan juga dapat berbasis digital. Inovasi pembelajaran yang bagaimana terkait penggunaan media berbasis digital dalam menjelaskan konsep pencerminan?


Saya sependapat dengan anda.karena siswa itu lebih menyukai melihat atau menonton video dari YouTube dari pada guru menggunakan metode ceramah.

Nama : Nova Widani
Siswa yang kurang mampu memahami konsep terbagi mnjadi 2 yaitu pertama dari siswa itu sendiri yang memiliki IQ rendah dan yang kedua dari guru nya yang kurang mampu menjelaskan kepada siswanya

Saya melihat video di atas guru tidak melakukan kegiatan pembukaan, dan juga melakukan apersepsi dan menyampaikan apa tujuan pembelajaran pembelajaran.
Guru juga tidak mengkondisikan siswa terlebih dahulu, sehingga siswa banyak yg bermain sendiri

Dalam video diatas guru tidak melakukan kegiatan pembukaan, dan juga melakukan apersepsi dan menyampaikan apa tujuan pembelajaran.guru juga tidak mengkondisikan siswa terlebih dahulu, supaya siswa fokus tentang apa yang akan dipelajari, sehingga masih ad siswa yang bermain sendiri.
Nama :Sri Devi Rahayu
NIM:836974569
Saya melihat video di atas guru tidak melakukan kegiatan pembukaan, dan juga melakukan apersepsi dan menyampaikan apa tujuan pembelajaran pembelajaran.
Guru juga tidak mengkondisikan siswa terlebih dahulu, sehingga siswa banyak yg bermain sendiri
Nama : WIRMA PUSPITASARI
Nim : 837725496
Setelah saya menyaksikan Vidio pembelajaran konsep pencerminan bangun dasar .
Menurut pendapat saya pada awal pembelajaran guru tidak melakukan media pembelajaran atau alat peraga yang tidak siswa dapat pahami .
Dan siswa yang kurang kemampuan nya dalam memahami konsep ini terbagi menjadi dua bagian. Yg pertama siswa rendah IQ yang rendah dan kedua guru tidak mampu menjelaskan konsep jadi sulit bagi siswa untuk memahami konsep nya .
NAMA : MEILIA ERITHAWATI
NIM : 836981912
pada vidio ini siswa kurang mendapat penjelasan dari guru terkait dengan pembahasan jarak.penjelasan yang di berikan guru kurang memperjelas makna pencerminan dan peragaan di atas meja kurang menunjukkan hasil pencerminan yang di peroleh.
di akhir kegiatan guru tidak memberikan informasi atau penekanan konsep yang tepat.
Nama : Agustina Maryani
Nim. : 837018801
Setelah Saya menyaksikan video ini,menurut pendapat saya,pada awal pembelajaran guru tidak melakukan apersepsi ,guru juga akan mengalami kesulitan dalam menjelaskan Konsep Pencerminan Bangun Datar kepada siswa,tanpa menggunakan Media Pembelajaran atau alat peraga.
Media pembelajaran atau alat peraga yang akan digunakan dapat merangsang/menstimulus siswa lebih aktif dalam pembelajaran.
Media yang digunakan dapat berupa bahan sederhana seperti video yang dishare melalui youtube.
Nama : Imroatul Musarofah
NIM : 856028503
Dari video yang telah saya saksiskan, dapat dilihat bahwa penyampaian konsep pencerminan bangun datar yang dilakukan guru sebenenrya sudah cukup bagus, hanya saja guru kurang bisa mengkondisikan kelas sehingga siswa terlihat tidak fokus dan kurang antusias dalam pembelajaran.
Guru membagikan siswa kedalam beberapa kelompok, tetapi tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan mempraktekan dengan teman sekelompoknya, guru terlalu mendominasi. mungkin dilain kesepatan, siswa dimint untuk membawa cermin untuk setiap kelompok, sehingga bisa lebih memahami konsep pencerminan bangun datar.
selain itu dalam pembelajaran tersebut, guru tidak menjelaskan konsep jarak pada bayangan.
Nama : Abdul Wahid
NIM : 859132198
Dalam menjelaskan Konsep pencerminan kepada siswa tentunya seorang guru akan mengalami kesulitan bila guru tersebut akan menjelaskan dengan hanya menggunaka metode ceramah saja tanpa menggunakan media. Disini peranan Media sangat berperan penting untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi da juga memudahkan para siswa agar lebih cepat mamahami materi yang telah disampaikan.
Di era digital sekarang ini banyak beragam cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi salah satunya melalui media Audio Video sosial sebagai media.