18

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Ditulis oleh: Rusdianto

halo semuanya bapak/ibu, setelah menyaksikan video seri pembelajaran matematika tersebut coaba sekarang

1. Harap Anda analisis kelebihan dan kekurangan yang guru tersebut terapkan kepada siswa SD dalam mengajarkan rumus matematika?

2. Menurut kalian, adakah cara menarik lain yang dapat dilakukan guru dalam mengajarkan rumus matematik kepada siswa SD agar mahasiswa tidak kesulitan dalam menghafal rumus matematika?

Answered question

Cara yang dilakukan guru tersebut sudah cukup bagus,Memang bernyanyi adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi masalah bingung bosan dan kesulitan dalam memahami pelajaran, jadi dengan bernyanyi mungkin siswa lebih tertarik dan lebih gampang untuk menerima dan menghapal pelajaran apa lagi rumus matematika yang banyak membuat anak bosan dan malas untuk menghapal.

Cara lain yang mungkin lebih dapat menarik perhatian siswa adalah dengan cara bermain game, karena dengan game mereka dapat merasa ceria tertawa sambil belajar,dan lebih menarik perhatian mereka terhadap materi tersebut.

Kekuranganya: tidak menguasai kelas itulah sebabnya kelas menjadi ribut.
Kelebihannya : menyampaikan materi dengan cara bernyanyi agar siswa lebih mengerti dari materi tersebut

Kekurangannya : tidak menguasai kelas sehingga mengakibatkan keributan didalam kelas
Kelebihannya : dapat menyampaikan materi dengan cara bernyanyi agar siswa lebih memahami materi tersebut

1. Kelebihan guru dalam video tersebut adalah guru tersebut mampu menciptakan lagu yang syairnya diubah menjadi rumus bangun datar. karena murid senang dengan lagu dan nadanya sudah sering mereka dengar nada burung Kaka tua jadi siswa lebih mudah untuk mnghafalnya. dan itu akan memudahkan siswa .
2.Kekurangan guru dalam video tersebut adalah guru belum bisa mengendalikan siswa didalam kelas. guru menyampaikan materi dengan asik sendiri dengan metode ceramah tanpa melihat kondisi siswa. kelas menjadi ribut tapi bukan soal materi tetapi ribut dengan kebisingannya masing-masing. guru juga tidak memberikan rangsangan atau stimulus terlebih dahulu, tiba-tiba guru langsung memberikan materi.
cara menarik lain ada, misalnya dengan alat peraga atau media pembelajaran yg ada di sekitar lingkungan sekolah atau dengan kartu rumus, bisa juga dengan game atau permainan yang menuntut siswa untuk berperan aktif dan menjawab dengan cepat serta mengeluarkan pendapat

Ingin mengetahui bagaimn cara membuat murid itu suka dengan pmbljran matematika .dan faham cara mengerjakannya