- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Assalamualaikum Wr.Wb. saya akan mencoba menanggapi persoalan pada video ini.
1. Kelebihan dan Kelemahan dalam video
a. Kelebihan dari video tersebut adalah menceritakan solusi yang diberikan pada siswa yang berontak yaitu: 1) guru mengajak bicara siswa dari hati-kehati, 2) Guru bersama dengan guru yang menangani kesiswaan untuk bersama memberikan penjelasan kepada siswa supaya mengikuti peraturan yang dibuat oleh sekolah, dan 3) Pihak sekolah melalui bidang kesiswaan untuk memberikan peringatan kepada siswa untuk mematuhi peraturan yang telah ditentukan pihak sekolah.
b. Kelemahan guru dalam video tersebut adalah sebagai berikur:
1) Setiap pelenggaran yang dilakukan oleh siswa selalu di serahkan kepada guru bimbingan konseling (BK).
2) Metode bimbingan pada saat memberikan nasehat kepada siswa yang cerdas tetapi melakukan pelanggaran peraturan di sekolah ada kelemahannya. Guru BK menghubungkan pelanggaran peraturan sekolah dalam hal ini siswa yang berambut gondrong dengan kecerdasan, sehingga siswa yang cerdas tersebut beranggapan bahwa pemanggilan atau nasehat guru BK tersebut tidak ada artinya bahkan dianggap biasa saja.
2. Saya pernah mengalami peristiwa semacam ini tetapi berbeda masalah. Masalahnya seorang siswa perempuan yang memakai perhiasan berlebihan. Pada saat saya keliling kelas saya melihat seorang siswa perempuan memakai gelang perhiasan berlebihan, yang menurut saya apabila siswa tersebut memakai perhiasan akan menarik perhatian siswa lain. Saya khawatir terjadi peristiwa yang tidak mengenakkan bagi siswa tersebut misalnya ada siswa yang nakal akan mengambil perhiasan, atau siswa perempuan lain merasa iri melihat siswa ada siswa yang memakai perhiasan berlebihan. Jadi intinya siswa perempuan yang memakai perhiasan berlebihan akan berdampak negatif bagi siswa lain.
3. Langkah-langkah untuk memperbaiki kelemahan pada video tersebut adalah sebagai berikut:
a. Pihak sekolah dalam hal ini guru-guru dan kepala sekolah, harus terlebih dahulu memahami karakteristik perkembangan yang terjadi pada siswa seusia SMP, dengan mengetahui perkembangan karakteristik siswa tersebut maka guru sudah mengetahui sedikit mengapa kebanyakan siswa SMP melakukan pemberontakan dan perbandingan.
b. Sebaiknya setiap kali ada pertemuan atau dalam upacara bendera kepala sekolah selalu mengingatkan dan menjelaskan hal-hal mengenai kebijakan sekolah yang harus di ketahui oleh seluruh siswa.
4. Teori atau pendapat pakar yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut adalah:
a. Teori Kognitivisme bahwa anak pada usia SMP sudah masuk dalam tahap operasional formal, jadi anak pada usia ini sudah dapat memahami dan mengerti dengan pembicaraan dengan menggunakan kalimat-kalimat atau kata-kata yang baik dan tidak kasar. Selain itu pada siswa SMP menurut teori kognitivisme bahwa anak SMP mengalami peralihan dari masa operasional konkret memasuki masa operasional formal. Dimana anak terkadang mengalami salah persepsi ketika menterjemahkan suatu definisi atau suatu literasi.
c. Teori Behaviorisme bahwa apabila ada siswa yang salah dalam berprilakunya di sekolah misalnya melakukan pelanggaran peraturan sekolah maka harus di beri hukuman supaya anak tersebut tidak mengulangi kembali prilakunya, begitu juga dengan anak yang berprilaku baik maka sebaiknya di berikan penguatan positif supaya anak tersebut selalu berprilaku baik.
Nama: HERELIUS NIUS, NIM: 530046269
Sebagai guru, kita tentu pernah berhadapan dengan siswa yang berontak. Dalam video tersebut digambarkan tentang sikap berontak siswa. Ada beberapa diantara mereka yang berpandangan bahwa tidak ada kaitan antara kecerdasan dengan prilaku tertentu, seperti masalah rambut dan kecerdasan yang dimilikinya. Mereka sering membenturkan logika dengan aturan-aturan sekolah. Kalau ini terjadi, maka selalu ada perdebatan yang tidak ada ujungnya. Solusinya adalah siswa diperlakukan pendekatan yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ini secara arif dan bijaksana. Siswa diberikan pengertian yang baik tentang pentingnya aturan dan juga logika “menghubungkan†yang siswa tersebut gunakan. Guru perlu menegaskan kepada siswa bahwa tidak perlu membenturkan logika dengan aturan disiplin di sekolah. Selalu ada alasan tidak baik untuk sesuatu yang benar. Terima kasih.
Bismillahirrahmanirrahim
Kejadian tersebut sering saya alami, kebetulan, saya juga pembina OSIS. Ada beberapa siswa yang mengaitkan rambut panjang dengan kecerdasa intelektual, bahkan ada siswa yang mengatakan bahwa guru yang berani memangkas rambut siswanya bisa dipenjara selama 10 tahun. Begitulah fenomena siswa kita sekarang, ini disebabkan salah satunya adalah penggunaan media sosial yang tidak terkontrol. Betapa bobroknya moral siswa kita, sehingga mereka dengan lantang mengatakan hal yang tidak sepantasnya diucapkan oleh seorang siswa SMP. Apa yang saya lakukan?
Saya memanggil siswa tersebut, dan mengajaknya berbicara dari hati ke hati. menanyakan alasan mengapa dia berbicara dan berasumsi demikian. biasanya anak yang seperti itu memiliki masalah di rumahnya. Saya menjelaskan, bahwa sekolah bukan hanya tentang nilai di kertas saja, tapi lebih daripada itu, pendidikan adalah untuk mendidik moral anak agar menjadi anak yang baik dan bertakwa, sesuai tujuan pendidikan kita. Kalau hanya ingin mencari nilai bagus, tidak harus sekolah, bisa mencari di google, semua pertanyaan ada jawabannya. TApi, tidak dengan moral, itulah fungsi dan tugas guru di sekolah. menjadikan anak tidak hanya berintelektual tinggi, tapi juga berakhlak mulia.
Jika cara pertama ini tidak berhasil, saya akan menyerahkan siswa tersebut kepada wali kelasnya. Kita tidak boleh bosan memberikan nasehat yangbaik kepada siswa, terutama siswa SMP, karena mereka sedang mencari jati diri, ingin menonjol di antara temannya, tanpa memikirkan positif atau negatifnya.
Video ini sangat menarik, karena memang masalah nyata yang dihadapi di sekolah. Terima Kasih.
Lia Masliah
530046735
Kelebihan pada video SIKAP BERONTAK
- Pendekatan guru step by step, Mulai dari pendekatan guru BK, selanjutnya guru Kesiswaan dan pemberian surat peringatan.
Tidak ada kelemahan dalam video diatas. Banyak saya temukan anak-anak berontak apalagi anak yang masuk masa puber. Dimana transisi dari masa anak-anak ke masa remaja. Dengan mulainya Pencarian jati diri, munculnya rasa ego dalam diri dan rasa ingin berbeda dengan yang lain sehingga ingin diakui keperbedaannya itu oleh teman-temannya.
Solusinya yaitu :
- Berikan pembiasaan yang positif terus menerus
- Berikan secara berkesinambungan pendidikan karakter
- Ajak siswa tersebut bicara dari hati kehati mengenai aturan yang harus dipatuhi
- Jelaskan tujuan mengenai aturan yang dibuat
- Jelaskan dampak positif jika siswa mengikuti aturan
- Jelaskan konsekuensi di sekolah kalau siswa tersebut tidak menaati aturan
- Guru perlu mencari akar masalah kenapa siswa melanggar aturan.
Nama   : SULISTIYANA
NIMÂ Â Â Â Â Â : 530049486
Assalamualaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh
Dari video diatas dapat saya cermati bahwa,
- Dalam video ini, diulas mengenai rambut siswa yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku disekolah. Tahapan aturan yang telah diberikan dari video tersebut sangat membantu bagi guru SMP dalam menyelesaikan masalah siswa yang suka melanggar atusan sekolah.
- Saya sangat setuju dengan adanya video ini, karena masalah dalam video ini sangat umum, tidak hanya bagi siswa SMP saja, siswa SD pun sangat banyak kejadian masalah seperti hal tersebut. Namun, yang menjadi kendala pada guru SD, di Sekolah Dasar tidak ada guru BK sebagai guru pembimbing kepribadian siswa.
- Saya juga setuju dengan tanggapan Guru Pintar Online, bahwa materi ini diletakan untuk umum jangan diletakan pada seri Pembelajaran Matematika SMP. Karena video ini mewakili kepribadian siswa, bukan sebuah masalah mata pelajaran di kelas.
- Namun, sebaiknya dalam penyelesaian masalah dalam video ini, harus diberi pemecahannya, karena jika hal terakhir dalam memberi Surat Peringatan, seperti pengalaman saya, siswa masih tetap memberontak, apalagi ada beberapa orang tua yang malah mendukung perilaku anaknya seperti itu.
- Sama hal nya yang tanggapan dari guru, saya juga sependapat bahwa di akhir penayangan sebaiknya dilihatkan siswa ybs telah menyadari kesalahannya. Karena dari pengalaman saya, tahapan tahapan penyelesaian siswa yang suka melanggar aturan sekolah, masih belum berhasil untuk dilaksanakan.
Wassalamualaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Jawab :
Kelebihan guru pada video tersebut adalah
- Cara guru memanggil siswa yang memiliki sikap berontak sudah sangat benar, karena memanggil dan meminta keterangan siswa tersebut didalam ruangan tertutup agar tidak diketahui oleh teman temannya
- Cara yang dilakukan guru dalam hal menanyakan kenapa siswa tersebut bersikap berontak juga sangat benar, guru menunjukkan sikap benar-benar memiliki perhatian yang sangat besar terhadap siswa yang memiliki sikap berontak.
- Secara bergantian guru memberikan pemahaman terhadap siswa tersebut, diharapkan bisa saja dengan guru yang berbeda dia akan lebih bersikap terbuka.
- Cara terakhir dengan memberikan surat peringatan kepada siswa tersebut
Kelemahan guru pada video tersebut saya tidak melihat adanya kelemahan guru pada video tersebut. Video tersebut sudah memberikan solusi yang sangat sesuai dengan aturan. Untuk tambahan solusi, guru boleh memanggil orang tua/wali jika siswa tersebut masih tetap tidak mengindahkan perkataan dan nasehat guru agar, hal ini bertujuan antara guru dan orang tua sama-sama saling memperhatikan anak tersebut segingga tidak akan terciptanya perilaku yang menyimpang.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Jawab :
Pernah, pengalaman saya, ketika ada beberapa orang siswa yang memiliki rambut gondrong. saya yang kebetulan Pembina osis selalu mengingatkan kepada seluruh siswa untuk memotong atau memangkas rambut yang gondrong alias panjang. Minggu pertama masih belum juga dipotong, hari berikutnya saya panggil siswa tersebut agar dapat berbicara dari hati ke hati, dengan beragam alasan yang diutarakan. Dia tidak akan menerima kalau rambutnya dipotong disekolah. dengan kesabaran para guru dan wali kelas dibantu dengan Pembina osis, akhirnya siswa tersebut mau berterus terang mengatakan bahwa ia tidak memiliki uang untuk memangkas rambutnya. Akhirnya saya berikan biaya untuk pangkas rambut dan saya ingin melihat rambut siswa tersebut rapi dan bersih.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Jawab :
Langkah-langkah yang dapat diambil adalah
- Menyadari dan menerima setiap tahap perkembangan anak
- Arahkah pada Hal Positif dan hindari bersikap negative didepannya
- Menjalin komunikasi yang intens
- Menjadi pendengar yang baik
- Menghargai remaja
- Bersikap terbuka pada dunia remaja
- Meminta pendapat atau berdiskusi
- Usap, pandang dan sapa serta tunjukkan sikap empati dan humoris
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Jawab :
- Menurut Preston Ni M.S.B.A., seorang profesor jurusan komunikasi dan sekaligus penulis buku How to Communicate Effectively and Handle Difficult People, remaja adalah pribadi yang unik dan kontradiktif. Di satu sisi, mereka merasa seakan tahu segalanya. Namun di sisi lain, remaja sebetulnya memiliki pengalaman yang terlalu sedikit untuk membuktikan kemandirian mereka.
- Conger (dalam Monks dkk, 1999) menyatakan bahwa remaja nakal mempunyai sifat memberontak, mendendam, curiga, implusif dan menunjukkan control batin yang kurang dan hal ini menudukung perkembangan konsep diri yang negative.
- Menurut Piaget tentang tahap perkembangan anak, Tahap Operasional Formal (usia 7 – 15 tahun) adalah pada tahap ini anak memiliki kemampuan abstraksi, pemikir operasional formal juga punya kemampuan untuk melakukan idealisasi dan membayangkan kemungkinan-kemungkinan. Pemikir idealis ini bisa menjadi fantasi atau khayalan. Banyak remaja tak sabar terhadap cita-cita mereka sendiri. Mereka juga tidak sabar menghadapi problem untuk mewujudkan cita-citanya itu. Egosentrisme juga muncul dalam masa remaja. Egosentrisme masa remaja (adolescent egocentrism) adalah kesadaran diri yang tinggi yang tercermin dalam keyakinan remaja bahwa orang lain tertarik pada dirinya sebagaimana dia tertarik pada dirinya sendiri. Egosentrisme remaja juga mencakup perasaan bahwa dirinya adalah unik atau berbeda dari orang lain
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Saya sangat setuju dengan pendapat lia masliah dan herika marlinda, herelius nius dalam mengatasi siswa yang bersikap berontak.
jika siswa dipanggil dan di bimbing oleh guru BK maka siswa tersebut akan lebih memberontak di sebabkan oleh semakin dilarang semakin rasa keinginan siswa melanggar aturan semakin tinggi
sebaiknya diberikan hukuman bagi yang melanggar aturan contohnya dari video tadi tono dengan rambut yang panjang bisa meminta temannya yang lain untuk memotong rambutnya, sedangkan guru memfasilitasi alat cukur, disini disamping tono sebagai model dia terkena hukum sosial oleh teman-teman, ia akan merasa malujika mempunyairambut panjang lagi bahkan jera
dan teman yang memotong atau guru bisa mempunyai kealian potong rambut