0
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

jika siswa dipanggil dan di bimbing oleh guru BK maka siswa tersebut akan lebih memberontak di sebabkan oleh semakin dilarang semakin rasa keinginan siswa melanggar aturan semakin tinggi
sebaiknya diberikan hukuman bagi yang melanggar aturan contohnya dari video tadi tono dengan rambut yang panjang bisa meminta temannya yang lain untuk memotong rambutnya, sedangkan guru memfasilitasi alat cukur, disini disamping tono sebagai model dia terkena hukum sosial oleh teman-teman, ia akan merasa malujika mempunyairambut panjang lagi bahkan jera
dan teman yang memotong atau guru bisa mempunyai kealian potong rambut

Assalamualaikum Wr.Wb. saya akan mencoba menanggapi persoalan pada video ini.
1. Kelebihan dan Kelemahan dalam video
a. Kelebihan dari video tersebut adalah menceritakan solusi yang diberikan pada siswa yang berontak yaitu: 1) guru mengajak bicara siswa dari hati-kehati, 2) Guru bersama dengan guru yang menangani kesiswaan untuk bersama memberikan penjelasan kepada siswa supaya mengikuti peraturan yang dibuat oleh sekolah, dan 3) Pihak sekolah melalui bidang kesiswaan untuk memberikan peringatan kepada siswa untuk mematuhi peraturan yang telah ditentukan pihak sekolah.
b. Kelemahan guru dalam video tersebut adalah sebagai berikur:
1) Setiap pelenggaran yang dilakukan oleh siswa selalu di serahkan kepada guru bimbingan konseling (BK).
2) Metode bimbingan pada saat memberikan nasehat kepada siswa yang cerdas tetapi melakukan pelanggaran peraturan di sekolah ada kelemahannya. Guru BK menghubungkan pelanggaran peraturan sekolah dalam hal ini siswa yang berambut gondrong dengan kecerdasan, sehingga siswa yang cerdas tersebut beranggapan bahwa pemanggilan atau nasehat guru BK tersebut tidak ada artinya bahkan dianggap biasa saja.
2. Saya pernah mengalami peristiwa semacam ini tetapi berbeda masalah. Masalahnya seorang siswa perempuan yang memakai perhiasan berlebihan. Pada saat saya keliling kelas saya melihat seorang siswa perempuan memakai gelang perhiasan berlebihan, yang menurut saya apabila siswa tersebut memakai perhiasan akan menarik perhatian siswa lain. Saya khawatir terjadi peristiwa yang tidak mengenakkan bagi siswa tersebut misalnya ada siswa yang nakal akan mengambil perhiasan, atau siswa perempuan lain merasa iri melihat siswa ada siswa yang memakai perhiasan berlebihan. Jadi intinya siswa perempuan yang memakai perhiasan berlebihan akan berdampak negatif bagi siswa lain.
3. Langkah-langkah untuk memperbaiki kelemahan pada video tersebut adalah sebagai berikut:
a. Pihak sekolah dalam hal ini guru-guru dan kepala sekolah, harus terlebih dahulu memahami karakteristik perkembangan yang terjadi pada siswa seusia SMP, dengan mengetahui perkembangan karakteristik siswa tersebut maka guru sudah mengetahui sedikit mengapa kebanyakan siswa SMP melakukan pemberontakan dan perbandingan.
b. Sebaiknya setiap kali ada pertemuan atau dalam upacara bendera kepala sekolah selalu mengingatkan dan menjelaskan hal-hal mengenai kebijakan sekolah yang harus di ketahui oleh seluruh siswa.
4. Teori atau pendapat pakar yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut adalah:
a. Teori Kognitivisme bahwa anak pada usia SMP sudah masuk dalam tahap operasional formal, jadi anak pada usia ini sudah dapat memahami dan mengerti dengan pembicaraan dengan menggunakan kalimat-kalimat atau kata-kata yang baik dan tidak kasar. Selain itu pada siswa SMP menurut teori kognitivisme bahwa anak SMP mengalami peralihan dari masa operasional konkret memasuki masa operasional formal. Dimana anak terkadang mengalami salah persepsi ketika menterjemahkan suatu definisi atau suatu literasi.
c. Teori Behaviorisme bahwa apabila ada siswa yang salah dalam berprilakunya di sekolah misalnya melakukan pelanggaran peraturan sekolah maka harus di beri hukuman supaya anak tersebut tidak mengulangi kembali prilakunya, begitu juga dengan anak yang berprilaku baik maka sebaiknya di berikan penguatan positif supaya anak tersebut selalu berprilaku baik.

1.Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Jawab

Menurut saya kelebihan video tersebut adalah guru tersebut memiliki kesabaran yang luas dimana guru tersebut mencoba merangkul siswa dengan menagajak siswa bicara dari hati ke hati (memberikan pengertian kepada siswa tersebut) tentang aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah yang harus dipatuhi oleh setiap siswanya.

Adapun kekurangan dari video tersebut yaitu guru seharusnya lebih menjelaskan tentang kedisiplan (tata tertib siswa) serta menjelaskan bahwa benar adanya penampilan tidak mempengaruhi kecerdasan yang dimiliki tetapi penampilan mempengaruhi pandangan orang terhadap sekolah maupun kepribadian anak. Guru juga harus menjelaskan bahwa penampilan yang baik pastinya akan mendapatkan kritikan yang baik (positif) dari masyarakat sedangkan penampilan yang tidak baik akan menuai hal yang tidak baik pula.

2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Jawab

Pernah. Disekolah kami ada seorang siswa yang memanjangkan rambutnya, berbeda dengan video diatas siswa disekolah kami juga merupakan siswa yang malas dalam artian sering bolos sekolah. Telah dilakukan berbagai cara dari kami pihak sekolah, mulai dari berbicara (memberikan) pengertian terhadap siswa tersebut, menanyakan alasan siswa tersebut memanjangkan rambutnya, sampai memberikan ongkos pangkas terhadap siswa tersebut tetapi sampai saat ini belum ada hasil yang diperoleh.

Pihak sekolah juga telah melakukan berbagai upaya, seperti memberikan surat panggilan terhadap wali murid namun wali murid tersebut tidak kunjung datang memenuhi panggilan. Akhirnya dengan kesepakatan dan saran kepala sekolah meminta wali kelas bersama dengan bagian kesiswaan untuk mengunjungi rumah siswa tersebut tetapi yang diperoleh oleh pihak sekolah malah tentang informasi bahwa siswa tersebut tidak pernah memberikan surat pemanggilan tersebut kepada orang tuanya. Wali kelas juga menjelaskan apa saja yang menjadi peraturan sekolah kepada orang tua murid dan meminta orang tua murid tersebut untuk membujuk anaknya, jika memang murid tersebut tetap tidak mematuhi peraturan sekolah maka dengan terpaksa pihak sekolah mengambil tindakan untuk mengeluarkan murid tersebut agar tidak berpengaruh kepada murid lainnya.

3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Jawab

Menurut saya pembelajaran yang dilakukan dalam video tersebut sudah sesuai, dimana pendidik telah memberikan pemahaman atau pengertian serta melakukan pendekatan terhadap siswa tersebut. yang menjadi tambahan menurut saya yaitu guru lain atau wali kelas juga bisa ikut memberikan pengertian terhadap pentingnya kedisiplinan terhadap siswa tersebut.

4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Jawab

Teori Kognitivisme bahwa anak pada usia SMP sudah masuk dalam tahap operasional formal, jadi anak pada usia ini sudah dapat memahami dan mengerti dengan pembicaraan dengan menggunakan kalimat-kalimat atau kata-kata yang baik dan tidak kasar. Selain itu pada siswa SMP menurut teori kognitivisme bahwa anak SMP mengalami peralihan dari masa operasional konkret memasuki masa operasional formal. Dimana anak terkadang mengalami salah persepsi ketika menterjemahkan suatu definisi atau suatu literasi.

Teori Behaviorisme bahwa apabila ada siswa yang salah dalam berprilakunya di sekolah misalnya melakukan pelanggaran peraturan sekolah maka harus di beri hukuman supaya anak tersebut tidak mengulangi kembali prilakunya, begitu juga dengan anak yang berprilaku baik maka sebaiknya di berikan penguatan positif supaya anak tersebut selalu berprilaku baik.

Sikap Berontak (2010)
1.85K views1 hour agoSeri Pembelajaran Pengelolaan Peserta Didik SMP
Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Sepridaman Ndruru Posted new comment 1 hour ago

saeful afendi commented April 28, 2020
jika siswa dipanggil dan di bimbing oleh guru BK maka siswa tersebut akan lebih memberontak di sebabkan oleh semakin dilarang semakin rasa keinginan siswa melanggar aturan semakin tinggi
sebaiknya diberikan hukuman bagi yang melanggar aturan contohnya dari video tadi tono dengan rambut yang panjang bisa meminta temannya yang lain untuk memotong rambutnya, sedangkan guru memfasilitasi alat cukur, disini disamping tono sebagai model dia terkena hukum sosial oleh teman-teman, ia akan merasa malujika mempunyairambut panjang lagi bahkan jera
dan teman yang memotong atau guru bisa mempunyai kealian potong rambut

Erlina Lina commented April 29, 2020
Assalamualaikum Wr.Wb. saya akan mencoba menanggapi persoalan pada video ini.
1. Kelebihan dan Kelemahan dalam video
a. Kelebihan dari video tersebut adalah menceritakan solusi yang diberikan pada siswa yang berontak yaitu: 1) guru mengajak bicara siswa dari hati-kehati, 2) Guru bersama dengan guru yang menangani kesiswaan untuk bersama memberikan penjelasan kepada siswa supaya mengikuti peraturan yang dibuat oleh sekolah, dan 3) Pihak sekolah melalui bidang kesiswaan untuk memberikan peringatan kepada siswa untuk mematuhi peraturan yang telah ditentukan pihak sekolah.
b. Kelemahan guru dalam video tersebut adalah sebagai berikur:
1) Setiap pelenggaran yang dilakukan oleh siswa selalu di serahkan kepada guru bimbingan konseling (BK).
2) Metode bimbingan pada saat memberikan nasehat kepada siswa yang cerdas tetapi melakukan pelanggaran peraturan di sekolah ada kelemahannya. Guru BK menghubungkan pelanggaran peraturan sekolah dalam hal ini siswa yang berambut gondrong dengan kecerdasan, sehingga siswa yang cerdas tersebut beranggapan bahwa pemanggilan atau nasehat guru BK tersebut tidak ada artinya bahkan dianggap biasa saja.
2. Saya pernah mengalami peristiwa semacam ini tetapi berbeda masalah. Masalahnya seorang siswa perempuan yang memakai perhiasan berlebihan. Pada saat saya keliling kelas saya melihat seorang siswa perempuan memakai gelang perhiasan berlebihan, yang menurut saya apabila siswa tersebut memakai perhiasan akan menarik perhatian siswa lain. Saya khawatir terjadi peristiwa yang tidak mengenakkan bagi siswa tersebut misalnya ada siswa yang nakal akan mengambil perhiasan, atau siswa perempuan lain merasa iri melihat siswa ada siswa yang memakai perhiasan berlebihan. Jadi intinya siswa perempuan yang memakai perhiasan berlebihan akan berdampak negatif bagi siswa lain.
3. Langkah-langkah untuk memperbaiki kelemahan pada video tersebut adalah sebagai berikut:
a. Pihak sekolah dalam hal ini guru-guru dan kepala sekolah, harus terlebih dahulu memahami karakteristik perkembangan yang terjadi pada siswa seusia SMP, dengan mengetahui perkembangan karakteristik siswa tersebut maka guru sudah mengetahui sedikit mengapa kebanyakan siswa SMP melakukan pemberontakan dan perbandingan.
b. Sebaiknya setiap kali ada pertemuan atau dalam upacara bendera kepala sekolah selalu mengingatkan dan menjelaskan hal-hal mengenai kebijakan sekolah yang harus di ketahui oleh seluruh siswa.
4. Teori atau pendapat pakar yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut adalah:
a. Teori Kognitivisme bahwa anak pada usia SMP sudah masuk dalam tahap operasional formal, jadi anak pada usia ini sudah dapat memahami dan mengerti dengan pembicaraan dengan menggunakan kalimat-kalimat atau kata-kata yang baik dan tidak kasar. Selain itu pada siswa SMP menurut teori kognitivisme bahwa anak SMP mengalami peralihan dari masa operasional konkret memasuki masa operasional formal. Dimana anak terkadang mengalami salah persepsi ketika menterjemahkan suatu definisi atau suatu literasi.
c. Teori Behaviorisme bahwa apabila ada siswa yang salah dalam berprilakunya di sekolah misalnya melakukan pelanggaran peraturan sekolah maka harus di beri hukuman supaya anak tersebut tidak mengulangi kembali prilakunya, begitu juga dengan anak yang berprilaku baik maka sebaiknya di berikan penguatan positif supaya anak tersebut selalu berprilaku baik.

Sepridaman Ndruru commented 1 hour ago
1.Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Jawab

Menurut saya kelebihan video tersebut adalah guru tersebut memiliki kesabaran yang luas dimana guru tersebut mencoba merangkul siswa dengan menagajak siswa bicara dari hati ke hati (memberikan pengertian kepada siswa tersebut) tentang aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah yang harus dipatuhi oleh setiap siswanya.

Adapun kekurangan dari video tersebut yaitu guru seharusnya lebih menjelaskan tentang kedisiplan (tata tertib siswa) serta menjelaskan bahwa benar adanya penampilan tidak mempengaruhi kecerdasan yang dimiliki tetapi penampilan mempengaruhi pandangan orang terhadap sekolah maupun kepribadian anak. Guru juga harus menjelaskan bahwa penampilan yang baik pastinya akan mendapatkan kritikan yang baik (positif) dari masyarakat sedangkan penampilan yang tidak baik akan menuai hal yang tidak baik pula.

2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Jawab

Pernah. Disekolah kami ada seorang siswa yang memanjangkan rambutnya, berbeda dengan video diatas siswa disekolah kami juga merupakan siswa yang malas dalam artian sering bolos sekolah. Telah dilakukan berbagai cara dari kami pihak sekolah, mulai dari berbicara (memberikan) pengertian terhadap siswa tersebut, menanyakan alasan siswa tersebut memanjangkan rambutnya, sampai memberikan ongkos pangkas terhadap siswa tersebut tetapi sampai saat ini belum ada hasil yang diperoleh.

Pihak sekolah juga telah melakukan berbagai upaya, seperti memberikan surat panggilan terhadap wali murid namun wali murid tersebut tidak kunjung datang memenuhi panggilan. Akhirnya dengan kesepakatan dan saran kepala sekolah meminta wali kelas bersama dengan bagian kesiswaan untuk mengunjungi rumah siswa tersebut tetapi yang diperoleh oleh pihak sekolah malah tentang informasi bahwa siswa tersebut tidak pernah memberikan surat pemanggilan tersebut kepada orang tuanya. Wali kelas juga menjelaskan apa saja yang menjadi peraturan sekolah kepada orang tua murid dan meminta orang tua murid tersebut untuk membujuk anaknya, jika memang murid tersebut tetap tidak mematuhi peraturan sekolah maka dengan terpaksa pihak sekolah mengambil tindakan untuk mengeluarkan murid tersebut agar tidak berpengaruh kepada murid lainnya.

3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Jawab

Menurut saya pembelajaran yang dilakukan dalam video tersebut sudah sesuai, dimana pendidik telah memberikan pemahaman atau pengertian serta melakukan pendekatan terhadap siswa tersebut. yang menjadi tambahan menurut saya yaitu guru lain atau wali kelas juga bisa ikut memberikan pengertian terhadap pentingnya kedisiplinan terhadap siswa tersebut.

4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Jawab

Teori Kognitivisme bahwa anak pada usia SMP sudah masuk dalam tahap operasional formal, jadi anak pada usia ini sudah dapat memahami dan mengerti dengan pembicaraan dengan menggunakan kalimat-kalimat atau kata-kata yang baik dan tidak kasar. Selain itu pada siswa SMP menurut teori kognitivisme bahwa anak SMP mengalami peralihan dari masa operasional konkret memasuki masa operasional formal. Dimana anak terkadang mengalami salah persepsi ketika menterjemahkan suatu definisi atau suatu literasi.

1.Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Jawab

Menurut saya kelebihan video tersebut adalah guru tersebut memiliki kesabaran yang luas dimana guru tersebut mencoba merangkul siswa dengan menagajak siswa bicara dari hati ke hati (memberikan pengertian kepada siswa tersebut) tentang aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah yang harus dipatuhi oleh setiap siswanya.

Adapun kekurangan dari video tersebut yaitu guru seharusnya lebih menjelaskan tentang kedisiplan (tata tertib siswa) serta menjelaskan bahwa benar adanya penampilan tidak mempengaruhi kecerdasan yang dimiliki tetapi penampilan mempengaruhi pandangan orang terhadap sekolah maupun kepribadian anak. Guru juga harus menjelaskan bahwa penampilan yang baik pastinya akan mendapatkan kritikan yang baik (positif) dari masyarakat sedangkan penampilan yang tidak baik akan menuai hal yang tidak baik pula.

2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Jawab

Pernah. Disekolah kami ada seorang siswa yang memanjangkan rambutnya, berbeda dengan video diatas siswa disekolah kami juga merupakan siswa yang malas dalam artian sering bolos sekolah. Telah dilakukan berbagai cara dari kami pihak sekolah, mulai dari berbicara (memberikan) pengertian terhadap siswa tersebut, menanyakan alasan siswa tersebut memanjangkan rambutnya, sampai memberikan ongkos pangkas terhadap siswa tersebut tetapi sampai saat ini belum ada hasil yang diperoleh.

Pihak sekolah juga telah melakukan berbagai upaya, seperti memberikan surat panggilan terhadap wali murid namun wali murid tersebut tidak kunjung datang memenuhi panggilan. Akhirnya dengan kesepakatan dan saran kepala sekolah meminta wali kelas bersama dengan bagian kesiswaan untuk mengunjungi rumah siswa tersebut tetapi yang diperoleh oleh pihak sekolah malah tentang informasi bahwa siswa tersebut tidak pernah memberikan surat pemanggilan tersebut kepada orang tuanya. Wali kelas juga menjelaskan apa saja yang menjadi peraturan sekolah kepada orang tua murid dan meminta orang tua murid tersebut untuk membujuk anaknya, jika memang murid tersebut tetap tidak mematuhi peraturan sekolah maka dengan terpaksa pihak sekolah mengambil tindakan untuk mengeluarkan murid tersebut agar tidak berpengaruh kepada murid lainnya.

3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Jawab

Menurut saya pembelajaran yang dilakukan dalam video tersebut sudah sesuai, dimana pendidik telah memberikan pemahaman atau pengertian serta melakukan pendekatan terhadap siswa tersebut. yang menjadi tambahan menurut saya yaitu guru lain atau wali kelas juga bisa ikut memberikan pengertian terhadap pentingnya kedisiplinan terhadap siswa tersebut.

4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Jawab

Teori Kognitivisme bahwa anak pada usia SMP sudah masuk dalam tahap operasional formal, jadi anak pada usia ini sudah dapat memahami dan mengerti dengan pembicaraan dengan menggunakan kalimat-kalimat atau kata-kata yang baik dan tidak kasar. Selain itu pada siswa SMP menurut teori kognitivisme bahwa anak SMP mengalami peralihan dari masa operasional konkret memasuki masa operasional formal. Dimana anak terkadang mengalami salah persepsi ketika menterjemahkan suatu definisi atau suatu literasi.

Teori Behaviorisme bahwa apabila ada siswa yang salah dalam berprilakunya di sekolah misalnya melakukan pelanggaran peraturan sekolah maka harus di beri hukuman supaya anak tersebut tidak mengulangi kembali prilakunya, begitu juga dengan anak yang berprilaku baik maka sebaiknya di berikan penguatan positif supaya anak tersebut selalu berprilaku baik.