3

Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik.

Ditulis oleh: Vera Maya Santi, M.Si

haloo semuanya…

setelah bapak ibu menonton video tersebut, coba sekarang jelaskan kapan alat peraga sicopot menghadap ke arah positif dan kapan dia menghadap ke arah negatif.

selanjutnya coba bapak ibu uraikan media apa yang tepat untuk menanamkan konsep pengurangan bilangan bulat selain dengan menggunakan media si copot.

Posted new comment

Nama: ista srofaha khoiriah
Nim: 836146043
pembelajaran menggunakan alat peraga si cepot , sangat cocok di praktikkan dalam pembelajaran di kelas.
Dan dengan penggunaan alat peraga tokoh si cepot, dalam materi penghitungan bilangan bulat menjadikan siswa semangat dan antusias dalam belajar.

Apabila bilangan pengurangannya positif, maka si cepot akan menghadap ke arah positif.
Dan apabila bilangam penguranganya negatif, maka si cepot akan menghadap ke arah negatif.

CONTOH:
-3+5=
pada sebuah garis bilangan bulat , di mulai dari bilangan 0, buat panah kearah bilangan -3, lalu buat garis tanda panah kearah kanan(positif) sejauh 5 satuan , sehingga jatuh pada bilangan 2, maka -3+5=2 .

Nama : Anti Dwi Fitriana
NIM : 836127717

Dengan adanya pembelajaran menggunakan media si cepot belajar matematika lebih menyenangkan karena bentuknya yang unik sehingga semua siswa tertarik untuk memperhatikan dan ikut berpartisipasi, suasana kelaspun menjadi lebih hidup.

Jika bilangannya bernilai positif maka si cepot menghadap ke arah positif, sebaliknya jika bilangannya bernilai negatif maka si cepot menghadap ke arah negatif

Selain dengan media si cepot media lain yang tepat untuk menanamkan konsep pengurangan bilangan bulat adalah dengan menggunakan garis bilangan atau kartu positif negatif

Nama : Ahmad Syarif Hidayatullah
NIM : 836146193

muka cepot menghadap kekanan jika bilangan pengurangnya positif
muka cepot menghadap kekiri jika bilangan pengurangnya negatif

media lain yang dapat di gunakan dengan melibatkan beberapa siswa misal 9 siswa maju kedepan dengan memegang selembar kertas masing-masing, siswa yang paling tengah bertuliskan bilangan 0
kekanan dari 0 kertas siswa bertuliskan bilangan 1, 2, 3,4
kekiri dari 0 kertas siswa bertuliskan bilangan -1, -2, -3, -4
dengan melibatkan beberapa siswa,siswa lebih banyak yang berinteraksi

Nama : susilowati
NIM : 858897087

>>>Jika bilangannya bernilai positif maka si cepot menghadap ke arah positif atau kekanan

>>>sebaliknya jika bilangannya bernilai negatif maka si cepot menghadap ke arah negatif

Selain dengan media si cepot media lain yang tepat untuk menanamkan konsep penyimpanan bilangan bulat dengan menggunakan media Lidi.

Contoh :
-5+2=…???
Ambil Lidi yg sudah dipotong Kira-kira panjangnya 5cm letakkan disebelah kiri sebanyak 5 dan ambil lagi Lidi sebanyak 2 disebelah kanan. Maka hasilnya adalah kurang 3 atau – 3

NAMA : NURHIKMA HASANUDDIN
NIM : 838106091
POKJAR : WONOMULYO
UPBJJ-UT : MAJENE

1. Pemilihan metode yang tepat membuat suasana kelas menyenangkan, yang menariknya ketika siswa melihat alat peraga balok baris garis bilangan dan si cepot seketika rasa ngantuk menghilang dan siswa terfokus pada pemanfaatan garis bilangan tersebut.
Muka si cepot menghadap ke kanan jika bilangan pengurangan nya positif
Muka si cepot menghadap ke kiri jika bilangan pengurangannya negatif.
Namun sayang, guru hanya sedikit melibatkan siswa misal siswa bisa disuruh maju ke depan sebanyak 5 orang di situ siswa bisa langsung mempergakan sicepot sambil berdiskusi dengan temannya.
Media lain yang dapat digunakan dengan melibatkan beberapa siswa. Misalnya 9 siswa maju kedepan dengan memegang kertas masing-masing. Siswa paling tengah bertuliskan angka 0,
Kekanan dari 0 kertas siswa bertuliskan bilangan 1, 2, 3, 4
Kekiri dari 0, kertas siswa bertuliskan -1, -2, -3, -4.
Dengan melibatkan beberapa siswa, siswa lebih banyak berinteraksi.