Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik.
Ditulis oleh: Vera Maya Santi, M.Si
haloo semuanya…
setelah bapak ibu menonton video tersebut, coba sekarang jelaskan kapan alat peraga sicopot menghadap ke arah positif dan kapan dia menghadap ke arah negatif.
selanjutnya coba bapak ibu uraikan media apa yang tepat untuk menanamkan konsep pengurangan bilangan bulat selain dengan menggunakan media si copot.


Nama : Anti Dwi Fitriana
NIM : 836127717
Dengan adanya pembelajaran menggunakan media si cepot belajar matematika lebih menyenangkan karena bentuknya yang unik sehingga semua siswa tertarik untuk memperhatikan dan ikut berpartisipasi, suasana kelaspun menjadi lebih hidup.
Jika bilangannya bernilai positif maka si cepot menghadap ke arah positif, sebaliknya jika bilangannya bernilai negatif maka si cepot menghadap ke arah negatif
Selain dengan media si cepot media lain yang tepat untuk menanamkan konsep pengurangan bilangan bulat adalah dengan menggunakan garis bilangan atau kartu positif negatif

Nama : Ahmad Syarif Hidayatullah
NIM : 836146193
muka cepot menghadap kekanan jika bilangan pengurangnya positif
muka cepot menghadap kekiri jika bilangan pengurangnya negatif
media lain yang dapat di gunakan dengan melibatkan beberapa siswa misal 9 siswa maju kedepan dengan memegang selembar kertas masing-masing, siswa yang paling tengah bertuliskan bilangan 0
kekanan dari 0 kertas siswa bertuliskan bilangan 1, 2, 3,4
kekiri dari 0 kertas siswa bertuliskan bilangan -1, -2, -3, -4
dengan melibatkan beberapa siswa,siswa lebih banyak yang berinteraksi

Nama : susilowati
NIM : 858897087
>>>Jika bilangannya bernilai positif maka si cepot menghadap ke arah positif atau kekanan
>>>sebaliknya jika bilangannya bernilai negatif maka si cepot menghadap ke arah negatif
Selain dengan media si cepot media lain yang tepat untuk menanamkan konsep penyimpanan bilangan bulat dengan menggunakan media Lidi.
Contoh :
-5+2=…???
Ambil Lidi yg sudah dipotong Kira-kira panjangnya 5cm letakkan disebelah kiri sebanyak 5 dan ambil lagi Lidi sebanyak 2 disebelah kanan. Maka hasilnya adalah kurang 3 atau – 3

NAMA : NURHIKMA HASANUDDIN
NIM : 838106091
POKJAR : WONOMULYO
UPBJJ-UT : MAJENE
1. Pemilihan metode yang tepat membuat suasana kelas menyenangkan, yang menariknya ketika siswa melihat alat peraga balok baris garis bilangan dan si cepot seketika rasa ngantuk menghilang dan siswa terfokus pada pemanfaatan garis bilangan tersebut.
Muka si cepot menghadap ke kanan jika bilangan pengurangan nya positif
Muka si cepot menghadap ke kiri jika bilangan pengurangannya negatif.
Namun sayang, guru hanya sedikit melibatkan siswa misal siswa bisa disuruh maju ke depan sebanyak 5 orang di situ siswa bisa langsung mempergakan sicepot sambil berdiskusi dengan temannya.
Media lain yang dapat digunakan dengan melibatkan beberapa siswa. Misalnya 9 siswa maju kedepan dengan memegang kertas masing-masing. Siswa paling tengah bertuliskan angka 0,
Kekanan dari 0 kertas siswa bertuliskan bilangan 1, 2, 3, 4
Kekiri dari 0, kertas siswa bertuliskan -1, -2, -3, -4.
Dengan melibatkan beberapa siswa, siswa lebih banyak berinteraksi.
Penggunaan media si cepot pada pengurangan bilangan bulat menjadikan peserta didik tertarik mengikuti pembelajaran sehingga memudahkan peserta didik mengerti. Apabila angka bilangan positif si cepot melangkah ke positif dan bila angka bilangan negatif si cepot mundur ke negatif.
Selain menggunakan media si cepot dapat juga dengan media kartu bilangan yang terdiri 2 warna yang berbeda. Warna merah untuk kartu bilangan positif dan warna kuning untuk kartu bilangan negatif.
Nama : Shinta Nur Utami
Nim : 836565916
Pokjar: kemangkon
Menurut saya pembelajaran seperti vidio diatas sangat cocok untuk digunakan karena dg sperti itu selain menarik perhatian siswa, hal tersebut juga akan sangat membantu siswa dalam memahami materi tersebut
Jika bilangannya bernilai positif maka si cepot menghadap ke arah positif, sebaliknya jika bilangannya bernilai negatif maka si cepot menghadap ke arah negatif.
Selain menggunakan si cepot, guru juga bisa mneggunkan lantai ubin sebagai media, sehingga siswa terlibat langsung
Nama : Cicih Sukaysi
NIM : 858726993
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Mojokerto
Setelah melihat tayangan video “Si Cepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat” menurut saya manfaat dari penggunaan media dalam proses pembelajaran sangat dapat dirasakan; dalam video ini media yang digunakan adalah balok garis bilangan dengan boneka cepot sebagai wayangnya (penunjuk bilangan dan arah). Penggunaan media tersebut dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat meningkatkan antusiasme dan juga daya ingat siswa dalam pemahamannya terhadap materi bilangan bulat. Terlebih lagi dengan adanya siswa yang mempraktikkan langsung penggunaan medianya, pengalaman langsung yang dialami siswa dalam menggunakan media belajar tentu akan membuat proses belajar menjadi lebih bermakna dan akan diingat dalam waktu yang lebih lama.
Alat peraga si cepot menghadap ke arah positif jika bilangan yang ditunjukkan adalah bilangan bulat positif, misalnya bilangan 3; seperti pada video, soal yang diperagakan siswa.
Alat peraga si cepot menghadap ke arah negatif jika bilangan yang ditunjukkan adalah bilangan bulat negatif, misalnya bilangan -5; seperti pada video, soal yang diperagakan siswa.
Selain menggunakan media si cepot untuk menanamkan konsep pengurangan bilangan bulat, dapat juga media manik-manik yang dirangkai dengan tali membentuk garis bilangan. Manik-manik terdiri dari 2 warna yang berbeda, 1 warna untuk bilangan positif dan 1 warna lain untuk bilangan bulat negatif. Penggunaan media rangkaian manik-manik kecil memungkinkan menghitung operasi bilangan bulat dengan bilangan yang lebih besar dan juga lebih mudah didapat dan dibuat sendiri oleh siswa.
Ilustrasi rangkaian manik-manik:
Keterangan : manik merah untuk bilangan negatif dan hitam untuk bilangan positif.
Nama : Elsa Prasetia Agustin
NIM : 856582125
UPBJJ : Jambi
Setelah menonton tayangan video tersebut, cara-cara yang diperagakan guru membuat siswa lebih mudah memahami konsep pengurangan pada bilangan bulat, sehingga siswa dapat membuktikan konsep tersebut melalui garis bilangan dengan benar. Pembelajaran menggunakan media si cepot sangatlah tepat karena belajar matematika jadi lebih efektif dan siswa pun lebih tertarik karena unik dan lucu sehingga siswa tertarik untuk belajar dan lebih memperhatikan dalam kegiatan belajar sampai selesai.
Jika bilangannnya bernilai positif maka sicepot harus menghadap ke kanan (positif), jika bilangannya bernilai negatif maka sicepot harus menghadap ke kiri (negatif).
Suasana kelas jadi lebih hidup dan aktif.
Nama = Elok Sri Wahyuni
NIM = 858730083
Pokjar = Ponorogo
Bila bilangan pengurangnya adalah positif maka kepala si cepot menghadap ke arah bilangan positif, namun bila pengurangnya adalah bilangan negatif maka kepala si cepot akan menghadap kearah bilangan negatif.
Untuk mengenalkan garis bilangan tentu bisa juga menggunakan media yang tersedia di lingkungan kita. Misalnya mengenalkan garis bilangan dengan media ubin. Terlebih dahulu kita harus menandai ubin dari titik 0, kemudian bilangan positif dan bilangan negatif.
Anak akan bermain lempar tangkap bola sambil musik dibunyikan. Ketika musik berhenti maka anak yang memegang bola akan mendapat kesempatan untuk mempraktikkan operasi penjumlahan atau pengurangan.
Mula² anak akan berdiri di titik 0. Guru akan mengucapkan soal atau memberikan secuil kertas yang berisi 1 buah soal. Misalkan 5+4. Anak akan menghadap ke bilangan poditif kemudian melompat dari titik 0 ke bilangan 5, karena dijumlah maka anak akan tetap menghadap ke depan dan melompat lagi sebayak 4 ubin. Jadi anak akan berhenti di ubin bilangan 9.
Sekian terima kasih
Nama: ista srofaha khoiriah
Nim: 836146043
pembelajaran menggunakan alat peraga si cepot , sangat cocok di praktikkan dalam pembelajaran di kelas.
Dan dengan penggunaan alat peraga tokoh si cepot, dalam materi penghitungan bilangan bulat menjadikan siswa semangat dan antusias dalam belajar.
Apabila bilangan pengurangannya positif, maka si cepot akan menghadap ke arah positif.
Dan apabila bilangam penguranganya negatif, maka si cepot akan menghadap ke arah negatif.
CONTOH:
-3+5=
pada sebuah garis bilangan bulat , di mulai dari bilangan 0, buat panah kearah bilangan -3, lalu buat garis tanda panah kearah kanan(positif) sejauh 5 satuan , sehingga jatuh pada bilangan 2, maka -3+5=2 .