- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah :
Dalam menghadapi siswa yang suka mengejek pendapat teman, guru menggunakan strategi yang tepat untuk menghadapi tingkah laku siswa tersebut. Guru langsung menegur dan memberi pemahaman kalau yang dilakukan siswa tersebut adalah hal yang tidak baik. Dalam hal ini guru memberikan contoh, apabila hal itu terjadi bagi siswa tersebut, maka bagaimana perasaannya? sehingga hal itu tidak terulang bagi teman-temannya yang lain.
Kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah :
Dalam pembelajaran, guru kurang memahami karakteristik siswanya, sehingga terjadi kenalakan salah satu siswa di dalam kelas. Guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa bosan dan kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Siswa seperti ini tidak betah dalam kelas jika mereka hanya mendengar penjelasan dari guru, sehingga timbul kegaduhan dalam kelas.
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda
Ya, saya pernah mengalami peristiwa semacam ini, apalagi saya sebagai guru kelas yang mengajarkan beberapa mata pelajaran yang di dalamnya tercakup mata pelajaran yang kurang disukai siswa yaitu matematika. Tetapi bagi seorang guru, mengenal tahapan perkembangan anak, secara komprehensif sangat membantu saya menemukan solusi atas tindakan-tindakan siswa di dalam kelas yang mengganggu proses pembelajaran. Salah satunya dengan mengenal karakter siswa yang nakal itu, maka saya dapat menggunakan strategi yang sesuai dengan karakter siswa dalam memberikan materi yang saya ajarkan dikelas, sehingga situasi kenakalan siswa tidak terjadi lagi.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah-langkah yang akan saya lakukan untuk memperbaiki kelemahan dalam video tersebut adalah :
- Dalam pembelajaran, guru secara seksama berkomunikasi dan beriteraksi dengan peserta didik dengan baik sehingga proses embelajaran berjalan dengan baik.
- Guru harus mengenal karakteristik setiap peserta didik, baik dalam hal sikap, tingkah laku, maupun tutur katanya.
- Dalam melakukan pembelajaran, guru harus menentukan strategi yang tepat sehingga membuat pembelajaran berjalan efektif dan menyenangkan.
- Guru harus menjadi mediator dan konselor dalam pembelajaran.
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah tersebut!
- Menurut Reigeluth (1983), mengatakan sebagai seorang ilmuan pembelajaran, secara tegas menempatkan karakteristik siswa sebagai satu variabel yang paling berpengaruh dalam pengembangan strategi pengelolaan pembelajaran
- Menurut Kemp dalam Wina Sanjaya (2008), mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Demikian jawaban saya, Terima Kasih.
siswa pada tingkat SMP tingkat emosionalnya yang masih labil perlu perhatian yang khusus oleh guru, mengapa demikian karena mengejek teman atau yang sekarang bisa disebut dengan bullying kerap terjadi pada siswa baik di tingkat SD, SMP, SMA maupun diperguruan tinggi. Bulliying harus secepatnya diatasi karena berdampak buruk bagi siswa salah satunya adalah kurangnya kepercayaan dirinya. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah memberikan pemahaman pada siswa kepada seluruh siswa bahwa bulliying berdampak tidak baik, mengajak siswa yang melakukan bulliying untuk berdialog dari hati ke hati dan diberi pemahaman. Setelah diberi pemahaman siswa tersebut harus menjadi pusat perhatian guru dan dipantau apakah sudah berubah dan tidak melakukan hal tersebut kembali. Apabila masih tidak ada perubahan dengan kembali sering mengejek maka guru memberikan tindakan dengan memberi pertanyaan dengan tingkat kesukaran yang tinggi sekiranya siswa tersebut tidak bisa menjawabnya sehingga siswa tersebut dapat menempatkan diri dengan situasi temannya yang biasa diejek oleh siswa tersebut. Bisa juga teguran dilakukan di hadapan siswa yang lain berguna sebagai shock terapi dan bisa dijadikan pemahaman siswa yang lain agar tidak melakukan hal yang serupa.
Dari proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru tersebut menggunakan media flip chart yang bisa dikatakn alat peraga sederhana sehingga terlihat antusiasme siswa dalam pembelajaran tersebut. Banyak yang bisa kami pelajari dari video tersebut, guru menciptakan suasana pembelajaran yang hangat sehingga siswa merasa nyaman dalam melaksanakan proses pembelajaran, hal itu terlihat dengan menanyakan keadaan siswa pada sesi awal pembelajaran. Guru menjelasakan tujuan pembelajaran itu memang harus diterapkan guna menyamakan persepsi antara guru dan siswa agar fokus pembelajaran, guru memfasilitasi siswa dengan memberikan pertanyaan terbuka sehingga memunculkan sikap kritis pada siswa, itu baik bagi siswa itu sendiri. Dalam video tersebut dijelaskan apabila guru mengalami kesulitan memakai alat audio visual maka bisa di ganti dengan alat yang sederhana seperti flip chart. Dengan metode tersebut dapat menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempel gambar-gambar. Media Flip chart dapat berupa gambar-gambar, diagram huruf dan angka. Dalam penggunaannya harus disesuikan dengan keadaan siswa dan lokasinya agar flip chart dapat diterapkan dengan baik. Menurut Santrock (2008), penggunaan teknologi diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. jadi pengguanaan Flip chart sangat baik digunakan dalam menerangkan proses peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di Indonesia, sehingga siswa dengan mudah memahami informasi yang dijelaskan oleh guru.
mengejek seperti di video merupakan suatu yang sudah berbudaya
prilaku siswa tersebut sering dikaitkan dengan ” jika berbuat begitu kelihatan keren atau mencari perhatian guru dan teman ”
hal yang perlu dilakukan adalah memberi kesempatan kepada semua siswa menjawab dan tidak ada jawaban yang salah yang hanya ada ” jawaban yang tepat” hal tersebut yang dapat dilakuakan oleh guru