- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah :
Dalam menghadapi siswa yang suka mengejek pendapat teman, guru menggunakan strategi yang tepat untuk menghadapi tingkah laku siswa tersebut. Guru langsung menegur dan memberi pemahaman kalau yang dilakukan siswa tersebut adalah hal yang tidak baik. Dalam hal ini guru memberikan contoh, apabila hal itu terjadi bagi siswa tersebut, maka bagaimana perasaannya? sehingga hal itu tidak terulang bagi teman-temannya yang lain.
Kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah :
Dalam pembelajaran, guru kurang memahami karakteristik siswanya, sehingga terjadi kenalakan salah satu siswa di dalam kelas. Guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa bosan dan kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Siswa seperti ini tidak betah dalam kelas jika mereka hanya mendengar penjelasan dari guru, sehingga timbul kegaduhan dalam kelas.
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda
Ya, saya pernah mengalami peristiwa semacam ini, apalagi saya sebagai guru kelas yang mengajarkan beberapa mata pelajaran yang di dalamnya tercakup mata pelajaran yang kurang disukai siswa yaitu matematika. Tetapi bagi seorang guru, mengenal tahapan perkembangan anak, secara komprehensif sangat membantu saya menemukan solusi atas tindakan-tindakan siswa di dalam kelas yang mengganggu proses pembelajaran. Salah satunya dengan mengenal karakter siswa yang nakal itu, maka saya dapat menggunakan strategi yang sesuai dengan karakter siswa dalam memberikan materi yang saya ajarkan dikelas, sehingga situasi kenakalan siswa tidak terjadi lagi.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah-langkah yang akan saya lakukan untuk memperbaiki kelemahan dalam video tersebut adalah :
- Dalam pembelajaran, guru secara seksama berkomunikasi dan beriteraksi dengan peserta didik dengan baik sehingga proses embelajaran berjalan dengan baik.
- Guru harus mengenal karakteristik setiap peserta didik, baik dalam hal sikap, tingkah laku, maupun tutur katanya.
- Dalam melakukan pembelajaran, guru harus menentukan strategi yang tepat sehingga membuat pembelajaran berjalan efektif dan menyenangkan.
- Guru harus menjadi mediator dan konselor dalam pembelajaran.
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah tersebut!
- Menurut Reigeluth (1983), mengatakan sebagai seorang ilmuan pembelajaran, secara tegas menempatkan karakteristik siswa sebagai satu variabel yang paling berpengaruh dalam pengembangan strategi pengelolaan pembelajaran
- Menurut Kemp dalam Wina Sanjaya (2008), mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Demikian jawaban saya, Terima Kasih.
mengejek seperti di video merupakan suatu yang sudah berbudaya
prilaku siswa tersebut sering dikaitkan dengan ” jika berbuat begitu kelihatan keren atau mencari perhatian guru dan teman ”
hal yang perlu dilakukan adalah memberi kesempatan kepada semua siswa menjawab dan tidak ada jawaban yang salah yang hanya ada ” jawaban yang tepat” hal tersebut yang dapat dilakuakan oleh guru