- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru dalam video ini yaitu :
Dalam menghadapi siswa yang suka mengejek pendapat teman, guru menggunakan strategi yang tepat untuk menghadapi murid. Guru langsung menegur dan memberi pemahaman kalau yang dilakukan siswa tersebut adalah hal yang tidak baik. Dan mencotohkan seandainya hal tersebut terjadi kepada dirinya.
Kekurangan guru dalam video ini yaitu :
Guru kurang memahami karakteristik siswa, sehingga terjadi kenakalan salah satu siswa dikelas. Guru mengajar menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa bosan dan kurang aktif. Siswa seperti ini tidak terlalu betah di dalam kelas jika mereka hanya duduk dan mendengar penjelasan dari gurunya.
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa ini, apalagi saya seorang guru matematika yang biasanya merupakan pelajaran yang kurang disukai oleh siswa. Tetapi bagi seorang guru, mengenal tahapan perkembangan anak secara komprehensif sangat membantu saya menemukan solusi atas tindakan-tindakan murid di dalam kelas yang mengganggu proses pembelajaran. Salah satunya Dengan mengenal karakter murid yang nakal itu, maka saya bisa menggunakan strategi yang sesuai dengan karakter siswa dalam memberikan materi yang akan saya berikan dikelas. Sehingga situasi kenakalan siswa tidak terjadi.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- guru harus secara seksama dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik dalam setiap aktifitas belajar.
- Guru harus bisa mengenal dan memahami peserta didik , yang meliputi Sikap, perilaku dan tutur kata.
- Guru juga harus berperan sebagai konselor bagi peserta didik.
- Gunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran yang membuat pembelajaran jadi menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa.
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Menurut Kemp dalam Wina Senjaya (2008) mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
- Reigeluth (1983) sebagai seorang ilmuan pembelajaran, secara tegas menempatkan karakteristik siswa sebagai satu variabel yang paling berpengaruh dalam pengembangan strategi pengelolaan pembelajaran.

Sering mengejek teman tapi entah mengapa itu sufah menjadi budaya di negeri ini
mengejek seperti di video merupakan suatu yang sudah berbudaya
prilaku siswa tersebut sering dikaitkan dengan ” jika berbuat begitu kelihatan keren atau mencari perhatian guru dan teman ”
hal yang perlu dilakukan adalah memberi kesempatan kepada semua siswa menjawab dan tidak ada jawaban yang salah yang hanya ada ” jawaban yang tepat” hal tersebut yang dapat dilakuakan oleh guru