- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

Karakteristik setiap anak berbeda-beda, tergantung dengan kondisi lingkungannya seharai-hari. penanaman karakter yang baik, tidak mudah dilakukan, butuh proses, pembiasaan yang cukup ,panjang dalam melakukan. Belum lagi di lingkungan rumah siswa, yang tidak mengajarkan pendidikan karakter pada setiap individu anak, sehingga guru harus bekerja keras dalam pembentukan karakter ini. melalui video tersebut, sikap tidak menghargai pendapat orang lain sudah sering terjadi di dalam kelas. itulah mengapa guru harus berperan aktif agar kebiasaan negatif tersebut tidak bersarang didalam diri setiap siswa. cara guru menegur dan memberikan pertanyaan yang sulit kepada siswa yang mengejek, sudah termasuk solusi dalam pembentukan karakter. mungkin hal yang perlu digarisbawahi, ketika anak yang mengejek tersebut tidak mampu untuk menjawab soal dari guru, sebaiknya siswa yang lain tidak membalas dengan ejekan juga (menertawainya), ini menjadi hal negatif bagi setiap siswa. saran tambahan, guru bisa menggunakan sebuah kuisioner untuk menilai karakter diri sendiri dan menilai teman sejawat diakhir pembelajaran. tujuannya untuk menilai karakter diri mereka dan berupaya untuk bisa merubahnya, lalu sertai dengan penghargaan bagi siswa yang sudah mampu untuk membiasakan dalam sikap yang baik

Assalamualaikum wr,wb
Saya SRI RAMADANI NIM 530043826
3. Sering Mengejek
Dari vidio diatas sering kita jumpai di kelas yaitu ada siswa yang sering mengejek temannya yang lain karena temannya salah dalam menjawab pertanyaan itu akan membuat siswa lain akan menjadi penakut dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru karena akan takut diejek oleh siswa lainnya, salah satu alternatif yang kita berikan kepada siswa yaitu
– Dengan memberi pengertian kepada siswa bahwa mengejek teman itu adalah salah satu sifat yang tidak baik
– Untuk memberikan kejerarahan akan sikap siswa kita dapat memberikan pertanyaan yang tingkat kesukarannya tinggi
– Dan ketika ia tidak dapat menjawab pertanyaan yang kita berikan dengan tingkat kesukaran yang tinggi dan temannya akan mengejeknya kembali akan mengajarkannya akan ketidaknyamanan apabila di ejek oleh temannya
– Memanggil siswa ke kantor untuk memberikan pengertian akan tindakannya yang kurang baik dalam mengejek temannya sehingga ia mengerti akan kesalahannya tersebut
– Apabia ia masih mengulangnya lagi kita bisa ambil tindakan sikap yaitu dengan memberikan hukuman berupa tulisan beberapa lembar yang isinya ‘aku tidak akan mengejek teman ku lagi’ itu akan membuat dirinya menjadi lebih jerah
– Selalu terus menerus memberi pengertian kepada siswa agar selalu memahami dan menghargai pendapat orang lain dan tidak mengejek dengan pendapat orang lain kerana mungkin yang menjawab lebih pintar dan lebih berani ketimbang yang mengejek
– Dan apabila masih dilakukannya lagi tidak ada salahnya kita memberi surat panggilan ke orang tuanya agar kita lebih mengetahui karakter dari siswa kita ini dari informasi yang akan diberikan oleh orang tua murid tadi.
Dengan demikian kita dapat mengatasi masalah anak yang suka mengejek teman dikelasnya agar siswa dapat menjadi lebih baik lagi dalam bersikap disekolah.
Terima Kasih

Izinkan saya memberikan komentar..
Dalam suatu kelas memang terdapat beragam siswa maka beragam pula karakter mereka.Maka perlu ada strategi dari guru untuk memahami dan melakukan pembelajaran di kelas. Salah satunya adalah memahami karakter siswa dalam kelas.
mengejek seperti di video merupakan suatu yang sudah berbudaya
prilaku siswa tersebut sering dikaitkan dengan ” jika berbuat begitu kelihatan keren atau mencari perhatian guru dan teman ”
hal yang perlu dilakukan adalah memberi kesempatan kepada semua siswa menjawab dan tidak ada jawaban yang salah yang hanya ada ” jawaban yang tepat” hal tersebut yang dapat dilakuakan oleh guru