- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

Nama : Bin M Abdolah NIM : 041776054
Seri Pembelajaran Pengelolaan peserta didik SMP
Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru dalam video ini yaitu :
Dalam menghadapi siswa yang suka mengejek pendapat teman, guru menggunakan strategi yang tepat untuk menghadapi murid. Guru langsung menegur dan memberi pemahaman kalau yang dilakukan siswa tersebut adalah hal yang tidak baik. Dan memberikan Contoh bila terjadi kepada dirinya.
Kekurangan guru dalam video ini yaitu :
Guru kurang memahami karakteristik siswa, sehingga terjadi kenakalan salah satu siswa dikelas. Guru mengajar menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa bosan dan kurang aktif. Siswa seperti ini tidak terlalu betah di dalam kelas jika mereka hanya duduk dan mendengar penjelasan dari gurunya.
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa ini, mengenal tahapan perkembangan anak secara komprehensif sangat membantu saya menemukan solusi atas tindakan-tindakan murid di dalam kelas yang mengganggu proses pembelajaran. Salah satunya Dengan mengenal karakter murid yang nakal itu, maka saya bisa menggunakan strategi yang sesuai dengan karakter siswa dalam memberikan materi yang akan saya berikan dikelas. Sehingga situasi kenakalan siswa tidak terjadi.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- guru harus secara seksama dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik dalam setiap aktifitas belajar.
- Guru harus bisa mengenal dan memahami peserta didik , yang meliputi Sikap, perilaku dan tutur kata.
- Guru juga harus berperan sebagai konselor bagi peserta didik.
- Gunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran yang membuat pembelajaran jadi menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa.
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Menurut Kemp dalam Wina Senjaya (2008) mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
- Reigeluth (1983) sebagai seorang ilmuan pembelajaran, secara tegas menempatkan karakteristik siswa sebagai satu variabel yang paling berpengaruh dalam pengembangan strategi pengelolaan pembelajaran.
Nama : Christine Yossy Meinarty
nim : 530046283
Dalam video tadi, memperlihatkan kebiasaan anak yang suka mengejek temannya. peristiwa ini pasti sering terjadi di sekolah-sekolah. saya pribadi juga sering menemukan anak yang memiliki kebiasaan seperti ini. hal yang saya lakukan untuk mengatasi anak dengan kebiasaan mengejek teman lain, hampir sama dengan yang dilakukan oleh gur yang ditampilkan dalam video. ketika menemukan anak yang seperti ini, saya juga langsung memberikan penjelasan yang hampir sama persis dengan yang dikatakan oleh guru dalam video.
untuk menghadapi sikap anak yang demikian, guru perlu melakukan pendekatan dan mencoba mengenal anak lebih dekat, serta menemukan apa yang melandasi sikap anak yang demikian. sebaiknya guru memahami anak lebih dekat, dengan begitu guru semakin mudah untuk memperbaiki karakter anak.
pengalaman pribadi, untuk menghadapi anak seperti ini, saya sering melibatkan anak tersebut dalam pembelajaran, sehingga pada akhirnya kebiasaan mengejek teman lain berlahan berkurang. biasanya, anak-anak yang sering mengejek dan membuat ulah di kelas adalah anak-anak yang membutuhkan perhatian lebih. hal ini bisa disebabkan karena orang tua yang terlalu sibuk di rumah, sehingga anak merasakan kesepian. alhasil, anak melampiaskan kekecewaannya atau mencari hiburan dengan mengejek teman, dan membuat teman merasa terganggu.
demikian tanggapan dari saya, terima kasih
Dalam Video di atas sikap sering mengejek biasa terjadi di lingkungan pendidikan kita. Karakter ini sudah mulai membudaya. Baik maupun buruknya hal yang kita perbuat biasanya disertai dengan berbagai ejekan. Karakter ini menurut saya sungguh tidak patut kita budayakan. Sebaiknya tumbuhkan karakter Peduli kepada orang lain, Peduli maupun berbela rasa merupakan karakter baik yang dapat kita tanamkan kepada peserta didik, terutama kepada peserta didik pendidikan dasar seperti jenjang SD dan SMP. Dengan belajar peduli terhadap orang lain, maka karakter buruk seperti mengejek bisa saja pudar digantikan dengan sikap peduli dan berbela rasa. Jika berbicara masalah karakter, memang perlu banyak contoh, dan perlu banyak nasihat. Anak yang melakukan perbuatan yang tidak baik sebaiknya memang perlu diberikan teguran. Teguran yang dilakukan pada video adalah teguran secara langsung di depan teman-teman yang lain, ini diharapkan agar teman-teman yang melihatnya mengetahui bahwa perbuatan yang dilakukan temannya keliru. Lalu menurut saya, sebaiknya tidak hanya berupa teguran saja. Guru tersebut, apalagi dia juga laki-laki bisa berbicara secara langsung dengan anak ini. Anak Masa Remaja memang anak yang suka mencari perhatian juga mencoba-coba. Sebaiknya memang banyak diingatkan akan sesuatu yang baik.
Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah :
Dalam menghadapi siswa yang suka mengejek pendapat teman, guru menggunakan strategi yang tepat untuk menghadapi tingkah laku siswa tersebut. Guru langsung menegur dan memberi pemahaman kalau yang dilakukan siswa tersebut adalah hal yang tidak baik. Dalam hal ini guru memberikan contoh, apabila hal itu terjadi bagi siswa tersebut, maka bagaimana perasaannya? sehingga hal itu tidak terulang bagi teman-temannya yang lain.
Kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah :
Dalam pembelajaran, guru kurang memahami karakteristik siswanya, sehingga terjadi kenalakan salah satu siswa di dalam kelas. Guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa bosan dan kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Siswa seperti ini tidak betah dalam kelas jika mereka hanya mendengar penjelasan dari guru, sehingga timbul kegaduhan dalam kelas.
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda
Ya, saya pernah mengalami peristiwa semacam ini, apalagi saya sebagai guru kelas yang mengajarkan beberapa mata pelajaran yang di dalamnya tercakup mata pelajaran yang kurang disukai siswa yaitu matematika. Tetapi bagi seorang guru, mengenal tahapan perkembangan anak, secara komprehensif sangat membantu saya menemukan solusi atas tindakan-tindakan siswa di dalam kelas yang mengganggu proses pembelajaran. Salah satunya dengan mengenal karakter siswa yang nakal itu, maka saya dapat menggunakan strategi yang sesuai dengan karakter siswa dalam memberikan materi yang saya ajarkan dikelas, sehingga situasi kenakalan siswa tidak terjadi lagi.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah-langkah yang akan saya lakukan untuk memperbaiki kelemahan dalam video tersebut adalah :
- Dalam pembelajaran, guru secara seksama berkomunikasi dan beriteraksi dengan peserta didik dengan baik sehingga proses embelajaran berjalan dengan baik.
- Guru harus mengenal karakteristik setiap peserta didik, baik dalam hal sikap, tingkah laku, maupun tutur katanya.
- Dalam melakukan pembelajaran, guru harus menentukan strategi yang tepat sehingga membuat pembelajaran berjalan efektif dan menyenangkan.
- Guru harus menjadi mediator dan konselor dalam pembelajaran.
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah tersebut!
- Menurut Reigeluth (1983), mengatakan sebagai seorang ilmuan pembelajaran, secara tegas menempatkan karakteristik siswa sebagai satu variabel yang paling berpengaruh dalam pengembangan strategi pengelolaan pembelajaran
- Menurut Kemp dalam Wina Sanjaya (2008), mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Demikian jawaban saya, Terima Kasih.
Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru dalam video ini yaitu :
Dalam menghadapi siswa yang suka mengejek pendapat teman, guru menggunakan strategi yang tepat untuk menghadapi murid. Guru langsung menegur dan memberi pemahaman kalau yang dilakukan siswa tersebut adalah hal yang tidak baik. Dan mencotohkan seandainya hal tersebut terjadi kepada dirinya.
Kekurangan guru dalam video ini yaitu :
Guru kurang memahami karakteristik siswa, sehingga terjadi kenakalan salah satu siswa dikelas. Guru mengajar menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa bosan dan kurang aktif. Siswa seperti ini tidak terlalu betah di dalam kelas jika mereka hanya duduk dan mendengar penjelasan dari gurunya.
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa ini, apalagi saya seorang guru matematika yang biasanya merupakan pelajaran yang kurang disukai oleh siswa. Tetapi bagi seorang guru, mengenal tahapan perkembangan anak secara komprehensif sangat membantu saya menemukan solusi atas tindakan-tindakan murid di dalam kelas yang mengganggu proses pembelajaran. Salah satunya Dengan mengenal karakter murid yang nakal itu, maka saya bisa menggunakan strategi yang sesuai dengan karakter siswa dalam memberikan materi yang akan saya berikan dikelas. Sehingga situasi kenakalan siswa tidak terjadi.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- guru harus secara seksama dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik dalam setiap aktifitas belajar.
- Guru harus bisa mengenal dan memahami peserta didik , yang meliputi Sikap, perilaku dan tutur kata.
- Guru juga harus berperan sebagai konselor bagi peserta didik.
- Gunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran yang membuat pembelajaran jadi menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa.
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Menurut Kemp dalam Wina Senjaya (2008) mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
- Reigeluth (1983) sebagai seorang ilmuan pembelajaran, secara tegas menempatkan karakteristik siswa sebagai satu variabel yang paling berpengaruh dalam pengembangan strategi pengelolaan pembelajaran.

Sering mengejek teman tapi entah mengapa itu sufah menjadi budaya di negeri ini
mengejek seperti di video merupakan suatu yang sudah berbudaya
prilaku siswa tersebut sering dikaitkan dengan ” jika berbuat begitu kelihatan keren atau mencari perhatian guru dan teman ”
hal yang perlu dilakukan adalah memberi kesempatan kepada semua siswa menjawab dan tidak ada jawaban yang salah yang hanya ada ” jawaban yang tepat” hal tersebut yang dapat dilakuakan oleh guru