- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru dalam video ini yaitu :
Dalam menghadapi siswa yang suka mengejek pendapat teman, guru menggunakan strategi yang tepat untuk menghadapi murid. Guru langsung menegur dan memberi pemahaman kalau yang dilakukan siswa tersebut adalah hal yang tidak baik. Dan mencotohkan seandainya hal tersebut terjadi kepada dirinya.
Kekurangan guru dalam video ini yaitu :
Guru kurang memahami karakteristik siswa, sehingga terjadi kenakalan salah satu siswa dikelas. Guru mengajar menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa bosan dan kurang aktif. Siswa seperti ini tidak terlalu betah di dalam kelas jika mereka hanya duduk dan mendengar penjelasan dari gurunya.
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa ini, apalagi saya seorang guru matematika yang biasanya merupakan pelajaran yang kurang disukai oleh siswa. Tetapi bagi seorang guru, mengenal tahapan perkembangan anak secara komprehensif sangat membantu saya menemukan solusi atas tindakan-tindakan murid di dalam kelas yang mengganggu proses pembelajaran. Salah satunya Dengan mengenal karakter murid yang nakal itu, maka saya bisa menggunakan strategi yang sesuai dengan karakter siswa dalam memberikan materi yang akan saya berikan dikelas. Sehingga situasi kenakalan siswa tidak terjadi.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- guru harus secara seksama dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik dalam setiap aktifitas belajar.
- Guru harus bisa mengenal dan memahami peserta didik , yang meliputi Sikap, perilaku dan tutur kata.
- Guru juga harus berperan sebagai konselor bagi peserta didik.
- Gunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran yang membuat pembelajaran jadi menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa.
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Menurut Kemp dalam Wina Senjaya (2008) mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
- Reigeluth (1983) sebagai seorang ilmuan pembelajaran, secara tegas menempatkan karakteristik siswa sebagai satu variabel yang paling berpengaruh dalam pengembangan strategi pengelolaan pembelajaran.

Sering mengejek teman tapi entah mengapa itu sufah menjadi budaya di negeri ini
Nama : Bin M Abdolah NIM : 041776054
Seri Pembelajaran Pengelolaan peserta didik SMP
Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru dalam video ini yaitu :
Dalam menghadapi siswa yang suka mengejek pendapat teman, guru menggunakan strategi yang tepat untuk menghadapi murid. Guru langsung menegur dan memberi pemahaman kalau yang dilakukan siswa tersebut adalah hal yang tidak baik. Dan memberikan Contoh bila terjadi kepada dirinya.
Kekurangan guru dalam video ini yaitu :
Guru kurang memahami karakteristik siswa, sehingga terjadi kenakalan salah satu siswa dikelas. Guru mengajar menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa bosan dan kurang aktif. Siswa seperti ini tidak terlalu betah di dalam kelas jika mereka hanya duduk dan mendengar penjelasan dari gurunya.
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa ini, mengenal tahapan perkembangan anak secara komprehensif sangat membantu saya menemukan solusi atas tindakan-tindakan murid di dalam kelas yang mengganggu proses pembelajaran. Salah satunya Dengan mengenal karakter murid yang nakal itu, maka saya bisa menggunakan strategi yang sesuai dengan karakter siswa dalam memberikan materi yang akan saya berikan dikelas. Sehingga situasi kenakalan siswa tidak terjadi.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- guru harus secara seksama dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik dalam setiap aktifitas belajar.
- Guru harus bisa mengenal dan memahami peserta didik , yang meliputi Sikap, perilaku dan tutur kata.
- Guru juga harus berperan sebagai konselor bagi peserta didik.
- Gunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran yang membuat pembelajaran jadi menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa.
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Menurut Kemp dalam Wina Senjaya (2008) mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
- Reigeluth (1983) sebagai seorang ilmuan pembelajaran, secara tegas menempatkan karakteristik siswa sebagai satu variabel yang paling berpengaruh dalam pengembangan strategi pengelolaan pembelajaran.
Nama : Christine Yossy Meinarty
nim : 530046283
Dalam video tadi, memperlihatkan kebiasaan anak yang suka mengejek temannya. peristiwa ini pasti sering terjadi di sekolah-sekolah. saya pribadi juga sering menemukan anak yang memiliki kebiasaan seperti ini. hal yang saya lakukan untuk mengatasi anak dengan kebiasaan mengejek teman lain, hampir sama dengan yang dilakukan oleh gur yang ditampilkan dalam video. ketika menemukan anak yang seperti ini, saya juga langsung memberikan penjelasan yang hampir sama persis dengan yang dikatakan oleh guru dalam video.
untuk menghadapi sikap anak yang demikian, guru perlu melakukan pendekatan dan mencoba mengenal anak lebih dekat, serta menemukan apa yang melandasi sikap anak yang demikian. sebaiknya guru memahami anak lebih dekat, dengan begitu guru semakin mudah untuk memperbaiki karakter anak.
pengalaman pribadi, untuk menghadapi anak seperti ini, saya sering melibatkan anak tersebut dalam pembelajaran, sehingga pada akhirnya kebiasaan mengejek teman lain berlahan berkurang. biasanya, anak-anak yang sering mengejek dan membuat ulah di kelas adalah anak-anak yang membutuhkan perhatian lebih. hal ini bisa disebabkan karena orang tua yang terlalu sibuk di rumah, sehingga anak merasakan kesepian. alhasil, anak melampiaskan kekecewaannya atau mencari hiburan dengan mengejek teman, dan membuat teman merasa terganggu.
demikian tanggapan dari saya, terima kasih
Dalam Video di atas sikap sering mengejek biasa terjadi di lingkungan pendidikan kita. Karakter ini sudah mulai membudaya. Baik maupun buruknya hal yang kita perbuat biasanya disertai dengan berbagai ejekan. Karakter ini menurut saya sungguh tidak patut kita budayakan. Sebaiknya tumbuhkan karakter Peduli kepada orang lain, Peduli maupun berbela rasa merupakan karakter baik yang dapat kita tanamkan kepada peserta didik, terutama kepada peserta didik pendidikan dasar seperti jenjang SD dan SMP. Dengan belajar peduli terhadap orang lain, maka karakter buruk seperti mengejek bisa saja pudar digantikan dengan sikap peduli dan berbela rasa. Jika berbicara masalah karakter, memang perlu banyak contoh, dan perlu banyak nasihat. Anak yang melakukan perbuatan yang tidak baik sebaiknya memang perlu diberikan teguran. Teguran yang dilakukan pada video adalah teguran secara langsung di depan teman-teman yang lain, ini diharapkan agar teman-teman yang melihatnya mengetahui bahwa perbuatan yang dilakukan temannya keliru. Lalu menurut saya, sebaiknya tidak hanya berupa teguran saja. Guru tersebut, apalagi dia juga laki-laki bisa berbicara secara langsung dengan anak ini. Anak Masa Remaja memang anak yang suka mencari perhatian juga mencoba-coba. Sebaiknya memang banyak diingatkan akan sesuatu yang baik.
Karakteristik setiap anak berbeda-beda, tergantung dengan kondisi lingkungannya seharai-hari. penanaman karakter yang baik, tidak mudah dilakukan, butuh proses, pembiasaan yang cukup ,panjang dalam melakukan. Belum lagi di lingkungan rumah siswa, yang tidak mengajarkan pendidikan karakter pada setiap individu anak, sehingga guru harus bekerja keras dalam pembentukan karakter ini. melalui video tersebut, sikap tidak menghargai pendapat orang lain sudah sering terjadi di dalam kelas. itulah mengapa guru harus berperan aktif agar kebiasaan negatif tersebut tidak bersarang didalam diri setiap siswa. cara guru menegur dan memberikan pertanyaan yang sulit kepada siswa yang mengejek, sudah termasuk solusi dalam pembentukan karakter. mungkin hal yang perlu digarisbawahi, ketika anak yang mengejek tersebut tidak mampu untuk menjawab soal dari guru, sebaiknya siswa yang lain tidak membalas dengan ejekan juga (menertawainya), ini menjadi hal negatif bagi setiap siswa. saran tambahan, guru bisa menggunakan sebuah kuisioner untuk menilai karakter diri sendiri dan menilai teman sejawat diakhir pembelajaran. tujuannya untuk menilai karakter diri mereka dan berupaya untuk bisa merubahnya, lalu sertai dengan penghargaan bagi siswa yang sudah mampu untuk membiasakan dalam sikap yang baik

Assalamualaikum wr,wb
Saya SRI RAMADANI NIM 530043826
3. Sering Mengejek
Dari vidio diatas sering kita jumpai di kelas yaitu ada siswa yang sering mengejek temannya yang lain karena temannya salah dalam menjawab pertanyaan itu akan membuat siswa lain akan menjadi penakut dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru karena akan takut diejek oleh siswa lainnya, salah satu alternatif yang kita berikan kepada siswa yaitu
– Dengan memberi pengertian kepada siswa bahwa mengejek teman itu adalah salah satu sifat yang tidak baik
– Untuk memberikan kejerarahan akan sikap siswa kita dapat memberikan pertanyaan yang tingkat kesukarannya tinggi
– Dan ketika ia tidak dapat menjawab pertanyaan yang kita berikan dengan tingkat kesukaran yang tinggi dan temannya akan mengejeknya kembali akan mengajarkannya akan ketidaknyamanan apabila di ejek oleh temannya
– Memanggil siswa ke kantor untuk memberikan pengertian akan tindakannya yang kurang baik dalam mengejek temannya sehingga ia mengerti akan kesalahannya tersebut
– Apabia ia masih mengulangnya lagi kita bisa ambil tindakan sikap yaitu dengan memberikan hukuman berupa tulisan beberapa lembar yang isinya ‘aku tidak akan mengejek teman ku lagi’ itu akan membuat dirinya menjadi lebih jerah
– Selalu terus menerus memberi pengertian kepada siswa agar selalu memahami dan menghargai pendapat orang lain dan tidak mengejek dengan pendapat orang lain kerana mungkin yang menjawab lebih pintar dan lebih berani ketimbang yang mengejek
– Dan apabila masih dilakukannya lagi tidak ada salahnya kita memberi surat panggilan ke orang tuanya agar kita lebih mengetahui karakter dari siswa kita ini dari informasi yang akan diberikan oleh orang tua murid tadi.
Dengan demikian kita dapat mengatasi masalah anak yang suka mengejek teman dikelasnya agar siswa dapat menjadi lebih baik lagi dalam bersikap disekolah.
Terima Kasih

Izinkan saya memberikan komentar..
Dalam suatu kelas memang terdapat beragam siswa maka beragam pula karakter mereka.Maka perlu ada strategi dari guru untuk memahami dan melakukan pembelajaran di kelas. Salah satunya adalah memahami karakter siswa dalam kelas.
mengejek seperti di video merupakan suatu yang sudah berbudaya
prilaku siswa tersebut sering dikaitkan dengan ” jika berbuat begitu kelihatan keren atau mencari perhatian guru dan teman ”
hal yang perlu dilakukan adalah memberi kesempatan kepada semua siswa menjawab dan tidak ada jawaban yang salah yang hanya ada ” jawaban yang tepat” hal tersebut yang dapat dilakuakan oleh guru