3

Setelah Anda menyaksikan video tentang pembelajaran PAUD yang bertemakan tentang Pengembangan Sosial Emosional, maka silahkan Anda diskusikan tentang hal-hal berikut ini!

  1. Bagaimana cara Anda mengetahui bahwa anak asuh Anda belum mandiri dalam belajar?
  2. Jika anak asuh Anda ada yang tidak mau belajar secara bersama-sama dengan temannya satu kelas, apakah Anda mempunyai cara lain untuk mengajaknya bergabung dalam kelas (selain yang sudah ada di video)? Coba jelaskan bagaimana caranya!
  3. Apakah boleh kita memaksa kepada anak yang tidak percaya diri dengan kemampuannya untuk tetap mengikuti pembelajaran di dalam kelas bersama dengan kelompoknya? Jelaskan jawab Anda!
Answered question

1.Peserta didik yang belum mandiri dalam
Kegiatan pembelajaran adalah Peserta
Didik yang masih di tunggui orang tuanya
2.sebagai Pendidik selalu berusaha yang ter
Baik bagi para peserta didik. Jika ada peser
Ta didik yang yang tidak mau bermain ber
Sama maka pendidik menemuinya dan ber
Tanya mengapa peserta didik tidak mau ber
Main bersama ?
Pendidik menunggu jawaban peserta didik
Untuk mencari solusinya untuk memilih
Permainan dan pembelajaran yang me
Nyenangkan
3.Tidak memaksa peserta didik yang tidak
percaya diri untuk mengikuti kegiatan

1. Peserta didik yang belum mandiri adalah
peserta didik yang masih ditunggui atau
dijaga di TK
2.Se

1. Peserta didik yang belum mandiri adalah
Peserta didik yang masih ditunggui atau
Dijaga di TK
2.Pendidik selalu berusaha yang terbaik bagi
Peserta didik. Jika ada diantara peserta
didik yang tidak mau ikut bermain bersama
maka pendidik akan menanyai peserta
didik tersebut . Mengapa tidak ikut bermain
bersama teman ?
Pendidik menunggu jawaban peserta didik
Untuk mencari solusinya. Setelah ada jawa
ban maka pendidik mengajak memilih alat
Permainan yang menyenangkan.
3. Tidak memaksa peserta didik yang tidak
percaya diri untuk mengikuti kegiatan pem
belajaran. Pendidik mengajak peserta didik
melihat kegiatan pembelajaran yang
sedang berlangsung dan mencarikan teman
Yang mau bermain dan belajar bersama
sehingga lambat laun peserta didik tersebut
merasa nyaman mengikuti kegiatan
pembelajaran di TK.

1.Anak yang belum mandiri anak yang masih sering dibantu dalam suatu kegiatannya.dan anak yang mandiri anak yang terbiasa mengerjakannya secara sebdiri walaupun belum sepenuhnya sempurna.
2.

1.Anak yang belum mandiri anak yang masih sering dibantu dalam suatu kegiatannya.dan anak yang mandiri anak yang terbiasa mengerjakannya secara sebdiri walaupun belum sepenuhnya sempurna.
2.jika ada anak yang masih belum dapat bergabung.untuk sementara boleh ananda bermain yang dimaunya..dan berikan pendekatan- pendekatan positif pada anak sehingga anak dapat mulai berbicara dengan lawan bicaranya terlebih dahulu sambil guru mencari celah bagaimana anak dapat nurut dan diajak untuk membuat kesepakatan agar kedepannya bisa ikut masuk dalam kelas dan duduk bersama temannya.dan tetap beri pendrkatan agar anak mampu mengikuti peraturan untuk ke depannya dan tetap memberi semangat bahwa anak pintar dan dapat sekolah sendiri serta menjadi anak yang mandiri.
3.Tidak. bagi pemula menurut saya biarkan saja dulu anak beradaptasi dan memberikannya kelonggaran waktu untuk anak yang sulit besosialisanya..tapi dengan pendekatan- pendekatan secara terus menerus lambat laun anak akan mau dan mulai bergabung dengan temannya.sesuai waktu yang ditentukan.