Salam semangat dan sehat selalu. Ada yang menarik dari tayangan beberapa video dalam menu Micro-Teaching Online pada Portal Guru Pintar Online ini. Ayo kita bersama-sama menyimak terlebih dahulu beberapa materi video streaming di bawah ini:
- Membangun kesiapan belajar siswa (Pembelajaran berhitung dasar SD Kelas 1)
- Belajar matematika yang menarik dan mengasyikan
- Anak ketakutan belajar matematika
- Memahami sifat pada hitung
- Pembelajaran Matematika
Setelahnya, kita bisa berdiskusi dalam Forum Diskusi Ruang Matematika di SD. Hal apa yang menggelitik dalam benak masing-masing dari kita setelah menyaksikan salah satau atau beberapa dari video tersebut?


1. pernah
2. jika ada siswa yang merasa takut dengan pembelajaran matematika, saya akan mengajak bermain sambil melajar. dengan permainan yang menyangkut dengan materi pembelajaran siswa lebih nyaman damam pembelajaran matematika

Benar. Ini merupakan salah satu pelajaran yang paling horror bagi siswa. Banyak siswa yang menilai bahwa matematika sangat lah sulit untuk di pelajari dan di pahami. Oleh sebab itu, saya (guru) membuat suasana dalam hal mengajar menjadi saling singkron dan santai, antara saya dan siswa. Salah satu nya, guru harus menggunakan media sederhana dalam pengajarannya kepada siswa. Lebih efisien menurut saya
Untuk sebagian siswa memang benar pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang menakutkan, dari situlah kita sebagai guru harus membuat pelajaran matematika itu lebih asik agar siswa menyukai pelajaran matematika itu.
Beberapa tips agar siswa menyukai pelajaran matematika :
- Berikan anak waktu untuk memahami materi
- Buat perasaan nyaman dengan kata-kata baik
- Berikan waktu berpikir ketika mengajukan pertanyaan
- Menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari
- Ubah gaya belajar lebih mengasikkan seperti bermain game sambil belajar
- Membuat media pembelajaran sederhana atau lebih menarik dan mudah di pahami
Ade oktavia
Nim : 825854508
Assmlkum wr.wb
saya akan menaggapi tentang sifat- sifat operasi hitung
- Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap simulasi pembelajaran?
Reaksi anak sangatlah positif ini tergambar dengan sangat antusiasnya mereka terhadap pembelajaran matematika tersebut
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan saya dalam simulasi pembelajaran?
Kurannya contoh- contoh soal serta guru hanya menggunakan metode ceramah selama penjelasan materi
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan saya dalam simulasi pembelajaran?
Guru mampu berkomunikasi dengan baik dan membangun suasana kelas yang menyenangkan
- Hal-hal unik apa saja yang saya temukan dalam simulasi pembelajaran?
Siswa bisa dengan cepat paham hanya dengan metode ceramah dan media papan tulis
- Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan saya, upaya apa yang akan saya lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Menambahkan media pembelajaran yang menarik dan unik serta memberukan siswa LKPD sebagai tolak ukur ketercapian siswa terhadap materi ini.
Assalamualaikum
Saya menanggapi dari belajar operasi hitung bahwa pendidik dalam memberikan materi apersepsi, melihat kesiapan peserta didik, mencari cara agar materi mudah diterima oleh peserta didik, jangan langsung materi, perlu adanya kegiatan penutup.
Pendidik mempunyai keterampilan pedagogik, profesional, psikologis, sosial sehingga dapat menjadikan kelas yang menyenangkan terutama materi matematika
Demikian tanggapan dari saya
Terimakasih
Drajad Sukmanto Utomo NIM 530044978
Wassalamu’alaikum
Assalamualaikum
Saya memberikan tanggapan video pembagian pendidik memberikan konsep membagi sama saja menurangi bilangan besar ke kecil sampai habis atau dengan memberikan bagian kita kepada adik,saudara, keluarga sampai habis atau tidak tersisa.
Pendidik menguasai pedagogik, profesionalisme, psikologis, sosial sehingga dapat memberikan suasana nyaman bagi peserta didik sehingga dapat menerima materi dengan baik apalagi bila mata pelajaran matematika pelajaran yang menyusahkan bagi peserta didik
Demikian tanggapan dari saya
Terimakasih
Drajad Sukmanto Utomo NIM 530044978
Wassalamu’alaikum
Assalamualaikum
Saya menanggapi bahwa anak kelas satu dalam belajar matematika masih dalam bentuk yang konkret yang bisa dipegang, dilihat contoh dalam berhitung menggunakan lidi atau sedotan, jari tangan, langkah kaki, penggaris untuk menghitung bilangan, bentuk bangun memegang meja, kursi, roda.
Pendidik harus belajar bagaimana cara m peserta didik paham dalam menangkap materi (pedagogik ), ilmu psikologi peserta didik Belajar sesuai dengan usia peserta didik.
Demikian tanggapan dari saya
Terimakasih
Drajad Sukmanto Utomo NIM 530044978