Materi Diskusi GPO Seri Pembelajaran IPS SD
Video : Pembelajaran Model Kompetitif
Hallo Sobat Guru pintar Online! Salam Kenal ya!
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga Sobat Guru Pintar Online senantiasa dalam keadaan sehat dan semangat untuk tetap terus berkarya ya!
Mari kita berdiskusi bersama!
- Setelah melihat video pembelajaran model kompetitif tersebut, Pernahkah saudara menerapkan pembelajaran menggunakan model kompetitif di siswa sekolah dasar dalam kelas?Jika iya, bagaimana penerapannya?
Mari Kita Kupas Bersama Jawaban dari Pertanyaan Tersebut, Tuangkan Pengalaman Anda dalam Pembelajaran di Kelas Tentang Pembelajaran Model Kompetitif!
Selamat Berdiskusi!
Â


Assalamualaikum
Demikian tanggapan dari saya
Darii pembelajaran yang kompetitif membuat anak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh pendidik.
Dengan adanya pembelajaran yang kompetitif membuat peserta didik akan mencari tahu pengetahuannya sendiri sehingga akan terekam terus sepanjang hayat tidak akan mudah lupa.
Dalam pembelajaran kompetitif peserta didik aktif dan pendidik sebagai fasilitator untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pengetahuan, nilai, keterampilan
Terimakasih
Drajad Sukmanto Utomo NIM 530044978
Wassalamu’alaikum

FAUZIA ARDIANA
NIM 858834119
Model kompetetitif menambah semangat dan keaktifan siswa.
Bagi siswa yang mengalami keterlambatan atau termasuk kategori rata-rata di bawah kelas kurang tepat karena mereka akan merasa tertinggal dan tidak mampu bahkan rendah diri. Oleh karena itu, dalam penerapannya perlu dibuat rencana, analisa kemampuan siswa di kelas dan mencari cara bagaimana siswa yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata kelas dapat mengikuti model kompetitif ini. misal dengan membagi kelompok dengan kemampuan heterogen.
Nama : Ajidah
NIM : 850024968
Model kompetitif, harus disesuaikan dengan kondisi siswa dan lingkugan sekitar .
Model kompetitif pembelajaran ini bisa di gunakan di sekolah perkotaan Untuk wilayah kota dan daerah tentunya sangat lah berbeda. Peran Guru yang penting adalah mengobservasi awal, kemudian membuat skema dengan tepat, metode yang terbaik bagi anak dengan inti pembelajaran menyenangkan efektif, efisien dan tujuan tercapai.
Nama : Fahri Auzi
Kelas : 2A
Nim : 859157593
Model kompetitif, harus disesuaikan dengan kondisi psikologis-sosiologis anak. Untuk wilayah kota dan daerah tentunya sangat lah berbeda. Peran Guru yang penting adalah mengobservasi awal, kemudian membuat skema dengan tepat, metode yang terbaik bagi anak dengan inti pembelajaran menyenangkan efektif, efisien dan tujuan tercapai.
menurut saya pada awalnya di kelas 3 .
efektif, karena dengan siswa keluar ruangan akan ada banyak hal yang dapat dipelajari siswa bukan hanya macam2 arah mata angin. misalnya tentang manfaat arah mata angin dalam kehidupan sehari-hari yaitu mendeteksi cuaca yang akan terjadi dam lain-lain. tetapi ini bisa dilakukan apabila keadaan diluar ruangan cukup memungkinkan untuk siswa, misalnya tidak hujan. jika keadaannya tidak memungkinkan kegiatan tersebut bisa dilakukan didalam ruangan, yaitu dengan cara menentukan arah mata angin dengan siswa diikutkan aktif sebagai media pembelajaran dengan merentangkan tangannya sambil menjelaskan letak arah mata angin tersebut. bisaa juga dengan memberikan gambaran sederhana melalui video pembelajaran tentang arah mata angin.
Kelebihan : Dengan mengajak anak melakukan pembelajaran diluar kelas, pembelajaran menjadi asyik dan menyenangkan siswa bisa lebih aktif dan pembelajaran tidak monoton dan secara tidak langsung siswa telah mengeksplore hal apa saja yang bisa dipelajari terhadap lingkungan alam sekitar. Kekurangan : Dalam hal ini pengelolaan siswa akan lebih sulit, karena siswa akan lebih bebas dan tidak hanya fokus pada satu perhatian. Guru harus lebih aktif mencari hal yang digunakan agar perhatian siswa tidak terpecah.
Pengalaman saya dalam mengajarkan materi ini saya menggunakan media sederhana dari kertas lalu saya memberikan tanda utara dan selatan, siswa saya beri tugas untuk menjawab bagian yang rumpang. dengan cara media tersebut bisa diputar jadi apabila siswa yang memutar mendapatkan bagian yang kosong siswa wajib mengisi dengan jawaban yang benar. jika jawabannya benar saya akan memberikan penghargaan berupa hadiah kecil. sederhana tetapi menyenangkan
NAMA : INDAH MAWADDAH
NIM : 836981589
SEMESTER : 8 (delapan)
POKJAR : MEMPAWAH
Pada pembelajaran yang saya terapkan, saya sendiri belum menggunakan model pembelaajaran kompetitif, saya lebih cenderung penyampaian pembelajaran menitik beratkan pada pemahaman anak terhadap mata pelajaran yang akan diajarkan. Mengingat keadaan sekarang sedang pandemi Covid-19 dan kurangnya waktu keefektifan dalam mengajar. Anak-anak belajar secara mandiri melalui Luring maupun Daring di rumah.
Namun pada dasarnya model kompetitif, harus disesuaikan dengan kondisi psikologis-sosiologis anak. Peran Guru yang penting adalah mengobservasi awal, kemudian membuat skema dengan tepat, metode yang terbaik bagi anak dengan inti pembelajaran menyenangkan efektif, efisien dan tujuan tercapai. Dalam pembelajaran tidak selain memberikan kognitif saja (pengetahuan), tapi juga afektif, dan psikomotorik tingkah laku (keterampilan). Kognitif berupa pengetahuan dengan menulis, membaca, menjawab soal, penugasan, PR, tanya jawab. Efektif nilai, minat, keinginan, bakat, yang mendukung belajar mengajar, Psikomotorik berupa tingkah laku yang membekali peserta didik tentang keterampilan dalam menghadapi kehidupan nyata di masyarakat.
KONSULTASI 082366666660 APOTEK KIMIA FARMA MENYEDIAKAN OBAT ABORSI PAKET TUNTAS MALANG, SURABAYA, JAKARTA, BANTEN, BANDUNG, SEMARANG, MAKASSAR, SAMARINDA, BOJONEGORO, PEKALONGAN.
Nama Produk : CYTOTEC MISOPROSTOL PFIZER
PRODUSEN : PFIZER AUSTRALIA
JENIS : PIL ORAL
DOSIS : TERGANTUNG USIA KANDUNGAN
CARA PEMAKAIAN : DI TELAN / ORAL
PEMESANAN : https://wa.me/6282366666660
PAKET OBAT ABORSI HARGA TUNTAS !!!
1. Usia 1 – 4 Minggu ( obat aborsi 1 bulan )
2. Usia 4 – 8 Minggu ( obat aborsi 2 bulan )
3. Usia 8 – 12 Minggu ( obat aborsi 3 bulan )
4. Usia 12 – 16 Minggu ( obat aborsi 4 bulan )
5. Usia 16 – 20 Minggu ( obat aborsi 5 bulan )
Obat Aborsi Asli yang membantu anda melakukan aborsi mandiri, aman, tanpa efek samping. Obat Aborsi Asli ini bernama Cytotec Misoprostol dengan reaksi aborsi yang cepat yaitu maksimal 2 jam langsung tuntas bersih. Tidak meninggalkan bekas luka, cukup diminum secara oral dan tidak menyebabkan kemandulan.
OBAT ABORSI ASLI AMAN BAGI PEMULA
TIDAK MENYEBABKAN EFEK SAMPING DAN GANGGUAN KESEHATAN
REAKSI CEPAT DAN TUNTAS
TERPERCAYA DAN BERSTANDART KUALITAS INTERNASIONAL
MUDAH DIGUNAKAN
BISA DI PAKAI OLEH SEGALA USIA
TINGKAT KEBERHASILAN 97% UNTUK USIA KANDUNGAN 1 BULAN HINGGA 6 BULAN
MENGGUGURKAN JANIN HINGGA BERSIH TANPA MENINGGALKAN RESIDU
HASIL ABORSI SEMPURNA MENGGUGURKAN KANDUNGAN
dalam pembelajaran yang saya terapkan belum menggunakan model pembelaajaran kompetitif lebih cenderung penyampaian pembelajaran menitik beratkan pada pemahaman terhadap mata pelajaran yang diajarkan .