1

Setelah melihat tayangan video fisik motorik, tentang mengatasi anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar,  dan menangkap/melempar bola yang benar. Silahkan ibu/bapak memberikan komentar atau solusi cara mengatasinya !

Answered question

Seri Pengembangan Fisik Motorik
Belum bisa memegang pensil dgn benar :Kelebihannya dengan menyaksikan video tsb sy melihat peran sbg guru sangatlah penting utk memperhatikan perkembangan anak didiknya.
Kekurangan dgn video tersebut tidak ada bentuk pengarahan bagaimana cara memegang atau menggunakan pensil yg benar.Memberikan pemehaman pada anak tentang kegunaan dan cara penggunaan sangatlah perlu agar anak berhati hati saat sedang menggunakan pensil.Dan kelenturan pada jari memang perlu dilatih terus menerus agar gerak otot pada jari bisa berfungsi dgn semestinya.
Anak yg takut menangkap bola saat kegiatan ,menurut saya video tsb sudah sangat baik utk memberikan keberanian dan menghilangkan rasa takut dgn mengenalkan pada anak jenis2 bola yg dipergunakan.Sehingga anak merasa yakin aman utk melakukan kegiatan .

Kelebihan pada video tersebut : Guru sudah bagus dalam menyampaikan materi dan menstimulasi kepada anak
Kekurangan pada video tersebut : Seharusnya Guru menggunakan seragam olahraga dan tidak ada pembukaan atau pengenalan terlebih dahulu kepada anak

Tanggapan video 1
Anak belum mampu memegang pensil

Kekurangannya tidak semua sekolah mempunyai APE yg ada di video itu. Sehingga kita dapat mengakalinya dengan benda benda yang ada di sekitar kita yang memiliki pungsi yang sama seperti membuka dan menutup tutup botolatau bisa dengan kegiatan yang lebih sederhana seperti memeras kertas kertas atau merobek kertas menjadi potongan kecil kecil.

Kelebihannya adalah jenis kegiatan stimulasi yang di lakukan guru pada video cukup berpariatip dan cara penyampaiannya sederhana dan muda h di mengerti oleh anak.

Tanggapan video 2
Anak takut menangkap bola

Kekurangannya adalah sebaiknya kegiatan tersebut dilakukan dengan posisi melingkar (circle time).dan akan lebih menyenangkan apa bila kegiatan tersebut di iringi dengan lagu anak anak sehinga rasa takut anak tersebut teralihkan dengan adanya suara musik tersebut

Kelebihannya adalah cara guru berkomunikasi dengan anak membuat anak tersebut merasa nyaman memunculkan keinginan anak untuk melakukan kegiatan tersebut.

Dari video yg tadi saya liat anak blm bisa menangkap bola dan melempar bola bisa di latih lagi dan di beri stimulasi dengan mengganti bola yg lebih menarik atau bola yg lembut seperti bola mainan yg empuk sehingga anak dapat meraba, memegang dengan baik..

Dari vidio .menurut saya guru mengajarkan anak untuk menggerakkan otot-otot anak mlalui cara memegang pensil dengan cara mngajarkan anak menulis dan menggambar.untuk melatih fisik motorik anak bisa juga dilakukan dengan cara melompaat.berlari.dan bernyanyi..