0

Halo Bapak/Ibu pendidik PAUD, selamat datang pada forum diskusi “Seri Pengembangan Bahasa PAUD” Portal Guru Pintar Online (GPO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (FKIP) UT. Forum ini dikhususkan untuk sarana berdiskusi seputar video pembelajaran yang berhubungan dengan pengembangan bahasa Anak Usia Dini. Setelah melihat salah satu atau ketiga video yang disajikan, bagaimana pendapat Anda sebagai pendidik mengenai kasus yang ada pada video tersebut? 

Silahkan berdiskusi mengenai kasus dan solusi yang ditawarkan pada masing-masing video dengan mencantumkan judul video yang telah dilihat. Apakah Anda setuju dengan solusi yang ditawarkan? Apakah ada solusi lain yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran tersebut?

Answered question

Saya menonton Video Di link Guru Pintar Online tentang Perkembangan Bahasa AUD dengan Judul anak kesulitan menceritakan kembali cerita yang telah didengarnya.
menurut saya ada beberapa kelemahan dan kelebihan guru saat menyampaikan cerita diantaranya
kelemahan guru :
1. posisi duduk anak tidak proposional seharusnya duduk melingkar
2. tidak ada intonasi,ekspresi,body leanguage saat membacakan cerita
3. guru terlalu terburu buru saat membacakan cerita
4.tidak ada pesan moral yang terkandung dalam cerita,jadi pemilihan cerita kurang tepat
kelebihan guru :
1.menggunakan alat peraga berupa buku cerita
2.memberikan apresiasi terhadap anak yang menjawab pertanyaan meskipun salah

untuk merangsang perkembangan bahasa AUD didalam bercerita solusi yang dapat digunakan untuk kasus seperti dalam video tersebut adalah:

1. Sebelum memulai bercerita sebaiknya guru menyediakan APE yang menarik perhatian, sebagai penunjang dari cerita yang akan di sampaikan
2. Membuat kesepakatan dengan anak-anak sebelum menyampaikan cerita sekaligus anak-anak di beri penjelasan agar dapat menyimak dengan baik, karena akan bergatian bercerita dengan gurunya
3. Saat menyampaikan cerita, harusnya anak-anak dilibatkan dengan cara berdialog dengan sekali-kali bertanya kepada anak tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi cerita
4. Ekspresi, intonasi dan gerak tubuh guru juga dapat menunjang cerita menjadi lebih menarik bagi anak, dan lebih mudah untuk mengulang kembali isi cerita dengan bahasanya sendiri
5. Saat bercerita posisi guru harus dapat dilihat oleh semua anak, bisa berdiri ataupun duduk dengan posisi melingkar