3

Apa kabar Saudara? Selamat Datang di Ruang Diskusi Seri Pendidikan Seni di SD!
Pada kesempatan kali ini, marilah kita bersama-sama melihat dan mencermati salah satu topik yang diangkat dalam menu Laboratorium Pembelajaran, Microteaching pada Kumpulan Video Sub Seri Pendidikan Seni di SD yang berjudul ‘PENGENALAN TANDA BIRAMA”

Video yang sudah kita lihat merupakan salah satu trik seorang guru yang menjelaskan tanda birama tidak sekadar teori saja, melainkan praktek langsung seperti apa tanda birama tersebut dengan mencontohkannya pada sebuah lagu kupu-kupu dan Balonku. Pemberian contoh birama ini diharapkan agar peserta didik lebih paham tidak sekadar teori saja. Menurut Saudara, selain tepuk tangan yang dijadikan contoh pengenalan tanda birama, adakah cara lain yang bisa rekan guru lakukan untuk memberikan contoh pengenalan tanda birama bagi siswa ?

Mari tuangkan buah pikiran Saudara di forum ini agar kita semua dapat belajar bersama-sama. Pengalaman Saudara dalam Pembelajaran Seni di SD akan bermanfaat bagi kita semua.

Answered question

Assalamualaikum
Saya akan menanggapi dalam pembelajaran seni biasanya peserta didik akan diajarkan menyanyi baik not, tangga nada, solmisasi, harus tepat dengan not.
Peserta didik merasa bebas tanpa beban karena tidak berhubungan dengan mata pelajaran berhitung, menghafalkan akan senang.
Bila tidak ada iringan bisa memakai hitung angka, kaki diketuk-ketuk di lantai, bertepu tangan, menggunakan kayu,

Demikian tanggapan dari saya
DRAJAD SUKMANTO UTOMO NIM 530044978
Wassalamu’alaikum