15

Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Ditulis oleh: Sri Tatminingsih

Setelah melihat tayangan video tadi bagaimana tannggapan Anda sebagai guru AUD ? Anda sebagai guru tentu pernah mengalami hal seperti itu, mari kita diskusikan bersama :

1. Apa yang dapat Anda komentari kelebihan atau kekuranga dari pembelajaran tersebut ?

2. Mengapa anak-anak tidak antusias melakukan gerakan senam yang rutin mereka lakukan ?

3. Apakah Anda pernah menggabungkan gerakan senam dengan geraakan tari yang di iringi musik tradisional ?

4. Berikan contoh kasus pembelajaran yang pernah anda lakukan dengan menggabungkan tarian tradisional dari daerah masing-masing ?

Partisipasi Anda dalam diskusi ini sangat berarti. Terimakasih dan selamat belajar !

 

LINK VIDEO

Answered question

Mohon maaf sebelumnya, videonya dimana ya ?

1. Apa yang dapat Anda komentari kelebihan atau kekuranga dari pembelajaran tersebut ?

2. Mengapa anak-anak tidak antusias melakukan gerakan senam yang rutin mereka lakukan ?
Menurut saya karena anak anak merupakan makhluk yang unik, kreatif dan cerdas, anak anak akan mudah bosan karena hal demikian dilakukan secara berulang ulang, anak anak selalu ingin melakukan hal hal baru/bereksplorasi oleh karenanya menurut saya ini yang menyebabkan anak anak kurang antusias dalam mengikuti kegiatan senam yang biasa nya.

3. Apakah Anda pernah menggabungkan gerakan senam dengan geraakan tari yang di iringi musik tradisional ?
Belum pernah

4. Berikan contoh kasus pembelajaran yang pernah anda lakukan dengan menggabungkan tarian tradisional dari daerah masing-masing ?
Saat pembelajaran belum pernah saya melakukan hal demikian, tetapi pada saat kegiatan pensi akhir tahun, anak anak selalu mengikuti kegiatan berbagai tarian mulai dari tarian islami, tradisional ataupun modern.

Menurut saya senam yang sering di ajarkan kurang diminati oleh peserta didik yang berjenis kelamin laki-laki. Mungkin karena kebanyakan tema dari senam itu lingkungan dan diri sendiri, coba kalau temanya juga bervariasi seperti pekerjaan atau yang lainnya yang bisa menambah semangat untuk peserta didik laki-laki untuk mengikuti nya.

1. Apa yang dapat Anda komentari kelebihan atau kekurangan pembelajaran tersebut ?
Jawab:
Menurut saya pembelajaran tersebut memiliki kelebihan. Karena dapat mengenalkan kepada anak bagaimana saja gerakan tari tradisional baik melalui tarian tradisional secara langsung ataupun senam yang didalamnya di tambahkan gerakan tari tradisional.
Dimana anak-anak sangatlah antusias apabila di kenalkan pada gerakan – gerakan yang baru.

1.kelebihan gerakan senam yang di ajarkan anak anak sangat antusias dalam mengikuti gerakan ,anak tertarik untuk mengikuti gerakan ,anak sangat gembira saat meniru gerakan dengan di iringi musik
Kekurangan anak pertama kali melihat gerakan merasa kesulitan ,anak canggung dalam mengikuti gerakan.
3.di lembaga saya , pernah memberikan senam yang di iringi musik tradisional anak anak sebagian suka sebagian tidak mungkin anak punya selera musik sendiri sendiri jadi saya sebagai guru memberikan pemahaman kepada anak untuk melestarikan musik trdisional agar tidak tergantikan dengan musik modern.

1. Kelebihan menambah minat/antusias anak untuk melakukan kegiatan tersebut dan menambah wawasan anak tentang kesenian tradisional daerah.
Kekurangan: anak-anak kesulitan mengikuti gerakan karena senamnya tidak seperti yang biasa mereka lakukan. Musik sebagai iringan bisa lebih bervariatif supaya anak tertarik.
2. Karena senam yang biasa mereka lakukan sudah hafal gerakannya dan membuat anak bosan/ tidak antusias
3. Iya saya pernah melakukannya lagu gundul-gundul pacul
4. Saya pernah mengajak anak melakukan senam tradisional daerah . Yang pertama memilih gerakan yang mudah dan musik tradisional yang lebih variatif supaya anak lebih tertarik melakukannya.