0
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

1. Kelebihan video tersebut mengajar lebih teratur dari materi proses sampai praktek, siswa lebih memahami karena materi yang dijarkan teratur dan dihubungkan dengan kehidupan sehari hari.
Kekurangan video tersebut kurangnya kegiatan awal dan tidak melemparkan pertanyaan kepada siswa untuk menjawab, hampir semua pertanyaaan dijawab secara bersamaan sehingga tidak jelas apa yang mereka ucapkan. Tidak mengambil sampel makanan yang dibawa siawa untuk ditunjukkan didepan kelas, meskipun siswa tahu sampel makanannya, setidaknya dengan melihat objek secara langsung siswa lebih mengingat bakteri dan jamur pembuatnya tanpa harus langsung ditampilkan dipapan tulis.
2. Tentu saja, setiap guru dituntut untuk membuat RPP sebelum pembelajaran dimulai, karena dengan RPP pembelajaran lebih terarah dn efektif.
3. Sebelum memulai pelajaran saya akan melakukan kegiatan awal dengan berdo
Dan bertany kabar serta mengingat pelajaran yang berhubungan dengan materi pada hari itu. Kemudian saya kan menyampai materi yang tertera di papan tulis, dan sesekali melempar pertanyaan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan dengan mengacungkan jempol. Kemudian pada saat praktek saya akan memberikan LKS kepada siswa sehingga siswa bisa mengamati dan menganalisi praktek pembuatan kompos tersebut.
4. Bryan 1998 mengatakan pertanyaan pertanyaan akan memberitahu guru bahwa siswa siswanya dapat memahami dan memikirkan tentang apa g dikatakan guru.
Dontonio dan beisenherz 2001 mengatakan guru harus melengkapi diri dengan pertanyaan yang logis yang dapat mempertajam persepsi siswa, menyaring pemikiran mereka dan menghubungkan sesuatu yang diketahui dengan yang tidak diketahui.

Guru dalam video tersebut sudah mencoba merancang skenario pembelajaran yang baik dan menarik, khususnya dalam penggunaan power point sebagai media visual penampil materi. Namun, dalam hal metode perlu ditingkatkan kembali karena kurang variatif. Pembelajaran terfokus pada penjelasan guru sebagai satu-satunya sumber belajar.

Untuk itu diperlukan penyusunan RPP sebagai langkah awal Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Karena dalam RPP kita memperoleh acuan pengelolaan pembelajaran di kelas. Mulai dari identitas sekolah, konten pembelajaran, langkah prosedural hingga teknik evaluasi dan tindak lanjut setelah pembelajaran.

Sebagaimana yang disampaikan E. Kosasih (2014:144) RPP adalah rencana pembelajaran yang pengembangannya mengacu pada suatu KD tertentu di dalam kurikulum atau silabus. Hal serupa juga disampaikan Mulyasa (2007:183) terkait RPP yakni rencana penggambaran prosedur dan manajemen pengajaran untuk mencapai satu atau lebih KD yang ditetapkan dalam standar kompetensi dan dijabarkan dalam silabus.