- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Guru dalam video tersebut sudah mencoba merancang skenario pembelajaran yang baik dan menarik, khususnya dalam penggunaan power point sebagai media visual penampil materi. Namun, dalam hal metode perlu ditingkatkan kembali karena kurang variatif. Pembelajaran terfokus pada penjelasan guru sebagai satu-satunya sumber belajar.
Untuk itu diperlukan penyusunan RPP sebagai langkah awal Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Karena dalam RPP kita memperoleh acuan pengelolaan pembelajaran di kelas. Mulai dari identitas sekolah, konten pembelajaran, langkah prosedural hingga teknik evaluasi dan tindak lanjut setelah pembelajaran.
Sebagaimana yang disampaikan E. Kosasih (2014:144) RPP adalah rencana pembelajaran yang pengembangannya mengacu pada suatu KD tertentu di dalam kurikulum atau silabus. Hal serupa juga disampaikan Mulyasa (2007:183) terkait RPP yakni rencana penggambaran prosedur dan manajemen pengajaran untuk mencapai satu atau lebih KD yang ditetapkan dalam standar kompetensi dan dijabarkan dalam silabus.
Sumber Tanggapan :
Bismillah, Dari hasil analisis Video didapat hasil sebagai berikut ;
Nama : Ari Utami Nelyano
NIM : 015128329
PRODI : Pendidikan Fisika
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Jawaban
- Kelebihan guru dalam video pembelajaran adalah ;
Guru sudah mampu menyusun secara sistematis RPP sehingga pembelajarannya terarah dengan memiliki tujuan dan target yang jelas dalam pembelajaran, guru sudah mampu membangkitkan stimulus/motivasi siswa sehingga siswa sudah tidak sabar lagi menanyakan kegiatan selanjutnya. Guru sudah menggunakan Media ICT dalam pembelajaran dan dipadukan praktik langsung sehingga pembelajaran Nyata. Guru menguasai teori secara relevan sehingga mampu membuktikan dengan praktikum bersama siswa yang dilakukan, siswa sudah aktif membawa bahan praktik yang di suruh guru dalam pembelajaran, guru sudah mampu membimbing siswa dan menguasai kelas sehingga praktik berjalan lancar.
Kelemahan, Belum berdoa saat praktik, sehingga langsung ke tujuan materi, belum menjelaskan secara langsung tentang kaitan sikap dan akhlak mulia terhadap bahaya membuang sampah sembarangan.
- Pernah, saat pembelajaran tentang organisasi sel. Dalam kegiatan praktikum siswa begitu antusias dan semangat apabila ditampilkan alat peraga.
- Langkah yang akan saya lakukan adalah dengan menyampaikan tujuan dan manfaat kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Selanjutnya menyusun kelompok dan membuat LKPD siswa.
- Sadiman [2005:49] Media audio adalah media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang akan di sampaikan dengan bentuk lambang-lambang audit, mau itu berbentuk verbal atau dengan bentuk non-verbal. 2) Sudjana dan Rivai [2003 :129] Media audio merupakan media yang dapat di gunakan sebagai media pengajaran yang di dalamnya mengandung pesan di dalam bentuk audirif yang berguna untuk dapat merangsang pikiran, perhatian, perasaan, dan juga kemauan yang di miliki mahasiswa sehingga akan terjadi suatu proses belajar mengajar.
- Saya setuju dengan pendapat Ayyu Herliatin bahwa Langkah-langkah perbaikan yang perlu dilakukan adalah menyederhanakan tujuan pembelajaran menjadi satu tujuan saja dalam satu kali pembelajaran.
Saya setuju dengan pendapat Tri Gunarsih bahwa kelebihan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Guru melakukan proses pembelajaran secara runtut, guru melakukan apersepsi untuk menggali pengetahuan awal siswa, penggunaan video untuk menjelaskan tentang materi sangat tepat, guru juga menjelaskan langkah-langkah kerja secara jelas dalam kegiatan praktik.
Pembuatan RPP merupakan bagian penting dari persiapan mengajar, karena berfungsi sebagai pedoman bagi seorang guru untuk melaksanakan pembelajaran di kelas. Dengan demikian, pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif yang menginspirasi, menyenangkan, menantang, dan efisien. Memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dan memberikan ruang yang memadai bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan perkembangan bakat, minat, dan fisik serta psikologis siswa. Dengan RPP kita dapat melakukan pembelajaran yang berlangsung dikelas lebih sistematis, mempermudah analisis keberhasilan belajar siswa, memudahkan penyampaian materi, mengatur pola pembelajaran, sebagai bahan evaluasi pembelajaran sekaligus refleksi.
- Kelebihan guru yang terdapat dalam video pemanfaatan mikroorganisme yaitu penjelasan yang teratur dan terarah yang membuat siswa memahami materi yang disampaikan. Kekurangannya yaitu tidak menggunakan bahan-bahan yang dibawakan siswa hanya dijelaskan microba yang ada pada setiap bahan tersebut.
- Pernah, dengan membuat metode pembelajaran berupa video dan gambar yang dapat menarik perhatian siswa, dimana saya menjelaskan menarik sebuah benda, dimana pada saat kita menarik sebuah ada gaya yang diberikan. namun jika secara teori saja siswa tidak mengerti, dengan gambar dan video dapat membantu siswa untuk memahami materinya.
- Langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain : (1) menyederhanakan tujuan pembelajaran ,(2) Dengan memperbaiki metode pembelajaran ,strategi dan teknik pembelajarannya misalnya dengan memberikan apersepsi yang lebih menarik untuk menciptakan kondisi kelas yang antusias dan semangat melalui tanya jawab (3) ikut berperan dalam mengawasi siswa dalam kegiatan praktek (4) memberikan feedback /penilaian kepada siswa sebagai apresiasi terhadap tugas yang sudah dikerjakan dengan baik misalnya dengan memberikan applause/gerakan tangan dan antusias agar siswa dapat merasakan kehangatan dalam kegiatan di kelas (5) mengajak siswa dalam memberikan refleksi terhadap kegiatan praktek yang telah dilakukan beserta mengajak siswa dalam menarik kesimpulan (6) mengajak siswa untuk berbagi pengalaman mereka selama melakukan praktek dalam bentuk presentasi di depan kelas yang disertai tanggapan dari teman lain sebagai peserta .
- Robert F. Mager (1962) misalnya memberikan pengertian tujuan pembalajaran sebagai perilaku yang hendak kompetensi tertentu. Pengertian kedua dikemukakan oleh Edwar L. Dejnozka dan David E. Kapel (1981), juga Kemp (1977) yang memandang bahwa tujuan pembelajaran adalah suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan.
- Saya setuju dengan pendapat FITRIYANI bahwa Melakukan kegiatan pembelajaran dengan membuat materi melalui power point. Siswa lebih tertarik dengan media visual maupun audio visual dalam kegiatan pembelajaran.
- Kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut antara lain : menguasai materi dengan baik, melakukan penguasaan kelas dengan baik , dan menyampaikan penjelasan materi dengan baik .Kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut antara lain :Tidak melakukan apersepsi sebagai bagian pendahuluan untuk memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan berkaitan dengan materi dan tugas yang akan dikerjakan dan kurang dalam melakukan pengembangan kompetensi siswa dengan menstimulus rasa ingin tahu siswa dari kegiatan pembuatan kompos yang telah dilakukan melalui kegiatan presentasi kelompok.
- Saya pernah mengalami peristiwa semacam ini di mana harus menemukan karakter siswa dalam kelas yang pasif .
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut. Langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain : (1) menyederhanakan tujuan pembelajaran ,(2) Dengan memperbaiki metode pembelajaran ,strattegi dan teknik pembelajarannya misalnya dengan memberikan apersepsi yang lebih menarik untuk menciptakan kondisi kelas yang antusias dan semangat melalui tanya jawab (3) ikut berperan dalam mengawasi siswa dalam kegiatan praktek (4) memberikan feedback /penilaian kepada siswa sebagai apresiasi terhadap tugas yang sudah dikerjakan dengan baik misalnya dengan memberikan applause/gerakan tangan dan antusias agar siswa dapat merasakan kehangatan dalam kegiatan di kelas (5) mengajak siswa dalam memberikan refleksi terhadap kegiatan praktek yang telah dilakukan beserta mengajak siswa dalam menarik kesimpulan (6) mengajak siswa untuk berbagi pengalaman mereka selama melakukan praktek dalam bentuk presentasi di depan kelas yang disertai tanggapan dari teman lain sebagai peserta .
4.Teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut antara lain : Menurut Cole dan Chan (1994), sebagai substansi keilmuan, teori mengajar akan mengusung skema hirarkis ( a hierarchical schema for teaching). Tingkat tertinggi dari skema hirarkis mengajar adalah teori mengajar (teaching theory, kedua prinsip mengajar (teaching principles), kemudian metode mengajar (teaching method), dan hirarki yang keempat adalah strategi, prosedur dan teknik mengajar (strategy, procedure, and techniques of teaching).dan yang kedua
Teaching as organizing students activity. Teori mengajar ini menyatakan bahwa mengajar pada dasarnya mengorganisasikan kegiatan siswa, dengan demikian fokus kegiatannya adalah bagaimana mengorganisasikan agar siswa melakukan serangkaian aktivitas yang melahirkan pengalaman belajar. Dalam teori ini, mengajar dipandang sebagai proses supervisi dengan sejumlah teknik tertentu sehingga siswa dapat belajar. Ramsden (1992:111 ) menyebutnya sebagai : “…a supervise process involving the articulation of techniques designed to ensure that student learn.”
5. Tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini adalah Saya sependapat dengan apa yang disampaikan oleh Ibu Marwati bahwa memang tidak mudah untuk melakukan 2 jenis kegiatan pembelajaran sekaligus apalagi dengan disertai melakukan praktik langsung cara pembuatan kompos dalam satu kali pertemuan. Selain itu juga, saya sependapat dengan pendapat Tri Gunarsih bahwa kelebihan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Guru melakukan proses pembelajaran secara runtut dari penggunaan video untuk menjelaskan tentang materi sangat tepat, guru juga menjelaskan langkah-langkah kerja secara jelas dalam kegiatan praktik.
- Pada Video tersebut Guru sudah mampu merancang dan mendesain model pembelajaran dengan baik dengan menggunakan media pembelajaran yang ada. Kekurangan Guru pada kegiatan pembelajaran tersebut nampak Guru sangat mendominasi dalam proses pembelajaran.
- Belum pernah karena pada proses belajar saya selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dan kita menjadi fasilitator saja.
- Langkah yang akan saya lakukan adalah dengan menyampaikan maksud dan tujuan serta manfaat kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Selanjutnya melakukan langkah-langkah seperti dalam video tersebut karena sudah cukup baik kemudian membuat kelompok dan membagikan Lembar Kerja siswa dalam panduan praktek.
- 1) Dontonio dan beisenherz 2001 mengatakan guru harus melengkapi diri dengan pertanyaan yang logis yang dapat mempertajam persepsi siswa, menyaring pemikiran mereka dan menghubungkan sesuatu yang diketahui dengan yang tidak diketahui. 2) Sudjana dan Rivai [2003 :129] Media audio merupakan media yang dapat di gunakan sebagai media pengajaran yang di dalamnya mengandung pesan di dalam bentuk audirif yang berguna untuk dapat merangsang pikiran, perhatian, perasaan, dan juga kemauan yang di miliki mahasiswa sehingga akan terjadi suatu proses belajar mengajar.
- 1) Saya setuju dengan pendapat Ayyu Herliatin bahwa Langkah-langkah perbaikan yang perlu dilakukan adalah menyederhanakan tujuan pembelajaran menjadi satu tujuan saja dalam satu kali pembelajaran. 2) Saya setuju dengan pendapat FITRIYANI bahwa Melakukan kegiatan pembelajaran dengan membuat materi melalui power point. Siswa lebih tertarik dengan media visual maupun audio visual dalam kegiatan pembelajaran.
1. Kelebihan video tersebut mengajar lebih teratur dari materi proses sampai praktek, siswa lebih memahami karena materi yang dijarkan teratur dan dihubungkan dengan kehidupan sehari hari.
Kekurangan video tersebut kurangnya kegiatan awal dan tidak melemparkan pertanyaan kepada siswa untuk menjawab, hampir semua pertanyaaan dijawab secara bersamaan sehingga tidak jelas apa yang mereka ucapkan. Tidak mengambil sampel makanan yang dibawa siawa untuk ditunjukkan didepan kelas, meskipun siswa tahu sampel makanannya, setidaknya dengan melihat objek secara langsung siswa lebih mengingat bakteri dan jamur pembuatnya tanpa harus langsung ditampilkan dipapan tulis.
2. Tentu saja, setiap guru dituntut untuk membuat RPP sebelum pembelajaran dimulai, karena dengan RPP pembelajaran lebih terarah dn efektif.
3. Sebelum memulai pelajaran saya akan melakukan kegiatan awal dengan berdo
Dan bertany kabar serta mengingat pelajaran yang berhubungan dengan materi pada hari itu. Kemudian saya kan menyampai materi yang tertera di papan tulis, dan sesekali melempar pertanyaan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan dengan mengacungkan jempol. Kemudian pada saat praktek saya akan memberikan LKS kepada siswa sehingga siswa bisa mengamati dan menganalisi praktek pembuatan kompos tersebut.
4. Bryan 1998 mengatakan pertanyaan pertanyaan akan memberitahu guru bahwa siswa siswanya dapat memahami dan memikirkan tentang apa g dikatakan guru.
Dontonio dan beisenherz 2001 mengatakan guru harus melengkapi diri dengan pertanyaan yang logis yang dapat mempertajam persepsi siswa, menyaring pemikiran mereka dan menghubungkan sesuatu yang diketahui dengan yang tidak diketahui.