0

Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/puzzle-organ-sel-temukan-dan-satukan

Sinopsis:

Program video berisi pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Di awal, program menunjukkan siswa-siswa yang tampak mengalami kesulitan mempelajari Organel Sel yang membutuhkan kemampuan daya ingat yang tinggi. Solusinya adalah menunjukkan contoh penggunaan alat bantu sederhana berupa Puzzle Organel Sel. Dalam pembelajaran, siswa menyusun puzzle sehingga terbentuk gambar utuh organel sel, kemudian mendiskusikan karakteristik organel tersebut. Pada pertemuan selanjutnya, siswa mempresentasikan hasil temuannya di depan kelas. Strategi ini melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran materi Organel Sel dan diharapkan pengalaman siswa tersebut membantu siswa untuk mengingat pelajaran yang membutuhkan kemampuan daya ingat tinggi, seperti Organel Sel.

Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

Rismawati
NIM : 530050799

1. Kelebihan guru dalam video adalah belajar pada penampilan video pertama, pada video yang kedua guru terlihat sudah siap dalam perencanaan pembelajaran, metode pembelajaran dan media pembelajaran / alat peraga yang digunakan sudah dengan baik dipersiapkan oleh guru.
kelemahan guru dalam video adalah guru kurang dalam melakukan apersepsi dan mengaitkan materi pembelajaran pada kehidupan sehari-hari siswa. Dengan melakukan apersepsi yang baik, guru dapat dapat dengan mudah memotivasi siswa untuk belajar.
2. saya pernah mengalami peristiwa yang sama dengan guru model pada video seperti misalnya dalam pembelajaran IPA dengan materi yang sederhana saja seperti mengenal medan magnet. Tanpa kegiatan demonstrasi siswa akan kesulitan mengingat bagaimana medan magnet, tapi dengan mempraktekkan langsung siswa faham dan ingat akan materi medan magnet.
3. Langkah-langkah perbaikan yang dilakukan :
– mempersiapkan Rencana Pembelajaran
-menggunakan metode pembelajaran dengan pendekatan student center,guru hanya sebagai fasilitator dan mempersiapkan media atau alat peraga yang sesuai dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran
4. Menurut Heinich(1993), media merupakan alat saluran komunikasi. Heinnich mencontohkan salah satu media yaitu bahan bercetak yang bisa dipertimbangkan sebagai media pembelajaran jika membawa pesan-pesan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Heinnich juga mengaitkan hubungan antara media dengan pesan dan metode .