Silakan menyaksikan video berikut ini: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/practices-make-perfect
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Penggalan pertama video ini menayangkan seorang guru yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan beberapa kosa kata yang berhubungan dengan fruit dan vegetable. Akibatnya guru tersebut salah dalam mengucapkan kata-kata tersebut. Dalam penggalan berikutnya dari video ini ditayangkan bagaimana guru menyiapkan diri sebelum mengajar dengan berlatih cara pengucapan. Selain itu, diberikan pula cara lain mengajarkan pengucapan kosa kata seperti dengan rekaman suara native speaker atau penayangan audio visual.
Selanjutnya, berikanlah tanggapan Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Dear Intan,
benar sekali, menurut saya sebagai seorang guru tidak mesti harus perfectionist dalam semua materi, tetapi seperti pepatah guru lebih pintar karena belajar 1 jam lebih awal dari siswanya, jadi selalu persiapkan diri dengan matang sebelum mengajar ,terutama pronunciation yang merupakan hal yang fatal jika seorang guru salah ucap di depan siswanya.
terima kasih

bear, saya sepedapat dengan anda. menurut saya seoranng guru tidk harus perfect dalam semua mata peajaran, namun alangkah lebih baik kita sebagai seorang guru, seharus nya lebihmeguasai mata pelajaran tsb daripada siswa nya .
terima kasih

Nama : Larasati Wibowo
NIM : 040245651
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan :
• Di dalam video ini, mengajarkan tentgang bagaimana seorang guru mempersiapkan diri dengan baik terlebih dahulu sebelum memulai proses pembelajaran.
• Dan juga ditampilkan bagaimana seorang guru dapat memanfaatkan sebuah rekaman audio visual maupun video dari seorang penutur dalam pengucapan kosa kata dengan benar.
Kekurangan :
• Guru tidak memulai pembelajaran dengan do’a terlebih dahulu.
• Guru salah dalam pngucapan beberapa kosa kata seperti : ginger, mushroom, spinach, and onion.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Belum pernah.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
• Memulai pembelajaran dengan do’a terlebih dahulu
• Sebelum membawakan sebuah materi di depan kelas sebaiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu.
• Melatih siswa untuk lebih sering mrngrmbangkan kemampuan pronunciation nya ketika disekolah , maupun memberikan tugas intuk berlatih juga dirumah.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar .
Menurut Ur (1996: 52), Tujuan pemebelajaran pronunciation adalah agar peserta didik mampu mengucapkan sebuah kataseperti aksen seorang native.

NAMA : TRI ANITA
NIM : 530062761
Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, menurut saya:
Kelebihan guru saat pembelajaran dalam video tersebut adalah dalam memulai pembelajaran guru sudah berusaha untuk memperhatikan peserta didik dengan menyapanya, menanyakan kabar, dan menyampaikan tujuan pembelajaran; guru juga sudah memanfaatkan fasilitas di sekolah secara maksimal yaitu dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di laboratorium bahasa sehingga dalam pembelajaran bahasa inggris dapat dengan menggunakan media audio visual.
Sedangkan kelemahan guru saat pembelajaran dalam video tersebut pada saat akan memulai pembelajaran, guru tidak mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu; guru juga terlihat kurang persiapan dalam menyampaikan materi, hal ini tampak saat guru salah dalam pengucapan beberapa kosakata dalam bahasa inggris.
Saya belum pernah mengalami hal seperti dalam video pemelajaran tersebut. Mata pelajaran bahasa inggris di sekolah saya hanya untuk kelas tinggi saja. Kelas rendah belum ada pelajaran bahasa inggris. Pada kelas tinggi, pelajaran bahasa inggris juga hanya sebagai tambahan pada mulok, tidak masuk dalam mata pelajaran wajib. Sekolah juga belum dilengkapi laboratorium bahasa.
Jika saya telah mengalami banyak kekurangan pada saat pembelajaran, maka saya akan berusaha memperbaiki pembelajaran yang saya lakukan. Langkah yang saya lakukan pada kegiatan awal yaitu selalu mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu, menanyakan kabar, presensi, apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Agar pada kegiatan inti dapat berjalan dengan lancar, maka saya akan menyiapkan media dan materi sebelum pembelajaran. Di akhir pembelajaran, saya selalu mengadakan evaluasi untuk melihat sejauh mana siswa dalam menerima materi pembelajaran dan mengajak siswa untuk membuat kesimpulan dari kegiatan pembelajaran.
Teori yang menjadi dasar langkah-langkah perbaikan pembelajaran adalah:
Teori Behaviorisme
Teori pembelajaran yang diperkenalkan oleh Ivan Pavlov dan dikembangkan oleh Thorndike dan Skinner, dianggap sebagai pembelajaran yang berkaitan dengan perubahan tingkah laku. Teori ini lebih menekankan pada proses pemberian stimulus dan respon rutinitas yang dilakukan oleh siswa. Manipulasi Lingkungan sangat diperlukan dalam teori ini agar tercipta perubahan tingkah laku yang diinginkan. Dalam teori ini, yang terpenting adalah guru harus mampu mengatasi siswa dan Lingkungan yang dapat dipahami. Tuntutan dari teori ini merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas agar mudah didapat dan dipahami. Secara keseluruhan memang teori pembelajaran menyatakan bahwa pembelajaran akan mempengaruhi pembelajaran atau tingkah laku pelajar.
Nama : Dina Afrina Sitompul
NIM : 018382014
- Kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut :
a. Guru menyediakan media pembelajaran berupa video maupun audio native speaker yg langsung mengucapkan kata kata tersebut.
b. Guru melakukan persiapan dengan cara mendengarkan diri sendiri di depan cermin.
Kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut :
a. Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan, langsumg meminta kepada siswa utk membuka bukunya sehinggga suasana kelas kelihatan tegang.
b. Guru terlihat kaku pada saat mengajar sehingga suasana kelas pun jadi tegang.
c. Grammar guru masih kurang terdengar jelas pada saat berbicara seharusnya pak guru mengatakan “her” bukan “him”.
d. Guru tidak melakukan kegiatan penutup.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini: Pernah. Itu terjadi ketika saya tidak mempersiapkan materi belajar dengan baik dimana ada kata yg masih baru saya dengar dan pengucapannya juga susah. Karena tidak yakin, saya meminta anak anak untuk bersama sama membuka kamus mereka baik manual maupun elektronik, mendengarkan dan memastikan bagaimana pronounciationnya yang sebenarnya.
3.Apabila saya akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang saya temukan pada video tersebut, langkah-langkahnya dengan jelas:
-Menyapa para siswa diawal pelajaran, melakukan kegiatan pembuka, sebelum mengajar, coba untuk membuka kamus elektronik dr hp dan alat alat tekhnologi yg sudah semakin canggih sekarang ini dan dengarkan cara pengucapannya baik baik dan mengucapkan kata kata tersebut dengan melatih di depan cermin sehingga pada waktu mengajar tidak mengalami kesulitan, dan membuat suasana kelas relax sehingga anak anak merasa nyaman untuk belajar.
-Meminta siswa untuk untuk ikut mengucapkan kata kata tersebut tidak hanya mendengarkan saja.
4.Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
a. Richards : Dalam pengajaran pengucapan, perkembangan siswa kurang memuaskan, disinilah peran guru untuk membentuk pengucapan siswa secara alami, dan juga menyadari bahwa pengucapan yg tepat itu sangat penting.
b. Purcell dan Suter : Guru yg kurang terlalu menekankan pentingnya pengucapan di kelas, faktor minat siswa yg inisiatif untuk memperbaiki pengucapannya secara mandiri, dan kurangnya pengetahuan pengajar terhadap kemungkinan kesalahan pelajar yang berasal dari bahasa aslinya.
JAWABAN
Jawaban Nomor 1
A. Kelebihan Guru dari video tersebut adalah
1. Guru memberikan materi dengan menghadirkan penutur asli (Native Speaker) berupa audio yang didengar oleh siswa
2. Guru mempersiapkan audio pendengar kepada masing-masing siswa sehingga siswa mendengar secara langsung melalui audio pendeñgar
B. Kelemahan Guru dari video tersebut adalah
1. Guru dalam memberikan materi terdapat kesalahan pengucapan kata
2. Guru belum mempersiapkan dengan baik sehingga salah dalam pengucapannya (bunyinya)
Jawaban Nomor 2
Saya pernah mengalami kesalahan seperti dalam video tersebut tetapi saya menghindarinya dengan menghadirkan penutur asli bahasa, selain itu saya juga menanyakan langsung kepada penutur asli jika terjadi kesalahan tersebut.
Jawaban Nomor 3
Dari video tersebut, seorang guru sudah mengikuti beberapa aturan pembelajaran, tetapi harus ditambahkan pembelajaran yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyimpulkan pembelajaran supaya siswa mengetahui maksud pembelajaran tersebut.
Jawaban Nomor 4
1. Menurut DEMAR HAMALIK, pembelajaran merupakan kombinasi yang tertata meliputi segala unsur manusiawi, pelengkapan, fasilitas, prosedur yang saling nempengaruhi dalam mencapai tujuan dari pembelajaran.
Beliau mengemukakan tiga rumusan yang dianggap penting
– pembelajaran merupan upaya dalam mengorganisasi lingkungan pendidikan untuk mencapai situasi dan kondisi belajar bagi aiswa
– pembelajaran merupakan upaya penting dalam mempersiapkan siswa untuk menjadi warga masyarakat yang baik dan diharapkan
– pembelajaran merupakan proses dalam membantu siswa untuk menghadapi kehidupan atau terjun di lingkungan masyarakat
2. Menurut DIMYATI dan MUDJIONO, pembelajaran merupakan kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.
Jawaban Nomor 5
Menurut I WAYAN MADIARTA kesalahan dalam pronunciation di depan siswa adalah hal yang fatal, tetapi menurut saya hal itu tidak fatal karena pronunciation itu terjadi membutuhkan proses dan membutuhkan waktu. (Ingat pronunciation itu bukan sekaligus menjadi bagus dalam berbicara)
Terima kasih
Salam
Dear Tutor and friends ,
sarana dan prasana yang tersedia di lab bahasa yang di pakai guru sudah sangat memadai disertai dengan head projector semestinya kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung dengan baik dan tepat sasaran. hanya disini mungkin karena kurang latihan atau terpengaruh dengan dialek lokal sehingga bapak guru terpeleset menyebutkan beberapa vegetables. langkah yang dilakukan sudah tepat dan mengarah kepada tujuan pembelajaran, untunglah ada tape recorder dan video yang bisa dipakai memperbaiki pronunciation nya yg salah.
salah pernah mengalami hal ini saat mengajar, seingat saya dalam pengucapan kata Little saya tidak sengaja spell Li’el ( ujung lidah di langit-langit ) metode ini saya dapat dari guru English di SMK dulu, murid bingung dan menanyakan apa yg saya bilang, kemudian kita buat kesepakatan bahwa memang ada 2 cara mengucapkan kata tersebut.
Langkah perbaikan seharusnya memang guru harus mendengarkan dahulu isi video dan rekaman tape nya biar tidak menyimpang dari cara melafalkan sesuai native speakernya, dan hal ini akan berakibat fatal pada saat pembelajaran berlangsung.
pendapat beberapa fakar yang saya ketahui berhubungan dengan materi yaitu UR ( 1996:52) Tujuan pembelajaran pronunciation adalah agar peserta didik mampu mengucapkan sebuah kata seperti aksen seorang native dan Herbert menyatakan seringnya guru mengabaikan pentingnya pengucapan dalam setiap pengajaran bahasa dapat mengakibatkan kesalahan tersebut berkembang secara luas sehingga tidak membentuk pengucapan yang sebagaimana mestinya.
Hormat saya
I Wayan Madiarta
030310468

Dalam pengajaran pengucapan atau pronounciationmaka seorang pengajar harus memperhatikan peran guru terhadap siswa, pendekatan pengajaran, pendektan apa yg cocok dan sesuai dengan gaya belajar siswa serta penekanan pada aspek aspek pengucapan. Denhan demikian, pengajaran bisa berhasil jika kesemua hal tersebut diatas dijalankan sesuai kaidah teori teori yg ada.

Dear Ibu I WAYAN MADIARTA.
Mengutip pendapat pribadi ibu dalam kalimat :
’’Langkah perbaikan seharusnya memang guru harus mendengarkan dahulu isi video dan rekaman tape nya biar tidak menyimpang dari cara melafalkan sesuai native speakernya, dan hal ini akan berakibat fatal pada saat pembelajaran berlangsung.’’
Seorang guru tidak hanya di haruskan atau diwajibkan mendengarkan terlebih dahulu isi video dan rekaman yang sengaja disiapkan untuk media pembelajaran dalam penyampaian materi kepada siswa, tetapi juga guru harus berlatih dalam pelafalan setiap kata atau kalimat yang ingin disampaikan. Agar apa yang disampaikan oleh guru bisa tersampaikan dengan baik tanpa ada kekeliruan.
Terimakasih 🙂
Nama: Agung Bahrodi
NIM: 030494776
1. Kelebihan dan kelemahan
Kelebihan
- Guru membuka kelas dan menanyakan kabar siswa
- Guru memastikan kesiapan siswa dengan menanyakan “have you got page 51?”
- Memaksimalkan penggunaan buku dan didukung dengan media lain seperti audio dan visual
- Guru sadar akan kelemahannya terhadap pronunciation dan mengantisipasinya dengan menambahkan media audio visual
Kelmahan
- Kurangnya persiapan sehingga mengakibatkan guru memiliki kesalahan dalam pelafalan
- Posisi guru tidak menjangkau seluruh siswa
- Ketika guru mengajak siswa untuk mendengarkan dan mengulangi pelafalan saat mendengarkan audio, siswa hanya mendengarkan dan tidak mengulangi pelafalan. Hal itu menunjukkan bahwa kemungkinan siswa tidak mengerti apa yang dimaksud oleh guru
- Guru tidak menggunakan variasi dalam mengajar yang mengakibatkan siswa tampak kurang bersemangat
2. Belum pernah
3. Langkah-langkah memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan pada video tersebut:
- Mempersiapkan diri dengan matang meliputi penguasaan materi dan pelafalan
- Melakukan pembukaan yang baik sehingga siswa mengerti tentang materi yang akan mereka pelajari dan semangat dalam melaksanakan proses belajar
- Tidak hanya diam di satu tempat saja, terkadang berkeliling sehingga bisa menjangkau seluruh siswa
- Menyediakan video yang lebih menarik
- Ketika siswa belum mengerti tentang instruksi dari guru, perlu adanya pengulangan yang tepat sehingga instruksi dapat dipahami oleh siswa dan dilaksanakan
- Memberikan variasi dalam belajar supaya siswa tampak lebih bersemangat
- Membuka sesi tanya jawab
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempraktikan pelafalan sehingga guru bisa menilai sejauh mana pemahaman siswa tentang materi yang diberikan
- Melakukan kegiatan penutup
4. Menurut Herbert, ketika guru sering mengabaikan pentingnya pelafalan yang baik, kesalahan pelafalan akan diikuti oleh siswa dan adanya kemungkinan tersebar sehingga membentuk suatu kebenaran yang sebenarnya salah.
Menurut Franscy, tiga tahap meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris adalah receive speaking, productive speaking, dan descriptive speaking.

Dear Agung,
sangat setuju, di dalam mengajar biarpun fasilitas minim tetapi jika kita bisa me manage dengan bagus media yang ada dan bisa melakukan variasi dalam pembelajaran maka kekurangan kita akan tertutupi dengan strategi yang kita kelola dan kembangkan di dalam kelas.
terima kasih
I wayan madiarta 030310468
Nama : Wulandari
Nim: 030864395
tanggapan saya mengenai video diatas
1.kelebihan guru
- guru sudah membuka pembelajaran dengan mengucapkan good morning
- guru sudah mempersiapkan media pembelajaran untuk pronounciation yang tepat yaitu menggunakan media audio dan video
- guru yang awalnya salah pengucapan di video pertama berusaha memperbaiki pengucapan dengan melatih kembali di depan cermin pada video ke-2
kekurangan guru
- guru tidak mengabsensi siswa dan memulai pembelajaran dengan do’a, dan tidak membiasakan untuk menanyakan bertanya balik kepada guru tsb
- guru kurang melatih pengucapan terlihat dalam video ke 2 masih kaku dalam pengucapan beberapa kata
- guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran hari itu dengan jelas
- pada video ke-2 guru menyampaikan menyiapkan sebuah kaset yang akan disampaikan oleh seorang wanita tapi menggunakan kata ganti pria ( him), disini terlihat bahwa guru sendiri belum menguasai bahasa inggris dengan baik, bagaimana untuk mengajarkan muridnya dengan lebih baik.
- pada video juga guru menjelaskan kepada siswa untuk mengulangi pengucapan tetapi tidak ada sama sekali siswa yang mengulangi pengucapan tsb, antara siswa mengerti atau tidak akan perintah guru tersebut.
- seharusnya inti dari pembelajaran tersebut sesuai dengan judulnya “practices make perfect ” yang terlihat kurang practice baik dari guru maupun siswa selama di dalam ruangan tsb
- saya setuju dengan beberapa pendapat lainnya bahwa untuk belajar pronounciation akan lebih baik menggunakan video dari native speaker agar lebih tepat dalam prakteknya, bisa menggunakan bbc learn english.
- guru kurang menggunakan variasi dalam pembelajaran sehingga suasana kelas kurang bersemangat.
2. saya pernah salah juga dalam pengucapan beberapa kata selama di kelas, tapi langsung merevisinya dan mengevaluasi diri setelah pembelajaran karena saya rasa saya terlalu cepat/terburu-buru dalam mengucapkan kata-kata, memperbaikinya di pertemuan selanjutnya.
3.langkah perbaikan
guru harus lebih dulu mempersiapkan diri di rumah belajar pengucapan kembali sebelum memulai pembelajaran hari ini, lebih mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran.
tahapan pembuka
- guru menyapa siswa dan menanyakan kabar siswa, guru memastikan siswa merespon balik
- guru memulai pembelajaran dengan do’a
- guru mengabsensi siswa
- guru menanyakan tentang pembelajaran sebelumnya
- guru menyebutkan tujuan pembelajaran dihari itu
- sebelum mulai tanyakan apakah siswa sudah siap untuk belajar hari ini
isi
- untuk meningkatkan semangat siswa dan membuat siswa memperhatikan pembelajaran guru memulai dengan senam mulut yang lucu ( dikarenakan hari ini akan belajar pengucapan maka bisa dimulai dengan sedikit tertawa di awal) pronounciation memerlukan totalitas dalam prakteknya
- guru mulai meyampaikan materi melalui media yang disediakan (audio,video, gambar) 1 kata langsung praktek, melatih pengucapan harus lebih banyak praktek.
- lalu buat grup untuk melatih pengucapan siswa, masing-masing ketua bertanggung jawab terhadap grupnya dan memastikan bahwa tiap anggota mampu mengucapkan kata dengan baik(sesuai materi di video)
- misalkan dalam 1 kelompok ada 4 orang secara bergantian maju untuk menguji kemampuan pengucapan teamnya dengan catatan guru yang menentukan gambar sayuran mana yang harus disebutkan pelafalannya untuk team
- ingat untuk memuji keberhasilan murid untuk membuat mereka bersemangat dalam belajar.
- guru mengawasi dan memastikan bahwa pengucapan benar jika salah segera di revisi.
penutup
- guru mengulang kembali pronounciation untuk yang terakhir kali kepada seluruh kelas, mengulangi setelah guru mengucapkan.
- meananyakan beberapa murid apa inti pembelajaran hari itu
- menegaskan kembali dengan menyampaikan rangkuman pembelajaran hari itu
- menyampaikan kisi-kiri pembelajaran di pertemuan selanjutnya.
- menutup pembelajaran dengan do’a dan salam.
4. teori pakar
- Menurut Ur (1996: 52), Tujuanpemebelajaran pronunciation adalah agar peserta didik mampu mengucapkan sebuah kata seperti aksen seorang native
- Bahkan aspek-aspek penting dalam pembelajaran bahasa seperti kerjasama, keikutsertaan, pengulangan, serta pengingatan (Tellefson, 2002) ada semua pada teknik sulih suara ini.
Nama : Intan Mutiara T
Nim : 031238289
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan:
Guru tersebut memperhatikan poin poin memulai pembelajaran dengan baik seperti menyapa, memberikan penjelasan tujuan pembelajaran.
Guru tersebut memanfaatkan fasilitas yang mendukung pembelajaran dengan baik yakni lab. Bahasa, penggunaan media audio, alat pendukung listening headphone, tape, serta visual untuk memfokuskan para murid dalam materi pembelajaran.
Kekurangan:
Pada awal pembelajaran guru tersebut tidak mempersiapkan materi dengan baik sehingga terdapat keekliruan pengucapan/ pronounciation.
Video yang disajikan kurang menarik dan tidak begitu jelas jika ditujukan untuk melatih pronounciation.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Belum pernah.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Pada tahapan awal pembelajaran sudah cukup bagus, mungkin jika itu saya, maka akan memperbaiki dalam hal, mempersiapkan materi dengan matang, mengecek pronounciation kata-kata yang sekiranya mungkin akan keliru pengucapannya, menyiapkan bahan ajar audio berkenaan dengan pronounciaton vegetables, mencari bahan ajar audio visual yang menarik dan jelas sebagai media yang mempermudah para murid dalam memahami materi, misalnya video dari native speaker yang menyebutkan nama-nama sayuran disertai gambar-gambar sayuran dan tulisannya, kemudian diakhir pembelajaran terdapat pertanyaan pada beberapa siswa untuk membacakan/menyebutkan nama-nama sayuran yang telah dipelajari dengan pengucapan yang baik dan benar. Bias juga dengan menerapkan tiga tahapan kompetensi berbicara, dalam pengajaran.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Berikut pendapat para pakar yang mendukung terhadap perbaikan yang telah saya papakarkan diatas menurut Herbert seringnya guru mengabaikan pentingnya pengucapan dalam setiap pengajaran bahasa, yang mengakibatkan kesalahan tersebut berkembang secara luas, sehingga tidak membentuk pengucapan yang sebagaimana mestinya.
Menurut Franscy dalam blognya yang berjudul “Pengajaran Pengucapan Dan Pengajaran Berbicara” (2016) Ada tiga tahap perkembangan kompetensi berbicara peserta didik dalam bahasa inggris yang bisa diterapkan oleh peserta didik, antara lain: receive speaking, productive speaking, dan descriptive speaking.
terimakasih, mohon maaf apabila ada kesalahan.