Silakan menyaksikan video berikut ini: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/practices-make-perfect
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Penggalan pertama video ini menayangkan seorang guru yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan beberapa kosa kata yang berhubungan dengan fruit dan vegetable. Akibatnya guru tersebut salah dalam mengucapkan kata-kata tersebut. Dalam penggalan berikutnya dari video ini ditayangkan bagaimana guru menyiapkan diri sebelum mengajar dengan berlatih cara pengucapan. Selain itu, diberikan pula cara lain mengajarkan pengucapan kosa kata seperti dengan rekaman suara native speaker atau penayangan audio visual.
Selanjutnya, berikanlah tanggapan Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Dear Intan,
benar sekali, menurut saya sebagai seorang guru tidak mesti harus perfectionist dalam semua materi, tetapi seperti pepatah guru lebih pintar karena belajar 1 jam lebih awal dari siswanya, jadi selalu persiapkan diri dengan matang sebelum mengajar ,terutama pronunciation yang merupakan hal yang fatal jika seorang guru salah ucap di depan siswanya.
terima kasih

bear, saya sepedapat dengan anda. menurut saya seoranng guru tidk harus perfect dalam semua mata peajaran, namun alangkah lebih baik kita sebagai seorang guru, seharus nya lebihmeguasai mata pelajaran tsb daripada siswa nya .
terima kasih

Nama : Larasati Wibowo
NIM : 040245651
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan :
• Di dalam video ini, mengajarkan tentgang bagaimana seorang guru mempersiapkan diri dengan baik terlebih dahulu sebelum memulai proses pembelajaran.
• Dan juga ditampilkan bagaimana seorang guru dapat memanfaatkan sebuah rekaman audio visual maupun video dari seorang penutur dalam pengucapan kosa kata dengan benar.
Kekurangan :
• Guru tidak memulai pembelajaran dengan do’a terlebih dahulu.
• Guru salah dalam pngucapan beberapa kosa kata seperti : ginger, mushroom, spinach, and onion.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Belum pernah.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
• Memulai pembelajaran dengan do’a terlebih dahulu
• Sebelum membawakan sebuah materi di depan kelas sebaiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu.
• Melatih siswa untuk lebih sering mrngrmbangkan kemampuan pronunciation nya ketika disekolah , maupun memberikan tugas intuk berlatih juga dirumah.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar .
Menurut Ur (1996: 52), Tujuan pemebelajaran pronunciation adalah agar peserta didik mampu mengucapkan sebuah kataseperti aksen seorang native.

NAMA : TRI ANITA
NIM : 530062761
Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, menurut saya:
Kelebihan guru saat pembelajaran dalam video tersebut adalah dalam memulai pembelajaran guru sudah berusaha untuk memperhatikan peserta didik dengan menyapanya, menanyakan kabar, dan menyampaikan tujuan pembelajaran; guru juga sudah memanfaatkan fasilitas di sekolah secara maksimal yaitu dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di laboratorium bahasa sehingga dalam pembelajaran bahasa inggris dapat dengan menggunakan media audio visual.
Sedangkan kelemahan guru saat pembelajaran dalam video tersebut pada saat akan memulai pembelajaran, guru tidak mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu; guru juga terlihat kurang persiapan dalam menyampaikan materi, hal ini tampak saat guru salah dalam pengucapan beberapa kosakata dalam bahasa inggris.
Saya belum pernah mengalami hal seperti dalam video pemelajaran tersebut. Mata pelajaran bahasa inggris di sekolah saya hanya untuk kelas tinggi saja. Kelas rendah belum ada pelajaran bahasa inggris. Pada kelas tinggi, pelajaran bahasa inggris juga hanya sebagai tambahan pada mulok, tidak masuk dalam mata pelajaran wajib. Sekolah juga belum dilengkapi laboratorium bahasa.
Jika saya telah mengalami banyak kekurangan pada saat pembelajaran, maka saya akan berusaha memperbaiki pembelajaran yang saya lakukan. Langkah yang saya lakukan pada kegiatan awal yaitu selalu mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu, menanyakan kabar, presensi, apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Agar pada kegiatan inti dapat berjalan dengan lancar, maka saya akan menyiapkan media dan materi sebelum pembelajaran. Di akhir pembelajaran, saya selalu mengadakan evaluasi untuk melihat sejauh mana siswa dalam menerima materi pembelajaran dan mengajak siswa untuk membuat kesimpulan dari kegiatan pembelajaran.
Teori yang menjadi dasar langkah-langkah perbaikan pembelajaran adalah:
Teori Behaviorisme
Teori pembelajaran yang diperkenalkan oleh Ivan Pavlov dan dikembangkan oleh Thorndike dan Skinner, dianggap sebagai pembelajaran yang berkaitan dengan perubahan tingkah laku. Teori ini lebih menekankan pada proses pemberian stimulus dan respon rutinitas yang dilakukan oleh siswa. Manipulasi Lingkungan sangat diperlukan dalam teori ini agar tercipta perubahan tingkah laku yang diinginkan. Dalam teori ini, yang terpenting adalah guru harus mampu mengatasi siswa dan Lingkungan yang dapat dipahami. Tuntutan dari teori ini merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas agar mudah didapat dan dipahami. Secara keseluruhan memang teori pembelajaran menyatakan bahwa pembelajaran akan mempengaruhi pembelajaran atau tingkah laku pelajar.
- Kelebihan dan kekurangan guru yang terdapat dalam video
- Kelebihan :
- Melakukan kegiatan pembuka seperti mengucapkan‘’good morning’’ dan menayakan kabar siswa’’how are you’’.
- Menerapkan keterampilan bertanya kepada siswa.
- Melakukan praktek.
- Menggunakan media recording dalam hal untuk memperbaiki kosakata siswa.
- kekurangan :
- Guru kurang mempersiapkan diri untuk mengajar di kelas. Kurangnya kemampuan dalam pronounciation,sehingga banyak melakukan kesalahan dalam pengucapan.
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Tidak pernah.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tahap pembuka
- Menyiapkan peserta didik secara secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam dalam bahasa inggris.
- Mengajukan pertanyaan tentang materi bahasa inggris yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Tahap penyampaian materi
- Memberikan pembelajaran melalui media yang menyenangkan.
- Menyiapkan audio atau video yang berisi penjelasan dari native speaker
- Memperbaiki pengucapan siswa dengan cara meminta siswa untuk berbicara bahasa inggris di depan kelas.
- Penutup
- Melakukan sesi tanya jawab
- Memberikan rangkuman dari pelajaran yang sudah diajarkan
- Memberikan kisi-kisi materi yang akan diajarkan di pertemuan selanjutnya
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat menarik minat dan memotivasi belajar siswa. Hal ini sejalan dengan pendapat Nana Sudjana danAhmad Rivai (1991: 2)
- Trigan (1990: 15) speaking is the ability to pronounce articulation of sounds or words for expressing, stating and conveying thought, ideas, or feeling.
- Assalamu’alaikum wr wb
pendapat saya tentang video di atas adalah :
Kelebihan :
- Pembelajaran Audio Visual sudah sangat tepat dan menarik
- Tempat pembelajaran juga sangat tepat yaitu pada Laboratorium Bahasa dengan kelengkapan ruang dan headshet sehingga masing masing anak bisa fokus mendengarkan suara 1 sumber tanpa gangguan suara dari luar.
Kekurangan :
- Guru tidak melakukan Absensi
- Guru tidak mempersiapkan diri untuk pembelajaran listening, karena dalam pembelajaran ini anak anak akan mendengarkan apa yg diucapkan guru
- Guru melakukan kesalahan pengucapan beberapa kata : Mushrom, ginger, spinsch, onion
Apakah saya pernah mengalami hal tersebut ?
Pernah, saat di jejang SMP kelas 8 guru Bahasa Inggris saya mempunyai logat yang sangat totok. Bahasa daerahnya kental sekali sehingga logat bahasa daerah membaur ke bahasa inggris menjadikan sedikit aneh di dengar.
Apa yang akan saya lakukan untuk perbaikan jika mengacu pada kekurangan pada video di atas :
- saya akan melakukan absensi setiap masuk ruang kelas
- saya akan menyampaikan tema pada hari ini
- saya akan berlatih pengucapan sebelum mengajar
- saya akan memutar beberapa native speaker atau media audio lain yang berhubungan dengan materi
- saya juga akan melakukan refleksi terhadap siswa
Teori pakar yang mengemukaan hal penting sehubungan dengan pentingnya pembelajaran dengan variasi (video, audio , native speaker ) dan juga pentingnya belajar pronuntiation/pengucapan.
Sutedi (2011:30), proses pembelajaran berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang ditentukan oleh beberapa faktor utamanya, yaitu : (a) kemampuan guru dalam mengajar (b) kondisi siswa pada saat KBM berlangsung, (c) bahan ajar dan penggunaan metode dan media pengajarnya .
Jack C Ricards menyarankan bahwa pengajaran pronunciation tetap harus disisipkan sebagai implikasi pengajaran bahasa dimana letak kinten materinya terdapat penutur asli yang bisa memotivasi pelajar.

Assalamualaikum, Selamat malam Bu Dewi.
Saya sependapat dengan ibu, bahwa dengan melakukan refleksi terhadap siswa, guru mengetahui sejauh mana minat peserta didik mengikuti pembelajaran, serta guru dapat mengidentifikasi kekurangan atau kelemahan dalam penyajian materi.

sama dengan persepsi saya, bahwa refleksi merupakan kegiatan yang sangat penting dalam kegiatan mengajar., sehingga kita bisa memahami sejauh mana siswa dapat menyerap materi pembelajaran secara baik dan terarah.
NAMA: Rani Widhiyanti
NIM: 017636329
1.Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan:
-Guru mengawali pembelajaran dengan menyapa dan menanyakan kabar siswa.
-Guru menyebutkan materi yang akan diajarkan.
-Guru mengecek kesiapan siswa pada materi yang akan disampaikan dengan bertanya: “Have you got page 51?â€
-Guru memaksimalkan penggunaan buku dalam proses belajar mengajar.
Kelemahan:
-Guru tidak bersikap mobile (berdiri dan bergerak) sehingga tidak semua siswa dapat terpantau. Terlebih lagi dengan kondisi siswa berada di antara booth maka akan semakin mempersulit siswa untuk melihat posisi guru.
-Guru masih terkendala dalam pelafalan (pronunciation) beberapa kosakata yang seharusnya dihindari dengan mempersiapkan diri lebih matang sebelum pembelajaran dimulai.
-Guru tidak melakukan apersepsi terhadap topik yang akan dibahas. Hal ini penting karena selain untuk menyiapkan siswa, juga untuk mengecek sejauh mana siswa memahami topik yang akan dibahas kemudian.
2.Pernahkah Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Pada pembelajaran listening, seringkali saya harus memberikan contoh (modelling) beberapa teks atau dialog. Disamping karena lebih memudahkan siswa untuk mendengarkan secara langsung contoh pengucapannya, juga dikarenakan kondisi di sekolah tempat saya mengajar sebelumnya yang memiliki media listening yang terbatas. Namun, saya selalu memastikan agar pengucapan yang saya praktekkan di depan siswa benar dengan mendengarkan terlebih dahulu pengucapan (pronunciation) yang benar melalui internet, youtube, ataupun media audio-visual lainnya.
3.Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
-Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa.
-Guru melakukan apersepsi/elicitation untuk mengecek pemahaman awal siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan, seperti “Can you tell me what kind of fruits and vegetables do you know?â€
-Guru menyebutkan tujuan pembelajaran.
-Siswa membuka buku untuk melihat dialog yang akan dipelajari dan menyimak contoh pengucapan dialog oleh guru.
-Siswa mengulangi dialog yang dibacakan oleh guru (drilling)
-Siswa mempraktikan dialog secara berpasangan (pair-practice)
-Siswa menampilkan hasil prakteknya di depan kelas.
4.Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
-Nunan (2003) mengatakan ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi penyampaian pesan dalam keterampilan menyimak (listening), Pengajaran Menyimak Bahasa Inggris – yaitu; (1) Berapa banyak pembicara yang terlibat dalam suatu pembicaraan atau dialog, aksen atau dialek apa yang mereka gunakan, (2) Apa peran pendengar dalam konteks tersebut, dan respon seperti apa yang diinginkan dari keterlibatan pendengar? (3) Bagaimana ketertarikkan pendengar dengan topik yang dibicarakan? (4) Seberapa kompleks tata bahasa, dan kosa kata yang digunakan oleh pembicara, (5) Berapa banyak fasilitas penunjang yang diberikan kepada pendengar untuk memahami pesan yang disampaikan, misalnya media yang digunakan dalam membantu pendengar memahami pesan yang disampaikan seperti gambar, diagram, atau media visual lainnya.
-Wilson (2008) mengatakan bahwa dengan adanya tahap pre-teaching tersebut siswa mendapat kesempatan yang luas untuk dapat mengerjakan berbagai latihan menyimak (listening) yang akan diberikan guru pada tahap whilst-teaching) dengan baik. Hal ini disebabkan karena dalam tahap pre-teaching ini guru biasanya mengaktifkan schemata siswa agar siswa dapat memprediksi materi listening yang akan didengarnya.

Assalamualaikum. Hello Bu Rani, selamat petang.
Saya sependapat dengan ibu, bahwa pada awal pembelajaran penting diadakan apersepsi yang bertujuan memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya materi yang sedang dipelajari.
Nama: Iis Sumyati
NIM: 030875216
1). Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut.
Kelebihan:
- Guru melakukan pembukaan dengan salam pembuka untuk membangkitkan semangat belajar siswa
- Guru menyampaikan gambaran umum tentang materi yang akan dipelajari.
- Guru menggunakan media pembelajaran yang tepat yaitu audio visual.
 Kelemahan:
- Â Pada awal pembelajaran guru tidak membuat kaitan materi (apersepsi)
- Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang tepat.
- Guru kurang menguasai beberapa pelapalan kosa kata (pronunciation.
 2). Pernahkah anda mengalami peristiwa semacam itu? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa seperti dalam video tersebut. Pengalaman pertama saya mengajarkan listening kepada siswa tanpa menggunakan media pembelajaran audio visual karena keterbatasan alat media di sekolah, sehingga yang saya lakukan adalah membaca text yang terdapat dalam buku pelajaran (teacher talk) dan siswa mengulang. Pembelajaran seperti ini kurang memotivasi siswa dalam belajar terutama untuk kempuan mendengarkan (listening). Pembelajaran selanjutnya dengan menggunakan audio visual di dalam kelas. Dengan cara ini mampu memotivasi siswa dalam belajar, perhatian mereka terpusat dan hasil belajar mereka cukup memuaskan.
3). Langkah-langkah perbaikan
     Kegiatan pra pembelajaran:
- Menciptakan sikap dan suasana kelas yang menarik dengan memberikan salam diawal pertemuan dan berdo’a sebelum pembelajaran dimulai.
- Memeriksa kehadiran siswa.
- Menciptakan kesiapan belajar siswa dengan menunjukan minat yang penuh semangat tinggi dalam mengajar.
Kegiatan awal pembelajaran:
- Membuat kaitan materi (apersepsi)
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti:
- Menyajikan materi melalui media audio visual
- Siswa menyimak, selanjutnya mengulang kata-kata yang diucapkan oleh native speaker.
- Guru memberi contoh cara pengucapan yang benar.
- Guru meminta siswa satu persatu untuk membaca text yang telah di pelajari.
Kegiatan penutup:
- Guru memberi unpan balik.
- Menyimpulkan hasil pembelajaran.
4). Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Munif Chatib (Gurunya Manusia, 2011:77) bahwa menit-menit pertama dalam proses belajar adalah waktu yang sangat penting untuk satu jam pembelajaran selanjutnya, pada menit-menit pertama itulah kegiatan apersepsi dapat dilaksanakan.
Herbart tentang Teori Apersepsi mengatakan bahwa manusia adalah mahluk pembelajar. Sifat dasar manusia adalah memerintah dirinya sendiri, lalu melakukan reaksi atau berekasi terhadap instruksi yang berasal dari lingkungannya, jika dia dibekali oleh dorongan atau rangsangan (stimulus khusus).

say setuju dengan Bu Iis, siswa diberikan untuk menyimak video dimaksudkan supaya mereka lebih terlatih terutama kemampuan listening mereka dan mereka dapat menangkap pesan secara alisan dari narator.

saya setuju dengan pendapat bu iis, bahwa apabila dalam pembelajaran media tidak mendukung, guru harus memiliki kreativitas lainnya , memikirkan alternatif media apa yang membantu, dan listening memang paling tepat apabila menggunakan media audio, karena dalam hal ini yang di pelajari adalah kemampuan mendengar.

Dear ibu IIS SUMYATI,
Mengutip pendapat pribadi ibu dalam kalimat :
‘’Menciptakan sikap dan suasana kelas yang menarik dengan memberikan salam diawal pertemuan dan berdo’a sebelum pembelajaran dimulai’’
Saya setuju sekali dengan pendapat ini, karena dalam proses mencapai hasil pembelajaran yang baik adalah dengan menciptakan suasana kelas yang menarik sedemikian rupa agar para siswa tertarik dalam mngikuti materi pembelajaran yang sedang berlangsung, tanpa merasa bosan. Dalam penyampaian salam diawal pertemuan dan berdoa terlebih dahulu dalam memulai pembelajaran juga merupakan suatu awal yang sangat baik. karena kita sebagai manusia biasa harus tetap meminta kelancaran dalam proses belajar mengajar kepada kepercayaan masing-masing agar semua bisa berjalan dengan baik dan lancer hingga proses belajar mengajar selesai.
Terimakasih 🙂
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru dalam video tersebut adalah:
- melakukan senyum, salam dan sapa kepada siswa-siswinya
- menjelaskan tujuan pembelajaran secara singkat mengenai beberapa kosakata terkait vegetables
- Guru tersebut telah didukung oleh peralatan lab. Bahasa yang mumpuni.
- Guru tersebut sadar akan kelemahannya sehingga ia berusaha memperbaiki dengan bantuan media audio visual
Kekurangan guru tersebut:
- kurang persiapan yang matang dalam menyajikan materi listening comprehension pada siswa
- kegiatan belajar terlalu teacher centered
- Guru tersebut kurang kompeten dalam mengajarkan intonation, stress, syllable karena terdapat beberapa salah pengucapan kata onion, spinach,mushroom, ginger
- tidak ada kegiatan role play, evaluasi dan refleksi.
2. Belum pernah
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- pembukaan masuk lab. Bahasa memeriksa kehadiran, ketertiban dan kebersihan ruangan.
- melakukan sapaan kepada siswa dan menanyakan kabar dan kondisi mereka
- menjelaskan materi dan tujuan pembelajaran serta kompetensi yang akan mereka capai
- mengajak siswa melaksanakan ice breaking 2 menit supaya mereka bersemangat mengikuti pembelajaran dengan mengucapkan yel-yel bahasa inggris
- memberikan apersepsi dengan menggunakan earphone melalui booth masing-masing siswa-siswi mendengarkan arahan. bisa berupa kosakata terkait vegetables,diberikan gambar secara visual melalui layar infocus tentang vegetable dan siswa bergiliran mengucapkannya dengan benar, bila ada kesalahan maka guru memperbaiki pengucapannya secara langsung.
- kegiatan inti pembelajaran siswa memperhatikan intonasi, stress dan syllable kata-kata tergolong vegetable melalui audia videio dari native speaker (mis: www.BBC.com)
- siswa berdiskusi secara kelompok mengenai kesulitan mereka mengucapkan beberapa kata dan mereka masing-masing kelompok berhak mengajukan pertanyaan masing-masing kelompok 2 pertanyaan tenatang kesulitas mereka
- guru menjelaskan dan memberikan evaluasi secara langsung dengan memberikan kata-kata vegetables yang lain sebanyak 5 kata dan siswa berlatih mengucapkan dengan benar.
- Kegiatan penutup ditutup oleh refleksi dan ucapan syukur.
4. pendapat ahli
- Pembicaraan tentang pentingnya kosakata dalam meningkatkan kecerdasan dan prestasi belajar siswa atau mahasiswa sesuai juga pendapat Einstein bahwa “perkembangan mental seseorang dan cara pembentukan konsep sangat bergantung pada bahasa. Jadi bahasa merupakan jadi bahasa merupakan alat penalaran dalam arti yang sebenarnya (Oller dan Kaseng, 1985 : 8).
- Menurut Ur (1996: 52), Tujuan
pemebelajaran pronunciation adalah agar
peserta didik mampu mengucapkan sebuah
kataseperti aksen seorang native. Tetapi
secara sederhana agar peserta didik mampu
mengucapkan kata dengan cukup akuratagar
bias lebih mudah dipahami oleh lawan
bicara. Dengan mempelajari pronunciation
siswa akan mengetahui bagaimana
pengucapan (how to pronounce) sebuah kata.

saya sangat setuju sekali dengan pendapat pas rusli bahwa dalam pembelajaran pronounciation hal yang sangat penting adalah intonasi, stress dan syllable, dan untuk itu kita sangat memerlukan video maupun audio seorang native speaker

Menurut Wendy A. Scott dan Lisbeth H.Ytreberg (2004:3) young learners lebih menyukai kegiatan yg melibatkan gerakan dan penginderaan. Sehingga para pengajar dapat memperkenalkan kata sekaligus pronounciation yg tepat dengan menggunakan video yang menggambarkan kata tersebut. Para pengajar sebaiknya memilih video yg disuarakan oleh native speaker untuk meminimalisir kesalahan sehingga young learners tahu secara pasti bagaimana pronounciation yg benar.
Nama : Intan Mutiara T
Nim : 031238289
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan:
Guru tersebut memperhatikan poin poin memulai pembelajaran dengan baik seperti menyapa, memberikan penjelasan tujuan pembelajaran.
Guru tersebut memanfaatkan fasilitas yang mendukung pembelajaran dengan baik yakni lab. Bahasa, penggunaan media audio, alat pendukung listening headphone, tape, serta visual untuk memfokuskan para murid dalam materi pembelajaran.
Kekurangan:
Pada awal pembelajaran guru tersebut tidak mempersiapkan materi dengan baik sehingga terdapat keekliruan pengucapan/ pronounciation.
Video yang disajikan kurang menarik dan tidak begitu jelas jika ditujukan untuk melatih pronounciation.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Belum pernah.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Pada tahapan awal pembelajaran sudah cukup bagus, mungkin jika itu saya, maka akan memperbaiki dalam hal, mempersiapkan materi dengan matang, mengecek pronounciation kata-kata yang sekiranya mungkin akan keliru pengucapannya, menyiapkan bahan ajar audio berkenaan dengan pronounciaton vegetables, mencari bahan ajar audio visual yang menarik dan jelas sebagai media yang mempermudah para murid dalam memahami materi, misalnya video dari native speaker yang menyebutkan nama-nama sayuran disertai gambar-gambar sayuran dan tulisannya, kemudian diakhir pembelajaran terdapat pertanyaan pada beberapa siswa untuk membacakan/menyebutkan nama-nama sayuran yang telah dipelajari dengan pengucapan yang baik dan benar. Bias juga dengan menerapkan tiga tahapan kompetensi berbicara, dalam pengajaran.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Berikut pendapat para pakar yang mendukung terhadap perbaikan yang telah saya papakarkan diatas menurut Herbert seringnya guru mengabaikan pentingnya pengucapan dalam setiap pengajaran bahasa, yang mengakibatkan kesalahan tersebut berkembang secara luas, sehingga tidak membentuk pengucapan yang sebagaimana mestinya.
Menurut Franscy dalam blognya yang berjudul “Pengajaran Pengucapan Dan Pengajaran Berbicara” (2016) Ada tiga tahap perkembangan kompetensi berbicara peserta didik dalam bahasa inggris yang bisa diterapkan oleh peserta didik, antara lain: receive speaking, productive speaking, dan descriptive speaking.
terimakasih, mohon maaf apabila ada kesalahan.