Silakan menyaksikan video berikut ini: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/practices-make-perfect
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Penggalan pertama video ini menayangkan seorang guru yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan beberapa kosa kata yang berhubungan dengan fruit dan vegetable. Akibatnya guru tersebut salah dalam mengucapkan kata-kata tersebut. Dalam penggalan berikutnya dari video ini ditayangkan bagaimana guru menyiapkan diri sebelum mengajar dengan berlatih cara pengucapan. Selain itu, diberikan pula cara lain mengajarkan pengucapan kosa kata seperti dengan rekaman suara native speaker atau penayangan audio visual.
Selanjutnya, berikanlah tanggapan Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Dear Intan,
benar sekali, menurut saya sebagai seorang guru tidak mesti harus perfectionist dalam semua materi, tetapi seperti pepatah guru lebih pintar karena belajar 1 jam lebih awal dari siswanya, jadi selalu persiapkan diri dengan matang sebelum mengajar ,terutama pronunciation yang merupakan hal yang fatal jika seorang guru salah ucap di depan siswanya.
terima kasih

bear, saya sepedapat dengan anda. menurut saya seoranng guru tidk harus perfect dalam semua mata peajaran, namun alangkah lebih baik kita sebagai seorang guru, seharus nya lebihmeguasai mata pelajaran tsb daripada siswa nya .
terima kasih

Nama : Larasati Wibowo
NIM : 040245651
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan :
• Di dalam video ini, mengajarkan tentgang bagaimana seorang guru mempersiapkan diri dengan baik terlebih dahulu sebelum memulai proses pembelajaran.
• Dan juga ditampilkan bagaimana seorang guru dapat memanfaatkan sebuah rekaman audio visual maupun video dari seorang penutur dalam pengucapan kosa kata dengan benar.
Kekurangan :
• Guru tidak memulai pembelajaran dengan do’a terlebih dahulu.
• Guru salah dalam pngucapan beberapa kosa kata seperti : ginger, mushroom, spinach, and onion.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Belum pernah.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
• Memulai pembelajaran dengan do’a terlebih dahulu
• Sebelum membawakan sebuah materi di depan kelas sebaiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu.
• Melatih siswa untuk lebih sering mrngrmbangkan kemampuan pronunciation nya ketika disekolah , maupun memberikan tugas intuk berlatih juga dirumah.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar .
Menurut Ur (1996: 52), Tujuan pemebelajaran pronunciation adalah agar peserta didik mampu mengucapkan sebuah kataseperti aksen seorang native.

NAMA : TRI ANITA
NIM : 530062761
Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, menurut saya:
Kelebihan guru saat pembelajaran dalam video tersebut adalah dalam memulai pembelajaran guru sudah berusaha untuk memperhatikan peserta didik dengan menyapanya, menanyakan kabar, dan menyampaikan tujuan pembelajaran; guru juga sudah memanfaatkan fasilitas di sekolah secara maksimal yaitu dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di laboratorium bahasa sehingga dalam pembelajaran bahasa inggris dapat dengan menggunakan media audio visual.
Sedangkan kelemahan guru saat pembelajaran dalam video tersebut pada saat akan memulai pembelajaran, guru tidak mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu; guru juga terlihat kurang persiapan dalam menyampaikan materi, hal ini tampak saat guru salah dalam pengucapan beberapa kosakata dalam bahasa inggris.
Saya belum pernah mengalami hal seperti dalam video pemelajaran tersebut. Mata pelajaran bahasa inggris di sekolah saya hanya untuk kelas tinggi saja. Kelas rendah belum ada pelajaran bahasa inggris. Pada kelas tinggi, pelajaran bahasa inggris juga hanya sebagai tambahan pada mulok, tidak masuk dalam mata pelajaran wajib. Sekolah juga belum dilengkapi laboratorium bahasa.
Jika saya telah mengalami banyak kekurangan pada saat pembelajaran, maka saya akan berusaha memperbaiki pembelajaran yang saya lakukan. Langkah yang saya lakukan pada kegiatan awal yaitu selalu mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu, menanyakan kabar, presensi, apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Agar pada kegiatan inti dapat berjalan dengan lancar, maka saya akan menyiapkan media dan materi sebelum pembelajaran. Di akhir pembelajaran, saya selalu mengadakan evaluasi untuk melihat sejauh mana siswa dalam menerima materi pembelajaran dan mengajak siswa untuk membuat kesimpulan dari kegiatan pembelajaran.
Teori yang menjadi dasar langkah-langkah perbaikan pembelajaran adalah:
Teori Behaviorisme
Teori pembelajaran yang diperkenalkan oleh Ivan Pavlov dan dikembangkan oleh Thorndike dan Skinner, dianggap sebagai pembelajaran yang berkaitan dengan perubahan tingkah laku. Teori ini lebih menekankan pada proses pemberian stimulus dan respon rutinitas yang dilakukan oleh siswa. Manipulasi Lingkungan sangat diperlukan dalam teori ini agar tercipta perubahan tingkah laku yang diinginkan. Dalam teori ini, yang terpenting adalah guru harus mampu mengatasi siswa dan Lingkungan yang dapat dipahami. Tuntutan dari teori ini merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas agar mudah didapat dan dipahami. Secara keseluruhan memang teori pembelajaran menyatakan bahwa pembelajaran akan mempengaruhi pembelajaran atau tingkah laku pelajar.
Practices Make Perfect (2012)
Nama : Durotul fauziyah
Nim : 042159452
PKM Pendidikan Bahasa Inggris
FKIP (Pendidikan Bahasa Inggris)
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan
Guru telah mempraktikkan hampir semua langka-langka pembelajaran yang telah ditulis dalam RPP pada sesi Pendahulu, seperti : Menyapa dan menanyakan kabar anak-anak dengan menggunakan bahasa Inggris, sehingga terciptanya English Environment dimulai pada saat awal pembelajaran.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada saat itu.
Guru memanfaatkan fasilitas yang ada yaitu lab. Bahasa dan guru juga memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia di sekolahnya seperti halnya : media audio, alat pendukung listening headphone, tape, serta visual untuk memfokuskan para murid dalam materi pembelajaran.
Kelemahan
Guru tidak membuka kelas dengan meberdoa terlebih dahulu. Maka dengan ini sikap spiritual tidak dipraktikkan.
Guru tidak mengulas pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya.
Guru hanya menjelaskan materi yang akan dipelajari tanpa menjelaskan tujuan pembelajaran seperti halnya yang telah ditulis di RPP
Guru kurang mempersiapkan materi yang akan diajarkan dikelas. Oleh karnanya terdapat kesalahan pengucapan pada beberapa kata dalam bahasa Inggris.
Video kurang menarik. Karna visual yang ditampilkan sangat monoton, seharusnya guru memperlihatkan video yang di upcapkan oleh native speaker yang di fokuskan pada cara pengucapan dan juga disertai gambar agar lebih narik.
Guru tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk mempraktekkan cara pengucapan vocabularies tersebut. Seharusnya guru menggunakan system drilling, agar siswa juga terlatih dengan pengucapan yang benar.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami kejadian yang terjadi seperti pada video diatas.
Ketika itu saya pada saat pertama kali saya mengajar bahasa Inggris, saya lupa cara mengucapkan beberapa vocabularies yang saya akan saya ajarkan kepada siswa-siswi. Oleh sebab itu saya pun ragu-ragu dalam mengucapkan dan berakhiran salah pengucapan
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langka pertama yang akan saya perbaiki adalah saya akan mempersiapkan materi yang akan saya ajarkan kepada siswa-siswi dengan seksama contohnya saya akan mencari tahu cara pengucapan berberapa vocabularies yang saya tidak tahu/pun ragu cara pengucapannya. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara membuka kamus elektronik ataupun kamus Oxford. Dan saya harus menguasai materi tersebut dengan seksama.
Langka selanjutnya saya akan memulai kelas dengan membaca doa dan memeriksa kehadiran siswa-siswi.
Langka ketiga saya akan mencoba mengulas materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya dan dilanjutkan dengan memberitahu materi yang akan dipelajari pada saat itu.
saya menjelaskan materi yang akan dibahasa pada hari itu, saya akan menyebutkan beberapa tujuan yang harus dicapai apabila kita mempelajari materi tersebut.
Langka selanjutnya setelah saya mengucapkan vocabularies tersebut, maka siswa-siswi haru mengulangi nya setelah saya.
Langka terakhir saya akan mencari video yang menarik dan yang lebih bervariasi seperti halnya terdapat gambar buah, text Bhs. Inggria serta Artinya.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Herbert seringnya guru mengabaikan pentingnya pengucapan dalam setiap pengajaran bahasa, yang mengakibatkan kesalahan tersebut berkembang secara luas, sehingga tidak membentuk pengucapan yang sebagaimana mestinya.
Menurut Franscy dalam blognya yang berjudul “Pengajaran Pengucapan Dan Pengajaran Berbicara” (2016) Ada tiga tahap perkembangan kompetensi berbicara peserta didik dalam bahasa inggris yang bisa diterapkan oleh peserta didik, antara lain: receive speaking, productive speaking, dan descriptive speaking.
Kelebihan :
- Guru memberikan penjelasan tentang materi beserta tujuan pembelajaran
- Guru menggunakan media pembelajaran yang tepat untuk siswa
Kelemahan :
- Guru tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk mempraktekkan terkait materi yang disampaikan.
Langkah perbaikan :
- Guru harus menguasai materi yang akan disampikan agar tidak ada kesalahan saat mengajar ,misalnya kesalahan penyebutan nama objek.
- Guru harus menyiapkan media berupa audio/video dengan pengisi suara yang fasih berbahasa inggris / native speaker agar siswa tidak melakukan kesalahan penyebutan nama objek tersebut

saya setuju dengan Arnia Windy Utami, bahwa guru tersebut tidak memberi kesempatan kepada siswanya untuk mempraktekan materi tersebut. Karena dalam pembelajaran stimulus dan respon itu sangat penting di ciptakan dan di kembangkan oleh seorang guru. untuk agar siswa kita perperan aktif dalam pembelajaran yang berlangsung tersebut
DEWI ASTUTI
530068827
Apa yang saya pelajari dari video tersebut adalah :
Kelebihan guru saat pembelajaran dalam video tersebut adalah dalam memulai pembelajaran guru sudah berusaha untuk memperhatikan peserta didik dengan menyapanya, menanyakan kabar, dan menyampaikan tujuan pembelajaran; guru juga sudah memanfaatkan fasilitas di sekolah secara maksimal yaitu dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di laboratorium bahasa sehingga dalam pembelajaran bahasa inggris dapat dengan menggunakan media audio visual.
Sedangkan kelemahan guru saat pembelajaran dalam video tersebut pada saat akan memulai pembelajaran, guru tidak mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu; guru juga terlihat kurang persiapan dalam menyampaikan materi, hal ini tampak saat guru salah dalam pengucapan beberapa kosakata dalam bahasa inggris.

Practices Make Perfect (2012)
9.45K viewsMay 30, 2021Seri Pembelajaran Bahasa Inggris SMPSubscribe3
0
admin6.76K April 6, 20205 Comments
Silakan menyaksikan video berikut ini: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/practices-make-perfect
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Penggalan pertama video ini menayangkan seorang guru yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan beberapa kosa kata yang berhubungan dengan fruit dan vegetable. Akibatnya guru tersebut salah dalam mengucapkan kata-kata tersebut. Dalam penggalan berikutnya dari video ini ditayangkan bagaimana guru menyiapkan diri sebelum mengajar dengan berlatih cara pengucapan. Selain itu, diberikan pula cara lain mengajarkan pengucapan kosa kata seperti dengan rekaman suara native speaker atau penayangan audio visual.
Selanjutnya, berikanlah tanggapan Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:
Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
titin fitriana Answered question May 30, 2021
Intan Mutiara Tsani commented May 2, 2020
Nama : Intan Mutiara T
Nim : 031238289
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan:
Guru tersebut memperhatikan poin poin memulai pembelajaran dengan baik seperti menyapa, memberikan penjelasan tujuan pembelajaran.
Guru tersebut memanfaatkan fasilitas yang mendukung pembelajaran dengan baik yakni lab. Bahasa, penggunaan media audio, alat pendukung listening headphone, tape, serta visual untuk memfokuskan para murid dalam materi pembelajaran.
Kekurangan:
Pada awal pembelajaran guru tersebut tidak mempersiapkan materi dengan baik sehingga terdapat keekliruan pengucapan/ pronounciation.
Video yang disajikan kurang menarik dan tidak begitu jelas jika ditujukan untuk melatih pronounciation.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Belum pernah.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Pada tahapan awal pembelajaran sudah cukup bagus, mungkin jika itu saya, maka akan memperbaiki dalam hal, mempersiapkan materi dengan matang, mengecek pronounciation kata-kata yang sekiranya mungkin akan keliru pengucapannya, menyiapkan bahan ajar audio berkenaan dengan pronounciaton vegetables, mencari bahan ajar audio visual yang menarik dan jelas sebagai media yang mempermudah para murid dalam memahami materi, misalnya video dari native speaker yang menyebutkan nama-nama sayuran disertai gambar-gambar sayuran dan tulisannya, kemudian diakhir pembelajaran terdapat pertanyaan pada beberapa siswa untuk membacakan/menyebutkan nama-nama sayuran yang telah dipelajari dengan pengucapan yang baik dan benar. Bias juga dengan menerapkan tiga tahapan kompetensi berbicara, dalam pengajaran.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Berikut pendapat para pakar yang mendukung terhadap perbaikan yang telah saya papakarkan diatas menurut Herbert seringnya guru mengabaikan pentingnya pengucapan dalam setiap pengajaran bahasa, yang mengakibatkan kesalahan tersebut berkembang secara luas, sehingga tidak membentuk pengucapan yang sebagaimana mestinya.
Menurut Franscy dalam blognya yang berjudul “Pengajaran Pengucapan Dan Pengajaran Berbicara” (2016) Ada tiga tahap perkembangan kompetensi berbicara peserta didik dalam bahasa inggris yang bisa diterapkan oleh peserta didik, antara lain: receive speaking, productive speaking, dan descriptive speaking.
terimakasih, mohon maaf apabila ada kesalahan

saya setuju dengan pendapat Ema Nurhazimawati, karena dalam pembelajaran wajib dan harus adanya lathan sebelum memulai pembelajaran. Minimal untuk tidak mengucapkan kesalahan yang seperti di video tersebut
- keelebihan
guru mengunakan media pemebelajaran yang menarik, seperti video. sehingga murit menjadi senang
guru memberikan petunjuk materi yang akan di ajarkan
guru menyapa siswa
2. kekurangan
guru tidak menyapaikan materi secara sempurna
sisiwa tidak mengulangi hafalan
3. saya pernah mengunakan pembelajaran dengan video, dan memang anak didik lebih semangat
4. Menurut Kenworthy (1977) belajar pronunciation memiliki dua tujuan, yaitu pertama untuk mencapai kemampuan memproduksi bunyi bahasa mendekati kualitas native speaker (penutur asli) dan yang kedua untuk bisa menghasilkan bahasa yang bisa dipahami dengan mudah dan benar, meskipun aksennya tidak begitu sempurna

guru cukup ekspresif dalam bercerita.
-posisi duduk dengan cara lesehan melingkar bagus untuk metode story telling ini.
– dalam kegiatan avaluasi guru memberikan tugas menyusun gambar sesuai dengan cerita yang diberikan.
kekurangan ;
– dalam kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuam materi pembelajaran.
– guru tidak mempersilahkan siswa nya untuk berdoa terlebih dahuluu sebelum belajar.
– kurang tepatnya beberapa pronounciation dalam bercerita.
Nama : Titin Fitriana
NIM : 021030555
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan :
- Di dalam video ini, mengajarkan tentgang bagaimana seorang guru mempersiapkan diri dengan baik terlebih dahulu sebelum memulai proses pembelajaran.
- Dan juga ditampilkan bagaimana seorang guru dapat memanfaatkan sebuah rekaman audio visual maupun video dari seorang penutur dalam pengucapan kosa kata dengan benar.
- guru membuka kelas dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar
- guru menjelaskan materi yang akan di pelajari
- guru menggunakan media yang tepat untuk siswa (video,audio,buku, monitor)
Kekurangan :
- pronouncation yang kurang jelas
- guru kurang berlatih sehingga membuat kesalahan dalam mengucapkan kalimat/kata dalam bahasa inggris
- tidak memberi kesempatan siswa untuk mempraktekkan terkait materi pembelajaran
- Guru tidak memulai pembelajaran dengan do’a terlebih dahulu.
- Guru salah dalam pngucapan beberapa kosa kata seperti : ginger, mushroom, spinach, and onion.
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Belum pernah. - Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Saya akan berlatih mengucapkan kata/kalimat yang menurut saya sulit untuk di ucapkan sebelum pelajaran di mulai (memantapka diri sebelum mengajar)
- Kemudian, dengan bantuan video/audio yang berisi pembicara asli terkait materi yang akan di sampaikan
- Meakukan kegiatan penutup dengan baik
- Memberi kesempatan siswa untuk mempraktikan terkait materi pembelajaran
- Tuliskan teori atau pendapat pakar .
Menurut Ur (1996: 52), Tujuan pemebelajaran pronunciation adalah agar peserta didik mampu mengucapkan sebuah kataseperti aksen seorang native.
Nama : Intan Mutiara T
Nim : 031238289
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan:
Guru tersebut memperhatikan poin poin memulai pembelajaran dengan baik seperti menyapa, memberikan penjelasan tujuan pembelajaran.
Guru tersebut memanfaatkan fasilitas yang mendukung pembelajaran dengan baik yakni lab. Bahasa, penggunaan media audio, alat pendukung listening headphone, tape, serta visual untuk memfokuskan para murid dalam materi pembelajaran.
Kekurangan:
Pada awal pembelajaran guru tersebut tidak mempersiapkan materi dengan baik sehingga terdapat keekliruan pengucapan/ pronounciation.
Video yang disajikan kurang menarik dan tidak begitu jelas jika ditujukan untuk melatih pronounciation.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Belum pernah.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Pada tahapan awal pembelajaran sudah cukup bagus, mungkin jika itu saya, maka akan memperbaiki dalam hal, mempersiapkan materi dengan matang, mengecek pronounciation kata-kata yang sekiranya mungkin akan keliru pengucapannya, menyiapkan bahan ajar audio berkenaan dengan pronounciaton vegetables, mencari bahan ajar audio visual yang menarik dan jelas sebagai media yang mempermudah para murid dalam memahami materi, misalnya video dari native speaker yang menyebutkan nama-nama sayuran disertai gambar-gambar sayuran dan tulisannya, kemudian diakhir pembelajaran terdapat pertanyaan pada beberapa siswa untuk membacakan/menyebutkan nama-nama sayuran yang telah dipelajari dengan pengucapan yang baik dan benar. Bias juga dengan menerapkan tiga tahapan kompetensi berbicara, dalam pengajaran.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Berikut pendapat para pakar yang mendukung terhadap perbaikan yang telah saya papakarkan diatas menurut Herbert seringnya guru mengabaikan pentingnya pengucapan dalam setiap pengajaran bahasa, yang mengakibatkan kesalahan tersebut berkembang secara luas, sehingga tidak membentuk pengucapan yang sebagaimana mestinya.
Menurut Franscy dalam blognya yang berjudul “Pengajaran Pengucapan Dan Pengajaran Berbicara” (2016) Ada tiga tahap perkembangan kompetensi berbicara peserta didik dalam bahasa inggris yang bisa diterapkan oleh peserta didik, antara lain: receive speaking, productive speaking, dan descriptive speaking.
terimakasih, mohon maaf apabila ada kesalahan.